Oleh : Lusiana A.

Lubis, PhD

.Penentuan Informan sangat bergantung pada objek dan topik penelitian. tetapi secara konkret tergambar dalam rumusan masalah penelitian Informan penelitian adalah subjek yang memahami mengenai informasi objek penelitian sebagai pelaku maupun orang lain yang memahami objek penelitian.

Oleh karenanya yang harus diperhatikan : Peneliti pertama-tama harus menemukan gatekeeper / tokoh kunci (bisa saja orang yang terlibat langsung sebagai orang pertama yang diwawancarai atau beliau menunjukkan subjek lain yang lebih berkenaan dengan objek). Dari satu informan ke informan berikutnya hingga terpenuhinya informasi yang diperlukan sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Snowbolling sampling : ini dilakukan apabila peneliti tidak tahu siapa yang memahami informasi objek penelitian. 1. Key person : Hal ini dilakukan apabila peneliti sudah faham betul tentang objek penelitian dan kondisi informan.Cara menentukan subjek penelitian :1. sehingga peneliti hanya mendekati tokoh formal dan tokoh informal/masyarakat untuk memulai melakukan wawancara dan observasi. .

Siapakah unit analisis ?  Unit analisis adalah keseluruhan informan yang terpilih menjadi data penelitian. Semakin banyak unit analisisnya semakin banyak informasi yang dapat dikemas menjadi data penelitian dan peneliti kaya akan data dan ini akan mempengaruhi dalam menganalisis data . . Jumlahnya bisa besar dan kecil bergantung kebutuhan dari informasi objek penelitian dan tujuan penelitian.

Terima kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful