Question 1 Marks: 1 Pernyataan berikut yang benar mengenai pengamatan aglutinasi eritrosit pada tes golongan darah Choose

one answer. a. Merupakan eritrosit yang lisis b. Merupakan penggumpalan trombosit c. Konfirmasi yang sahih dengan mikroskop d. Merupakan reaksi antigen darah dan serum e. Mata selalu dapat diandalkan Question 2 Marks: 1 Berikut ini merupakan pernyataan yang paling benar mengenai metode pemeriksaan darah Choose one answer. a. Cara slide lebih lama b. Cara tabung lebih sensitif c. Cara tabung tidak akurat d. Cara slide paling handal e. Cara tabung lebih mudah Question 3 Marks: 1 Bila pada pemeriksaan didapatkan anti-A negatif dan anti-B negatif Choose one answer. a. Gol darah O b. Gol darah A c. Gol darah AB d. Gol RH positip e. Gol darah B Question 4 Marks: 1 P adalah anak bungsu dari 4 bersaudara. Tidak seperti ke 3 kakaknya yang semuanya sehat dan normal, P menderita retardasi mental. Dari uji kromosom sel tubuhnya diperoleh karyotipe seperti di bawah ini :.

P adalah penderita Sindroma klinik :

Klinefelter Question 5 Marks: 1 Jenis Imunoglobulin yang dapat menembus plasenta sehingga menyebabkan Hemolityic disease of Newborn adalah Choose one answer. Triple X b. 100% anak perempuannya berjari telunjuk panjang . Dia melakukan perhitungan tersebut dengan menerapkan Hukum Hardy Weinberg. Ia tidak binggung menerapkan hukum Hardy Weinberg karena ia tahu persis bagaimann pola pewarisan gen-gen tersebut. Ig D c. a. Ig M d. 50% anak laki-lakinya berjari telunjuk pendek b. a. Ig A e. Ig E b. Down c. a. maka kemungkinan pada keturunannya adalah : Choose one answer. Bermacam-macam sifat herediter yang ia buat perhitungannya.Choose one answer. 50% anak perempuannya berjari telunjuk pendek c. alel ganda dll. Pria XYY d. Turner e. 100% anak laki-lakinya berjari telunjuk panjang e. ada yang seks kromosomal. 100% anak perempuannya berjari telunjuk pendek d. Ig G Question 6 Marks: 1 H adalah seorang mahasiswa FK ingin menghitung frekuensi gen dan genotip pada suatu populasi. Jika bapak berjari telunjuk tangan panjang dan ibu berjari telunjuk pendek. Ada yg gen autosomal..

kodominan. resesif. hanya muncul di dalam keadaan homozigot Question 9 Marks: 1 H adalah seorang mahasiswa FK ingin menghitung frekuensi gen dan genotip pada suatu populasi. Bermacam-macam sifat herediter yang ia buat perhitungannya. Ia tidak binggung menerapkan hukum Hardy Weinberg karena ia tahu persis bagaimann pola pewarisan gen-gen tersebut.. Ada yg gen autosomal.. alel ganda dll.. Masa prodromal Question 8 Marks: 1 H adalah seorang mahasiswa FK ingin menghitung frekuensi gen dan genotip pada suatu populasi. Ada yg gen autosomal.. Resesif & dibawa oleh kromosom X .. Dia melakukan perhitungan tersebut dengan menerapkan Hukum Hardy Weinberg. Penderita dalam keadaan terinfeksi c. dominan. frekuensi paling sedikit b.. fenotip sekaligus menunjukkan genotipnya d.Question 7 Marks: 1 Bila pada pekeriksaan dengan ELISA ditemukan adanya antibodi Choose one answer. Adanya riwayat terinfeksi e. Resesif autosomal c..perempuan b..:. Resesif pada perempuan. Ia tidak binggung menerapkan hukum Hardy Weinberg karena ia tahu persis bagaimann pola pewarisan gen-gen tersebut. alel ganda dll. Dia melakukan perhitungan tersebut dengan menerapkan Hukum Hardy Weinberg.. Resesif pada laki-laki. Penderita dalam masa inkubasi b. Bermacam-macam sifat herediter yang ia buat perhitungannya. dominan. resesif. ada yang seks kromosomal. Penderita sudah sembuh d.. frekuensi paling besar c....... Resesif & dibawa oleh kromosom Y e. dominan pada laki-laki d. a. genotipnya sekaligus menunjukkan fenotipnya e. dominan pada. a..karena. a. Choose one answer... Pemisahan populasi laki-laki & perempuan pada saat menghitung frekuensi gen panjang jari telunjuk tangan disebabkan gen jari telunjuk pendek bersifat : Choose one answer. Untuk memulai perhitungan frekuensi gen di dalam populasi harus dimulai dari gen yang bersifat... ada yang seks kromosomal.

Pemanjangan DNA d. a. Penempelan primer . Reaksi imunologi b. Mikroskop d. Reaksi enzimatik c. Pemakaian Taq Polimerase b. ELISA Question 11 Marks: 1 Step kedua PCR dimaksud untuk Choose one answer. PCR e. Aglutinasi c. Pemisahan rantai ganda DNA e. a.Question 10 Marks: 1 Penentuan adanya infeksi mikroorganisme tertentu yang paling sensitif dan spesifik dengan menggunakan Choose one answer.

Dari uji kromosom sel tubuhnya diperoleh karyotipe seperti di bawah . Dari uji kromosom sel tubuhnya diperoleh karyotipe seperti di bawah ini :. 2pq e. maka perhitungan frekuensi genotip heterozigot dihitung dengan rumus ... a. Perhitungan frekuensi gen dan genotiup yang perlu memisahkan populasi laki2 & perempuan adalah .. Ada yg gen autosomal. Aneuploidi berikut ini yang disebabkan oleh terjadinya peristiwa gagal memisah (non disjunction) pada saat meiosis II pada bapaknya adalah : Choose one answer. a. Choose one answer. p2 b. Sindroma Pria XYY Question 13 Marks: 1 H adalah seorang mahasiswa FK ingin menghitung frekuensi gen dan genotip pada suatu populasi. gen untuk pigmentasi kulit e. P menderita retardasi mental. a. Sindroma Triple X c. Dia melakukan perhitungan tersebut dengan menerapkan Hukum Hardy Weinberg.. Tidak seperti ke 3 kakaknya yang semuanya sehat dan normal. Tidak seperti ke 3 kakaknya yang semuanya sehat dan normal. gen untuk albino b. Sindroma Klinefelter b.. Untuk sifat herediter yang dibawa kromosom tunggal autosomal. Ia tidak binggung menerapkan hukum Hardy Weinberg karena ia tahu persis bagaimann pola pewarisan gen-gen tersebut. gen untuk golongan darah d. gen untuk hemofilia c.Question 12 Marks: 1 P adalah anak bungsu dari 4 bersaudara. Ada yg gen autosomal. Dia melakukan perhitungan tersebut dengan menerapkan Hukum Hardy Weinberg. gen untuk polidaktili Question 15 Marks: 1 P adalah anak bungsu dari 4 bersaudara. √2pq d. alel ganda dll. Bermacam-macam sifat herediter yang ia buat perhitungannya. alel ganda dll. ada yang seks kromosomal. ada yang seks kromosomal. Choose one answer. Bermacam-macam sifat herediter yang ia buat perhitungannya. Sindroma Turner d.. P menderita retardasi mental. Ia tidak binggung menerapkan hukum Hardy Weinberg karena ia tahu persis bagaimann pola pewarisan gen-gen tersebut. p =1-q Question 14 Marks: 1 H adalah seorang mahasiswa FK ingin menghitung frekuensi gen dan genotip pada suatu populasi.. Sindroma Down e. q2 c.

tetrasomi b. antibodi e. Umur ibu yang terlalu muda b. diketahui dengan ditemukannya Choose one answer. Nukleotida d. Penentuan Optical density d. Deteksi Absorbansi Question 18 Marks: 1 Penetapan adanya infeksi mikroorganisme melalui ELISA. RNA c. P mengalami kelainan kromosom yang disebut : Choose one answer. Deteksi antigen yang ada dalam darah c.ini :. Deteksi antibodi dalam eritrosit b. P menderita retardasi mental. Deteksi Antigen atau antibodi b. Zat teratogenik d. a. Golongan B mengalami aglutinasi dg anti B Question 17 Marks: 1 Prinsip dasar kerja ELISA adalah Choose one answer. Antigen Question 19 Marks: 1 P adalah anak bungsu dari 4 bersaudara. Mutasi Question 16 Marks: 1 Manakah pernyataan berikut yang paling benar mengenai tes golongan darah Choose one answer. Reaksi Enzimatik e. a. a. Kemungkinan terbesar penyebab kelainan kromosom seperti pada kasus ini adalah : Choose one answer. trisomi . Umur ibu yang terlalu tua e. a. DNA b. Golongan O mengalami aglutinasi dg anti B e. Reaksi imunologis c. a. Radiasi c. Golongan A mengalami aglutinasi dg anti B d. Tidak seperti ke 3 kakaknya yang semuanya sehat dan normal. Dari uji kromosom sel tubuhnya diperoleh karyotipe seperti di bawah ini : Berdasarkan jumlah kromosom sel tubuhnya.

45.c.XY+21 d.XXY c. 46.XY . a. P menderita retardasi mental.XO e. 47. Dari uji kromosom sel tubuhnya diperoleh karyotipe seperti di bawah ini :. monosomi e. double monosomi d.XX+21 b. 47. 47. nullisomi Question 20 Marks: 1 P adalah anak bungsu dari 4 bersaudara. Tidak seperti ke 3 kakaknya yang semuanya sehat dan normal. Formula kromosom untuk P adalah : Choose one answer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful