Materi Pelajaran Perubahan Wujud Zat

(Perubahan Fisika Zat ) Pernahkah kalian memperhatikan embun yang terdapat pada daun-daun tumbuhan pada pagi hari? Dari mana asal embun tersebut? Atau pernahkah kalian memperhatikan kapur barus yang tiba-tiba menghilang saat diletakkan di tempat terbuka? Bagaimana itu dapat terjadi? Kalian dapat menemukan jawabannya setelah mempelajari materi perubahan wujud zat berikut ini. Disimak ya! Seperti kalian ketahui, ada tiga wujud zat, yaitu zat padat, zat cair dan zat gas. Untuk mengetahui ciri masing-masing wujud zat tersebut dapat kalian simak kembali materinya di sini. Pada kondisi tertentu umumnya zat hanya berupa satu wujud saja, tetapi semua wujud zat tersebut sebetulnya dapat mengalami perubahan dari wujud satu ke wujud yang lainnya. Misalnya, saat kamu meletakkan sebongkah es batu di wadah yang terkena cahaya matahari langsung. Es batu tersebut akan mengalami perubahan wujud dari padat menjadi cair. Apa sajakah perubahan wujud zat yang dapat terjadi? Sedikitnya ada enam perubahan wujud zat yang dapat terjadi, yaitu membeku, mencair, menguap, mengembun, menyublim, dan menghablur.

1. Membeku Membeku merupakan perubahan wujud zat dari cair menjadi padat.

lilin cair yang didinginkan. Mengembun Merupakan perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Itulah sebabnya mengapa kapur barus yang diletakkan di tempat terbuka lama-lama akan habis karena berubah menjadi gas. basahnya dinding gelas yang di dalamnya terdapat es batu. Contohnya peristiwa perubahan uap menjadi salju. 2. Ketika suatu zat/benda melepaskan atau menerima kalor maka ia akan mengalami perubahan wujud. Apa rahasia terjadinya perubahan wujud zat tersebut? Perubahan wujud zat sebenarnya terjadi karena adanya pengaruh energi panas (kalor). Contohnya kapur barus (kamfer) yang diletakkan di tempat terbuka lama-lama akan habis karena berubah menjadi gas. 6. atau mentega yang meleleh saat dipanaskan di atas penggorengan. Jika zat cair menerima kalor maka ia akan berubah wujud menjadi gas (menguap). bensin dan spirtus yang dibiarkan di tempat terbuka lama-lama akan berubah menjadi gas. Melebur/Meleleh Merupakan perubahan wujud zat dari padat menjad cair. 5. agar-agar padat yang dipanaskan. Menyublim Merupakan perubahan wujud zat dari padat menjadi gas. Menghablur/mengkristal Merupakan perubahan wujud zat dari gas menjadi padat. Menguap Merupakan perubahan wujud zat dari cair menjadi gas. Contohnya terbentuknya embun dipagi hari karena uap udara pagi yang berubah menjadi air. Dengan demikian peristiwa perubahan wujud zat mencair. 4. 3. Saat zat padat menerima kalor/panas maka ia akan berubah wujud menjadi cair (mencair) atau gas (menyublim). lilin yang meleleh saat dipanaskan. menyublim dan menguap membutuhkan kalor.Contohnya pada pembentukan es batu dari air. Contohnya air yang dipanaskan secara terus menerus lama-lama akan habis karena menguap. Contohnya : es batu yang mencair. .

Itulah sebabnya mengapa pada pagi hari terdapat embun yang merupakan perubahan wujud dari uap air di udara menjadi air karena suhu udara yang dingin saat malam hari. Dengan demikian perubahan wujud zat membeku dan mengembun terjadi akibat pelepasan kalor.Sebaliknya. . ketika zat melepaskan kalor (mengalami pendinginan) maka zat cair akan berubah wujud menjadi padat (membeku) dan zat gas akan berubah menjadi zat cair (mengembun).