You are on page 1of 3

Sistem otot

Otot dalam sistem gerak manusia adalah sebuah jaringan yang terdapat pada tubuh manusia maupun hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif untuk menggerakkan tulang/ rangka. Sistem otot pada individu vertebrata dikendalikan oleh sistem saraf, meskipun pada dasarnya ada beberapa otot (misalnya otot jantung) yang dapat bergerak secara otonom. Otot dapat bergerak karena adanya sel otot. Sel otot adalah sekumpulan sel dengan banyak nuklei yang terjadi akibat proses fusi dari sel mioblas. Otot bekerja dengan cara berkontraksi dan relaksasi. Selain itu otot juga menyebabkan pergerakan pada organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut. Manusia sendiri setidaknya memiliki 650 jenis otot rangka. Dari jumlah tersebut selanjutnya otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu: otot lurik, otot polos dan otot jantung. A. JENIS-JENIS OTOT 1. Otot polos Ciri otot polos, yaitu: selnya berbentuk gelondong dan nukleus ada satu di tengah sel, gerakan ototnya lambat dan tidak cepat lelah, bekerja secara tidak sadar (involunteer), dan terdapat pada bagian organ dalam tubuh. 2. Otot lurik Ciri otot lurik, yaitu: selnya berbentuk silindris dengan garis gelap terang, nukleus banyak dan terletak di tepi, bekerja secara sadar (volunteer), gerakannya cepat dan mudah lelah serta melekat pada rangka. 3. Otot jantung Ciri otot jantung, yaitu: selnya berbentuk silindris dengan percabangan (sinsitium), nukleus satu dan terletak di tengah, bekerja secara tidak sadar (involunteer), tidak mudah lelah dan terdapat pada organ jantung.

B. KARAKTERISTIK OTOT 1. Kontraksibilitas, yaitu kemampuan otot untuk memendek (berkontraksi). 2. Ekstenstbilitas, yaitu kemampuan otot untuk memanjang (berelaksasi). 3. Elastisitas, yaitu kemampuan otot untuk kembali pada ukuran semula setelah memendek atau memanjang. C. MACAM-MACAM GERAK OTOT 1. Antagonis Gerak antagonis otot adalah gerakan otot yang bekerja saling bertentangan.

Ekstensor fleksor: meluruskan membengkokkan Abduktor adduktor: menjauhkan dari badan mendekatkan ke badan Depressor elevator: menurunkan - menaikkan Supinator - pronator: menengadah tangan - menelungkupkan tangan 2. Sinergis Gerak sinergis otot adalah gerakan otot yang bekerja saling menunjang pada saat melakukan suatu gerakan. Contoh: pada otot punggung dan leher.

Search terms: fungsi otot, sistem otot manusia, otot manusia, fungsi otot polos, otot manusia dan fungsinya, fungsi otot manusia, sistem otot pada manusia, fungsi sistem otot manusia, sistem otot, pengertian otot

Artikel Terkait dengan Fungsi dan Jenis Otot dalam Sistem Gerak Manusia

Jaringan Otot, Konektif, dan Saraf pada Hewan

Kelainan dan Gangguan pada Sistem Gerak

Rangka Sebagai Sistem Gerak pada Manusia