TUGAS KELOMPOK DAN PROYEK HALAMAN 71 – LOLYPOLY SHOP

TEKNOLOGI INFORMASI

1. a. Yang merupakan komponen input dari sistem tersebut adalah: Scanner atau barcode reader yang terdiri dari Laser sumber dan sensor foto. Keyboard. Yang merupakan komponen proses dari sistem tersebut adalah: Power supply CPU yang terdiri dari RAM (Random Access Memory), Prosesor, Motherboard (unit pemprosesan) Yang merupakan komponen output dari sistem tersebut adalah: Layar monitor alat cetak struk b. Sistem dari scanner itu termasuk dalam Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing SystemTPS). Alasannya: Sistem tersebut dijalankan dengan POS (Point of Sale). POS merupakan salah satu dari TPS.TPS merupakan hasil perkembangan dari pembentukan kantor elektronik, dimana sebagian dari pekerjaan rutin diotomatisasi termasuk untuk pemrosesan transaksi. Pada TPS, data yang dimasukkan merupakan data-data transaksi yang terjadi. Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti transaksi penjualan. TPS menghapus rasa bosan saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komputer secara manual.Transaction Processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lilngkungan eksternal. Karena manajer melihat data-data yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai apa yang terjadi di perusahaan mereka. Dimana hal ini sangat penting bagi operasi bisnis dari hari ke hari agar sistem-sistem ini dapat berfungsi dengan lancar dan tanpa interupsi sama sekali.Transaction processing systems (TPS) berkembang dari sistem informasi manual untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi sistem proses data elektronik ( electronic data processing systems).

Kelompok 2: Chapter 2 Anthony Holly 002/PPAk-XVI/2012 Nurwahyuningsih 009/PPAk-XVI/2012 Syahid Jafar 017/PPAk-XVI/2012 Elda Altho Topayung 024/PPAk-XVI/2012

1

dapat diketahui pula produk apa saja yang paling banyak diminati oleh pembeli.  Mengetahui berbagai jenis barang yang masih ada digudang. Privasi pelanggan kurang terjamin PIHAK YANG MELAKUKAN INPUT TRANSAKSI Kelompok 2: Chapter 2 Anthony Holly 002/PPAk-XVI/2012 Nurwahyuningsih 009/PPAk-XVI/2012 Syahid Jafar 017/PPAk-XVI/2012 Elda Altho Topayung 024/PPAk-XVI/2012 2 . Selain itu. Dengan adanya sistem barcode maka proses pemindahan barang dan jenis barang akan lebih cepat dan akurat dilaksanakan. Angka tertentu yang tertera pada kode garis mewakili negara dan pabrik asal barang. Setiap kasir akan bertanggung jawab atas input transaksi yang dilakukannya sehingga supervise yang ketat bisa dikurangi.TUGAS KELOMPOK DAN PROYEK HALAMAN 71 – LOLYPOLY SHOP TEKNOLOGI INFORMASI c. d. Transaksi bisnis lebih lambat karena hanya satu petugas yang melayani transaksi dari sekian banyak pelanggan. Beberapa kegunaan dari informasi secara elektronik terdapat dalam sistem untuk aktivitas manajerial tambahan:  Untuk memudahkan dalam mengidentifikasi banyak barang yang sudah terjual. Pasar-pasar swalayan menggunakannya untuk mengetahui harga suatu barang dengan lebih cepat dan benar. sehingga kebutuhan akan permintaan barang tersebut dapat lebih cepat diketahui.jangan sampai ada kesalahan dalam proses input tranasaksi oleh pelanggan. Karena melayani transaksi masing-masing maka privasi setiap pelanggan lebih terjamin Membutuhkan supervise yang cukup ketat dari SUPERVISI pihak pemilik bisnis / staff.  Untuk mempercepat pengecekan barang.  Untuk mengetahui harga barang. Perbandingan antara self-service checkout kiosks dan scanner SELF-SERVICE CHECKOUT KIOSKS Pelanggan sendiri yang melakukan input transaksi bisnis ke dalam sistem SCANNER Petugas/staff kasir yang melakukan input transaksi bisnis ke dalam sistem Transaksi bisnis (penjualan) lebih meningkat EFEKTIVITAS TRANSAKSI PRIVASI karena proses yang lebih cepat dimana setiap pelanggan melayani transaksinya masing-masing .  Untuk mengetahui tempat asal barang. Pabrik akan dengan cepat mengetaui informasi tentang suatu barang dari pasar swalayan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.