SISTEM INFORMASI DATABASE

Oleh : Rachmat Fawzi
LATAR BELAKANG

Di dalam suatu organisasi yang besar, sistem database merupakan bagian penting pada sistem informasi, karena di perlukan untuk mengelola sumber informasi pada organisasi tersebut. Di samping itu Penggunaan teknologi database didunia bisnis bermanfaat menghemat waktu dan biaya karena dengan database yang terkomputerisasi kita bisa banyak menyimpan informasi seperti mencetak, memuat, menampilkan data yang akurat, memudahkan pengaksesan data, mengisolasi data untuk di standarisasikan, mengurangi redundasi data dan inkonsistensi. Dan yang menjadi faktor pertimbangan bagi para pelaku bisnis dalam skala besar adalah apabila desain yang dibangun tidak cermat dapat menyebabkan hilangnya data yang di butuhkan, data yang tidak konsisten, proses update yang lambat dan lain-lain.

A. Pengertian sistem informasi Sistem Informasi Terdiri dari dua kata yaitu Sistem dan Informasi. Sistem sendiri berarti gabungan dari beberapa sub sistem yang bertujuan untuk mencapai satu tujuan. Informasi berarti sesuatu yang mudah dipahami oleh si penerima. Sistem Informasi memiliki makna sistem yang bertujuan menampilkan informasi. Pada jaman dahulu sebelum sistem komputer ada maka sistem informasi ini telah lebih dahulu ada dan berjalan dengan baik.

B. Pengertian Database • Database adalah : • • • Sekumpulan data dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efesien. Atau Sekumpulan data yg diorganisasikan sedemikian rupa sehingga pengguna dapat mengakses, mengambil dan menggunakan data. Atau Kumpulan infromasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer. Contoh sederhana dalam kehidupan sehari – hari adalah : Buku telepon yg sering kita gunakan dan lihat.

C. Tujuan Database

Salah satu komponen penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi Menentukan kualitas informasi: akurat, tepat pada waktunya dan relevan. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Mengurangi duplikasi data (data redudancy) Hubungan data dapat ditingkatkan (data relatability) Mengurangi pemborosan tempat simpanan luar1.

• • •

D. TEKNOLOGI DATABASE
 Flat File à 1960an - 1980an

Database flat file sama dengan file data pada spreadsheet (misal MS Excel™), berupa satu file berisi baris-baris dengan jumlah kolom tetap yang disimpan berurutan dalam file.

 Hierarchical à 1970an - 1990an

1

Ibid

 Network à 1970an - 1990an

 Relational à 1980an - sekarang Database Management System (DBMS) à Perangkat lunak untuk mengelola database.

E. TREN DATABASE
a. javaOndetik - Java adalah teknologi fondasi paling terkenal di dunia bisnis, ini juga

sebenarnya bukan karena Java adalah teknologi terbaik, tetapi juga ada unsur "marketing" yang sangat giat dalam 10 tahun ini oleh Sun, yang kemudian diikuti oleh vendor super besar lainnya, seperti IBM, Oracle, SAP, Novell, dan juga komunitas Open Source seperti Apache, Eclipse dan ObjectWeb. Beberapa solusi yang paling menarik dari dunia Java adalah memungkinkannya implementasi solusi high availability seperti load balancing atau clustering di Java. Yang menarik lagi, implementasinya dapat dilakukan terhadap sistem operasi yang berbeda. Java clustering dapat diimplementasikan dalam 2 server atau lebih, dengan sistem operasi yang berlainan, misalnya Windows dengan Solaris atau Linux dengan Windows. Ajaib bukan. Malahan saat ini ada projek Open Source untuk melakukan clustering Java tetapi khusus koneksi databasenya yaitu clustering JDBC, dulu namanya C-JDBC, sekarang diberi nama Sequoia, yang dihost di ObjectWeb. Kita dapat mengimplementasikan sebuah sistem dengan database yang tercluster tetapi berbeda-beda databasenya, misalnya MySQL dengan Oracle, atau Oracle dengan SQL Server.

Implementasi clustering di Java ada berbagai macam, yang paling sederhana adalah mereplikasi session, jadi dengan kata lain bilamana terjadi implementasi shopping cart, dan server tersetting cluster ready, maka session didalam shopping cart setiap user akan direplikasi ke banyaknya server yang terhubung dalam "cluster farm". Semakin tinggi user yang aktif, akan semakin lambat replikasi terjadi dan juga resource yang dipakai akan sangat tinggi, dapat dibayangkan Amazon dan Ebay seberapa besar resource mereka, maklum mereka adalah salah satu dari projek besar Java didunia. Saat ini terjadi sebuah trend baru lagi, yaitu melakukan cache clustering, metode ini merupakan fitur utama pada teknologi OR Mapping seperti TopLink atau untuk implementasi yang lain adalah Tangosol, yang sangat terkenal dengan kemampuan ini.

b. MySQL Cluster 6.3 Carrier Grade Edition adalah sebuah sistem database tertutup berbasis kluster yang dirancang khusus untuk memenuhi tuntutan terhadap ketersediaan, skalabilitas, dan kebutuhan low-latency dalam aplikasi telekomunikasi. MySQL Cluster Carrier Grade Edition saat ini telah menjadi jantung operasional sistem Subscriber Data Management di perusahaan-perusahaan NEP terkemuka.

“Teknologi kluster database yang tangguh dari MySQL saat ini telah mendapat dukungan dari tim industri media dan komunikasi global Sun Microsystems, yang sangat berpengalaman dalam memberikan solusi serta layanan kepada industri komunikasi.” ujar Darrell Jordan-Smith, Vice President of Global Communications and Media Industry Practice, Sun Microsystems. “Sudah banyak pelanggan Sun Microsystems dari kalangan komunikasi yang mendapatkan manfaat dari ketangguhan Sistem Operasi Solaris, server direktori berbasis open source, maupun dari sistem Netra dan StorageTek berbasis NEBS. MySQL Cluster memberi para pelanggan Sun Microsystems tawaran komplementer bersama produk-produk tersebut, sehingga mereka mendapatkan platform berskalabilitas dan dapat diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi penting yang ada didalamnya.”

c. PostgreSQL.

Sebagai database opensource bukan berarti database ini lemah dibanding milik komersial. Banyak orang mengatakan bahwa fitur PostgreSQL hampir mirip dengan database ORACLE. Kebanyakan proyek database, kami mengandalkan PostgreSQL sebagai database server setingkat enterprise/perusahaan besar. PostgreSQL hampir dapat berjalan disemua sistem operasi yang ada. Database ini sangat baik berjalan dilingkungan sistem operasi UNIX. Mengenai KEAMANAN/SECURITY, database ini dapat membuat koneksi antara client dan server melalui enkripsi data menggunakan SSL, sehingga menyulitkan para pencuri data melalui jaringan lokal maupun internet. Jika dilihat didalam cluster, kita akan menemukan nomor file tanpa nama obyek database. Sehingga menyulitkan penyusup menemukan obyek-obyek yang berisi data-data penting dan rahasia perusahaan.

F. VENDOR-VENDOR UTAMA DATABASE

• • • •

IBM Informix Software Microsoft Oracle

Beberapa Software Database antara lain :

Dbase, Foxbase, Foxpro, Microsoft Access, File Maker Pro, DB2, Postgres/Ingres, Microsoft SQL Server, Oracle, Power Builder, Sybase, MySQL.

DAFTAR PUSTAKA

• Damayanti,dalam artikel di Binusian Weblog “pengaruh dan manfaat teknologi
database dalam dunia bisnis”. 24 maret 2009.

http://habeahan.wordpress.com/2008/04/16/apa-itu-database

• Dayat .”PostgreSQL sebagai Basis Data Perusahaan”. Artikel.

Wiku Suryomurti “Managemen Database” Materi kuliah semester VI Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Eko Lannueardy.”Database Open Source Terbaru untuk Operator Telekomunikasi”. Artikel.

Frans Thamura ,dalam Artikel di detiknet “Tren Clustering ala Java di Aneka Database “.

Ng Poi Wong, S.Kom, MTI “Dasar-dasar system database”.Presentation. Arief Setyanto,S.SI, MT. “Sistem Informasi berbasis multimedia”. Artikel.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful