SOAL UAS KELOMPOK 28

1. Balok seberat 16 lb diangkat vertikal ke atas dengan kecepatan konstan 10 ft/s setinggi 20 ft. Tentukan : a. Besar gaya yang diberikan b. Usaha yang dilakukan oleh gaya. c. Apa yang dapat saudara simpulkan ?

2. Seorang anak seberat 400,0 N berada pada ayunan yang digantungkan pada rantai sepanjang 2,00 m. Cari energy potensial gravitasi pada system anak bumi, relative terhadap posisi terendah sang anak ketika a) rantainya horizontal b) rantai membentuk sudut terhadap vertical. c) sang anak berada pada dasar pada busur yang melingkar.

3. Untuk mencegah sebuah kotak meluncur kebawah pada sebuah bidang miring, murid A mendorong kotak itu sejajar dengan bidang miring, cukup kuat untuk menahan kotak itu diam di tempat, dalam situasi yang identik, murid B mendorong kotak tersebut secara horizontal. Anggap diketahui massa m dari kotak, koefisien gesek statik µs antara kotak dan bidang miring, serta sudut kemiringannya, . (a) tentukan besargaya yang harus dikerjakan oleh A. (b) tentukan besarnya gaya yang harus dikerjakan oleh B. (c) jika m=2,00 kg, =25 , dan µs= 0,16, siapakah yang pekerjaannya lebih mudah? (d) bagaimana jika µs=0,38? Pekerjaan siapa yang lebih mudah sekarang?

*********************

maka : b). 9.096 m = 433.W ? Jarak = 6.48 J . maka di asumsikan gaya berasal dari posisi kecepatan awal yang konstan sebesar 10ft/s .096 m Ditanya : a). F ? Jawab : a). Diketahui : Massa balok (m) = 16 lb = 7.Jawab : 1.11 N x 6.096m Balok  gaya normal Karena tidak sebutkan dari posisi diam. W= Fs = 71.8 b).257 kg Kecepatan (v) = 10 ft/s Jarak (s) = 20 ft = 6.

Ketika sang anak berada pada dasar pada busur yang melingkar.2 J c). Maka : Potensial (H) = 0 terhadap vertical 3. a) Gaya yang harus dikerjakan oleh murid A Eliminasikan kedua ruas yang ada n ( ) b) Gaya yang harus dilakukan oleh murid B Subtitusikan kedua ruas .c). dan kecepatan konstan.26 m Jadi. Menyebabkan tidak ada nya beda potensial diantara kedua posisi tersebut. Jawab : a).26 m = 1019.8 x 0. tetapi berbeda jika balok di angkat dari keadaan diam 2. Jika percepatan yang di timbulkan oleh gaya adalah tidak ada. Potensial (H) = mgh = 400 N x 9. Maka usaha yang dilakukan sama dengan gaya normal balok tersebut .8 x 2m = 7840 J b) ketika rantai membentuk sudut – 0. ketika rantainya horizontal Potensial (H) = mgh = 400 N x 9.

( ) c) ( ( ( ) ) ) ( ) Murid A mendapatkan kerja lebih mudah karena hmengeluarkan gaya lebih sedikit dibandingkan murid B d) ( ( ( ) ) ) ( ) Murid B mendapatkan kerja lebih mudah karena mengeluarkan gaya lebih sedikit dibandingkan murid A .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful