LAPORAN AKHIR PKMM

PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH TERNAK SAPI MENJADI BIOGAS SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI KELANGKAAN BBM PADA MASYARAKAT DESA BUNGAYA KARANGASEM Diusulkan oleh :

Luh Ani Febrianti Gusti Ayu Ratih Wulandari Ni Made Ani Kusuma Dewi

NIM 1103051004 NIM 1103051015 NIM 1003051005

Angkatan Tahun 2011 Angkatan Tahun 2011 Angkatan Tahun 2010

Dibiayai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, sesuai dengan Surat Perjanjian Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa Nomor : 013/SP2H/PKM/DIT.LITABMAS/II/2012, tanggal 16 Februari 2012.

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA 2013

i

S.com : 2 Orang (Dr. DIKTI : 11.M.Si. 19680828 200212 1 001 Pembantu Rektor III Undiksha. Universitas e.) NIP.300. f. I Gusti Ngurah Pujawan.Si. 7. 6 Agustus 2013 Menyetujui Ketua Jurusan Analis Kimia Ketua Pelaksana Kegiatan : Luh Ani Febrianti : 1103051004 : Analis Kimia : Universitas Pendidikan Ganesha : Jalan Sam Ratulangi Gang Punglor No. 6. Sumber lain :Jangka Waktu Pelaksanaan : 6 Bulan Singaraja.2. Buleleng/085232617680 Biaya Kegiatan Total a.. ( ) Pendidikan Ketua Pelaksana Kegiatan a. S.000 b. Alamat Rumah dan No Telp/Hp 5. NIM c..M. 8. 2. NIDN : 0006058002 c. Singaraja. 0006058002 ii . Alamat Rumah dan No Telp/Hp : Desa Kubutambahan.T. Jurusan d. 081915664893 : yuan_niq0502@yahoo. 19601231 198601 1 003 (Gede Agus Beni Widana. Nama Lengkap b. Judul Kegiatan : Pelatihan Pemanfaatan Limbah Ternak Sapi Menjadi Biogas Sebagai Alternatif Pengganti Kelangkaan BBM Pada Masyarakat Desa Bungaya Karangasem Bidang Kegiatan : ( ) PKM-P ( ) PKM-K ( ) PKM-T Bidang Ilmu : ( ) Kesehatan ( ) MIPA ( ) PKM-M ( ) Pertanian ( ) Teknologi dan Rekayasa ( ) Sosial Ekonomi ( ) Humaniora 4. 3. M. 1103051004 Dosen Pendamping (Drs.M.MT.HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN AKHIR PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 1. Nama Lengkap dan Gelar : Gede Agus Beni Widana.Si) NIDN. S.. I Made Gunamantha.Si b. E-mail Anggota Pelaksana Kegiatan Desen Pendamping a.kes) NIP. (Luh Ani Febrianti) NIM.

Sebagian besar masyarakat Desa Bungaya berprofesi sebagai petani dan banyak memiliki ternak sapi untuk melakukan pembajakan sawah. Hasil yang ingin dicapai dalam program ini adalah masyarakat Desa Bungaya dapat membuat biogas secara mandiri yang dapat menggantikan bahan bakar minyak untuk kehidupan sehari-harinya. Adapun metode yang dilakukan yaitu dengan cara penyuluhan dan pelatihan secara langsung kepada masyarakat Desa Bungaya. FMIPA. biogas iii . limbah kotoran ternak sapi. Bukan hanya itu program ini juga diharapkan dapat meringankan beban masyarakat Desa Bungaya dari krisis bahan bakar minyak yang sedang terjadi. Universitas Pendidikan Ganesha Desa Bungaya merupakan salah satu desa yang di Kabupaten Karang Asem. dan Ni Luh Putu Murniasih Jurusan Analis Kimia.D. Dengan adanya kegiatan PKM yang mengambil tema “Pelatihan Pemanfaatan Limbah Ternak Sapi Menjadi Biogas Sebagai Alternatif Pengganti Kelangkaan Bbm Pada Masyarakat Desa Bungaya Karangasem” diharapkan bisa mengoptimalkan kotoran sapi tersebut. Pada kenyataannya penduduk di desa Bungaya belum memanfaatkan ketersediannya kotoran sapi dengan seefektif mungkin sehingga kotoran-kotoran tersebut menjadi limbah. KATA KUNCI : pemanfaatan. Ni Putu Novi Ayu Arditya K. Dengan demikian masyarakat dapat mengetahui dan melihat pembuatan alat dan cara kerja dalam pengerjaan PKM ini.ABSTRAK Pelatihan Pemanfaatan Limbah Ternak Sapi Menjadi Biogas Sebagai Alternatif Pengganti Kelangkaan BBM Pada Masyarakat Desa Bungaya Karangasem Tahun 2013 Oleh: Luh Ani Febrianti.

Si. Pihak-pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan dalam merampungkan karya tulis ini. dukungan. Oleh karena itu perkenankan penulis mengucapkan terima kasih kepada: Gede Agus Beni Widana. karena atas berkat dan rahmat-Nyalah laporan akhir Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat yang berjudul “Pelatihan Pemanfaatan Limbah Ternak Sapi Menjadi Biogas Sebagai Alternatif Pengganti Kelangkaan BBM Pada Masyarakat Desa Bungaya Karangasem” dapat selesai tepat pada waktunya. 3. 1. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa tulisan ini masih memerlukan pengembangan lebih lanjut. Bapak I Kadek Widyartha.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. dan motivasi yang diberikan. S. Penulisan laporan ini dapat terlaksana dengan baik berkat bantuan dari berbagai pihak.Si selaku dosen pembimbing atas segala masukan. 10 Agustus 2013 Penulis iv . atas perhatian dan kerja samanya selama pelaksanaan program. Akhirnya penulis berharap semoga laporan akhir PKMM ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. 4. 2. Singaraja. Oleh karena itu saran dan kritik dari para pembaca sangat penulis harapkan agar nantinya dapat diperoleh hasil yang lebih maksimal. Para Dosen Jurusan Analis Kimia yang terus memberikan motivasi dalam penyelesaian PKMM ini.. S. Seluruh masyarakat Desa Tanglad selaku mitra kerja.M.sos selaku Kepala Desa Bungaya atas segala masukan yang diberikan selama pelaksanaan pelatihan. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful