P. 1
Prsenetasi Urban Design

Prsenetasi Urban Design

|Views: 226|Likes:
Published by wien elma naura

More info:

Published by: wien elma naura on Jun 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2014

pdf

text

original

KOTA MAGELANG

MAGELANG URBAN DESIGN CITY
• MPKD ANGKT.34

UNSUR-UNSUR BENTUK FISIK KOTA ( URBAN DESIGN ) 1.BENTUK DAN MASSA BANGUNAN 2.SIRKULASI DAN PEPARKIRAN 3.RUANG TERBUKA 4.JALAN PEDESTRIAN 5.PENDUKUNG KEGIATAN 6.PAPAN NAMA ( IKLAN RUANG LUAR) 7.PRESERVASI 1.TATA BANGUNAN 2.SIRKULASI 3.AKTIVITAS 4.LANDSEKAP

1.TATA BANGUNAN
NO. KECAMATAN/KELURAHAN Magelang Selatan Jurangombo Selatan Jurangombo Utara Magersari Tidar Utara Tidar Selatan Rejowinangun Selatan Magelang Tengah Magelang Kemirirejo Cacaban Rejowinangun Utara Panjang Gelangan Magelang Utara Wates Potrobangsan Kedungsari Kramat Utara Kramat Selatan Jumlah 1,173 1,299 1,334 0,864 1,458 18,120 0,06 0,07 0,07 0,05 0,08 1,00 1,246 0,880 0,826 0,993 0,345 0,814 0,07 0,05 0,05 0,05 0,02 0,04 0,433 1,377 0,575 2,264 0,970 1,269 0,02 0,08 0,03 0,12 0,05 0,07 LUAS (HA) PERSENTASI

• GUNA LAHAN 1. FUNGSI LAHAN 2. FUNGSI BANGUNAN
GUNA LAHAN 1. FUNGSI LAHAN

I. 1. 2. 3. 4. 5. 6. II. 1. 2. 3. 4. 5. 6. III. 1. 2. 3. 4. 5.

2.FUNGSI BANGUNAN

A. JENIS BANGUNAN • 1. KOMERSIAL • 2. HUNIAN • 3.FASOS/FASUM

AREA KOMERSIAL HUNIAN JALAN ARTERI SEKUNDER

B. KARAKTER BANGUNAN • 1. KOLONIAL/SEJARAH

B. KARAKTER BANGUNAN • 2. TRADISIONAL

2.SIRKULASI
IDENTIFIKASI ALUR PERGERAKAN

JALAN ARTERI JALAN KOLEKTOR

A.Sirkulasi di Kota Magelang berdasarkan perancangannya dibagi menjadi: 1.Unsur ruang terbuka positif yang dapat dikenali : • Sempadan bagi bangunan dekat jalan • Membangun median jalan bertaman • Meningkatkan kualitas lingkungan alam yang terlihat dari jalan. 2.Di Kota Magelang jalan memberi orientasi kepada pengemudi kendaraan dan membuat lingkungan menjadi jelas dengan cara : • Menutupi serta membuat tampilan lansekap menjadi menarik yang menegaskan batas lingkungan • Perlengkapan jalan berupa pencahayaan • Mengaitkan unsur pandang dengan objek pandang/landmark

PARKIR
B.Perparkiran di Kota Magelang mempunyai dampak terhadap kualitas lingkungan yaitu: 1.Keberlangsu ngan Kegiatan Perdagangan dipusat kota. 2.Dampak visual bentuk kota.
Pasar Rejowinagun sebelum terbakar.aktivitas sangat padat,terutama pada sirkulasi, parkir yang ada mempengaruhi mobilitas pejalan kaki.

Gambar diatas memperlihatkan, lingkaran merah merupakan lokasi trotoar, namun tertutup oleh kios miik padagang.

Gambar diatas memperlihatkan, lingkaran merah merupakan lokasi trotoar/akses pejalan kaki, namun oleh para pemilik toko menambah area perdagangan seperti gerobak dagang.sehingga terlihat sempit dan sesak.

3.RTH
1. Taman Kota ( Alun- alun, Taman Bunga/Peneduh, Bermain Anak ) 2. Taman Olah Raga, Bermain, Rekreasi 3. Jalur Sempadan Sungai 4. Pertanian Kota 5. Taman Hutan Kota 6. Taman Rumah Pekarangan 7. Taman Pemakaman

4.PEDESTRIAN
Jalan pedestrian (jalan pejalan kaki/Trotoar) di Kota Magelang mempunyai andil bagi keberhasilan pertokoan dan vitalitas kehidupan ruang kota.Tetapi Sistem pedestrian yang ada terpengaruh oleh kendaraan bermotor di pusat kota, menambah pengunjung ke pusat kota, pedagang kaki lima, perdagangan/toko yang memperluas area, perabotan jalan ( street furniture) tidak tepat sehingga peran jalan pedestrian kurang bermanfaat, tidak aman bagi para pengguna.
Pasar Rejowinagun sebelum terbakar.aktivitas sangat padat,terutama pada sirkulasi, parkir yang ada mempengaruhi mobilitas pejalan kaki.

Gambar diatas memperlihatkan, lingkaran merah merupakan lokasi trotoar, namun tertutup oleh kios miik padagang.

Gambar diatas memperlihatkan, lingkaran merah merupakan lokasi trotoar/akses pejalan kaki, namun oleh para pemilik toko menambah area perdagangan seperti gerobak dagang.sehingga terlihat sempit dan sesak.

5.PENDUKUNG KEGIATAN
Kehadiran supermarket Giant di Kota Magelang sebagai magnet memberikan pelayanan yang terpadu melalui bermacam-macam tingkat kebutuhan/pelayanan yang diberikan. Pengunjung akan merasa nyaman dan aman jika berbelanja jika fasilitas yang disediakan memadai, disini area parkir yang disediakan tidak mampu menampung sehinga sering terjadi kemacetan akibat parkir di bibir jalan.

6.IKLAN RUANG LUAR/REKLAME
Jenis produk yang ada digunakan dalam Iklan Ruang Luar antara lain di Kota Magelang : 2. Reklame papan/ billboard, adalah reklame yang dibuat dari papan, kayu, calli brete termasuk seng atau bahan lain yang sejening yang dipasang atau digantung pada bangunan, halaman atau yang dipasang diatas bangunan.

•Gambar disamping adalah IklanRuang Luar jenis papan/billboard. •Gambar sisamping diambil di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Magelang.

2.Reklame Kain adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan bahan kain, termasuk kertas, plastik, karet atau bahan lain yang sejenis itu.

3.Reklame Melekat (stiker) adalah Reklame yang berbentuk lembaran lepas, diselenggarakan dengan cara disebarkan atau dapat diminta untuk ditempelkan pada suatu benda dengan ketentuan luasnya tidak lebih dari 200 cm perlembar. 4.Reklame Megatron/videotron adalah jenis Iklan yang dilengkapi peralatan digital yang fungsinya menampilkan visual dengan tehnik digital.Di Kota Magelang terdapat sebuah iklan jenis tersebut posisinya berada tepat di Alun-alun Kota.

5.Dikota Magelang Reklame jenis Baliho tersebar terutama di sepanjang jalan-jalan protokol/tempat umum, pendidikan. Baliho adalah reklame yang berbentuk gambar diatas kain kertas atau sejenisnya yang berbentuk rangka terbuat dari kayu atau sejenisnya yang berukuran minimal 2 X 4 meter.

Dikota Magelang Reklame jenis Baliho tersebar terutama di sepanjang jalanjalan protokol/tempat umum, pendidikan.

7.PRESERVASI
• • • • Definisi Preservasi atau perlindungan tidak hanya diberlakukan untuk bangunan bersejarah, tapi juga untuk bangunan dan tempat yang dianggap perlu dilestarikan. Preservasi biasanya juga mempertimbangkan faktor ekonomis dan kultural. Dikota Magelang terdapat Kriteria perlunya pelestarian untuk bangunan bersejarah seperti kawasan Akmil, peribadatan, wisata dan lainnya

Gambar Kawasan Akmil Sumber : survey lokasi

Gambar Preservasi Kyai Langgeng Sumber : survey lokasi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->