Menghapus Background Putih yang Kompleks di CorelDRAW

17.1.13

Misalnya sampeyan akan menghapus Background putih pada gambar diatas menggunakan Magic Wand Mask tool akan kesulitan untuk menyeleksi warna background putih satu persatu dan memerlukan waktu lama, untuk ngetriknya ikuti langkah dibawah ini; Langkah 1 Seleksi gambar jangan lupa Convert to bitmap dulu pada Menu Bar > tab Bitmaps, jangan lupa beri tanda centang pada Transparent Background, selanjutnya klik Edit Bitmap;

.Langkah 2 Kita diarahkan ke Corel PHOTO-PAINT dan pada Menu Bar > pilih Mask > dan klik Color Mask.

lakukan langkah seperti pada gambar dibawah ini.Sehingga tampak kotak dialog Color Mask. . klik Eyedropper arahkan pada warna putih pada object > dan klik OK.

Langkah 3 Selanjutnya pilih Eraser tool (X). .

yang terhapus hanya warna putih saja.Pada Nip sape pilih seperti di kotak pilihan. . kemudian arahkan Cursor ke object gambar dan geser-geser ke samping kiri kanan untuk menghapus warna. Selanjutnya tekan tombol Save pada Property Bar atau tekan Ctrl+S di keyboard dan tutup Corel PHOTO-PAINT.

Selanjutnya kita kembali ke CorelDRAW dan hasilnya tanpa background dan apabila kita beri warna dibelakang gambar akan tampak seperti gambar dibawah ini. From : http://belajar-coreldraw...blogspot.com/2012/07/menghapusbackground-putih-yang. Selamat mencoba.html ..

Mari kita mencoba mewarnai gambar d bawah ini: Dengan menggunakan Effects > Lens. object kotak dalam keadaan terseleksi kemudian pada menu Docker Lens > Menu drapdown pilih Custom Color Map > From: pilih Warna merah <> To: pilih warna Hijau. .CorelDraw CorelDraw tak bisa secara otomatis merubah gambar foto hitam putih menjadi berwarna. Sepertinya belum ada aplikasi desain yang bisa mengubah foto hitam putih jadi berwarna. Namun ada trik untuk merekayasa foto hitam putih menjadi berwarna dengan CorelDraw. sebelumnya buat object kotak dulu diatas object bitmap yang berfungsi sebagai lensa.Mewarnai Objek Bitmap .

hasil tracing-nya berfungsi sebagai lensa. cara ngetriknya tracing pada bagian-bagian object yang ada pada gambar bitmap. pada pilihan warna To: biarkan tetap warna putih . dan lakukan seperti langkah diatas.Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. Jika Anda akan membuat object bitmap tersebut menjadi beberapa warna.

Apabia Anda menginginkan pada background mempunyai warna lain. caranya seperti langkah diatas.Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. selanjutnya ganti warna pada From: <> To: . buat object kotak dan croping dengan Trim pada Property Bar dengan object tracing tadi.

Hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful