Sherly 26 thn adalah seorang karyawati perusahaan mainan anak yang sedang maju sekali, yang mengharuskan kerja

dengan target tertentu sehingga setiap hari diburu-buru tugas. Sebagai karyawan yang relatif baru dan dipercaya sebagai quality control dengan 30 karyawan yang pekerjaannya harus diperiksa kualitasnya. Nn Sherly sudah sejak lama mengeluh nyeri sepeti terbakar pada perutnya yang dirasakan lebih nyeri setelah makan, disertai perasaan mual dan kadangkadang muntah. Ia juga sering mengeluh perutnya kembung disertai diare. Selama ini ia juga sering kali menggunakan aspirin saat ia sedang tak enak badan

Proton Pump Inhibitor  Lansoprazole Antagonis Reseptor H2  Ranitidine . Proton Pump Inhibitor Antagonis Reseptor H2 2. b.a. Pilihan Obat a. b.

.Indikasi Obat: Tukak lambung aktiv dan tukak duodenum. refluks esofagitis erosif yang refrakter dan syndrom zollinger Ellison Mekanisme kerja obat : memblokir kerja enzim K+H+-ATPase yang akan memecah K+H+-ATPase menghasilkan energi yang digunakan untuk mengeluarkan asam HCl dari kanalikuli sel parietal kedalam lumen lambung.

 Sindroma zollinger ellison 60mg/hari. selama dibutuhkan. bila perlu dapat diteruskan 4 minggu lagi. bila perlu 90mg/120mg/hari dalam 2 dosis bagi .Kontraindikasi: hipersensitivitas Dosis:  Tukak duodenum 30mg/hari selama 4 minggu  Tukak lambung 30mg/hari selama 8 minggu  Esofagitis erusif 30mg/hari selama 4 minggu.

ulkus duodenum. hipersekresi asam lambung pada syndroma Zollinger Ellison.Indikasi obat: Ulkus lambung termasuk yang sudah resistensi terhadap semitidina. . Mekanisme kerja obat: Memblokir efek histamin pada sel parietal sehingga sel parietal tidak dapat dirangsang untuk mengeluarkan asam lambung.

 Pada usia lanjut dosis direndahkan. tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan anak.Perhatian : Pengobatan dengan ranitidine dapat menutupi gejala karsinoma lambung. Dosis :  Dewasa 2x/hari @ 1 tablet pagi dan malam sebelum tidur  Syndroma Zollinger Ellison dosis dapat ditingkatkan sampai 900mg/hari  Bila ada gangguan ginjal 1xhari ½ tablet pada malam hari. .

b. c. b. d. Proton Pump Inhibitor Omeprazol Pantoprazol Rabeprazol esomesoprazol b. Antagonis Reseptor H2 Simetidin Nizatidine Famotidin roksatidin .a. a. d. c. a.

Dokter Alamat SID Telepon Jam praktek dr.00-20. XXXX Jl .00 WIB stp hari kerja Padang. XXVIII Sbdd I n et m : : : : : R/ Lansoprazole tab 30 mg NO. 12 November 2010 R/ Ranitidine tab 150 mg NO. Raden saleh -padang SIP: (0751)22222 16. XIV Sdd ac Pro : Sherly (26 tahun) .

Banyak minum air putih .Hentikan pemakaian obat aspirin karena ini akan menyebabkan lambung..Makan harus tepat waktu . erosi yang mengikis dinding .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful