sehingga menyebabkan kulit merah dan PENGERTIAN terbakar serta merusak mekanisme regenerasi sel.

Menjemur bayi merupakan hal yang perlu dilakukan pada bayi kita dan hal ini telah dikemukakan bahwa salah satu fungsi kulit ialah membentuk vitamin D yang berguna untuk pertumbuhan tulang. • Tidak Menggunakan Baju 1. Menjemur bayi dalam keadaan tidak memakai baju (hanya menggunakan celana/popok saja) 2. Bolak balikkan tubuhnya agar tak hanya Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menjemur Bayi • Pilih Waktu Yang Tepat  Waktu yang paling tepat untuk menjemur bayi adalah pagi hari antara pukul 07.0008.00 selama kurang lebih 15 menit.  Jangan terlalu lama karena kulit bayi masih sensitif dan jangan menjemur si kecil lebih dari pukul 08.00.  Paparan sinar mentari menjelang siang hari mengandung sinar ultraviolet a dan b yang dapat merusak membran kulit • Pilih Lokasi Yang Tidak Terlalu Terbuka • Lokasi menjemur tidak harus di udara terbuka dengan paparan sinar matahari langsung. Tempat yang agak terlindung namun dapat diterobos sinar mentari, juga sudah memenuhi syarat. bagian dada saja yang disinari matahari, namun juga bagian punggungnya. 3. Perhatikan mata. Usahakan mata si kecil membelakangi pancaran sinar matahari untuk menghindari risiko rusaknya lensa dan retina matanya. • •

Bila cuaca sedang berangin, jemurlah si kecil di dalam ruangan (berkaca). Asal kacanya bening, bayi masih dapat menikmati pancaran sinar matahari yang cukup menghangatkan.

Waspadai Bila Bayi Sensitive Bayi sebaiknya tidak terpapar sinar matahari karena kulitnya sangat sensitif. Menjemurnya hanya akan menimbulkan bercak-bercak merah pada kulit.

Bayi Prematur Hendaknya Jangan Dijemur Bayi prematur pun disarankan untuk tidak dijemur, apalagi pada minggu-minggu pertama kelahirannya. Pada waktu itu bayi yang dilahirkan kurang bulan ini masih membutuhkan suhu yang stabil.

Jangan Tinggalkan Bayi Sendirian Ketika Dijemur !!! Hindari meninggalkan bayi sendirian ketika dijemur. Manfaatkan momen ini untuk melakukan beberapa kegiatan yang bermanfaat. Umpama, melakukan pijat bayi. Gunakan baby oil kala memijat. Minyak ini juga dapat sekaligus melindungi kulit dari kekeringan ketika dijemur.

Hati-Hati Peningkatan Suhu Tubuh Bayi Bila paparan sinar mentari begitu terik, kurangi waktu menjemurnya. Jika kelamaan bayi dikhawatirkan mengalami hipertermi (peningkatan suhu tubuh). Suhu ideal bayi antara 36,5°-37,5° C.

DISAMPAIKAN OLEH :

Kelompok A2

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS STIKES HANG TUAH SURABAYA 2011

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful