.

APA ITU HIPERTENSI ATAU TEKANAN DARAH TINGGI ? Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara dalam jangka waktu lama  Tekanan darah ideal atau NORMAL adalah 120 (tekanan sistolik)/80 (tekanan distolik) mmHg  mmHg untuk Diastolik  Dikatakan Hipertensi JIKA PADA PENGUKURAN BERULANG TEKANAN DARAH 140/90 mmHG atau LEBIH  .

yang umumnya berkembang saat umur paruh baya (tua) lebih banyak menyerang pria dan wanita setelah menopause. Semakin tinggi tekanan darah. semakin tinggi resiko terhadap penyakit pembuluh koroner. penyakit jantung dan stroke. mengantuk. mual dan muntah. gangguan penglihatan. Tekanan darah tinggi dalam banyak kasus juga turut bertanggung jawab menyebabkan gagal ginjal . Hipertensi hebat atau tak terkontrol bisa menyebabkan sakit kepala yang berdenyut pada bagian belakang ketika bangun.   Hipertensi. bingung.

SEMUA ORANG BISA MENDERITA TEKANAN DARAH TINGGI. kopi  Stres  Dan bisa juga disebabkan oleh kondisi penyakit yang lain  .HAL YANG BISA MENYEBABKAN TIMBULNYA TEKANAN DARAH MENJADI TINGGI : Faktor keturunan  Usia  Kurang gerak  merokok  Pola makan  Berat badan berlebih  Kebiasaan minum minuman beralkohol.

Namun seseorang dapat mengontrol agar tekanan darahnya tidak melewati batas atas yang normal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika usia seseorang bertambah.seseorang tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darahnya. Jadi jika seseorang memiliki orang tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi. .KETURUNAN  UMUR  Faktor ini tidak bisa dikendalikan . maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar Faktor ini tidak bisa dikendalikan . saat muda akan sama ketika bertambah tua. maka tekanan darah pun akan meningkat. .

bagi penderita-penderita tersebut diharapkan tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal. khususnya bagi penderita diabetes. garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat. orang dengan usia tua. penderita hipertensi ringan. Pada beberapa orang. . memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi. Faktor ini bisa dikendalikan. Untuk itu.GARAM  KEGEMUKAN  Faktor ini bisa dikendalikan.

Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi. Faktor ini bisa dikendalikan. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.STRES  MEROKOK  Faktor ini bisa dikendalikan. Karena itu.merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah .

Kafein yang terdapat pada kopi. Faktor ini bisa dikendalikan. ALKOHOL  KURANG OLAHRAGA  Faktor ini bisa dikendalikan. Namun.KAFEIN. . jangan melakukan olahraga yang berat jika menderita tekanan darah tinggi. Dengan olahraga secara teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. maupun minuman bersoda bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. teh.

Akibat dari penyempitan pembuluh darah menimbulkan peningkatan tekanan pembuluh darah terutama pembuluh darah kecil. - . oleh karena pengendapan lemak.KENAPA BISA TERJADI HIPERTENSI ??   Terjadinya Hipertensi :Dari berbagai faktor yang menimbulkan tekanan darah tinggi adalah diawali dengan penyempitan kekakuan pembuluh darah.

.

PENGOBATAN HIPERTENSI ? Obat Farmakologi harus dengan resep dokter  Non Obat.Kurangi kelebihan berat badan  - Batasi asupan alkohol Olah raga secara teratur Batasi asupan garam Berhenti merokok ! . Beberapa hal yang harus diperhatikan : .obatan Kunci utama pengobatan hipertensi adalah pengubahan gaya dan perilaku hidup.

transcient ishcemic attack. dan pembuluh darah besar.KOMPLIKASI Tekanan darah tinggi dalam jangka waktu lama akan merusak pembuluh darah kita sehingga terjadilah atherosklerosis (KERUSAKAN PEMBULUH DARAH)  Komplikasi dari hipertensi termasuk rusaknya organ tubuh seperti jantung. ginjal. otak. mata.  Hipertensi adalah faktor resiko utama untuk penyakit serebrovaskular (stroke. gagal ginjal  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful