APA ITU ASI EKSKLUSIF….???

ASI Eksklusif (menyusui eksklusif) adalah hanya memberikan ASI saja sejak bayi dilahirkan sampai berumur 6 bulan dan berikan kolostrum.
KOLOSTRUM ..!!! Apa itu …? Kolostrum adalah ASI yang keluar pada hari-hari pertama setelah bayi lahir. Warna kekuning-kuningan, lebih kental dari ASI biasa, mengandung banyak vitamin A, protein dan zat kekebalan yang penting bagi bayi. Apakah MANFAAT KOLOSTRUM ?  Menyediakan banyak zat kekebalan dan zat gizi yang berkualitas tinggi untuk pertumbuhan dan perlindungan bayi.  Membantu pengeluaran mekonium, yaitu kotoran yang pertama berwarna hitam kehijauan.

Apakah MANFAAT Asi Apakah MANFAAT Asi dan menyusui ? dan menyusui ?

Apa Apa tandanya tandanya bila bila bayi bayi bingung bingung PUTING PUTING ibu…??? ibu…???

♥ Mengandung zat-zat gizi yang berkualitas tinggi berguna untuk kecerdasan dan pertumbuhan ♥ Mengandung zat kekebalan, melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi ♥ Menghisap ASI membantu pertumbuhan gigi, langit-langit, dan rahang bayi. ♥ Menghindarkan bayi dari alergi dan diare. ♥ Mempererat hubungan kasih sayang ibubayi ♥ Dapat menjarangkan kehamilan, jika menyusui secara eksklusif. ♥ Menghindarkan ibu dari kemungkinan kanker payudara. ♥ Mencegah kegemukan pada bayi

bayi mengisap puting seperti mengisap dot mengisap secara terputus-putus dan sebentar-sebentar

CARA MENGHINDARI BAYI BINGUNG PUTING :   Jangan mudah mengganti ASI dengan susu formula. Apabila terpaksa memberikan susu formula, berikan susu dengan sendok, jangan menggunakan dot atau memberikan “kempong” pada bayi.

berdiri. Mangga. Susui bayi sampai bayi puas (bayi melepaskan sendiri puting ibu) atau payudara terasa sudah kosong. Ajaklah suami bila menyusui bayi. Kacang tanah. Saat masa menyusui. Contoh makanan tradisional yang dapat merangsang ASI: Daun katuk. supaya dapat menyalurkan kasih sayang pada bayi. Jambu air. Daun pepaya. Pisang. Daun singkong. Kacang hijau. Jeruk.HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN OLEH IBU DALAM MENYUSUI:   Saat menyusui bayi bisa dengan duduk. Bagi ibu yang bekerja. Segera periksa ke pelayanan kesehatan apabila bayi dan ibu sakit. banyaklah menyusui pada malam hari. Menyusui bayi dengan kedua payudara secara bergantian supaya payudara kanan-kiri bisa seimbang. ataupun berbaring. Bayam. ibu harus makan makanan yang bergizi. Pepaya. Kedelai. Bayi disusui setiap dia menginginkannya (saat menangis bukan karena sakit atau kencing) atau setiap 2-3 jam sekali. ASI EKSKLUSIF DAN CARA MENYUSUI     DISAMPAIKAN OLEH : Kelompok A2   PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS STIKES HANG TUAH SURABAYA 2011 . Kacang merah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful