PERTEMUAN - 1

JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA FAKULTAS TEKNIK – UNDIP; KELAS A
SEMESTER II/2013

ISTILAH DAN PENGERTIAN ILMU EKONOMI a. Nomos : rumah tangga b. Ilmu yang mempelajari bagaimana caranya manusia mengadakan pilihan dalam menggunakan sumber-sumber produksi langka untuk menghasilkan berbagai macam barang/jasa dan mendistribusikan nya kepada anggota masyarakat yang membutuhkan.Pengertian : 1. 2. 2. . 3. Istilah  Ilmu yang mempelajari bagaimana pelaku ekonomi mengatur tata laksana rumah tangganya. Rumah tangga household Rumah tangga perusahaan Rumah tangga negara 1. Ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungan dengan tujuan yang ingin dicapai dari sumberdaya langka yang mempunyai berbagai kemungkinan penggunaan. Rumah tangga pelaku ekonomi : Oikos : tata laksana.

diantara berbagai orang dan golongan dalam masyarakat. Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana caranya manusia dan masyarakat sampai pada pilihan. untuk mempekerjakan sumber-sumber produksi langka yang dapat memiliki kegunaan-kegunaan alternatif. Studi mengenai kemakmuran 4.3. Studi mengenai bagaimana manusia mengorganisir kegiatan konsumsi dan kegiatan produksi. dengan atau tanpa menggunakan uang. untuk menghasilkan berbagai macam barang/jasa dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi sekarang atau dimasa mendatang. .

INTEREST AND MONEY” .PRODUKSI MACET.PENGANGGURAN . . .• ADAM SMITH (1723 – 1790) • JOHN MAYNARD KEYNES (1883 – 1946) EKONOMI KONVENSIONAL TIDAK MAMPU MENJAWAB MASALAH DEPRESI 1930 AN.INFLASI EKONOMI KONVENSIONAL 1 “AN ENQUIRY INTO THE NATURE AND CAUSE OF THE WEALTH OF NATION” 2 EKONOMI MODERN RECOVERY PEREKONOMIAN DUNIA “THE GENERAL THEORY OF EMPLOYMENT.

DISTRIBUSI DAN KONSUMSI GOODS & SERVICES PROBLEM OF CHOICE 1. UNTUK MENAMBAH KEGUNAAN . MASALAH EKONOMI 4. SCARCITY 2.KETER SEDIAAN TERBATAS S U M B E R – D A Y A KEBUTUHAN MANUSIA TIDAK TERBATAS D I S – E Q U I L I B R I U M MONEY 3. PRODUKSI.

OTHER ISSUE 1. Economic system Barang apa dan dalam jumlah berapa harus dihasilkan ? Dengan cara bagaimana (how) barang-barang tersebut dihasilkan ? HOW FUNDAMENTAL ISSUE Untuk siapakah (for whom) barang barang yang dihasilkan itu nantinya ? FOR WHOM . 3. 2. SCARCITY WHAT MASALAH EKONOMI 2. Growth. Stability. Employment.1. 4. MAIN ISSUE 3.

Interest) PRICES ON FACTOR MARKETS CAPITAL GOODS . rents.3 PRODUCT MARKETS DEMAND : • Shoes • Housing • Pizzas CONSUMER VOTES ($) CONSUMER OWNERSHIP OF INPUTS LABOR PRICES ON PRODUCT MARKETS WHAT Barang apa dan berapa jumlah yang harus dihasilkan ? SUPPLY : • Shoes • Housing • Pizzas COST OF PRODUCTION ($) HOW Dengan cara bagaimana barang tersebut dihasilkan ? BUSINESSES PRODUCTIVITY OF FACTORS LABOR LAND FOR WHOM Untuk siapakah barang tersebut dihasilkan ? LAND CAPITAL GOODS (Wages.

BALAS JASA I FAKTOR PRODUKSI PASAR FAKTOR PRODUKSI PENGHASILAN MASYARAKAT RUMAH TANGGA PRODUKSI AKTIVITAS EKONOMI RUMAH TANGGA KONSUMSI PENERIMAAN RUMAH TANGGA PRODUKSI PASAR BARANG PRODUKSI PEMBELANJAAN MASYARAKAT .

UNTUK FAKTOR PRODUKSI KESEMPATAN KERJA PASAR FAKTOR PRODUKSI BELANJA PEGAWAI PENGHASILAN FAKTOR PTODUKSI TENAGA KERJA SUNSIDI PAJAK PEMERINTAH SUBSIDI/PENSIUN PAJAK RUMAH TANGGA PRODUKSI BELANJA BARANG RUMAH TANGGA KONSUMSI PASAR BARANG DAN JASA .PEMBAYARAN RTP.

PEMBAYARAN RTP. UNTUK FAKTOR PRODUKSI KESEMPATAN KERJA PASAR FAKTOR PRODUKSI BELANJA PEGAWAI PENGHASILAN FAKTOR PTODUKSI TENAGA KERJA SUNSIDI PAJAK PEMERINTAH SUBSIDI/PENSIUN PAJAK RUMAH TANGGA PRODUKSI BELANJA BARANG RUMAH TANGGA KONSUMSI LUAR NEGERI BARANG EKSPORT BARANG IMPORT PASAR BARANG DAN JASA .

KELANGKAAN CETERIS PARIBUS METODE ILMU EKONOMI EMPIRIS KEBIJAKAN DAN PERHITUNGAN KUANTITATIF .

1. Memungkinkan para ahli ekonomi untuk menarik kesimpulan yang dapat dipertanggung-jawabkan berdasarkan data yang dikumpulkan dari dunia nyata. Metode dalam limu ekonomi yang menyimpulkan hal-hal yang bersifat khusus berdasarkan hal-hal yang bersifat umum. INDUKTIF KUALITATIF Metode dalam ilmu ekonomi yang menyimpulkan hal-hal yang bersifat umum berdasarkan hal-hal yang bersifat khusus. DEDUKTIF 2. MATEMATIKA KUANTITATIF Merumuskan fungsi-fungsi yang berlaku di antara variabel-variabel ekonomi STATISTIK 2. . METODE ILMU EKONOMI 1. Kebanyakan dipakai dalam analisis kualitatif. namun analisis kuantitatif juga memerlukan  penelahaan masalah ekonomi.

ANALISISNYA PERLU DISEDERHANAKAN Variabel dalam ilmu Ekonomi : Suatu besaran yang nilainya dapat mengalami perubahan VARIABEL ENDOGEN Variabel yang diterangkan oleh Model yang bersangkutan Variabel yang mempengaruhi variabel endogen. VARIABEL ACAK Variabel yang tidak mengikuti pola khusus tertentu dan tidak menunjukkan hubungan-hubungan yang dapat diprediksi dengan variabel-variabel lain . tetapi ia ditentukan oleh faktor-faktor yng berada di luar model VARIABEL VARIABEL SISTEMIK VARIABEL EKSOGEN Variabel yang dapat diberi harga yang pasti mempunyai hubungan satu sama lain dengan cara yang teratur serta dapat diprediksi. dengan menunjukkan bagaimana unsur-unsur pokoknya berhubungan satu sama lain METODE KUANTITATIF DALAM ILMU EKONOMI UNTUK MEMAHAMI MASALAH EKONOMI YANG KOMPLEK.GRAFIK GAMBAR Contoh : Price Equilibrium Contoh : The Circular flow of the Economic Activities MODEL PERSAMAAN MATEMATIS Y=C+I Y = C +S I=S Suatu kerangka kerja formal untuk memperlihatkan ciri-ciri pokok dari suatu sistem yang rumit.