BAB I PENDAHULUAN

A.

Latar Belakang Kantor merupakan tempat diselenggarakannya kegiatan menangani

informasi, menangani informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengola, menyimpan sampai mengeluarkan dan mendistribusikan informasi. Oleh karena itu perlengkapan dan inventaris kantor mempunyai peranan penting bagi setiap instansi pemerintah maupun swasta, untuk menangani berbagai informasi dikantor tersebut. Aktivitas kerja sekretaris menitikberatkan pada pekerjaan kantor atau perusahaan. Maka perlengkapan kantor dan inventaris kantor sangat berfungsi dalam membantu kelancaran aktivitas dan kegiatan kantor baik di instansi pemerintah maupun swasta. Jika dalam suatu instansi pemerintah maupun swasta kekurangan perlengkapan dan inventaris kantor maka aktivitas dan kegiatan kantor akan terganggu. The Liang Gie (1992) mengatakan bahwa perlengkapan kantor dapat berupa peralatan kantor, perabot kantor, hiasan kantor, dan persediaan kantor sedangkan inventaris kantor merupakan sebuah daftar yang memuat nama-nama barang milik instansi tersebut.

Proses perlengkapan dan inventaris kantor artinya penyelenggaraan mengenai kebutuhan, penyediaan, penggunaan alat, benda, tempat dan fasilitas lainnya dan semua kebutuhan tersebut digunakan dalam kerangka untuk membantu kelancaran dalam melaksanakan aktifitas kantor. Sehubungan dengan

Universitas Sumatera Utara

maka perlu diadakan perumusan guna mempermudah materi yang akan dibahas dan dipelajari selama dibangku perkuliahan. Untuk mengetahui fungsi perlengkapan kantor dan inventaris kantor Fakultas Ekonomi USU 2. pencatatan dan pengurusan harta benda. Permasalahan Untuk memfokuskan dan memperjelas topik yang akan dibahas pada tugas akhir ini. karena ini berhubungan dengan perlengkapan (bekal) kantor untuk membantu kelancaran aktifitas dan kegiatan kantor. proses pembelian benda-benda serta pembayaran. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah: 1. Memberikan sumbangan pikiran sebagai bahan masukan bagi Fakultas Ekonomi USU.perlengkapan kantor. B. standarisasi dan perincian benda-benda. prosedur pemakaian benda baik permintaan maupun pengeluaran. Manfaat Penelitian Mamfaat penelitian ini adalah: 1. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Fungsi Perlengkapan dan Inventaris Kantor Pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi USU. C. D. teknik menyimpan dan merawat harta benda. perlu diperhatikan khususnya kebutuhan perlengkapan kerja. Bagi Peneliti Universitas Sumatera Utara . pemeliharaan gudang dan pengangkutan benda-benda.

Agar penulisan tugas akhir ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Bagaimana fungsi dari perlengkapan kantor dan inventaris kantor dalam menjalankan tugas agar lebih berfungsi dan bertanggung jawab. Bagi Instansi Sebagai masukan untuk fungsi kantor dan inventaris kantor Fakultas Ekonomi USU sesuai dengan hasil dan analisis peneliti untuk bahan kepentingan tugas akhir ini. dibuat jadwal kegiatan gunanya agar waktu yang diperlukan dapat dibagi dengan teratur. Bagi pembaca Sebagai bahan informasi atau masukan bagi semua pihak yang membutuhkan dalam hal fungsi perlengkapan dan inventaris kantor. Bermamfaat untuk mengetahui dan memahami dalam pencapaian tujuan agar terlaksana dengan sukses serta dapat menambah pengetahuan penulis dalam bidang yang diteliti. Jadwal dan Sistematika Penulisan 1.Menambah pengetahuan peneliti dalam bidang yang diteliti baik secara teoretis maupun aplikasi. 2. baik secara teoritis maupun penerapannya langsung dilapangan. 3. E. Universitas Sumatera Utara . Jadwal kegiatan Dalam penulisan tugas akhir ini.

Jadwal Penelitian yang dilakukan dan Sistematika Penulisan. Kegiatan Usaha. serta Rencana Kegiatan. Manfaat penelitian. Struktur organisasi dan Personalia. 2. Universitas Sumatera Utara .1 Jadwal Kegiatan Penulisan Tugas Akhir Minggu I Minggu II Minggu III Jadwal survei yang dilakukan oleh penulis di Bagian Akademik Fakultas Ekonomi USU. Permasalahan. Uraian Tugas. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan tugas akhir ini adalah: BAB I: PENDAHULUAN Bab ini akan menjelaskan tentang Latar Belakang. Dimana survei tersebut bertujuan memperoleh data-data yang diperlukan mengenai perlengkapan dan inventaris kantor yang dilakukan oleh Bagain Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Tujuan Penelitian. Hal ini diperlukan penulis dalam menyelesaikan tugas akhir. Kinerja Terkini. BAB II: PROFIL PERUSAHAAN ATAU INSTANSI Profil perusahaan dalam Bab ini terdiri dari Sejarah Ringkas Perusahaan.Kegiatan Persiapan Pengumpulan Data Penulisan Laporan Tabel 1.

BAB III: PEMBAHASAN Pembahasan ini akan menjelaskan bagaimana fungsi perlengkapan dan inventaris kantor pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi USU. BAB IV: KESIMPULAN DAN SARAN Penutup terdiri atas kesimpulan mengenai perlengkapan dan inventaris kantor pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi USU. Universitas Sumatera Utara .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.