PT Pertamina Training & Consulting

BAB IV - RENCANA KERJA
1. Direksi menyusun Rencana kerja + anggaran tahunan
harus sebelum tahun diberlakukan dan disepakati oleh Dewan Komisaris dan sesuai anggaran dasar atau RUPS. 2. jika tidak disepakati atau tidak dibuat maka digunakan rencaa kerja yang lalu. 3. semua harus sesuai dgn telaah dewan komisaris dan RUPS atau sesuai peraturan dalam anggarandasar.

Isi laporan tahunan : a. 2. Laporan kegiatan perseroan c. Masalah yg dihadapi e. Lap tahunan dibuat oleh direksi ditelaah oleh dewan komisaris dan disampaikan dalam RUPS paling lambat 6 bulan. Nama Dewan Direksi dan Dewan komisaris f. Laporan gaji dan tunjangn / honorariumdewan direksi dan dewankomisaris . neraca yg jg dilaporkan kpd menteri) b.Laporan Tahunan 1. Laporan CSR + Environment d. Laporan keuangan (rugi laba sesuai standar akuntan. Laporan pengawawasan dewan komisaris g.BAB IV .

merupakan terbuka. Laporan harus di tandatangani oleh seluruh dewan direksi dan dewan komisaris. Lap keuangan harus diaudit oleh akuntan publik bila: a. perusahaan menghimpun dana masyarakat. plg lambat 7 hari stlh disahkan.3. merupakan persero d. aset 50 miliar f. 4. jika tidak dianggap menyetujui. lap akuntan publik diserahkan kepada RUPS melalui direktur dan neraca + lap rugi laba diterbitkan pd 1 surat kabar. Disahkan oleh RUPS. diprintah UU 5. . b. c. menerbitkan surat pengakuan hutang pd masyarakat e. Jika tidak harus menyampaikan alasannya scrtertulis.

jika terbukti terlepas dr kesalahannya maka dibebaskn dr tanggung jawab kesalahnnya itu. .Apabila terdapat kesalahan pd pelaporan yg menyesatkan maka dewan direksi dan komisaris hrs bertannggung jawab.

jika perusahaan rugi. direksi dan komisaris bertanggung jawab atas kerugian jika pemilik saham tidak bisa mengembalikan deviden interim . jika ada kebutuhan lain dibhas pada RUPS. belum sampai digunakan untuk menutupi kerugian outstanding 2. bisa dilakukan jika kekayaan perusahaan > (modal ditempatkan + disetor + cadangan wajib).Penggunaan Laba 1. selain penyisihan dibagikan sebagai deviden. laba positif 3. tidak boleh mengganggu aktivitas perusahan pada kreditor. deviden interim harus dikembalikan. Deviden interim : harus diatur dalam anggaran dasar. Penyisihan : diputuskan RUPS. Cadangan setiap tahun : laba positif. diputuskan oleh direksi dan disetujui dewan komisaris. 20% dari modal.Bab IV .

Deviden yang tidak diambil 5 tahun : masuk cadangan khusus 2.Penggunaan Laba 1. RUPS mengatur pengembalian deviden 3.Bab IV . Deviden dalam cadangan khusus selama 10 tahun jadi Hak Perseroan .

Tidak melaksanakan : sanksi sesuai UU . Berkaitan sumberdaya alam wajib melakukan Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan 2. Dimasukkan dalam anggaran biaya : kepatutan dan kewajaran 3.Bab V – Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan 1.

Tbk. RUPS : diadakan perseroan melakukan usaha utama.Bab VI – RUPS 1. mata acara lain-lain tidak dapat mengambil keputusankecuali hadir semua dan disepakatai penambahan mata rapat. Kewenangan diluar Direksi dan Komisaris. Kuorum diatur dalam UU / anggaran dasar. RUPS bisa dilakukan dengan : telekonferensi. 3. yang memungkinkan antara anggota dapat saling komunikasi dan tatap muka. 2. terletak di Indonesia. mata rapat tambahan harus disepakati dengan suara yang bulat. dilakukan di bursa dimana saham dicatatkan. setiap RUPS dibuat risalah dan ditandatangani oleh semua peserta RUPS . video konferensi.

RUPS : tahunan dan lainnya.Bab VI – RUPS 1. sekali dalam setahun palinglambat 6 bulan setelah tutup buku. Penyelenggaran RUPS oleh Direksi diawali dengan pemanggilan RUPS. paling lambat diadakan RUPS 15 hari setelah permintaan . Dewan komisaris 3. ditembuskan pada Dewan Komisaris. RUPS lainnya dapat kapan saja dilakukan. harus diajukan semua buku dari laporan tahunan. 2. dilakukan atas permintaan: 1. Permintaan tersebut diajukan kepada Direksi (Surat Tercatat + alasannya). Satu orang atau lebih pemegang saham (1/10) dari seluruh saham 2.

Bab VI – RUPS 1. kuorum. jangka waktu. Jika melampaui batas 15 hari maka peminta RUPS diperkenankan ke pengadilan negeri untuk memohon izin melakukan pemanggilan RUPS. Jika direksi tidak melaksanakan pemanggilan RUPS. Pengadilan menentukan : bentuk. yang dibahas adalah alasannya dan mata acara rapat yang dipandang perlu oleh direksi. diajukan kembali pada Dewan komisaris. dan undangan wajib datang direksi serta komisaris. paling lambat 15 hari. atau dewan komisars yang melakukan pemanggilan. mata acara. Jika Dewan komisaris yang memanggil hanya membahas masalah 2. .

Bab VI – RUPS 1. Jika terjadi penolakan oleh hakim. hak suara tidak berlaku untuk : saham yang dikuasai perseroan. . Berlaku juga untu Tbk. 2. sebelum pemanggilan dilakukan pengumuman yang diatur UU pasar modal. Bagi Tbk. pemohon dapat mengajukan kasasi. mata rapat. paling lambat 14 hari sebleum pemanggilan RUPS 4. saham perseroan yang dikuasai perseroan lain. Setiap saham yang dikeluarkan memiliki hak suara atau anggaran dasar menagtur lain. dan memberikan bahan pembahasan Cuma-Cuma. saham induk perseroan dimiliki anak perusahaan. 3. dan tempat. Dalam RUPS tercantum : tanggal waktu.

tidak mencapai kuorum dilakukan pemanggilan RUPS kedua dan harus disebutkan bahwa RUPS pertama tidak mencapai kuorum. Direksi dan komisaris tidak boleh berkuasa pada RUPS. . Tidak boleh diwakilkan dengan memiliki suara yang berbeda. Pemegang saham berhak hadir dan memiliki hak suara sesuai sahamnya. RUPS dapat dilakuakn jika ½ hak suara hadir. surat kuasa tidak berlaku. jika pemegang saham hadir. 2.Bab VI – RUPS 1. atau sesuai batas kuorum yang ditentukan anggran dasar. ketua rapat menentukan siapa saja yang hadir dalam RUPS 3.

2. RUPS kedua dapat mengambil keputusan jika 1/3 pemilik hak suara hadir ataus sesuai batas kuorum anggran dasar. harus disebutkan dan jumlah kuorum ditentukan pengadilan negeri. Pemanggilan Paling lambat 7 hari sebelum dilaksanakan RUPS kedua dan ketiga. RUPS kedua dan ketiga dilaksanakan paling cepat 10 hari dan paling lambat 21 hari setelah RUPS sebelumnya .Bab VI – RUPS 1. Jika tidak tercapai dapat pemanggilan RUPS ketiga.

Jika tidak tercapai musyawarah mufakat. Jika kuoru tidak tercapai dapat mengadakan RUPS kedua. 3. keputusan sah jika 2/3 menyetujui. Mengubah anggran dasar : 2/3 pemegang saham hadri. . dipilih dengan ½ suara atau jumlah terbanyak sesuai anggaran dasar. dan suara sah jika 2/3 dari kehadiran. Keputusan RUPS dengan musyawarah mufakat 2. Kehadiran harus 3/5 dari pemegang saham. kecuali anggaran dasar menentukan kuorum yang lebih besar 4.Bab VI – RUPS 1.

Bab VI – RUPS 1. pengambilalihan. 2. Penggabungan. perpanjangan waktu. . pemisahan. 2/3 pemilik saham harus hadir dan suara sah jika ¾ menyetujui 3. peleburan. Pemegang saham dapat mengambil keputusan diluar RUPS jika semua pemgang saham setuju secara tertulis atas usulannya. Risalah RUPS wajib dibuat ditandatangani oleh ketua rapat dan paling sedikit 1 orang pemegang saham yang ditunjuk. RUPS kedua. pailit. dan pembubaran sedikitnya ¾ pemilik saham hadir dan sedikitnya ¾ suara dapat memutuskan yang sah. tanda tangan tsb tidak disyaratkan jika menggunakan akta notaris 4.

dianyatakan pailit. jika melibatkan mengelola dana masyarakt. 3. Direksi adalah orang yang dp=ipandang cakap hukum kecuali : dalam 5 tahun terakhir. 2. Jika terjadi pergantian. dan Tbk harus sedikitnya 2 anggota direksi. Diangkat RUPS 4. tindak pidana. pengangkatan dna pemberhentian harus dilaporkan kepada menteri selambatnya 30 hari setelah RUPS . Melakukan keseharian roda bisnis perseroan. dinyatakan bersalah dalam pailit.Bab VII – Direksi 1.

Bab VII – Direksi 1. Kerugain buakan karena kelalaiannya 2. Besar gaji dan tunjangan direksi diputusakna RUPS. 2. Telah mengambil tindakan untuk mencegah . Telah dengan itikad baik dan hati-hati 3. Direksi yang tidak sesuai syarat maka batal. dan 7 hari selambatnya direksi lain dan komisaris mngumumkankan batalnya anggota direksi. dapat dilimpahkan pada Rapat Dewan Komisaris. Tidak memiliki konfik kepentingan 4. 3. Direksi lepas dari kesalahan jika: 1.

1/10 pemegang saham dapat menggugat direksi 2. dan b. Daftar disimpan di tempat usaha. Dapat menggugat balik 3. risalah RUPS. Direksi wajib : a. c.Bab VII – Direksi 1. membuat daftar pemegang saham. membuat laporan tahunan dan dokumen keuangan Perseroan d. risalah rapat Direksi. risalah. Kepemilikan saham direksi pada perseroan harus dicatat . dan dokumen keuangan Perseroan 4. dan dapat diakses oleh pemegang saham 5. daftar khusus. memelihara seluruh daftar.

Direksi meminta persetujuan RUPS : 1. Menjadi jaminan utang kekayaan perseroan 50% dari kekayaan bersih perseroan Terjadi dalam jangka 1 tahun. 4. Direksi dapat memberi kuasa untuk melakukan perbuatan hukum 3. Direksi tidak dapat mengajukan pailit. Mengalihkan kekayaan perseroan 2. RUPS yang menentukan. 2. dan Direksi bertanggung jawab penuh atas kesalahannya jika memang atas kelalainanya .Bab VII – Direksi 1.

3.Bab VII – Direksi 1. jika setelah 30 hari RUPS gagal menentukan maka pemberhentian sementara batal. . 30 hari setelah diberhentkan sementara harus diadakan RUPS. Dan direksi diberikan hak untuk pembelaan diri. 2. Dewan komisaris dapat memberhentyikans sementara Direksi 4. Direksi dapat diberhentikan atas dasar RIPS sewaktu2 dgn alasannya.

Dewan Komisaris diangkat RUPS.Bab VII – Dewan Komisaris 1. 2. Mekanisme sama dengan Dewan Direksi . Melibatkan dana masyarakat dan surat pengakuan hutang. Konsep syariah : harus memiliki dewan pengawas syariah. 4. Dewan Komisaris melakukan pengawasan kebijakan. Tbk harus terdiri dari 2 anggota komisaris dan keputusan diputuskan melalui rapat dewan komisaris. 3. dan pengurusan dan pemberian nasehat pada perseroan.

Dewan komisaris dapat melakukan tindakan pengurusan perseroan dalam jangka waktu tertentu 3. Membuat risalah rapat dewan komisaris 2. Melaporkan kepemilikan saham pada perseroan 3. Anggaran dasar dapat mengatur Komisaris Independen (terafiliasi dengan pemegang saham utama) dan Komisaris Utusan (dipilih oleh rapat dewan kmosaris) 4. Dewan komisaris wajib : 1. yang anggotanya salah satunya adalah anggota komisaris.Bab VII – Dewan Komisaris 1. Memberikan laporan pengawasan dewan komisaris 2. dimana bertanggung jawab kepada dewan komisaris . Dewan komisaris dapat membentuk komite.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.