By: Sarah Widia Rahmarini

sarah_wr@staff.gunadarma.ac.id 085697773301

Apakah yang terlintas dibenak anda ketika mendengar kata “Pemasaran” ? .

.

nilai dan kepuasan. produk. pasar.  . pertukaran. Pemasaran didefinisikan sebagai berikut: Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. transaksi. Definisi pemasaran ini didasarkan pada konsep-konsep inti berikut: Kebutuhan. pemasaran dan pemasar. utilitas. dan hubungan. keinginan dan permintaan.

 Kebutuhan manusia adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.   . Keinginan berubah menjadi permintaan bilamana didukung dengan daya beli. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam tadi .

organisasi.  Konsep produk tidak terbatas pada benda-benda fisik saja. apa saja yang berkemampuan untuk memenuhi kebutuhan – dapat dinamakan produk. Secara luas produk didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan . Segala sesuatu. Di samping barang dan jasa. Istilah produk nampaknya kurang lazim pada saat-saat tertentu dan karena itu kita dapat menggantinya dengan istilah pemuas ( satisfier ). sumberdaya ( resource ) atau tawaran ( offer ).  . kegiatan dan gagasan/ide. termasuk produk adalah  manusia. tempat.

Bagaimana konsumen memilih di antara produk-produk yang mungkin memuaskan suatu kebutuhan tertentu?  Konsumen memilih produk yang atribut-atribut gabungannya memberikan kepuasan yang sebesar-besarnya sesuai dengan keinginan dan sumberdaya mereka. . Utilitas adalah taksiran konsumen mengenai kapasitas keseluruhan  suatu produk untuk memuaskan kebutuhannya. Konsep pedomannya adalah utilitas (nilai kegunaan).

Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh suatu objek yang diinginkan seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.  . Pemasaran timbul bilamana orang memutuskan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya melalui pertukaran (exchange).

Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan atau keinginan tertentu yang mungkin bersedia dan mampu melibatkan diri dalam suatu pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.  . Konsep pertukaran membawa kita kepada konsep pasar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.