Naskah drama / teater

Judul :

LIT
Oleh :  Viddy AD Daery

Untuk pementasan 45 menit s­d  60 menit

SINOPSIS                  

LIT         :

Di tengah kesemrawutan hukum Di REPUBLIK JOMBROT , Lit, pemimpin non­formal dari kaum  terpelajar miskin, menantang kekuasaan semena­mena sistem pendidikan yang mahal dan mencekik  rakyat, juga melawan polisi dan hamba­hamba hukum yang justru mempermainkan hukum. Tapi, alam selalu mempunyai hukumnya sendiri.

Tokoh­tokoh : Lit………………………………19  tahun. Kepala sekolah………………….45 tahun. Orang BP 3……………………..35 tahun. Pemimpin Gelandangan………..30 tahun. Pemimpin Satpol Tramtib………30 tahun Komandan Polisi………………..35 tahun

LIT
Oleh : Viddy AD Daery

Setting : latar belakang bentuk sekolah dijepit gedung­gedung tinggi. Foreground : kumuh, tumpukan sampah dimana­mana persis di Indonesia. Tanah­tanah basah dan becek, tergenang air dan lumpur. Banyak lalat beterbangan. Kucing dan ayam mengais­ngais sampah. Kejorokan sangat terasa di mana­mana. Dinding sekolah dicoret­coret. Genteng sekolah bocor, piannya ngelingkap, jendela pecah pokoknya nggak terurus,   duitnya  Cuma dikorupsi para penggede. Lampu gelap remang­remang memperlihatkan bentuk setting. Lampu menyorot fokus bidang­bidang kumuh yang harus diperhatikan penonton. Musik gemrenggeng aneh, penuh suara kucing,lalat, ayam dan suara desah orang bermain sex. Juga  bicara berebut rokok. Lampu yang gelap tiba­tiba menyorot terfokus pada seorang remaja berseragam SMU yang belel  dan ditulisi macam2 juga bertambal­tambal, pokoknya amburadul, rambutnya awut­awutan. Dia berdiri dan menggugat : LIT  :

Kenapa   seluruh   pelajaran   budi   pekerti   yang  diajarkan   sejak   SD   sampai   SLTA   tidak   berlaku  di  kehidupan nyata ?

( hening …3 menit ) Kenapa seluruh ajaran Kitab Suci dan teladan para nabi menjadi NOL dalam perjalanan hidup di  REPUBLIK JOMBROT ini ? ( hening….Lit…kita orang kejepit Jangan lagi menjerit Jangan lagi mencicit Mereka tak akan menggubris Mereka tak akan perduli Elit kita elit tulalit Elit kita elit yang sakit Telinganya congekan Penuh cureg ambune badheg…baunya nggak ketulungaaaannnn….           Ini dia biang rusuh sekolah kita ini Wis sekolah bolos terus… SPP nggak pernah mbayar Iuran OSIS gak bayar Iuran komputer gak bayar Iuran renang gak bayar Iuran BP 3 gak bayar Iuran guru udunen gak bayar Iuran bu guru hamil gak bayar Iuran kucing pak guru ketabrak truk gak bayar Iuran fotokopi rumus­rumus gak bayar Iuran ulang tahun guru kesenian gak bayar . mereka bangkit lalu berdansa rancak pakai koreografi  yang bagus..mereka kecapekan… Tiba­tiba Kepsek dan BP 3 datang dan menegur mereka : KS  : waaaah…waah…. Usai dansa….Lit.Lit.diamput tenan iki…. mengikuti irama disko.Lit. bagai di videoklip MTV di TVG : Syair : Lit.lampu menyoroti tubuh2 yang teler…) Tiba2 musik disko berdentam… Kamera menyorot anak2 SMU yang mabok.kita kawula alit Lit.

Brunei.kok nanyak aku… . KS  : Opoooo ???????? Wswswsws…iku opo ???? BP 3  : Whalah bapak ini ah…itu lhooo…wswswswswsw….Iuran tetangga pak guru kawinan gak bayar Iuran guru agama naik haji gak bayar Iuran guru fisika pindah rumah gak bayar Iuran guru baru pesta tumpengan gak bayar Iuran kepala sekolah kawin lagi gak bayar…waaah. Lit membantah : Tapi kenapa di Malaysia.Singapura.. dananya dikorupsi… weeeek…. yang goblok Bapak ! KS  : Heh. yang goblok dan bajingan adalah pemerintah ! LIT  : ( bernada sangat marah dan berang ) Kenapa  ? Kenapa subsidi kepada anggota­anggota DPR. lha kok aku yang goblok ? BP 3  : Ya sudah.goblok ! BP 3  : Lho pak. KS nanya ke BP 3 : Pak BP 3…gimana jawabannya nih ? Kamu kan yang paling bisa ngajarin aku praktek­praktek pemerasan terhadap orang tua siswa ? BP 3 membisiki : wssswssswsss…. Thailand.. bahkan di Srilangka yang negara miskin aja  SEKOLAH BISA GRATIS !!!! ????? KS bingung lholak­lolok gak bisa jawab. KS  : Oooo yayaya…. Kalian ini kalau MISKIN JANGAN SEKOLAAAH !!!! Sekolah sekarang hanya untuk orang berduit tahu ! Sudah nggak jamannya lagi sekolah mbayar bolet !             (keterangan: bolet= ubi jalar ).wahhh…. goblok ! Pemerintah kita kan sudah mencabut subsidi pendidikan.pemerintah negara­negara asing itu kan memberi subsidi terhadap  dunia pendidikan. uang dinas jabatan menteri dan  pejabat­penjabat tinggi justru dinaikkan kok malah subsidi pendidikan dicabut ???? KS  : Lha yo embuh….

 kalian kan rakyat yang baik…kalau aku habis omong kalian bilang : bayaaar  aja…. Terigu naik. sudah ortu kalian kayak mayat hidup dan penurut kayak kerbau dongok…eeh. Lha ya toh…. bayaar aja.ssst…wewswswswswsws KS  : Oooo. gak pernah protes. ortu kalian itu manusia apa mayat hidup ? Naah. Telur naik. Iuran lebaran. Tempe naik. nggak pernah protes. bayaar aja. TARIF NDOLLY naiiikkkk…… Lhoooo…………….. Daging naik. Iuran natalan. gak pernah protes. Sayur mayur naik. Iuran RT RW…bayaaar aja. Sabun naik. gitu aja kok repot !          Lagian bukankah orangtua kalian selama ini adalah rakyat paling baik di dunia ?          Tapi sebenarnya berarti rakyat paling bodoh didunia hehehehe…. ya supaya kalian bayar sekolah. Gula nak. Odol naik. bayaar aja. Tarif air minum naik. BP 3  : Lho bukan gitu pak….BP 3  : Lho pak. . Minyak rambut naik. Iuran sampah naik.orang tua kalian bayar tarif listrik yang terus naik. Iuran imlek. Onde­onde naik.ayo mulai…) Harga minyak naik. bayaar aja. bayaar aja. gak penah protes. jawabannya wswswswswswsws….kalian  anak­anaknya malah sok jadi PEMBERONTAK….     ( penonton : bayaaar aja…dst ) Elpiji naik. Sepatu naik. Tarif telpon naik. Baju naik. ( Ayo penonton. Susu naik. Iuran 17 agustusan. KS  : Jawabannya wes hewes hewes bablas angine…. Iuran nyepi. Pokoknya kami sampai heran.

 orang Bapak adalah kepala sekolah.otakmu lebih kancil.pak ! Ini sudah subversib pak.Lit  : Karena kami tidak mau seperti orang tua kami yang bodoh dan jahiliyah !!!!! BP 3  : waah. KS  : halaaahhhhhh…. KS  :  Kamu aja. Mudah­mudahan bisa ditindas lebih kejam dari yang di Makassar itu pak.waah…Pak. Ini sudah masalah politik. KS dan BP 3 nyari telpon Ketemu Hp­nya. . KS  : Kamu aja. KS : ya setelah ada kasus Makassar polisi jadi ngeper. reeek… BP 3  : Kata siapa ? Wong polisi itu ya preman kok.kamu aja yang nelpon. KS  : Ya sudah ayo cepat telpon…. : Lho ya Pak KS toh.anak­anak ini ngomongnya sudah keblinger ini pak. soalnya kamu lebih pandai  bicara…. sudah  bernada kiri ! Ini pasti sudah dihasut oleh LSM­LSM kiri itu pak. KS  : ini Hp­nya. yang punya wewenang  BP 3  kok…. BP 3  : Bapak aja ah. BP 3  : Bapak aja. lalu saling nyuruh. BP 3  : Bapak aja.kamu juga nggak papa toh. bedanya Cuma pakai seragam yang  dibeli dari uang rakyat. berarti sudah masalah serius ini pak… Kita harus lapor ke polisi ini pak….

KS  : Lhooooooooo…. kok mbanyol kayak  Srimulat aja…. kita malah dimintai ongkos sebasar kambing…lho lak rugi reek… Lha ini bukan soal anjing.KS  : Kamu aja. jangan diomongkan didepan umum…. membawa poster­poster : BERI KAMI PENDIDIKAN GRATIS SESUAI PASAL 31 UUD 45 MEGAWATI : PENDIDIKAN GRATIS ITU MENYESATKAN !   DASAR YANG NGOMONG  . BP 3  : Bapak. TIBA­TIBA terdengar suara gemuruh. makanya jangan guyon ae…ayo cepat  lapor polisi !!! BP 3  : lha memangnya kenapa kalau bapak KS aja yang lapor ? KS  : hmmm…. BP 3  : Bapak. kalau lapor polisi  kehilangan anjing.itu rahasia.aku takut dimintai bayaran eee…soalnya kata orang. KS  : Kamu. kalah lucu  dari kehidupan sehari­hari pakk… KS  : Sudah­sudah…. makanya Srimulat di THR itu bangkrut pak. BP 3  : halaaah paak. KS  : Bapakku ? Bapakku sudah almarhum jeee…lho ini yok opo sih. jaman sekarang korupsi itu dilakukan dari presiden sampai tukang  cat.lembaga komisi pemberantas korupsi aja nggak pernah ngapa­ ngapain……malah kerjanya juga korupsi kok. BP 3  : Bapak kamu.wong kita korupsi gedhe­ gedhean kok takut dipalak polisi sejuta dua juta….katamu ini masalah gawat. Dul.ya tooh ? BP 3 : Lhaaaaa. kita bisa dimintai ongkos berjuta­juta  toh ?? Biayanya itu lebih subversif ketimbang subversinya….kita ini orang kaya. KS  : Kamu. apalagi di Republik Silit  ini…malah lebih lucu dari Srilmulat lho. lembaga kaya…. ini soal subversi.tak antemi lho koen… BP 3  : lho kehidupan kita ini memang panggung komedi pak.bapak ini…. Muncul sekelompok gelandangan kumal. jangan takuuut….

 digembok pak.GUOBLOK ! Dsbnya. KS  : Lho. bang.           Tentara busuk.   setelah   itu   pemimpinnya  memberi isyarat agar diam. kalian dibujuki polisi…ya polisinya sudah nelpon Kepala Dinas Pendidikan.  PG  : Waah busuk sekali kelakuan orang pinter itu ya.guuuoooblok. lha pagere dikunci e pak. Pimp. ulahnya Cuma minteri rakyat. makanya kok dalam pemilu ini kalian  pilih lagi partaipartai busuk…dasar rakyat guuuuooobbloookkkkk kelas berrraat !!!! LIT  : Ini memang negeri busuk. tapi kan ada satpam yang jaga. Yel­yel   minta   pendidikan   gratis   diteriakkan   oleh   para   gelandangan. menteri busuk. KS  : Kamu ini guuuooobbloogghk uhuk­uhuk ( sampai batuk ).digembok kok pak. KS  Ndul. : Ya itu. harus lapor polisi  PG  dulu….  bukan membangun dan memakmurkan rakyat…. pengusaha busuk. nggak apa­apa…. . … : Soalnya mereka tahu kalian akan datang berdemo… : tahu dari mana ? wong kami nggak ngomong apa­apa sama mereka kok… : Tapi kalian kan lapor polisi kan ? : Lha iya toh pak…kan peraturannya begitu.           Presiden busuk. di bawah jembatan sana lho.Gelandangan/PG : Apa benar ini kantor Dinas Pendidikan ? KS dan BP 3 berpandangan bingung. : ya iya. kalau mau demo. baru tahu toh ? Waaah…. BP 3  : Nggak apa­apa pak. PG  KS  PG  KS  PG  KS  : Ooooo…itu tadi…ituuu tutup pak.          Ini SMU NOL BESAR !          Kantor Dinas Pendidikan itu disana lho. pejabat tinggi sampai rendah busuk. Kepala sekolah juga busuk !!!! KS  : Lho kok malah aku diseret­seret dalam kebusukan toh…. kyai busuk. : Nggak ada pak.

  .. Kepala Tramtib ( Katib ) : Ada apa ini ? Heh…ada apa ini ? Apaaa iniiii ada­ada…eh…adakah. disko dangdut. Semua menari dan menyanyi koor : Suk­suk­suk­busssssssssssssssssssuuuuuuuuuuuuuuuuuuukkk….  Semua menari rancak dengan koregrafi yang asyik.KS  : Lho kok nggak apa­apa… BP 3  : Lebih baik busuk tapi duitnya banyak.   mereka   petantang  petenteng. Ini negeri busuk Telurnya busuk­busuk Tomatnya busuk­busuk Katesnya busuk­busuk Mangganya busuk­busuk Dagingnya busuk­busuk Rotinya busuk­busuk Airnya busuk­busuk Susunya busuk­busuk Insert LIT menyela :   hanya SUSUMU yang tidak busuk…. Koor lagi : Suk­suk­suk bussssssssssssssssuuuuuuuuuuukkkkkkkkk Presiden busuk­busuk Menteri busuk­busuk Dirjennya busuk­busuk Irjennya busuk­busuk Stafnya busuk­busuk Satpamnya Busuk­busuk Polisi busuk­busuk Tentara Busuk­busuk Kyai busuk­busuk Gurunya busuk­busuk Pedagang busuk­busuk Pedaging busuk­busuk Insert LIT : Hanya rakyat yang tidak busuk. iniiii apa­apa… eeeh…. Musik lagi. Koor  : KARENA SUDAH  BOOOOSSSOOOKKKK!!! Tiba­tiba   datang   rombongan   tramtib   dengan   membawa   pentungan. ketimbang bersih tapi bodhoooooooo… Musik menggema.

rumah petak di pingiran kota toooh. Wis jangan pringisan…lho kan aku sendiri ya yang pringisan….huuuuuu….tidak bisa sekolah.bikin sampah…. Ada   yang   hoaaaaaaaaaa….haaaaaaaaaoooo…. Lit  : He . eta­ete…petentengan kayak wong penting aja. Ingat pak. tahu ! Kok tega kalian memukuli sesama rakyat. he…. tak giepuki…lha kok  masih berani unjuk rasa ! Gak kapok­kapok ya kalian….lha kalian ini sudah sering kuusir. apa  kalian nggak bisa membayangkan kalau itu menimpa rumah dan keluarga kalian sendiri ? Tiba­tiba Katib terharu dan menangis.sewanya Cuma Rp 100. tidak akan jatuh kasihan hanya dengan air mata dan darah  . para elit tulalit. Lit : Pak. tak garuk. Anak buahnya ikut menangis.sudah.lhaaaa iniiii (  menunjuk­mengenali­Kelompok Gelandangan ) Ini…musuh besarku ini…kalian ini bisanya Cuma mengganggu kedamaian masyarakat saja too… bikin rusuh.sudah. Tapi   kalian   malah   menjadi   kaki   tangan   orang­orang   busuk   itu.  semua karena pemerasan yang dilakukan para pemimpin busuk. Kalian itu laksana ANJING. Rumah kalian. merobohkan rumah­rumah gubug rakyat.. berhenti menangis ! Tangisan tidak menyelesaikan masalah ! Para pemimpin busuk sudah kebal. ???? LIT maju dan menjendul kepala Katib.   Memang   tangisan mereka harus berefek lucu tapi serius.   dsbnya   ramai   sekali. Mencari makan kok dengan cara menggebugi sesama rakyat kecil.   dan   malah   memukuli  sesama rakyat kecil yang tertindas.ketertiban   apa   ketiban   yooo   ?   Ketiban   lak  kejatuhan….­ sebulan toh ? Lihat saat ini isteri kalian belum masak nasi toh…anak kalian kelaparan. dadi opooooooooooo koen iku.yaaakkk hush !!!. Terdengar tangisan bersahut­sahutan. Kamu itu preman bayaran tahu.pokoknya   kalian   ini   mengganggu   ketertiban….kalian juga orang miskin. he. kalian lebih sampah dari para gelandangan yang kalian anggap  sampah itu. Ya kalian­kalian itu pak yang namanya RAKYAT BUSUK.000.

wis rek. Eee lha kok rakyat malah memenangkan partai­partai busuk. KS  : Oooo jadi aku ini badak yooo…. kok gek ngerti… KS  : Lho. Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang­kurangnya 20 % dari APBN dan APBD. dan menelantarkan partai­ partai yang ingin menyelamatkan rakyat.lho. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. KS  : Lho. Semua koor membaca :  1. 3.Bapak aja yang kayak badak….aku ini Kepala sekolah lho. aku sekarang sadar.  pokoknya seperti drama­drama itu lho. sadar…. berkuasa memutuskan… .anak­anak…. anak­anak ! Lit  KS  : Serius tah ? : Lho serius .minta maaf… dan sekarang saya putuskan kalian semua boleh sekolah gratis. tobat.lho…berarti selama ini pemerintah sendiri melanggar undang­undang ? Koor   : Wis suwe rek. Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak  mulia dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa… 4.rakyat. gini aja. orang yang salah akhirnya tobat. Berarti aku bodho yo kok gek ngerti ? Siswa­siswa : Lho wis suwe Pak…                      Kami sampek muak kok….. Rakyat sendiri sih yang memang bodoh. Pemilu   itu   kan   sarana   yang   demokratis   dan   merupakan   kesempatan   untuk   memilih  pemimpin yang baik dan menendang pemimpin yang busuk. Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerntah wajib membiayainya. Itu semua karena rakyat bodoh ! Bodoh terus karena tidak pernah dididik ! Karena sekolah  bayarnya mahal ! Padahal seharusnya gratis !!!! Coba baca UUD 45 ! ( tiba­tiba semua mengeluarkan buku UUD 45 dari sakunya­­­ya sudah dipersiapkan toooh… ) Lit  : Ayo semua membaca Pasal 31…. 2.

kamu ini calo! Rente ! Siswa­siswa emosi : Ayo basmi ! Basmi ! Tunjeki ae ! Para gepeng terpengaruh : Betul. bajunya sobek parah.Koor siswa : Horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee…………………Hidup Pak Kepsek….suara mereka fals mirip hantu haus darah….sosok BP 3 dibakar ). KS  : Memang kamu ini kok yang bikin masalah. BP 3  : Lho Pak! Kok gratis sih…lha kita makan apa ? Siswa­siswa koor : Taek iku panganen ! KS marah kepada BP 3.tidak formal. sabar…jangan main hakim sendiri. Semua menari kesurupan diiringi musik disko seram…. basmi ! Bakar ! Semua mengeroyok BP 3 dan memassa sampai hancur berdarah­darah. Lit  : Sabar. Lirik : Kami rakyat bisa seperti zombie Sabar dan sabar Meski kalian sakiti Dan terus kalian sakiti Namun jika kesabaran habis Kamipun berubah total Seperti raksasa Tiwikrama Kami bisa marah tak terkendali Jangan salahkan rakyat yang marah . Tramtib   :   Gak   isok…gak   isok…ini   dia   biangnya   sehingga   rakyat   kecil   tidak   bisa   menikmati  pendidikan ! Ayo bakar ! ( semua membakar BP 3 dengan trik diganti boneka. Api menjilat­jilat ke atas. Kamu ini lembaga ekstra ! Tidak  resmi.teman­teman….

Muncul petugas pemadam kebakaran menyemprotkan selang air kemana­mana tapi malah lebih  banyak ke arah penonton. Lit  : Kita berRevolusi.revolusi berarti cabut sampai akar­akarnya ! Ayoooo serbuuu !!!! Semua massa menyerbu kota. ( puluhan onde­onde berbungkus plastik dilemparkan ke arah penonton ) Mereka membakari kota. Massa tak perduli. Lit meraung­raung menenangkan massa. ( Setting gedung­gedung dari kertas dibakar massa ). bahkan ada yang memukuli dan menjongkrokkan Lit ke tanah. Lampu dimainkan menambah efek kebakaran kota. bukan ke arah gedung yang terbakar. Para gepeng dihasut tramtib untuk memassa petugas kebakaran. Mereka melempari kota. Terdengar sirine meraung­raung. Para petugas pemadam kebakaran  . Rakyat teriak­teriak tak terkendali.Karena marahnya akibat ditindas Berjuta­juta kali Kalau rakyat sudah mengamok Yang ada adalah  REVOLUSI !                                REVOLUSI !                              REVOLUSI !                              REVOLUSI !!!!!!!!! Musik berhenti. Massa sudah kesetanan. tapi jangan anarki ! Tramtib : Yooo gak isoookkk….

 KS roboh. Komandan polisi : Hentikan ! Hentikan !                                Menyerahlah kalian !                                Kalau tidak. bisa dicopot aku nanti…. Maka datang rombongan polisi menembakkan bedil ke udara.diaamput kamu ini Dul  ! Dul  : Sorry Pak ! Kopol : Enak aja sorry. malah menembak salah seorang : Dor ! Ternyata yang terkena KS. semua terkejut dan meradang. akan kami tembak di tempat ! Semua angkat tangan. ini soal nyawa. Komandan marah dan membentak polisi teler.malah digebuki dan dibunuh. Seorang polisi teler. jangan main­main ! . ingat kasus Makassar…. kerusuhan mereda. Kopol : He…kamu ini menyalahi prosedur…waah.waaah aku dipecat nanti Dul gara­gara kamu. Semua terpengaruh.pak.sorry. Lit  : Berhenti ! Berhenti ! Pakai akal sehat ! Jangan menuruti hawa nafsu ! Tapi perang terus berlangsung. : He. Dul  Lit  : Sorrrrrrrrrrrrrrrrryyyyyyyyyyyyyyyyyyyy….

aku polisi kok ya taaaaaaaaaaahuuuu Menurut data CDC dan AGI. lalu rakyat yang putus asa bunuh diri. rampok. garong. jumlah yang mati sekitar 200  orang setahun…lhooo….dataku lengkap nyong ! Belum lagi yang mati karena berbagai macam penyakit. belum yang mati­mati karena 1001 macam bencana alam yang terjadi tiap hari karena  alam lingkungan dirusak…. karena negeri ini  nggak bisa ngasih makan. kapal laut dan  udara. kecelakaan lalu lintas. setahun  ada sekitar 30 orang…lhooooooo aku polisi kok ya taaaaaaaaaaahuuu Lalu yang nekad menjadi copet. karena duit negara sudah digarong para pemimpin Data dari Depkes RI mencatat 35 orang mati per tahun karena HIV AIDS Waaaah….Dul  Lit  : alaaaaaaa di Negeri Jombrot ini. nyawa sangat murah kok ! : Pernyataan  bapak  SANGAT MENYAKITKAN ! SANGAT  MENYESATKAN ! : Lhoooooooooo…ada faktanya lho. maling. setiap jam ada 2 ibu meninggal karena  melahirkan lantaran kemiskinan dan buruknya fasilitas di Republik Gombal ini Lalu data ELSAM mencatat 65 buruh TKI mati setiap tahun di Singapura.wooooooo nggak karu­karuan jumlah orang mati di Negeri  Gombal Mukiyo ini…Tapi kok ya jumlah penduduk tetap berjubeeeeel aja…Makanya aku  tinggal melanjutkan upaya PENCIUTAN PENDUDUK hehehehe Itu semua demi keseimbangan rasio kepadatan…hahahaha . Nyongg ! Dul  Karena pemerintah menelantarkan rakyat. mereka sudah membunuh korban  sekitar 170 orang setahun…lhooooooo aku polisi kok ya taaaaaaaahuuu Lalu para garong yang digerebeg polisi lalu lari dan ditembak. 2 juta nyawa bayi di Republik Jombrot ini  dibunuh per tahun  di meja aborsi Data yang dikutip koran MERDEKA baru­baru ini.

Dengan tertatih­tatih menahan luka. sudah perang aja….Komandan Polisi : Sok tahu kamu Dul. Polisi lawan massa.hanya satu kata : Lawaaaan !!!!!! Siswa sok pinter : Itu puisinya Wiji Thukul ya Lit ?  Siswa dan gepeng : Waaah.serbuuuuu !!!!!!!! Perang ramai. Semua mati. jangan justru malah menghancurkan hukum ! Kom­pol : He ! Kamu tidak tahu atau pura­pura bodoh ? Pelanggar hukum di Republik ini justru  polisi. Lit  : Waaah…kalau begini caranya ya sudah. tinggal Lit yang hidup meski luka parah. presiden dan para pejabat ! Coba kamu baca lagi kitab UUD 45 ! Berapa pasal yang dilanggar mereka ? Dor ! Satu siswa mati. Semua saling bunuh.pelaksanaannya Nol  Besaaar !!! Dor ! Komandan yang setres menembak satu gepeng. Lit  : Tunggu ! Anda polisi!anda penegak hukum.hukum ? hukum di Republik Jombrot ini hanya berupa tulisan di  buku­buku dan pidato para pejabat di televisi…. Lit menggugat negeri Gombal ini dengan puisi protes : . taek koen iki. Lit  : Ini apa­apaan ? Apa  tidak  ada  hukum di negeri ini ? Kok main bunuh semaunya ???? Komandan Polisi : hahahaha…. ayo perang…perang adalah satu­satunya pilihan  karena terpaksa…. daripada sok pinter dan lebih pinter dari aku.  mendingan kamu tak tembak aja duluan ! Dor ! Polisi Dul mati.

Dipimpin para pemimpin pengkhianat Minyak berkhianat kepada rakyat Air berkhianat kepada rakyat Hutan berkhianat kepada rakyat Gunung berkhianat kepada rakyat Beras berkhianat kepada rakyat Gula berkhianat kepada rakyat Udara berkhianat kepada rakyat Transportasi berkhianat kepada rakyat Telekomunikasi berkhianat kepada rakyat Rumah berkhianat kepada rakyat Listrik berkhianat kepada rakyat Batu berkhianat kepada rakyat Pupuk berkhianat kepada rakyat Sayur mayur berkhianat kepada rakyat Buah­buahan berkhianat kepada rakyat Daging Berkhianat kepada rakyat Roti Berkhianat kepada rakyat Sekolah berkhianat kepada rakyat Buku­buku berkhianat kepada rakyat Guru­guru mata duitan berkhianat kepada rakyat Ulama­ulama gila hormat berkhianat kepada rakyat Hakim­hakim bajingan berkhianat kepada rakyat Polisi­polisi pemeras berkhianat kepada rakyat Politisi­politisi badak berkhianat kepada rakyat Cendekiawan­cendekiawan gila jabatan berkhianat kepada rakyat Rakyat yang bodoh berkhianat kepada KEHORMATANNYA SENDIRI ! Lit berjalan terseok­seok menuju penonton Sorot lampu mengiringi .

com ( fotokopi identitas akan dikirim menyusul.Baunya menyebar harum Lalu hilang di kerumunan penonton / lampu kian kabur ( Musik prihatin mendenging ngilu ) SELESAI Penonton boleh tepuk tangan Jakarta. mungkin via pos ) . Patal Senayan Juraganan  11 Mei 2004 Viddy AD Daery=============================viddyad2@yahoo.

 Produknya yang terkenal antara lain : Lenong Bocah. novelis. . E­mailnya : viddyad2@yahoo. Lalu keluar dari TPI dan mendirikan jaringan  production house sambil menjadi budayawan yang banyak diundang ceramah budaya Indonesia oleh  negara­negara Asia Tenggara. sudah menghasilkan puisi masterpiece “Surabaya  mari Bicara Empat mata” yang sempat menjadi maskot DKS dan HUT Kotamadya Surabaya di  zaman Walikota Poernomo Kasidi. Tahun 1993­2001 menjadi produser eksekutif. kolumnis dan budayawan. Setelah lulus sarjana sosiologi tahun 1987 . mula­mula  sebagai redaktur features SERBANEKA. lalu menjadi koresponden Jawa Pos sambil mengelola  toko emas di Lamongan.com. Novelnya “Sungai Bening” diterbitkan oleh PT Grasindo Jakarta. Telenovela Dimana Cinta Kutitipkan. dan cukup laku di pasaran.BIODATA PENULIS NASKAH DRAMA / TEATER “ LIT ” Viddy AD Daery  atau Drs. Tahun 1991 hijrah ke Jakarta karena bekerja di TPI ( Televisi Pendidikan Indonesia ).  Patrio Ngelaba.Anuf Chafiddi  lahir di Lamongan 28 Desember 1961 adalah penyair. cerpen dan produksi acara televisi.  cerpenis. Sewaktu masih kuliah di FISIP UNAIR Surabaya. Sejak remaja/mahasiswa sampai kini aktif ikut lomba kreatif dan cukup banyak menyabet juara di  bidang penulisan puisi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful