Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta

Balerante, 27-29 Januari 2012

Dasar-Dasar Analisis Sosial
Oleh:

Tommy Apriando

Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta
Balerante, 27-29 Januari 2012

Tujuan Sesi
1. 2.

3.

4. 5.

Peserta bisa memahami pengertian analisis sosial Peserta memahami arti penting dan manfaat dari analisis sosial Peserta bisa memahami dan menggunakan beragam model metode analisis sosial Peserta bisa memahami contoh dan penerapan analisis sosial Peserta bisa memahami kedudukan analisis sosial terhadap agenda perubahan.

Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando

2. 3. 4. Pengertian analisis sosial Arti penting dan manfaat analisis sosial Model-model metode analisis sosial Contoh dan penerapan analisis sosial Kedudukan analisis sosial dalam upaya menyusun agenda perubahan Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . 27-29 Januari 2012 Pokok Bahasan 1. 5.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante.

1986). Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando .(modul pelatihan Community Policyng). Joe & Henriot. Peter.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. (Analisis Sosial dan Refleksi teologis. ”usaha memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang sebuah situasi sosial dengan menggali hubungan-hubungan histories dan strukturalnya” ( Social analysis : 30). mendefinisikan analisis sosial sebagai. • analisis sosial menunjuk pada usaha untuk mendapatkan pemahaman tentang situasi sosial dengan menelaah kondisi serta kaitan antara fakta historis dan struktural. 27-29 Januari 2012 Apa itu Analisis Sosial? Holland.

politik. kultural dan historis. 27-29 Januari 2012 Apa itu Analisis Sosial? Ansos dapat difahami sebagai usaha untuk menganalisis sesuatu keadaan atau masalah sosial secara objektif. dan konteks tingkat atau arah lokasi. budaya. upaya ini kita lakukan untuk menempatkan suatu masalahtertentu dalam konteks realitas sosial yang lebih luas yang mencakup konsep waktu (sejarah). Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . dari situasi sosial yang diamati. konteks struktur (ekonomi. sosial. yang dalam prosesnya analisis sosial merupakan usaha untuk mendapatkan gambaran yang lengkap mengenai hubunganhubungan struktural.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. konteks nilai.

Pelatihan CEFIL. Satunama) Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . 3. 5. 4. Kaitan berbagai sistem dalam masyarakat. Analisis sosial membantu untuk memahami dan mengidentifikasi: 1. Manakah permasalahan kunci dalam suatu masyarakat. Manakah kelompok dalam masyarakat yang mempunyai akses pada sumber-sumber daya.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. 27-29 Januari 2012 Arti Penting dan Manfaat Ansos Analisis sosial juga merupakan alat yang memungkinkan kita menangkap realitas sosial yang kita gumuli. ModulAnsos. Tindakan-tindakan yang mengubah situasi dan yang memperkuat situasi Sumber: (CahyoSuryanto. 2. Potensi-potensi yang ada dalam masyarakat.

(Modul. SDA) Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . Untuk apa persoalan tersebut dibongkar? Tentu saja agar dapat diambil tindakan atau respon serta solusi yang tepat terhadap persoalan yang dimaksud.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. 27-29 Januari 2012 Arti Penting dan Manfaat Ansos “Analisis Sosial bertujuan” untuk membongkar fenomena sosial yang dirasakan “bermasalah”.

27-29 Januari 2012 Prinsip Dasar dan Pendekatan Analisis Sosial Prinsip dan pendekatan “ruang dan waktu” 1. Analisis Ruang (Struktur). Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . 2. dan pada saat yang bersamaan dapat membedakan dimensi-dimensi “Objektif maupun Subjektif” dari fenomena yang terjadi.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. Sistim yang dominan. Kedua pendekatan berjalan paralel. Analisis Waktu (History). Kurun waktu perjalanan.

nilai-nilai. Subjektif. {Objektip: Organisasi. Kesadaran. 27-29 Januari 2012 Fokus Analisis – Pusat Analisis • • • Sistem-sistem yang ada di dalam komunitas.} • Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . Pola Perilaku dan lembagalembaga sosial. Dimensi-dimensi Objektif dan Subjekti komunitas. kepercayaan dan ideologi.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante.

mengkritik asumsi-asumsi dasar kita dan menggali horison-horison baru yang terbuka bagi kita.  ANSOS bukanlah sebuah kegiatan esoteris (untuk kelompok kecil) monopoli kaum intelektual. ANSOS memungkinkan kita untuk bergulat dengan prasangkaprasangka kita sendiri. 27-29 Januari 2012 Batasan dan Ruang Lingkup Batas-Batas ANSOS  ANSOS tidak dirancang untuk menyediakan jawaban atas pertanyaan “apa yang kita perbuat”. Proses diskusi dalam kelompok mempunyai peranan yang sangat penting selama melakukan kunjungan lapangan.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante.  ANSOS bukan perangkat yang “bebas nilai”. Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando .

KPA. dll)  Kebijakan publik seperti : dampak kebijakan BBM. seperti: sekolah. pengangguran & kriminalitas. Qanun-Qanun. MUNA. (Aceh. Pilkada. lembaga pedesaan. MUI.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. PII. dampak perlakuan sebuah UU. Muhamadiyah. sitem pertanian. sistem pemerintahan. kemiskinan. 27-29 Januari 2012 Objek-Objek Analisis Sosial Masalah-masalah sosial. NU. pelacuran. Otsus.(Aceh: Syariat Islam. Sistem sosial. dll)  Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . LSM. layanan rumah sakit.  Lembaga atau organisasi sosial. seperti. seperti: tradisi. usha kecil atau menengah.

diantaranya. 2) Metode Ikan. 27-29 Januari 2012 Model-Model Metode Ansos Ada beberapa metode analisis praktis yang dapat digunakan.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. 1) Metode SWOT. 3) Metode Buzan (Peta Pemikiran). ---Deduktif dan Induktip--Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando .

Bersifat Mikro. (Ciri: Ingin merombak struktur yang menindas. Aliran Fungsionalis. (Ciri: melihat fungsi dari pelaku sebagai tanggapan logis atas munculnya fenomena sosial. 2. Teoritis dan Visualis. (Budaya dan kesadaran sebagai penyebab masalah. 4. Tidak memihak). Sarana advokasi) Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . Aliran Humanis. Bersifat lokalistik dan pemecahan jangka pendek. Bersifat Makro) Aliran Fenomenologis. 3. Bersifat Pragmatis. (Hanya mengamati.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. 27-29 Januari 2012 Aliran dalam Analisis Sosial 1. Aliran Strukturalis.

7. mengkaji-menguji relevansinya. 8. Mengenali struktur-struktur kunci yang mempengaruhi situasi yang ada 4. Menyusun pertanyaan-pertanyaan untuk membangun sebuah konteks 5. Menyusun model-model. Membangun konsep-teoritis atas konteks realitas. yang menjadi pusat perhatian 2. Menghimpun fakta-fakta. Menguji beberapa jawaban pada korelasi dan keabsahan. 27-29 Januari 2012 Langkah-langkah Analisis Sosial 1. Membangun perumusan masalah. Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . 3. data-data yang berkorelasi dan melatarbelakangi 6.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. Menggali masalah lain yang muncul.

2. 5. 3. 27-29 Januari 2012 INSTRUMEN FRANK STILLWEL 1. bagaimana mengatasinya dan siapa yang harus melakukannya? Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando .Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. Apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa hal itu terjadi? Siapa yang diuntungkan dan siapa yang dirugikan? Apakah hal tersebut dianggap bermasalah? Jika YA. 4.

Struktur: refleksi data yang mendasar dalam derajat substansinya. Fenomena: refleksi data yang analog dengan permukaan gunung es. Pola: refleksi data yang lebih dalam derajat substansinya. sifatnya artificial. 27-29 Januari 2012 INSTRUMEN ICE-BERG SYSTEM    Analisis berjenjang menurut derajat substansi: fenomena – pola – struktur. Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando .Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante.

27-29 Januari 2012 Ansos dengan Pendekatan Sederhana Pendekatan ini berlangsung melalui 10 pertanyaan yang masingmasing mempunyai kesejajaran dalam langkah-langkah yang lebih terperinci dalam metodologi. Pendekatan ini efektif dalam beberapa kelompok kecil yang justru sedang mulai menggali realitas social wilayah mereka.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. Pertanyaanpertanyaan berikut menjadi jalan masuk ke arah usaha-usaha yang lebih mendalam. Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . Gerak maju lewat 10 pertanyaan ini akan menyingkap situasi dan merangsang keinginan untuk mengadakan analisis yang lebih mendalam.

1. 5. Dan agar pemahaman kita lebih mendalam referensi berikut dapat dipelajari lebih lanjut.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. 27-29 Januari 2012 NOTE: Untuk memulai melakukan ansos ada beberapa kuesioner (terlampir) yang dapat digunakan sebagai alat bantu. 3. 2. 4. Apa yang Anda ketahui tentang situasi yang ada di sini sekarang ini? Apa yang sedang dialami rakyat? Perubahan-perubahan apakah yang tengah terjadi dalam 20 tahun terakhir ini? Manakah peristiwa yang paling penting? Apakah pengaruh uang terhadap situasi kita? Jelaskan ! Siapakah yang membuat keputusan terpenting di sini? Jelaskan ! Manakah hubungan terpenting yang ada dalam masyarakat sekarang ini? Jelaskan! Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando .

7. Apa yang Anda pelajari dari semua itu? Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando . Manakah penyebab terpenting dari situasi dewasa ini? Jelaskan ! 10. Manakah tradisi masyarakat yang paling penting? Jelaskan ! Apa yang paling dikehendaki orang dalam hidupnya? Jelaskan! Apakah yang akan terjadi dalam 10 tahun ke depan jika segalanya tetap berlangsung seperti sekarang ini? Jelaskan ! 9.Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. 8. 27-29 Januari 2012 6.

Training For Trainer PPMI Dewan Kota Yogyakarta Balerante. 27-29 Januari 2012 Thank you… Dasar-dasar Analisis Sosial – Tommy Apriando .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful