Nama Guru Mapel

: Y. Eko. S, S.Pd : Fisika kelas X

Pra Observasi
Pertanyaan yang ditanyakan saat pra observasi : 1. Materi yang sedang diajarkan di kelas 10 - Hukum Kirchoff 2. Kelas yang akan dijadikan object observasi - Kelas X-4 3. Penjadwalan observasi - Hari Rabu jp ke 5-6 ( 27 Maret 2013 ) 4. Mengapa memilih kelas tersebut Karena kelas tersebut memang sangat aktif dalam bereaksi terhadap lingkungannya 5. Kesulitan dengan kelas tersebut Saya sulit mengendalikan kelas tersebut saat diskusi ataupun saat mereka sedang mengerjakan latihan soal 6. Focus apa yang akan dipilih Saya lebih memilih focus management kelas 7. Rangkaian pembelajaran hari yang disepakati Siswa akan diberikan quis tentang rangkaian listrik ( menghitung hambatan dan tegangan ) , pelajaran terdahulu Lalu siswa akan diajak menyelesaikan satu rangkaian yang diberikan guru dalam gambar disertai loop putaran arus dan data hambatan serta besarnya arus yang mengalir Focus yang dipilih : Management Kelas

Hasil Observasi
A. Penataan kelas Positive 1. Guru menata kembali tempat duduk siswa 2. Guru memutari kelas memeriksa kesiapan siswa ( buku, seragam) Negative 1. Suara guru kurang keras saat meminta siswa untuk siap belajar 2. Pelafalan kata-kata yang diucapkan kurang jelas 3. Masih ada sebagian siswa yang menghabiskan minuman berat mereka di luar kelas

B. Mengkomunikasikan aturan kelas

Mengembangkan dan mengkomunikasikan Instructional Routines Positive Negative 1. guru mengingatkan kembali untuk tetap mengerjakan sendirisendiri tetapi saat ada siswa yang berdiskusi. guru hanya konsentrasi pada siswa yang maju mengerjakan di papan tulis 3. Incentives dan Consequences Positive Negative 1. Saat membahas latihan soal yang dijadikan pekerjaan rumah . Sempat beberapa waktu konsen siswa yang belum selesai mengerjakan dalam memilih tayangan yang akan quis ditampilkan di LCD. Mengingatkan kembali aturan main kelasnya Negative 1. sehingga siswa 2. Intonasi dan kecepatan bicaranya terlalu cepat 4. Guru memberikan pujian dan motivasi . Menegur siswa yang tetap tidak focus saat kelas sudah siap belajar 2. Volume suara tidak konsisten 3. suara dan pelafalan kurang jelas sehingga anak banyak yang bertanya 2. dalam quis 10 menit ternyata 17 menit D. Memperhatikan perkembangan kecil siswa dalam belajar Fisika. Tegas saat mengambil lembar jawaban 1. Tidak menjalankan komitmen waktu yang dibuat sendiri.Positive 1. Mengucapkan terima kasih pada siswa mulai tidak konsen dan guru tidak yang mengerjakan pekerjaan rumahnya melakukan teguran dengan baik 3. Mengingatkan waktu saat mengerjakan 1. Saat memberikan perintah atau quis bertanya . guru tetap diam 2. Terlalu diam di posisi depan kelas saja. misalnya terhadap siswa yang biasanya tidak pernah semangat tapi hari ini Nampak memperhatikan dan banyak konsentrasi. Saat quis. C.

Karena gaduhnya klasikal maka kelas menjadi rebut. Untuk tindak lanjut. guru meminta untuk masih disupervisi dengan focus yang sama sebulan lagi. Saran Di minta untuk menyiapkan tayangan jadi jangan ada jeda waktu yang dapat membuat siswa diam saja dan menjadi gaduh Belajar membagi perhatian dengan beberapa fokus 5. Rencana tindak lanjut Belajar untuk management waktu di kelas dan membagi focus saat menjelaskan dan memperhatikan siswa dan meminta disupervisi lagi dengan focus yang sama sebulan lagi. Guru mengatur tempat duduk siswa 2. Scanning kesiapan siswa dengan memutari kelas memeriksa kesiapan buku dan alat tulis serta kesiapan materi dengan quis 3. Menawarkan ke siswa untuk terlibat dalam mengerjakan soal di papan tulis Negative 1. Guru kurang bisa membagi perhatian antara siswa yang sedang mengerjakan di papan tulis dengan siswa yang sedang duduk diam sehingga siswa yang duduk saja mulai mengalami bosan dan menjadi gaduh Kesimpulan dari observasi : Kelas tersebut menjadi tidak terkendali saat guru hanya focus dengan kelompok kecil atau bahkan focus ke satu pribadi saja sehingga siswa lainnya tidak ada kegiatan dan mulai gaduh. Komentar Guru Memang saya kesulitan membagi konsentrasi dengan memperhatikan siswa yang kurang dalam belajar serta siswa yang sedang menunggu di tempat duduk. 4. .E. Memberikan motivasi-motivasi yang mengingatkan mereka tentang pembelajaran terdahulu 4. Review dari hasil pengamatan ( positif dan negative ) 3. Pasca Observasi Hal-hal yang dibahas : 1. Low Profile Class Management Positive 1. Hal-hal yang sudah dilakukan guru 2.

6.Nama Guru Mapel : Cecilia . Materi yang sedang diajarkan di kelas 11 Kelas yang akan dijadikan object observasi Penjadwalan observasi Mengapa memilih kelas tersebut Kesulitan dengan kelas tersebut Focus apa yang akan dipilih Rangkaian pembelajaran hari yang disepakati Focus yang dipilih : Kejelasan Materi Hasil Observasi A. 5.Pd : Kimia kelas XI IPA Pra Observasi Pertanyaan yang ditanyakan saat pra observasi : 1. 2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Positive Negative . S. 7. 3. 4.

Menegur siswa yang tetap tidak focus 4. Guru membiasakan siswa membuat kerangka berpikir dengan peta konsep Positive Negative 3. Mengingatkan kembali aturan main sendiri tetapi saat ada siswa yang kelasnya berdiskusi. Masih ada sebagian siswa yang menghabiskan minuman berat mereka di luar kelas B. Saat quis. guru hanya konsentrasi pada siswa yang maju mengerjakan di papan tulis 6. seragam) 1. Guru menata kembali tempat duduk siswa 2. Volume suara tidak konsisten 7. Saat membahas latihan soal yang dijadikan pekerjaan rumah . Pelafalan kata-kata yang diucapkan kurang jelas 3. Mengucapkan terima kasih pada siswa mulai tidak konsen dan guru tidak yang mengerjakan pekerjaan rumahnya melakukan teguran . Memeriksa pemahaman siswa Positive Negative 4. Sempat beberapa waktu konsen siswa yang belum selesai mengerjakan dalam memilih tayangan yang akan quis ditampilkan di LCD.1. sehingga siswa 5. Saat memberikan perintah atau quis bertanya . Tegas saat mengambil lembar jawaban 2. guru mengingatkan kembali saat kelas sudah siap belajar untuk tetap mengerjakan sendiri4. Intonasi dan kecepatan bicaranya terlalu cepat 8. Suara guru kurang keras saat meminta siswa untuk siap belajar 2. Terlalu diam di posisi depan kelas saja. Tidak menjalankan komitmen waktu yang dibuat sendiri. dalam quis 10 menit ternyata 17 menit D. Berbasis pada pengetahuan awal siswa Positive Negative 2. Mengingatkan waktu saat mengerjakan 5. guru tetap diam 5. C. Guru memutari kelas memeriksa kesiapan siswa ( buku. suara dan pelafalan kurang jelas sehingga anak banyak yang bertanya 6.

Pasca Observasi Hal-hal yang dibahas : 6. Saran 10. Menawarkan ke siswa untuk terlibat dalam mengerjakan soal di papan tulis Negative 2. Rencana tindak lanjut Untuk tindak lanjut. Review dari hasil pengamatan ( positif dan negative ) 8. Guru mengatur tempat duduk siswa 6. . Memberikan motivasi-motivasi yang mengingatkan mereka tentang pembelajaran terdahulu 8. Hal-hal yang sudah dilakukan guru 7. Scanning kesiapan siswa dengan memutari kelas memeriksa kesiapan buku dan alat tulis serta kesiapan materi dengan quis 7.dengan baik 6. Guru memberikan pujian dan motivasi E. Karena gaduhnya klasikal maka kelas menjadi rebut. Guru kurang bisa membagi perhatian antara siswa yang sedang mengerjakan di papan tulis dengan siswa yang sedang duduk diam sehingga siswa yang duduk saja mulai mengalami bosan dan menjadi gaduh Kesimpulan dari observasi : Kelas tersebut menjadi tidak terkendali saat guru hanya focus dengan kelompok kecil atau bahkan focus ke satu pribadi saja sehingga siswa lainnya tidak ada kegiatan dan mulai gaduh. Komentar Guru 9. guru meminta untuk masih disupervisi dengan focus yang sama sebulan lagi. misalnya terhadap siswa yang biasanya tidak pernah semangat tapi hari ini Nampak memperhatikan dan banyak konsentrasi. Memperhatikan perkembangan kecil siswa dalam belajar Fisika. Positive 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful