Madu adalah bunga cairan asam dan pahit , dengan tradisi konsumsi panjang yang beberapa keperluan medis

yang dikaitkan. Komposisi kimia dan aktivitas antimikroba dikaitkan dengan bahan kimia tertentu juga telah dipelajari secara ekstensif . Manfaat madu telah teruji untuk mengobati dan memperbaiki kondisi mata salah satu contohnya diambil dari Lebah madu stingless ( SBH ). Pada tahun 1981 Dr. Emara M.H, Kepala jurusan Kedokteran Mata di AlMansura University, telah berhasil membuktikan keampuhan madu untuk mengobati peradangan pada kornea mata, kebutaan pada kornea mata yg disebabkan oleh virus herpes, serta peradangan dan dehidrasi pada konjungtiva (selaput pada kelopak mata). Sementara penelitian di Abrafo Central Region Ghana yang membandingkan antibiotik dan anti bakterial dengan obat tetes mata madu dari berbagai kelompok lebah yang bersengat (Meliponula bucandei) bahwa telah

diidentifikasi SBH sebagai obat lebih efektif daripada beberapa senyawa antimikroba . Dalam satu studi , sampel SBH dikumpulkan dari empat koloni dan diuji terhadap lima strain murni bakteri , Pseudomonas aeruginosa , Salmonella typhi , Escherichia coli , Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis . Madu dipamerkan efek penghambatan tertinggi pada semua strain gram positif dibandingkan dikenal agen antibiotic. Ada sangat sedikit laporan tentang penggunaan SBH di optalmologi . Dalam laporan tersebut , konjungtivitis , katarak dan pterigium adalah manfaat lain yang disarankan untuk aplikasi topikal SBH di mata [ 15-16 ] . Di Ghana , itu adalah praktek umum untuk melihat tradisionalis menanamkan

Aktivitas antimikroba yang tinggi ditemukan dukungan dalam penelitian ini terhadap dua bakteri Gram-positif diuji dan satu bakteri Gram .19 mm untuk Staphylococcus epidermis . Namun. Namun. faktor fitokimia . dan tujuh turunan tetrasiklin. Hal ini terbukti dalam zona rata-rata penghambatan pertumbuhan bakteri dengan SBH murni .setinggi 15. yang bertanggung jawab untuk spektrum yang luas dari infeksi mata .negatif. Pseudomonas aeruginosa . termasuk efeknya osmotik . keasaman . tidak ada pekerjaan yang telah dilakukan untuk membandingkan efektivitas SBH untuk persiapan oftalmik standar pada patogen mata umum . dan khususnya pada Pseudomonas aeruginosa . Hasilnya cenderung setuju dengan penelitian serupa . Variasi ini konsisten dengan . ada pola sensitivitas diferensial ke SBH antara bakteri Gram positif dan Gram . hidrogen peroksida . kadang-kadang dikaitkan dengan berbagai tingkat keparahan eksudat okular . Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek antimikroba SBH pada organisme terisolasi dari mata yang terinfeksi dibandingkan dengan senyawa antibiotik didirikan digunakan dalam pengobatan infeksi mata . Penelitian ini mengamati bahwa konsentrasi SBH dari ≥ 60 % lebih efektif daripada antibiotik standar .46mm untuk Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa untuk 11.50mm .negatif sebagai konsentrasi yang lebih rendah ( 20 % dan 40 % ) tidak menghambat pertumbuhan gram negatif mengisolasi .beberapa tetes madu di mata pasien dengan kemerahan konjungtiva . 11. Aktivitas antimikroba madu lebah telah dikaitkan dengan beberapa madu .

Penggunaanya adalah dgn cara diteteskan 1-2 tetes madu. Terapi ini biasanya akan menyebabkan mata menjadi perih untuk beberapa saat dgn disertai keluarnya air mata. Hasil Penelitian terapi madu sebagai obat tetes mata Sebagian besar pasien mata yg ditangani dalam penelitian menggunakan madu menunjukan hasil yg menggembirakan. penerapan terapi madu dalam infeksi mata secara efektif dapat melengkapi antibiotik standar dengan efek penyembuhan menguntungkan. Setelah ditetesin madu mata kondisi mata umumnya akan membaik 85% dan penglihatan menjadi lebih terang. Berikut ini table hasil penelitian penyembuhan penyakit mata dgn madu sebagai obat mata .laporan dan telah dikaitkan dengan membran fosfolipid luar dengan komponen lipopolysaccaride struktural. yang membuat dinding sel gram negatif ditembus terhadap agen antimikroba sedangkan bakteri Gram positif lebih rentan hanya memiliki sebuah peptidogycan luar. yang bukan merupakan penghalang permeabilitas efektif . Metode pengobatan mata dgn madu Madu yg digunakan adalah madu pilihan yg telah disterilkan salah satu contohnya diambil dari Lebah madu stingless ( SBH ). Dengan standarisasi yang sesuai konsentrasi hambat minimum .

Kondisi Penyakit Radang kornea Radang kornea disebabkan virus Jumlah Pasien 30 Sembuh Belum membaik 26 (86%) 4 (13%) 18 15 (83%) 3 (16%) Radang mata 14 kronis Dehidrasi pada konjungtiva Peradangan kronis pada 15 9 12 (85%) 2 (15%) 8 (88%) 1 (12%) 12 (80%) 3 (20%) permukaan kelopak mata .

Memiliki sifat antioksidan sehingga mampu membersihkan mata dari partikel2 debu dan hasil oksidasi mata. mata minus. Baik untuk sel syaraf mata karena kaya vitamin “A” sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan Katarak.Kegunaan: 1. Daya antibakterinya dapat membunuh kuman-kuman dalam mata. 3. 4. Sifat hidroskopis madu menyebabkan mata tidak cepat kering baik untuk mata yg cepat lelah dan berair. mata plus. 2. silinder dan sakit mata (belekan). (sakit mata) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful