PROPOSAL TUGAS MINOR

JUDUL : STUDI SISTEM UNIT PENDINGIN PADA AC CENTRAL DI MAL PELAZA CITRA PEKANBARU

NAMA NIM

: ISANDI : 08.331.0125

JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKANBARU 2012

7 April 2008 Kepada : Yth.Hal : Permohonan Pelaksanaan Tugas Minor Pekanbaru. “ANALISA SISTEM REFRIGRAN AC CENTRAL”. Elemen Mesin I & II Kerja Praktek Lapangan Praktikum Material Praktikum Fenomena Dasar & Prestasi Mesin Demikian surat permohonan ini dibuat dan atas segala perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Teknik UIR Dengan Hormat. Penulis Isandi 08-331-023 . Saya yang bertanda tangan dibawah ini : Nama : ISANDI NPM : 08-331-0125 Dengan ini mengajukan permohonan untuk pelaksanaan Tugas Minor dengan judul. Bapak/Ibu Ketua Jurusan Teknik Mesin Di – Fak. Untuk dapat mengambil Tugas Minor ini penulis telah berusaha menyelesaikan syarat-syarat yang berupa : 1 2 3 4 5 6 Praktikum Fisaka Dasar Praktikum Proses Produksi.

Ruang operasi hendaknya menggunakan system saluran tunggal dengan penyegaran udara yang terpisah. Untuk ruangan konsultan.BAB I PENDAHULUAN 1.sehingga mendistribusikan udara dalam ruanganmemperoleh keadaan ruangan yang lebih dingin. Bagaimana prinsip kerja sistem AC Central? 3.1 Latar Belakang penghawaan buatan (AC) di era globalisasi. Indonesia termasuk daerah tropis lembab Udara yang nyaman mempunyai kecepatan tidak boleh lebih dari 5 km/jam. Untuk ruangan pengurus rumah sakit dan pelanyanan dipakai system penyegaran udara seperti yang di pergunakan di gedung kantor 1.. jendela tidak lagi merupakan bagian yang persyaratan dalam menyejukan ruangan. Saringan udara yang di pergunakan hendaknya dirawat dengan cermat. dengan catatan bahwa dalam hal ini dipakai system udara luar penuh dan udara yang masuk ke dalam ruangan hatuslah bebas debu. Sedangkan untuk ruang tunggu boleh dipergunakan system sentral atau system unit paket. Prinsip penghawaan buatan adalah untuk menurunkan temperatur dan kelembaman ruang. rumah sakit bahkan rumah tingal kita menggunakan AC (Air Conditioner).Hampir disetiap bangunan/gedung perkantoran. dengan suhu/temperatur < 30ºC dan banyak mengandung O2. System yang sama dapat dipakai pada ruang periksa dan radioskopi. Namun kemajuan yang diperoleh dalam bidang penghawaan buatan. mal. jendela sangat diperlukan untuk memungkinkan masuknya cahaya matahari sebagai ruangan dan masuknya udara segar.2 Rumusan Masalah Berdasarkan pemilihan judul di atas maka permasalahan yang diangkat dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. sudah menjadi kebutuhan primer. Bagaimana cara merawat AC Central? . Dengan memenuhi persyaratan tersebut. Apa saja komponen-komponen pada sistem AC mobil dan apa fungsinya? 2. Apakah refrigerant itu dan apa saja persyaratan untuk refrigerant dan oli pelumas pada sistem AC Central? 4. Temperatur udara di Indonesia sekitar 30ºC dan kelembaman sekitar 90 %. sebaiknya di pakai system penyegaran udara jenis air-udara dengan pengaturan yang terpisah satu sama lain. Dalam hal tersebut udara perimer di masukan ke dalam ruangan untuk ventilasi dan berkerja dengan system udara luar penuh. hotel. hendaknya dipakai system penyegaran udara jenis air-udara dengan unit koil kipas udara atau unit induksi. kenyamanan akan dapat dinikmati sehingga semua kegiatan di RSUD Arifin Ahmad dapat berjalan dengan baik. Semula. diperiksa dan dibersihkan dengan sebaik-baiknya untuk mencegah penularan penyakit.

Mengetahui dan memahami komponen-komponen pada sistem AC mobil dan fungsinya. 4.4 Manfaat Manfaat yang dapat diberikan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut: 1. Sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran untuk dapat memahami dan mempelajari bagaimana cara merawat AC Central. 2. persyaratan refrigerant dan pelumas yang digunakan. Sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran untuk dapat memahami dan mempelajari fungsi komponen-komponen dan prinsip kerja sistem AC Central. 3. Mengetahui dan memahami prinsip kerja sistem AC Central. 3. .3 Tujuan Tujuan penulis menyusun makalah ini adalah sebagai berikut: 1. Makalah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang lebih tentang sistem AC Central. 1. Mengetahui dan memahami apa itu refrigerant dan persyaratan untuk refrigerant dan oli pelumas pada sistem AC Central.1. 2. Mengetahui dan memahami bagaimana cara merawat AC Central.

Jhon Gorrie tetapi AC ini digunakan bukan untuk kepentingan atau kenyamanan manusia melainkan untuk keperluan percetakan dan industri lainnya. yaitu.semuanya masih berfungsi sama yaitu untuk mendinginkan suhu ruangan agar orang merasa nyaman. Umumnya menggunakan siklus refrigerasi tapi kadang-kadang menggunakan penguapan. Saat ini AC sudah digunakan disemua sektor. Pada tahun 1820 ilmuwan Inggris bernama Michael Faraday Image menemukan cara baru mendinginkan udara dengan menggunakan Gas Amonia. ini adalah cikal bakal dari tehnologi AC (air conditioner) tetapi sayangnya sebelum sempurna beliau sudah meninggal pada tahun 1855. dan pengkondisian udara skala besar listrik pertama ditemukan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier. 2.Jhon Gorrie Image menemukan cara mendinginkan ruangan dirumah sakit Apalachicola yang berada di Florida Ameika Serikat. biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor. tidak hanya industri saja tetapi juga sudah di perkantoran dan perumahan dengan berbagai macam bentuk dari mulai yang besar hingga yang kecil. . evaporator. Pada saat itu jarang yang memiliki karna mahal dan dibangun dengan desain khusus. Penyejuk udara atau Pengkondisi udara atau Penyaman udara atau erkon adalah alat atau AC (berasal dari singkatan air conditioner dalam bahasa inggris). Konsep pengkondisian udara diketahui telah diterapkan di Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan. AC modern muncul dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad ke-19. Penggunaan AC untuk perumahan baru dikembangkan pada tahun 1927 dan pertama dipakai disbuah rumah di Mineapolis.1 Sejarah AC (Air Conditioner) Awal dari AC (air Conditioner ) sudah dimulai sejak jaman Romawi yaitu dengan membuat penampung air yang mengalir di dalam dinding rumah sehingga menurunkan suhu ruangan. Minnesota. sitem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu). pada tahun 1842 Dr. kondensor. dan evaporator. Willis Haviland Carrier Image seorang Insinyur dari New York Amerika menyempurnakan penemuan dari Dr. katup ekspansi. orifice tube.BAB II LANDASAN TEORI 2. compressor AC.2 Bagian-bagian AC Sebenarny udara dingin merupakan output dari sistem yang terdiri dari beberapa komponen.

berfungsi menurunkan tekanan aliran. Pipa kapiler diantara kondensor dan evaporator Refrigeran yang melalui pipa kapiler akan mulai menguap. Ukuran diameter dan panjang pipa kapiler dibuat sedemikian rupa. maka akan terjadi pembekuan pada sebagian . refrigeran cair tersebut masuk ke katup ekspansi yang mengontrol jumlah refrigeran yang masuk ke evaporator. Bila pengisian kurang. 1. Agar kotoran tidak menyumbat pipa kapiler. Katup Ekspansi Katup ekspansi yang berdiameter kecil. katup ekspansi otomatis. Kondensor bisa disebut heat exchange. dan katup ekspansi termostatik. dipasang juga katup ekspansi d. Ada banyak jenis katup ekspansi. Besarnya tekanan pipa kapiler bergantung pada ukuran diameter lubang dan panjang pipa kapiler. dan dengan turunnya tekanan memungkinkan refrigerant untuk menguap. Kondensor merupakan bagian yang “panas” dari air conditioner. Orifice Tube Orifice tube merupakan tempat di mana cairan bertekanan tinggi diturunkan tekanan dan suhunya menjadi cairan dingin bertekanan rendah. selain memasang sebuah orifice tube. Jumlah refrigeran yang berada dalam sistem juga menentukan sejauh mana refrigeran di dalam evaporator berhenti menguap. Setelah refrigeran terkondensasi di kondensor. Bekerja melepaskan panas yang diambil refrigerant di evaporator dan mencairkannya c. Selanjutnya berlangsung proses penguapan yang sesungguhnya di evaporator. Jika refrigeran mengandung uap air. Kondensor AC Kondensor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah mendinginkan gas yang bertekanan tinggi berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi yang kemudian akan dialirkan ke orifice tube. Pipa kapiler adalah pipa tembaga dengan diameter lubang kecil dan panjang tertentu. Pipa Kapiler (capillary tube) Katup ekspansi yang umum digunakan untuk sistem refrigerasi rumah tangga adalah pipa kapiler. sehingga refrigeran cair harus menguap pada akhir evaporator. yaitu mengubah fluida kerja/refrigent berupa gas dari yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi yang diteruskan menuju kondensor. sehingga pengisian refrigeran harus cukup agar dapat menguap sampai ujung evaporator. b. ketika zat pendingin meninggalkan katup pemuaian dan memasuki evaporator/pendingin. Compressor AC adalah alat untuk memampatkan gas refrigerant (pendingin) yang masuk supaya dapat mencair di Kondensor. Dalam beberapa sistem. maka pada saluran masuk pipa kapiler dipasang saringan yang disebut strainer.a. maka uap air akan membeku dan menyumbat pipa kapiler. tiga diantaranya adalah pipa kapiler.

Hal ini menyebabkan cairan refrigeran yang berasal dari kondensor akan lebih banyak masuk ke evaporator. apapun kondisi beban di evaporator. dengan kata lain suhu panas lanjut di evaporator dijaga tetap konstan pada segala keadaan beban e. demikian seterusnya. Campuran refrigent kemudian masuk ke akumulator / pengering. Ini juga dapat berlaku seperti mulut/orifice kedua bagi cairan yang berubah menjadi uap bertekanan rendah yang murni. Akibatnya “bellow” akan bertekan ke atas hingga lubang aliran refrigeran akan menyempit dan ciran refrigeran yang masuk ke evaporator menjadi berkurang. maka ada kemungkinan refrigerant cair akan masuk ke kompresor yang akan mengakibatkan rusaknya kompresor. sehingga besarnya suhu panas lanjut di evaporator akan meningkat.evaporator. Katup Ekspansi Otomatis Katup Ekspansi Otomatis bekerja untuk mempertahankan tekanan konstan di evaporator. Peningkatan tekanan tersebut akan menekan diafragma ke bawah dan membuka katup lebih lebar. Peningkatan suhu dari evaporator akan menyebabkan uap atau cairan yang terdapat ditabung sensor suhu tersebut akan menguap (terjadi pemuaian) sehingga tekanannya meningkat. Panas yang dipindahkan berupa : 1. Bila pengisian berlebih. Biasanya. sebelum melalui compressor AC untuk memperoleh tekanan dan beredar dalam sistem lagi. evaporator dipasangi silikon yang berfungsi untuk menyerap kelembapan dari refrigent. Katup Ekspansi Termostatik (KET) Katup Ekspansi Termostatik (KET) adalah satu katup ekspansi yang mempertahankan besarnya panas lanjut pada uap refrigeran di akhir evaporator tetap konstan. tapi masih mengandung sedikit cairan. 3. Evaporator/Pendingin AC adalah media penguapan bagi cairan refrigerant dan selama menguap refrigerant menyerap panas dari udara disekitarnya melalui kumparan pendingin dan kipas evaporator meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Panas sensibel (perubahan temperatur) Temperatur refrigeran yang memasuki evaporator dari katup ekspansi harus demikian sampai temperatur jenuh penguapan (evaporator saturation temparature). Jika beban bertambah. Keadaan ini menyebabkan tekanan evaporator akan berkurang dan “bellow” akan tertekanan ke bawah sehingga katup membuka lebar dan cairan refrigeran akan masuk ke evaporator lebih banyak. Jadi sistem pipa kapiler mensyaratkan suatu pengisian jumlah refrigeran yang tepat. . Refrigent dalam evaporator mulai berubah kembali menjadi uap bertekanan rendah. maka cairan refrigran di evaporator akan lebih banyak menguap. 2. Akibatnya suhu panas lanjut di evaporator kembali pada keadaan normal. Bila beban evaporator bertambah maka temperatur evaporator menjadi naik karena banyak cairan refrigeran yang menguap sehingga tekanan di dalam saluran hisap (di evaporator) akan menjadi naik pula. Pada akhir evaporator diletakkan tabung sensor suhu (sensing bulb) dari KET tersebut.

8 – 2. g. Di kondensor. Di kompresor. Uap refrigeran yang berasal dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah masuk ke kompresor melalui saluran hisap. Adanya proses perpindahan panas pada evaporator dapat menyebabkan perubahan wujud dari cair menjadi uap. diperlukan panas laten. uap refrigeran akan bertekanan dan bersuhu tinggi. temperatur uap yang meninggalkan evaporator harus pupa dinaikkan untuk mendapatkan kondisi uap panas lanjut (super-heated vapor) 2. jauh lebih tiggi dibanding temperatur udara sekitar. uap tersebut akan melepaskan kalor. Cairan refrigeran yang bertekanan tinggi mengalir dari penampung refrigean ke katup ekspansi. Refrigeran akan menyerap panas dari ruang sekelilingnya. Permasalahan yang sering timbul pada pipa kapiler ini adalah karena kebocoran atau tersumbat. Ketika temperatur naik. Thermostat Thermostat pada air conditioner beroperasi dengan menggunakan lempeng bimetal yang peka terhadap perubahan suhu ruangan.3 Sirkulasi Refrigrasi Di dalam suatu alat pendingin (misal lemari es) kalor ditesarap di evaporator dan dibuang ke kondensor. Kapasitas evaporator adalah kemampuan evaporator untuk menyerap panas dalam periode waktu tertentu dan sangat ditentukan oleh perbedaan temperatur evaporator. Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekananan mengatur cairan refrigerant yang mengalir di pipa kapiler. 2. Ekspansi disini sebagai pengontrol refrigerant yang mengalir dari pipa ke pipa lainya. Pipa kapiler atau ekspansi Pipa kapiler adalah suatu pipa pada mesin pendinginyang mempunyai diameterpaling kecil jika dibandingkan dengan pipa – pipa yang lainya. Ekspansiberfungsi sama seperti pipa kapiler. f. uap refrigerant tersebut dimampatkan. Lempeng ini terbuat dari 2 metal yang memiliki koefisien pemuaian yang berbeda. Kemudian uap menunjuk ke kondensor melalui saluran tekan. Panas laten (perubahan wujud) Perpindahan panas terjadi penguapan refrigeran.0 mm dengan panjang kurang lebih 1 meter. Pipa kapiler ini biasanya berukauran diameter 0. Untuk terjadinya perubahan wujud. Keluar dari katup ekspansi tekanan . sementara perbedaan tempertur evaporator adalah perbedaan antara temperatur jenis evaporator (evaporator saturation temperature) dengan temperatur substansi/benda yang didinginkan. sehingga akan berubah fasa dari uap menjadi cair (terkondensasi) dan selanjutnya cairan tersebut terkumpul di penampungan cairan refrigeran. sehingga ketika ke luar dari kompresor. metal terluar memuai lebih dahulu. Sebelum gas mengalir ke pipa kapiler harus melalui alat yang disebut dried stainer atau saringan.Setelah terjadi penguapan. Dalam hal ini perubahan wujud tersebut adalah dari cair menjadi uap atau menguap (evaporasi). sehingga lempeng membengkok dan akhirnya menyentuh sirkuit listrik yang menyebabkan motor AC aktif.

jadi refrigent yang masuk ke dalam kompresor dialirkan ke condenser yang kemudian dimampatkan di kondenser. Pada kondensor tekanan refrigent yang berada dalam pipa-pipa kondenser relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan refrigent yang berada pada pipi-pipa evaporator. Pada saat itulah cairan tersebut mulai menguap yaitu di evaporator. perubahan fase ini disebabkan karena tekanan refrigent dibuat sedemikian rupa sehingga refrigent setelah melewati katup ekspansi dan melalui evaporator tekanannya menjadi sangat turun. maka refrigent mengeluarkan kalor yaitu kalor penguapan yang terkandung di dalam refrigent.Hal ini secara praktis dapat dilakukan dengan jalan diameter pipa yang ada dievaporator relatif lebih besar jika dibandingkan dengan diameter pipa yang ada pada kondenser. Kompresor pada sistem pendingin yang digunakan sebagai alat untuk memampatkan fluida kerja (refrigent). Akibatnya evaporator menjadi dingin.Di bagian kondenser ini refrigent yang dimampatkan akan berubah fase dari refrigent fase uap menjadi refrigent fase cair. 2. pada katup ekspansi ini refrigent tekanannya diturunkan sehingga refrigent berubah kondisi dari fase cair ke fase uap yang kemudian dialirkan ke evaporator. dengan menyeap kalor dari sekitarnya hingga cairan refrigeran habis menguap. Bagian inilah yang dimanfaatkan untuk mengawetkan bahan makanan atau untuk mendinginkan ruangan. di dalam evaporator ini refrigent akan berubah keadaannya dari fase cair ke fase uap. guna meningkatkan tingkat kenyamanan orang selama berada di dalam ruangan tersebut. sistem AC juga menghilangkan uap air. . Adapun besarnya kalor yang dilepaskan oleh kondenser adalah jumlahan dari energi kompresor yang diperlukan dan energi kalor yang diambil evaparator dari substansi yang akan didinginkan.4 Cara kerja Sistem AC Dalam proses ‘menghilangkan’ panas. dalam hal ini energi yang dipergunakan adalah energi yang berada di dalam substansi yang akan didinginkan. Kemudian uap rifregean akan dihisap oleh kompresor dan demikian seterusnya proses-proses tersebut berulang kembali. Dengan diambilnya energi yang diambil dalam substansi yang akan didinginkan maka enthalpi substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. jenis AC lainnya yang umum adalah AC ruangan yang terpasang di sebuah jendela. Setelah refrigent lewat kondenser dan melepaskan kalor penguapan dari fase uap ke fase cair maka refrigent dilewatkan melalui katup ekspansi. Proses ini akan berubah terus-menerus sampai terjadi pendinginan yang sesuai dengan keinginan. AC yang digunakan dalam sebuah gedung biasanya menggunakan AC sentral. Dengan adanya perubahan kondisi refrigent dari fase cair ke fase uap maka untuk merubahnya dari fase cair ke refrigent fase uap maka proses ini membutuhkan energi yaitu energi penguapan. dengan turunnya enthalpi maka temperatur dari substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. Filter (penyaring) tambahan digunakan untuk menghilangkan polutan dari udara. Selain itu. Dengan adanya mesin pendingin listrik ini maka untuk mendinginkan atau menurunkan temperatur suatu substansi dapat dengan mudah dilakukan.menjadi sangat berkurang dan akibatnya cairan refrigeran bersuhu sangat rendah.

condenser. Jenis AC Split memisahkan bagian ‘ruang dalam’ (indoor) dengan ‘ruang luar’ (outdoor). pada AC jenis split komponen AC dibagi menjadi dua unit yaitu unit indoor yang terdiri dari filter udara. semua semua komponen AC seperti filter udara. AC Split. sepreti pada rumah susun. expansion valve dan controll unit terpasang pada satu base plate. pada AC jenis window. seperti ruang tidur. bahkan mungkin hanya bagian depan saja. dimana ruangan yang berhubungan dengan udara luar hanya ada didepan dan belakang saja. karena AC window harus dipasang dengan cara bagian condenser menghadap ketempat terbuka supaya udara panas dapat dibuang kealam bebas. condenser blower dan refrigerant filter. condenser. serta unit outdoor yang terdiri dari compresor. Biasanya diletakkan pada posisi indoor dan outdoor bersatu dalam sisi yang berlawanan. jenis AC ini relatif lebih aman dari pencurian. Desain bangunan seperti Ruko. ruang kerja atau perpustakaan . maka pada ruangan yang posisinya ditengah tidak dapat dipasang AC jenis window. Kelebihan AC window : • • • Pemasangannya pertama maupun pembongkaran kembali apabila akan dipindahkan mudah dilaksanakan. refrigerant filter. Ada beberapa jenis yang ada dipasaran yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pemeliharaan/perawatan mudah dilaksanakan. satu buah untuk menghubungkan evaporator dengan compressor dan dan satu buah untuk menghubungkan refrigerant filter dengan expansion valve serta kabel power untuk memasok arus listrik untuk compressor dan condenser blower. evaporator dan evaporator blower. Noise yang dihasilkan ketika pendingin bekerja menjadi lebih lembut karena letaknya yang terpisah.2. expansion valve dan controll unit. AC Window. 2. compressor. jadi apabila memerlukan AC maka harus diperinci jenis AC yang mana yang sesuai dengan kebutuhan : 1. Kekurangan AC window : • • Karena semua komponen AC terpasang pada base plate yang posisinya dekat dengan ruangan yang didinginkan. Tidak semua ruangan dapat dipasang AC window. AC Split Cocok untuk ruangan yang membutuhkan ketenangan. Dan oleh karena bentuknya yang biasanya besar. kemudian base plate beserta semua komponen AC tersebut dimasukkan kedalam kotak plat sehingga menjadi satu unit yang kompak.5 Jenis-jenis AC. evaporator. maka cederung menimbulkan suara berisik (terutama akibat suara dari compressor). blower. Harga murah. Selanjutnya selanjutnya antara unit indoor dengan unit outdoor dihubungkan dengan 2 buah saluran refrigerant. Biasanya dipilih karena pertimbangan keterbatasan ruangan.

Harganya lebih mahal. 3. Apabila terjadi kerusakan pada waktu beroperasi. maka dampaknya dirasakan pada seluruh ruangan. pada AC jenis ini udara dari ruangan/bangunan didinginkan pada cooling plant diluar ruangan/bangunan tersebut kemudian udara yang telah dingin dialirkan kembali kedalam ruangan/bangunan tersebut. Kok pengkondisian udara? Tetapi apakah Anda mengetahui prinsip kerja AC itu sendiri? Berikut adalah prinsip kerja Air Conditioner (AC) yang sebenarnya punya prinsip sama dengan Lemari Es yang Anda punya di rumah. AC jenis ini biasanya dipergunakan di hotel atau mall.6 Prinsip Kerja Air Conditioner Air Conditioner (AC) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk pengkondisian udara didalam ruangan. AC sentral. karena condenser yang terpasang pada outdoor bisa ditempatkan ditempat yang berhubungan dengan udara luar jauh dari ruangan yang didinginkan.Kelebihan AC split : • • Bisa dipasang pada ruangan yang tidak berhubungan dengan udara luar. karena tidak ada unit indoor. 2. Biaya investasi awal serta biaya operasi dan pemeliharaan tinggi. Kekurangan AC sentral : • • • • Perencanaan. Kelebihan AC sentral : • • Suara didalam ruangan tidak berisik sama sekali. Pengaturan temperatur udara hanya dapat dilakukan pada sentral cooling plant. misalnya pada ruangan yang posisinya ditengah pada bangunan Ruko. Pemeliharaan/perawatan membutuhkan peralatan khusus dan tenaga yang terlatih. Estetika ruangan terjaga. Kekurangan AC split : • • • Pemasangan pertama maupun pembongkaran apabila akan dipindahkan membutuhkan tenaga yang terlatih. Suara didalam ruangan tidak berisik. operasi dan pemeliharaan membutuhkan tenaga yang betul-betul terlatih. instalasi. .

4. 2. evaporator. Dalam mengeluarkan panas pada condensor.Alat pada AC itu terdiri dari pompa compressor. 3. Dalam hal ini refrigerant akan menyerap panas udara sehingga udara menjadi dingin dan refrigerant akan menguap dan dikumpulkan dalam penampung uap. penukar panas. Uap refrigerant memberikan panas kepada udara pendingin dalam condensor menjadi embun pada pipa kapiler. . temperatur dan tekanan uap refrigerant menjadi naik dan ditekan masuk ke dalam kondensor. selama proses kompresi berlangsung. Udara di dalam ruangan dihisap oleh kipas sentrifugal yang ada dalam evaporator dan udara bersentuhan dengan pipa coil yang berisi cairan refrigerant. Secara garis besar prinsip kerja air conditioner adalah sebagai berikut: 1. Untuk menurunkan tekanan cairan refrigerant yang bertekanan tinggi digunakan katup ekspansi untuk mengatur laju aliran refrigerant yang masuk dalam evaporator. dibantu oleh kipas propeller. Pada saat udara keluar dari condensor udara menjadi panas. dan katup pemuaian dan prinsip kerja siklus pendinginan udara dapat dilihat pada gambar. Tekanan uap yang berasal dari evaporator disirkulasikan menuju kondensor.

kemudian dialirkan ke dalam pipa evaporator melalui katup ekspansi. Pada sirkulasi udara dingin terus-menerus dalam ruangan. kemudian udara dalam ruangan dikeluarkan oleh kipas udara kondensor. 8. Gas refrigerant bersuhu tinggi saat akhir kompresi di condensor dengan mudah dicairkan dengan udara pendingin pada sistem air cooled atau uap refrigerant menyerap panas udara pendingin dalam condensor sehingga mengembun dan menjadi cairan di luar pipa evaporator.5. Di sini terjadi perpindahan panas sehingga suhu udara dalam ruangan relatif dingin dari sebelumnya. Dalam hal ini udara di luar ruangan dapat dihisap oleh kipas sentrifugal dan masuknya udara melalui kisi-kisi yang terdapat pada AC. maka perlu adanya thermostat untuk mengatur suhu dalam ruangan atau sesuai dengan keinginan. Udara dalam ruang menjadi lebih dingin dibanding diluar ruangan sebab udara di dalam ruangan dihisap oleh sentrifugal yang terdapat pada evaporator kemudian terjadi udara bersentuhan dengan pipa/coill evaporator yang didalamnya terdapat gas pendingin (freon). Dan sebagai cairan yang bersifat sebagai penghantar dari kalor yang terdapat pada udara adalah freon (diantaranya CCl2F2). 6. serta dibantu dengan komponen AC lainnya. Suhu di luar ruangan lebih panas dibanding di dalam ruangan. Karena air atau udara pendingin menyerap panas dari refrigerant. 9. sebab udara yang di dalam ruangan yang dihisap oleh kipas sentrifugal dan bersentuhan dengan evaporator. . maka air atau udara tersebut menjadi panas pada waktu keluar dari kondensor. Pada gambar diatas di sebelah kiri mengandung freon yang bersuhu rendah dan tekanan rendah sedangkan sisi kanan mengandung suhu yang tinggi dan tekanan tinggi. Kejadian ini akan berulang kembali seperti di atas. Uap refrigerant yang sudah menjadi cair ini. 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.