You are on page 1of 7

Syariah dan Fikih

Copyright Wondershare Software

Pengertian Syariah
Secara Bahasa Secara Isthilah

: : ) ( . . . ) (
AlSyariah Syariahadalah menurut Seluruh bahasa: Jalan wahyuyang yang lurus. diturunkan Sumber airkepada minum dinamakan Syariah Syirah . Dinamakan denganal-Sunnah, nama itu Rosulullah berupa dan hukum dalam al-Quran maupun
karena baik berkenaan lurusnya dan dengan kemiripannya masalah keyakinan dengan sumber (ilmu Tauhid air. Karena atau dengan Aqidah)syariat maupun jiwa berkenaan dan raga dengan akan hidup, perbuatan sebagaimana orang mukallaf, dengan air, baik tubuh yangakan qothiy hidup. atau yang dzonniy (ilmu Syariah atau Hukum).
Copyright Wondershare Software

Pengertian Fikih
Secara Bahasa Secara Isthilah

artinya tentang Fikih secara bahasa faham betul sesuatu. : Pengertian ini tercermin pula di dalam Firman Allah: [ : ] .{ } Fikih menurut terminologi adalah Mereka berkata: "Hai Syuaib, kami pengetahuan tidak banyak tentang mengerti hukum-hukum syariat yang dengan tentang apa yang kamu katakan itu . [Q.S.berkaitan Hud: 91] perbuatan , ini yang diambil dari dalil-dalilnya yang Lalu pengertian digunakan untuk pengertian ilmu agama dan ilmu syariah karena keutamaannya dibandingkan ilmu-ilmu yang bersifat terperinci .
lain.

Copyright Wondershare Software

Penjelasan Definisi Fikih


Ilmu
Hukum Syariah Bentuk Perbuatan

Dalil Tafshili

Diperoleh

Adalah dalil tertentu untuk tiap-tiap masalah, seperti Firman Ilmu: Yaitu Yang pemahaman imu berbentuk yang hukum didapat dan perbuatan; persepsi, serta diperoleh baik bermakna persepsi melalui fikih yang jalan tidak pasti Hukum syariah: yang sumbernya Allah dalam Allah : benar bentuk penelitian membahas (qothiy wajib, dan hukum ) maupun sunnah, ijtihad. syariah yang mubah, Mengesampingkan yang kemungkinan berbentuk dan besar keyakinan ilmunya haram. benar makruh (Nabi Bukan dzonny (ilmu aqidah) hukum ). dan aqli tidak (akal), membahas hukum adiy hukum (kebiasaan) syariah yang dan , karena diperoleh melalui wahyu. dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta oranglain berbentuk sebagainya. akhlaq (ilmu tasawwuf). orang yang ruku . [Q.S. Al-Baqarah: 43].
Karena dalil tersebut khusus untuk sholat, tidak mencakup puasa dan yang lainnya.
Copyright Wondershare Software

Objek Bahasan Fikih


Objek bahasan fikih adalah perbuatan orang mukallaf dari sisi: Terbebaninya mereka untuk melaksanakan; seperti sholat, puasa, haji dan sebagainya (Sunnah dan Wajib). Terbebaninya mereka untuk meninggalkan; seperti berzina, mencuri dan sebagainya (Makruh dan Haram). Diberikannya pilihan kepada mereka untuk mengerjakan dan meninggakan; seperti makan, minum, tidur dan sebagainya (Mubah).
Copyright Wondershare Software

Perbedaan Antara Syariah dan Fikih


Cakupan
Kesempurnaan

Keharusan Kebenaran Keumuman

Antara Syariah Syariah paling dan sempurna Fikih terdapat dibanding perbedaan fikih. Hal secara tersebut umum merupakan dan secara maksud khusus. Karena Syariah berlaku hukum umum, syariah sementara merupakan tidak hukum demikian ilahiyyah hanya dengan maka Dari Firman segi Allah cakupannya, :berfirman: pada hari syariah ini telah lebih Kusempurnakan umum, karena untuk mencakup kamu agamamu, seluruh hukum dan seluruhnya fikih. Allah benar, tidak ada yang salah. Sedangkan hukum fikih dalam telah Ku-cukupkan berbuat, berkeyakinan kepadamu dan nikmat-Ku, berakhlak. dan Sementara telah Ku-ridhai fikih Islam lebih itu khusus, Jadi terkadang salah, oleh karena dihasikan ijtihad .] : [saja. } lewat yang mencakup syariah seluruh karena agamahanya bagimu mencakup . [Q.S. Al-Maaidah: hukum dalam 3].berbuat Karena itu, { bersumber dari hukum ilahiyyah. Namun, hasil ijtihad secara danmencakup Tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) Fikih qaidah dan prinsif seluruh umum. hasil Sementara ijtihad, fikih baik merupakan benar maupun hasil penggalian salah. Sementara dari alumum adalah benar, hanya saja yang salah. Quran dan al-Sunnah yang dilakukan oleh para mujtahid berdasarkan qaidah syariat hanya dinamakan untuk hasil ijtihad yang benar saja . rahmat bagi semesta alam .terkadang [Q.S. Al-Anbiyaa: 107]. dan prinsif umum diatas. Keumuman ayat ini memberlakukan ketentuan syariah, tujuan-

Syariah islam mengharuskan kepada seluruh orang mukallaf untuk menjalankan seluruh ajaran aqidah, ibadah dan akhlak. Karena syariah pasti sesuai dengan jaman dan tempat. Sementara fikih tidak mengharuskan untuk diikuti bila tidak berkesesuaian dengan jaman dan tempat. tujuannya dan nash-nash-nya untuk seluruh manusia.

Copyright Wondershare Software


Copyright Wondershare Software