PORTOFOLIO PBL SKENARIO 1

TUTOR : dr. Miko Ferine KELOMPOK 6
G1A007052 G1A007054 G1A007056 G1A007058 G1A007060 G1A007062 G1A007064 G1A007066 G1A007068 G1A007070 G1A007072 MEGA PUTRI K D RIFQI M BAHAR SYAFIQ R SIGIT UNGGUL P I GEDE KETUT ALIT SATRIA NUGRAHA HADIS PRATIWI AJAR PRASEKTI DIKE H AFIFI AZIZAH ASIH R HAFIDZ ADITYA NUR HUDA SATRIA KUSUMA

FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU-ILMU KESEHATAN JURUSAN PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO 2007 .

765 .din kes-dki. 964 Bakteri : (Bacteria) dalam sistem klasifikasi terdahulu.dinkesdki.id/peny akit.id Kamus Saku Kedokteran Dorland Edisi 25. Diare : Buang air besar encer atau cair lebih dari 3 x sehari ( WHO ) Sanitasi : Menciptakan atau keadaan lingkungan yang baik untuk kesehatan REFERENSI www. termasuk seluruh organisme prokariotik kecuali alga biruhijau ( Cyanobacteria ). suatu divisi kingdom Procaryotae. E. SASARAN BELAJAR Kejelasan Istilah dan Konsep HASIL BELAJAR Diare : Suatu penyakit dengan tandatanda adanya perubahan bentuk dan konsistensi dari tinja yang melembek sampai mencair dan bertambahnya frekuensi berak lebih dari biasanya.Coli : Spesies paling penting dari genusnya dan organisme fakultatif paling dominan pada usus manusia dan hewan lain.go.html http/www.PBL KASUS KE JUDUL SKENARIO KELOMPOK : 1 : “Setelah Berebut Kotor” : 2 NO. Kamus Kedokteran Dorland Edisi 29.go. 227 Kamus Kedokteran Dorland Edisi 29. 1.

A. Edisi 29 Faktor Resiko : Faktor yang mendorong terjadinya suatu penyakit diluar faktor agent. SKM dan Dr. Farmakologi dan Terapi edisi ke-4 UI 1995 Transmisi Penyakit : Proses penularan penyakit dari agent kepada host Dr. Dewi Anggraeni Pengantar Epidemiologi . Newman Dorland. 1334) Kamus Kedokteran Dorland. Eko Budiarto. yang bersifat endemik di India dan Asia Tenggara dan secara periodik menyebar sebagai epidemi atau pandemi ke daerah lain dengan cuaca hangat di dunia. Newman Dorland. W. penyakit ini disebarkan melalui air dan makanan yang tercemar feses. Obat : Setiap zat kimia yang dapat mempengaruhi proses hidup Kamus Kedokteran Dorland.A. kadang fulminan. Edisi 29.Kolera : Radang usus infeksi akut. W.EGC .

Edisi 29 Miskin : Tidak berharta benda.Gastrointestial : Berkenaan atau berkesambungan dengan lambung dan usus.EGC Manifestasi : Kejadian atau wujud lain dari sesuatu ppm : parts per million Kamus Kedokteran Dorland.drs. Dr. Yandianto berpenghasilan sangat rendah 2.Enam kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Selatan dilanda wabah diare berupa cairan putih encer disertai muntah .Mereka umumnya mengalami diare . Tujuan Belajar : Batasan Masalah . W.Sanitasi yang buruk serta air yang Buku Panduan CHEM I Merumuskan .A. Newman Dorland. SKM dan Dr. Dewi Anggraeni Pengantar Epidemiologi . M2S. Eko Budiarto. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Orang tua korban kebanyakan dari keluarga miskin dan berpenghasilan rendah .

suhu tubuh biasanya meningkat. . Ilmu Kesehatan Masyarakat PrinsipPrinsip Dasar.Coli di sumber air Desa Kusi dan Desa Tubuhe mencapai 975 ppm (part per million) .Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI.285 . 3. Tinja cair dan mungkin disertai lendir dan atau darah. kemudian timbul diare. Rimika Cipta. Gejala Klinis Anak yang Terserang Diare Mula-mula bayi dan anak menjadi cengeng. gelisah.Coli diduga menjadi penyebab mewabahnya diare.Akibatnya.Kadar E.Sejauh ini belum ada langkah kongkret dari pemerintah untuk mengantisipasi jatuhnya korban lebih banyak. Anus dan daerah sekitarnya lecet karena seringnya defekasi dan tinja makin lama makin asam akibat makin banyaknya asam 2003 Staf Pengajar IKA FK-UI. nafsu makan berkurang atau tidak ada. Tujuan Belajar : Analisis Masalah Kasus tersebut berkaitan dengan kesehatan lingkungan. Kesehatan lingkungan pada hakekatnya adalah suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudnya status kesehatan yang optimum pula. mereka mengkonsumsi air sungai yang sudah tercampur dengan kotoran babi dan sapi.tercemar bakteri E. Notoatmojo. Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak. . Warna tinja makin lama berubah menjadi kehijau-hijauan karena tercampur dengan empedu.

Gejala muntah dapat terjadi sebelum dan sesudah diare dan dapat disebabkan oleh lambung yang turut meradang atau akibat gangguan keseimbangan sambasa dan elektrolit. dan rumah makan cepat saji (fast food). Hal : 410 Kelompo k Resiko Tinggi yang Mungkin Mengala mi Diare Infeksi . pekerja seks. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. restauran. pengguna obat intravena. rumah sakit. resiko infeksi HIV. Bila penderita telah kehilangan banyak cairan dan elektrolit. rumah-rumah perawatan.laktat. dan piknik . dan pekerja sukarela.Baru saja bepergian/melancong : ke negara berkembang. daerah tropis. banket.FK UI. 4 MengetahuiK elompok Resiko Tinggi yang Mungkin Mengalami Diare Infeksi maka gejala dehidrasi mulai tampak Orang-orang yang memiliki resiko tinggi dalam infeksi penyakit diare akut adalah orang-orang yang : . kelompok perdamaian.Makanan atau keadaan makan yang tidak basa : makanan laut dan shell fish. Pusat Penerbitan Dep. serta orang yang sering berkemah (dasar berair) .Homoseksual. yang berasal dari laktosa yang tidak dapat diabsorpsi usus selama diare.IPD.Baru saja menggunakan obat antimikroba pada institusi : Institusi kejiwaan/mental. sindrom usus homoseks (Gay bowel syndrome) sindrom defisiensi kekebalan didapat (Acquired immune deficiency syndrome) . terutama yang mentah.

Sebaliknya bila peristaltik usus menurun akan mengakibatkan bakteri Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak. 3. FK-UI hal. yaitu : 1. Isi rongga usus yang berlebihan ini akan merangsang usus untuk mengeluarkannya sehingga timbul. Gangguan Motilitas Usus Hiperperistaltik akan mengakibatkan berkurangnya kesempatan usus untuk menyerap makanan. Gangguan Sekresi Gangguan ini terjadi akibat rangsangan tertentu (misal oleh toksin) pada dinding usus akan terjdi peningkatan sekresi air dan elektrolit ke dalam ronga usus dan selanjutnya diare timbul kakrena terjadi peningktan isi rongga usus. secara umum terbagi menjadi 3. Terjadinya Diare Mekanisme yang menyebabkan terjadinya penyakit diare. sehingga timbul diare. sehingga terjdi pergeseran air dan elektrolit ke dalam rongga usus. 284 . 2. Gangguan Osmotik Gangguan ini terjadi akibat terdapatnya makanan atau zat yang tidak dapat diserap akan menyebabkan tekanan osmotik dalam rongga usus yang meninggi.5.

6. Hubungan antara umur dan penyakit tidak hanya pada frekuensinya saja. Dalam kasus ini juga disebutkan factor social ekonomi “ Orang tua korban kebanyakan berasal dari keluarga miskin dan berpenghasilan rendah”. sembilan diantaranya meninggal dunia. eschericia coli akan menjadi lebih berat bila menyerang bayi atau anak – anak daripada golongan umur lain karena mereka masih sangat terhadap infeksi. Person yang karakteristiknya mudah terpapar dan peka terhadap suatu penyakit akan mudah jatuh sakit. Dalam kasus ini yang terkena adalah anak – anak karena anak – anak kemungkinan tentulah lebih besar ketika bermain – bermain di lingkungan. SKM dan Dr. Dewi Anggraeni Pengantar Epidemiologi . disebutkan “ dari 350 anak yang terserang diare. Keadaan social ekonomi merupakan factor yang mempengaruhi frekuensi distribusi penyakit tertentu.tumbuh berlebihan yang selanjutnya dapat menimbulkan diare pula. Dalam kasus ini dilihat dari variable umurnya. Mengetahui variabelvariabel dalam epidemiologi Faktor Orang : adalah karakteristik dari individu yang mempengaruhi keterpaparan yang mereka dapatkan dan susceptibilitasnya terhadap penyakit. diare lebih banyak menyerang golongan ekonomi Dr.EGC . tetapi pada tingkat beratnya penyakit. Eko Budiarto.

hari. bulan atau tahun. tempat dan orang.lemah karena higienitas individu dan manajemen sanitasi dalam rumah tangganya kurang di pedulikan. Informasi waktu tersebut bias menjadi pedoman tentang kejadian yang timbul dalam masyarakat. karena permukiman mereka dekat sungai yang sedang kekeringan. Faktor tempat ini berkaitan dengan karakteristik geografis informasi. dan pada scenario ini dinyatakan kalau mereka kesulitan air bersih karena musim kemarau. Solusi Permasalaha n Depkes perlu menyusun dan meringkas http://www. Faktor waktu : Waktu kejadian penyakit dapat dinyatakan dalam jam. Sehingga Depkes dapat membuat grafik berdasarkan waktu dan berhati-hati saat terjadi musim yang sama. dalam kasus ini mereka yang terkena diare mengkonsumsi air dari sungai yang sudah tercemar. sehingga tidak kecolongan. . Faktor Tempat ( place ) : Epidemiologi juga tertarik terhadap tempat kejadian.d data menurut waktu. waktunya adalah ketika musim kering. epkes.id Bila dilihat dari kasus. informasi tempat bisa berupa batas administrative dan batas – batas histories.go. 7. sehingga air susah dan warga terpaksa menggunakan air kotor.

ditambah sumber air terseb. sehingga dapat menimbulkan beberapa penyakit dan dapat mencemari lingkungan sekitar. sehingga warga di sekitar daerah tersebut kesulitan untuk mendapatkan air bersih. karena warga tidak mampu cenderung berpendidikan rendah yang berujung pada kelalaian 8. sehingga pemerintah perlu lebih memerhatikan warga tidak mampu. karena hal itu biasanya disebabkan karena gaya hidup di daerah pedesaan.ut sudah tercemar oleh kotoran 9. Dalam skenario ini. Gambaran geografis penyakit diare sapi atau babi Di daerah pedesaan biasanya sering ditemukan penyakit diare. Coli. Misalnya dengan memberikan penyuluhan. peningkatan kewaspadaan. Wabah yang terjadi dalam skenario terjadi dengan dimulai oleh kekeringan pada musim kemarau yang menimpa Desa Kusi dan Tubuhe. Mereka biasanya dengan seenaknya membuang kotoran dimana saja. warga di tempat tersebut kebanyakan tidak mampu. Mulai terjadinya wabah menjaga kebersihan. di masyarakat Kabupaten Timur Tengah Selatan Ilmu Penyakit Dalam FKUI Buku Panduan CHEM 1 . Tidak adanya sumber air bersih di desa tersebut membuat warga tetap menggunakan sumber air yang sudah tercemar oleh bakteri. Ditambah dengan tercemarnya sumber air bersih mereka dengan bakteri E.Selain itu.

yang dapat membahayakan kesehatan dan dapat menimbulkan diare. Syarat fisik : bening atau tidak berasa b. minggu).gov selama 3 kurun waktu berturut-turut (jam. • CFR karena diare dalam kurun waktu tertentu menunjukkan kenaikan 50% atau lebih dibandingkan priode sebelumnya. karena air bersih tersebut sudah tercemar oleh bakteri E. 11. hari. Syarat bakteriologis : bebas dari segala bakteri c.www. coli. normalitas Kriteria KLB • Peningkatan kejadian kesakitan/ kema. Sedangkan syarat-syarat air bersih yaitu : a. minggu).dinkestian karena diare secara terus menerus dki. Penyakit Salmonella Dalam FKUI .kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Coli. Syarat kimia : mengandung zat-zat tertentu di dalam jumlah tertentu atau telah memenuhi standar 10. Penyebab Diare Diare dapat ditimbulkan oleh a) Bakteri : Escherichia Ilmu Salmonella paratyphi A/B/C Typhi. • Peningkatan kejadian/kematian kasus diare 2 kali /lebih dibandingkan jumlah kesakitan/kematian karena diare yang biasa terjadi pada kurun waktu sebelumnya (jam. hari.

food bourne. tidak berasa dan suhu di Masyarakat bawah suhu lingkungan. mengandung bakteri. Untuk mengetahui faktor risiko pada kasus Diare a) Pada Parasit : Protozoa. dan milk bourne. 14. kaitan kadar berikut : Ilmu E coli dalam air 1. Kandungan air Rimika Cipta. Vehicle bourne. dibagi menjadi tiga 2003 mengetahui Indikator air sehat adalah sebagai Notoatmojo. Untuk mengetahui transmisi penyakit Mengetahui mode of transmission Dua bagian cara penularan penyakit : a) b) Penularan langsung Bustan. Penularan tidak langsung. . Pada kasus ini ditekankan pada satu sumber penularan penyakit yaitu air. menjadi tiga yaitu yaitu water bourne.Mekanis me Penyakit Rimika Cipta. karena SKM dan Dr. Hal ini merupakan penularan tidak langsung di tipe water bourne.EGC higienitas 13. Eko yang Budiarto. Syarat bakteriologis PrinsipPrinsip Air yang sehat adalah air yang tidak Dasar.b) c) 12. Kesehatan Air bening. b) Kebiasaan manusia Pengantar Epidemiologi Masyarakat yang tidak memperdulikan . Cacing Virus Umur umumnya anak diare kecil Dr. dibagi Menularr. mendapat immunodefisiensi yang dialami oleh Dewi anak kecil itu dan anak itu rentan Anggraeni terhadap dehidrasi. MN. 2. Syarat fisik.

Dalam beberapa tingkatan sesuai Budiarto. Pencegahan primer atau adalah mencegah upaya orang yang untuk sehat mempertahankan upaya agar tetap sehat menjadi sakit.sehat maksimum memiliki empat bakteri 2003 E coli dalam 100 cc. 2. Dewi Anggraeni Pengantar PBL dapat Epidemiologi dengan perjalanan penyakit yaitu : Pencegahan primer pencegahan sekunder pencegahan tersier kasus pertama disimpulkan pencegahan yang dapat .EGC dilakukan adalah pencegahan primer dan pencegahan sekunder. 3. Syarat kimiawi Kadar zat-zat tertentu dalam air harus benar-benar terkandung dalam air dalam jumlah yang telah ditentukan tidak boleh lebih maupun kurang kadar dari zat tersebut. Eko menjadi 1. Pencegahan umum dimaksudkan untuk pencegahan pada masyarakat umum. SKM dan Dr. 15. Secara garis besar. upaya pencegahan ini dapat berupa upaya pencegahan umum dan pencegahan khusus. Untuk mengetahui pencegahan yang dapat dilakukan pada kasus Dalam epidemiologi pencgahan dibagi Dr. misalnya Pencegahan pendidikan khusus kesehatan pada masyarakat dan kebersihan lingkungan. ditujukan orang –orang yang mempunyai resiko . 3.

Masa tunasnya berkisar antara beberapa jam sampai beberapa hari Ilmu Penyakit Dalam FK UI Pesan dan Kesan Tutor : Tanda Tangan Tutor : . Definisi kolera Penyakit Cholera disebabkan oleh Vibrio cholerae. menghindarkan komplikasi.dengan melakukan imunisasi. dan mengurangi ketidak mampuan. 16. Pencegahan pencegahan ini sekunder merupakan tingkat upaya manusia untuk mencegah orang yang sudah sakit agar sembuh. dikatakan berasal dari India tetapi pernah ada di seluruh dunia. Cholera adalah penyakit usus halus yang mengakibatkan banyak kematian. misalnya imunisasi terhadap : sanitasi lingkungan. menghanbat progresifitas penyakit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful