You are on page 1of 1

Peluang Karir Ilmu Ekonimi Islam Kebutuhan terbesar terhadap lulusan program studi S-1 IEI datang dari industri

keuangan dan perbankan syariah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Riset PEBS FEUI (2011) menunjukkan bahwa 65% pegawai perbankan syariah berpendidikan S1, dimana 25% diantaranya direkrut dari perguruan tinggi. Kebutuhan lain datang dari asuransi syariah (takaful), pasar modal syariah, keuangan mikro syariah, serta institusi syariah di sektor riil seperti industri halal dan sektor ke-tiga yaitu organisasi pengelola zakat dan wakaf. Lulusan program studi S-1 IEI juga dibutuhkan oleh sektor publik seperti Kementrian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Kementrian Agama, serta di bidang pendidikan dan penelitian sebagai akademisi, tenaga pendidik dan peneliti serta sebagai konsultan. Peluang Karir Bisnis Islam Peluang kerja lulusan program studi S-1 BI sangat luas, seperti pada bidang-bidang di bawah ini:
 

Wirausahawan mandiri yang mampu mendirikan dan mengembangkan bisnis berbasis Islam. Profesional di lembaga bisnis syariah, lembaga keuangan non bank, lembaga ekonomi nirlaba, dan lembaga ekonomi bisnis lainnya.

Tenaga peneliti dan konsultan di berbagai lembaga penelitian dan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam pengembangan bisnis berbasis Islam.

Tenaga pendidik di berbagai lembaga pendidikan, tingkat menengah maupun tinggi yang menyebarkan pengetahuan ekonomi Islam.