-

peradangan pada artritis, walaupun demikian, temuan ini tidak mendiagnos is RA.

Px Radiologi Foto Polos • • Pada tahap awal, biasanya tidak ditemukan kelainan pada px radiologis, kecuali pembengkakan jaringan lunak. Tetapi, setelah sendi mengalami kerusakan yang lebih berat  terlihat penyempitan ruang sendi karena hilangnya rawan sendi, terjadi erosi tulang pada tepi sendi, penurunan densitas tulang. Perubahan-perubahan ini biasanya irreversibel.

59

kaput metakarpal dan P.falangs.- Tanda pada foto polos awal dari RA adalah peradangan periartikular jaringan lunak bentuk fusiformis yang disebabkan oleh efusi sendi dan inflamasi hiperplastik sinovial. Erosi (tanda panah) pada sendi metakarpofalangs pada penderita artritisreumatoid (A) bidang longitudinal (B) bidang transverse. Erosi (tanda panah) pada sendi metakarpofalangs pada penderita artritisreumatoid (A) bidang longitudinal (B) bidang transverse. kaput metakarpal dan P. Nodul-nodul reumatoid terlihat sebagai cairan yang memenuhi area kavitas dengan pinggiran yang tajam. M. Erosi (tanda panah) pada sendi metakarpofalangs pada penderita artritisreumatoid (A) bidang longitudinal (B) bidang transverse. Nodul reumatoid merupakan massa jaringan lunak yang biasanya tampak diatas permukaan ekstensor pada aspek ulnar pergelangan tanganatau pada olekranon. kaput metakarpal dan P.falangs. Erosi tulang dapat terlihat sebagai irregularitas pada korteks hiperekhoik. kaput metakarpal dan P. Walaupun demikian. Erosi (tanda panah) pada sendi metakarpofalangs pada penderita artritisreumatoid (A) bidang longitudinal (B) bidang transverse. 60 - - - .falangs. M. Karakteristik nodul ini berkembang sekitar 20% pada penderita artritis reumatoid dan tidak terjadi pada penyakit lain. - CT-Scan Computer tomography (CT) memiliki peranan yang minimal dalam mendiagnosis artritis reumatoid. M. sehingga membantu dalam menegakkan diagnosis. USG Efusi dari sendi adalah hipoekhoik hipertrofi pada sinovium lebih ekhogenik. erosi pada sendi-sendi kecil di tangan yang sangat baik dievaluasi dengan kombinasi dari foto polos dan MRI. CT scan berguna dalam memperlihatkan patologi dari tulang.falangs. M.

61 .

62 .MRI • Magnetic Resonance Imaging (MRI) menyediakan gambaran yang baik de ngan penggambaran yang jelas dari perubahan jaringan lunak. dan erosi tulang-tulang yang dihubungkan RA. kerusakank artilago.

DD Gout artritis 63 .

Kekakuan pada pagi hari. Operasi Operasi memiliki peranan penting dalam penanganan penderita RA dengan kerusa kan sendi yang parah. termasuk sendi jari tangan. - Osteoartritis adalah gangguan pada sendi yang bergerak. jika terjadi. Gambaran klinis osteoartritis umumnya berupa nyeri sendi. kekakuan sendi setelah sendi tersebut tidak digerakkan beberapa lama. tidak meradang. be rjalan progresif lambat. Sendi-sendi lain dapat terserang. tetapi kekakuan ini akan menghilang setelah digerakkan.5mg/hari) demikian. sendi metatarsofalangeal . bukti-bukti terbaru mengatakan bahwa terapi rendah dapat memperlambat progresifitas erosi tulang.merupakan gangguan metabolik yang ditandai dengan meningkatnya konsentrasi asam urat (hiperurisemia). Gout : akibat langsung dari pembentukan asam urat tubuh yang berlebihan atau akibat penurunan eksresi asam urat Pada artritis gout akut. 2. glukokortikoid dosis 64 . Obat-obatan NSAID Terapi glukokortikoid Prednison dosis rendah (7. biasanya hanya bertahan selama beberapa menit. Mungkin terdapat demam dan peningkatan sejumlah leukosit. pergelangan tangan. mata kaki. dan ditandai oleh adanya abrasi rawan sendi dan adanya pembentukan tulang baru pada permukaan persendian. terjadi pembengkakan yang mendadak dan nyeri yang luar biasa. biasanya pada sendi ibu jari kaki. dan siku. lutut. terutama apabila sendi bergerak atau menanggung beban. bila dibandingkan dengan kekakuan sendi di pagi hari yang disebabkan oleh artritisreumatoid yang terjadi lebih lama - Pentalaksanaan 1. Penyakit ini bersifat kronik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful