PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN

DL6C – BERPIKIR SISTEM DAN ANTISIPATIF Sesi 3: Archetype

Sekolah Tinggi Manajemen PPM

Reinforcing Loop
Actual performance

Optional intermediate element

R

Optional intermediate element

Growing action

Balancing Loop Actual performance Target or Goal Corrective Action B Gap (actual performance VS target) .

“Berjalan di Tempat” Upaya untuk meningkatkan kinerja + R + Level kinerja B + Sasaran atau batas sumber daya untuk umpan balik penyeimbang Batas .

“Limits to Growth” Growth Action Growth process R Performance Limiting process B Limiting Action Constraint Accelerating  diminishing .

diri kita) • Leverage sesungguhnya ada ketika masih di growth process (masih banyak resource untuk melakukan manuver)  perlu berpikir antisipatif • Cari potential engine untuk memperbesar/memperlama growth process . eksternal. bersiap juga untuk mencari apa yang akan membatasi • Belajar mengenali batas (internal.Strategi untuk mengatasi? • Hati-hati dengan melakukan sesuatu dengan „cara yang sama dengan waktu lampau‟ • Jangan hanya terpaku untuk menuai hasil.

“Pengendalian Berat Badan” + Berat badan nyata + Perbedaan antara berat badan nyata dengan yang diinginkan Kalori yang digunakan Kalori yang tidak digunakan R B Tingkat metabolisme Banyaknya Makan - + T + .

merokok dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh yang pada akhirnya berpengaruh pada produktivitas mereka. begitu katanya. Namun. Dengan merokok mereka rileks sehingga bisa kembali bekerja dengan ide segar.Latihan 5 • Setiap kali stress karena pekerjaan banyak orang memilih merokok. . Ujung-ujungnya situasi stress kembali mereka alami.

karyawan hanya fokus terhadap kinerja departemennya masing-masing.Latihan 6 • Sebuah perusahaan mengalami kinerja yang memburuk dengan banyaknya tekanan dari para pesaing. Selang beberapa waktu. Semula produktivitas meningkat sehingga kinerja perusahaan membaik. . Kerjasama dan semangat tim memburuk yang mengakibatkan kinerja perusahaan kembali merosot. Upaya yang ditempuh untuk memperbaiki kinerja adalah dengan menerapkan insentif per departemen.

“Fixes that Fail” Problem Symptom B Fix R Unintended Consequences .

contoh fixes that fail Laba B + + Kualitas kerja Penurunan biaya Level staf R Semangat kerja (moril) + T + .

Strategi untuk mengatasi? • Meningkatkan kesadaran terhadap munculnya konsekuensi yang tidak diharapkan • Telusuri akar masalah sesungguhnya • Pilih intervensi dengan resiko yang paling mudah dikendalikan Setiap keputusan mengandung konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang .

“Bila Obat Lebih Buruk dari Penyakitnya…” Merokok T + B1 - Stres R + Ketergantungan pada rokok + Jumlah konsumsi rokok - - B2 Kemampuan utk santai secara alamiah + .

“Shifting the Burden” Quick fixes Symptomcorrecting process D B1 Problem symptom D B2 Problem source (root cause) R Sideeffects Problemcorrecting process Addiction loop .

“Mengalihkan Sasaran” Sasaran B2 + Perbedaan dengan hasil nyata dengan yang diinginkan + + Tekanan untuk menurunkan sasaran Keadaan saat ini B1 + Tindakan untuk mengurangi perbedaan .

“Permainan Poker” Ancaman dipersepsikan oleh B Pemotongan harga oleh A + B2 Perbandingan antara B terhadap A B1 + Pemotongan harga oleh B + + Ancaman dipersepsikan oleh A .

“Accidental Adversaries” Kemampuan P&G utk memenuhi kebutuhan produk & jasa bagi Wal-Mart + PS Profitabilitas P&G Promosi (diskon) + PK Biaya tambahan (penanganan item promosi) + Profitabilitas Wal-Mart + + Penumpukan stok PS + Lebih banyak produk terjual dengan harga diskon + + PK Kemampuan Wal-Mart utk memenuhi kebutuhan distribusi P&G .

joint venture. serikat pekerja vs manajemen.“Accidental Adversaries” A’s actions in B’s favor + A’s success A’s fixes – A’s results + R B A’s unintended obstruction of B’s success + B’s success + B’s unintended obstruction of A’s success + + B’s fixes – B’s results B + + B’s actions in A’s favor •Semula partner untuk tumbuh. perselisihan keluarga . •Situasi: team lintas fungsi. supplier vs retailer. kemudian menjadi musuh.

bukan utk Diponegoro R2 Sekolah Diponegoro Hasil lebih + buruk + + Lebih banyak siswa + Siswa lebih sedikit .“Pola Monopoli” + Sumber daya yang lebih baik + + Sumber daya yang lebih sedikit + Hasil yang baik Sekolah Al Azhar R1 Alokasi dana utk sekolah Al Azhar.

Terima Kasih… .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful