You are on page 1of 18

RBT 3109

[HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN]

IKAN MAS

Ikan mas sangat popular, karena kecil, murah, penuh warna, dan sangat kuat.Terdapat berbagai jenis ikan. Ikan mas biasa, London dan Bristol shubunkins, jikin, wakin, ikan mas komet dan kadang-kadang ikan mas ekor panjang boleh diletakan didalam satu akuarium,veiltail, lionhead dan oranda juga boleh dipelihara didalam akuarium yang sama. Ikan emas (Carassius auratus) adalah sebahagian daripada keluarga kap dan ia menjadi pilihan di kalangan pemilik akuarium untuk memeliharanya kerana warna keemasan yang sering menambat hati terutama mereka yang baru berjinak dengan hobi ini.

Ikan Mas (bahasa Inggeris: Goldfish ), Carassius auratus, merupakan salah satu ikan terawal yang dibela jinak, dan masih merupakan ikan akuarium yang dipelihara. Selain daripada merupakan ahli yang agak kecil kepada keluarga ikan kap (yang merangkumi ikan kap koi serta kap krusia), Ikan Mas ialah versi bela jinak kepada ikan kap kelabu tua/perang yang berasal dari Asia Timur (dibela jinak buat pertama kali di China)[1] dan yang dibawa masuk ke Eropah pada akhir abad ke-17. Nama saintifiknya Carassius auratus. Mutasi yang melahirkan Ikan Mas juga diketahui daripada spesiesspesies siprinid yang lain, seperti kap biasa dan tench. Ikan Mas boleh membesar sehingga 23 inci (59 sentimeter) panjangnya dan 9.9 paun (4.5 kilogram) beratnya, walaupun saiz ini jarang dicapai; sebenarnya, tidak banyak Ikan Mas yang dapat mencapai sehingga separuh saiz ini. Dalam keadaankeadaan optimum, Ikan Mas boleh hidup selama 20 tahun lebih (rekod dunia ialah 49 tahun), tetapi kebanyakan Ikan Mas yang dipelihara di rumah umumnya hanya hidup selama enam hingga lapan tahun, akibat selalu dipelihara di dalam mangkuk

PPG AMBILAN JUN 2011, SEMESTER 5-JUN 2013, RBT 2

Kewujudan warna-warna yang lain dicatat buat pertama kali pada tahun 1276. Manusia mula menternakkan ikan kelainan emas dan menonjolkan ikan-ikan itu di dalam bekas yang kecil.] Dengan berlalunya masa. orang-orang daripada luar keluarga diraja dilarang memelihara kelainan Ikan Mas yang berwarna emas (kuning) kerana warna kuning merupakan warna diraja. Pada tahun 1611. lebih banyak mutasi berlaku. Pada tahun 1162. Maharani Dinasti Song mengarahkan pembinaan sebuah kolam untuk mengumpulkan kelainan ikan kap yang berwarna merah dan emas. Ikan Mas dibawa masuk ke Amerika Utara buat pertama kali pada tahun 1874 dan dengan cepatnya menjadi popular di Amerika Syarikat. Menjelang saat itu. berbanding dengan ikan mas yang berwarna kuning. tetapi dipelihara di dalam kumpulan air tawar yang lebih besar seperti kolam. Pada tahun 1502. Ikan Mas dibawa masuk ke Jepun dan kelainan-kelainan Ryukin dan Tosakin diperkembangkan. dengan kewujudan kelainan ekor yang aneh dicatat semasa Dinasti Ming. SEMESTER 5-JUN 2013. penternakan ikan kap di dalam kolam-kolam adalah amat popular. ke tempat-tempat yang lain di Eropah. salah satu daripada ikan-ikan kap itu menonjolkan warna "emas" (sebenarnya jingga kekuning-kuningan) dan bukannya warna memutih. Ikan Mas dibawa masuk ke Portugal dan dari sana. Disebabkan oleh mutasi genetik dominan. dan melahirkan kelainankelainan yang berwarna baru serta yang lebih aneh.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] SEJARAH Semasa Dinasti Tang. Hanya untuk upacara-upacara khas ketika tetamu-tetamu dijangka akan datang bahawa ikan-ikan mas akan dipindahkan ke dalam bekas yang kecil. PPG AMBILAN JUN 2011. Ikan-ikan itu tidak dikekalkan di dalam bekas tersebut. walaupun jenis yang berwarna kuning adalah lebih mudah untuk diternakkan. RBT 2 . Ini mungkin merupakan sebab mengapa adanya lebih banyak ikan mas yang berwarna jingga.

IKan ini juga tidak punya sirip di punggungnya.IKan ini ga punya sirip atas.ikan mas ini bisa tumbuh 6 -8 inchi.dan punya banyak warna seperti PPG AMBILAN JUN 2011. Ranchu adalah hasil dari percobaan perkimpoian silang yang berbeda dari Lionhead Cina.Bubble Eye/Suihogan Goldfish: Spesies ikan mas koki unik yang berasal dari Cina ini punya mata yang menunjuk ke atas dan 2 kantung besar berisi cairan.Ranchu Goldfish: Ikan mas koki dengan tampilan yang tidak biasa ini disebut sebagai "raja ikan mas" oleh orang Jepang.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] JENIS-JENIS IKAN MAS KOKI 1. SEMESTER 5-JUN 2013. RBT 2 . 2.

blue. red-and-white. walaupun dalam jumlah kecil.Jikin diyakini dari Jepang. Di AlFath Shop Prafi Sp4. red. black-and-white.Telescope Eye/Demekin Goldfish: PPG AMBILAN JUN 2011. black-and-red. Ciri yang paling menonjol adalah ekor yang memiliki bentuk X. ikan ini masih tersedia.dapat tumbuh sampai 9 inci.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] orange. SEMESTER 5-JUN 2013. white.ekor kupu kupunya memiliki panjang khas. Nama lainnya adalah ekor Merak dan Rokuri.. Tubuh yang putih dengan bibir.sirip dan insang merah.Ikan dengan badan kuning pucat dan kepala merah sangat jarang dan langka. RBT 2 . berbentuk cerutu atau torpedo. black. 3.Butterfly tail/Jikin Goldfish: Indah dan menggemaskan tetapi langka. 4.

dicirikan oleh tudung seperti raspberry dikepalanya. coklat.Walau matanya besar.dan punya badan besar dengan 4 ekor panjang.belacu.Celestial Eye/Choten gan Goldfish: PPG AMBILAN JUN 2011.Variasi ini berwarna merah.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] Spesies ini punya mata yang esar dan unik. hitam-putih. 5. merahputih. lavender. Ikan mas koki ini sangat terkenal di seluruh dunia. ikan mas koki unik dari Cina dan Jepang. Mereka mungkin juga kadang punya sisik metalik. RBT 2 . cokelat-dan-biru dan warna hitam.Oranda Goldfish: Oranda. biru. 6. SEMESTER 5-JUN 2013.penglihatannya buruk dan lebih baik tidak dicampur 1 akuarium dengan jenis lain yang lincah dan ditempatkan di akurium tanpa benda lanci.

RBT 2 .Mata ikan mas ini seperti mata ikan mas teleskop. Memiliki tubuh yang besar.Ryukin Golfish: PPG AMBILAN JUN 2011.dan tak punya sirip atas 7.Lionchu/Lionhead Goldfish: Ikan mas koki Unik ini adalah ikan mas yang tidak memiliki sirip atas dari Thailand dan hasil dari perkimpoian silang antara lionheads dan ranchus. lebar dan melengkung ke belakang dan kepala yang besar. SEMESTER 5-JUN 2013.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] Salah satu ikan mas koki aneh yang berasal dari Cina dan Korea. 8.tapi mengarah keatas Tubuh ikan ini berbentuk seperti torpedo.

Coraknya terdiri dari bercak-bercak merah.Fantail atau Veiltail 9. PPG AMBILAN JUN 2011. RBT 2 .Calico/Nacreous Goldfish: Ikan mas koki bernama Calico atau Nacreous ini punya percampuran sisik warna metalik dan transparan yang menimbulkan kesan mutiara.moncongnya juga lancip dan punggungnya bungkuk.Fringetail. abu-abu dan hitam bersama bercak gelap dan biru. putih. SEMESTER 5-JUN 2013. merah-putih. Calico bisa tumbuh sampai 12 inchi. Nama julukan lainnya adalah Ribbontail Jepang.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] IKan mas koki berwarna cerah dan menarik dari Jepang ini punya sirip yang besarnya 2 kali panjang tubuhnya.di akuarium yang bagus perawatannya ikan ini dapat mencapai hingga 8 inci atau 21 cm. Ryukin punya warna seperti merah marun. metalik dan warna belacu. kuning.

kadang malah ada daging yang tumbuh sampai melewati bawah rahangnya.PomPom/Hanafusa Goldfish: Hanafusa punya daging yang tumbuh seperti pom pom di sekitar hidungnya. SEMESTER 5-JUN 2013. 11.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] 10. berasal dari Jepang dan dipanggil Chinsurin PPG AMBILAN JUN 2011.badannya seperti lionhead. RBT 2 .Chinsurin/Pearlscale Goldfish: Ikan mas yang satu ini punysa sisik berbintik bintik dan berwarna mutiara.tapi yang tumbuh adalah hidungnya.

PPG AMBILAN JUN 2011. kuro demekin di Jepang dan naga-mata di Cina. ikan mas Prusia. teleskop. ikan mas putih. Hal ini juga disebut sebagai Popeye. Ikan mas biasa datang dalam berbagai warna termasuk merah. hitam dan kuning atau 'lemon'.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] 12. Black Moor: The Black moor adalah berbagai teleskop bermata ikan mas yang mewah yang memiliki karakteristik menonjol sepasang mata. SEMESTER 5-JUN 2013. oranye / emas. 13. RBT 2 . Common goldfish Ikan mas biasa hanya berbeda dalam warna dari nenek moyang mereka.

kecuali sedikit lebih kecil dan lebih ramping. sirip ekor panjang empat kali lipat. RBT 2 . dan tidak ada bonggol bahu. Hal ini mirip dengan ikan mas biasa. PPG AMBILAN JUN 2011. 15. sangat cagak. sirip punggung tinggi. SEMESTER 5-JUN 2013.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] 14. dan terutama dibedakan oleh panjang ekornya. Fantail (goldfish): Ikan mas Fantail adalah bentuk barat Ryukin dan memiliki tubuh berbentuk telur. Comet (goldfish): Ikan mas komet atau komet-tailed adalah berbagai mewah yang paling umum di Amerika Serikat.

Panda Moor: egalan panda mewah memiliki pola warna hitam-putih karakteristik dan mata menonjol. SEMESTER 5-JUN 2013. 17. Shubunkin: Fancy dan Shubunkins Jepang hardy ("brokat merah") memiliki ekor tunggal dengan skala nacreous.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] 16. RBT 2 . PPG AMBILAN JUN 2011. dan pola yang dikenal sebagai belacu.

Veiltail: The veiltail fancy dikenal yang ekstra panjang. Veiltail standar modern memerlukan lekukan sedikit atau tanpa tepi trailing dari sirip ekor. yg dapat menyerap zat yg bisa meracuni ikan tersebut. CARA MEMELIHARA IKAN MAS (AKUARIUM HIAS) Terdapat bermacam-macam cara pemeliharaan ikan mas.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] 18. atau mengganti airnya. Ikan maskoki mempunyai ciri-ciri yg khas iaitu amat rawan pada kandungan ammonia terlarut di dalam air. Bagi menangani masalah kerana kadar amonia terlarut tersebut. PPG AMBILAN JUN 2011. SEMESTER 5-JUN 2013. perihal inilah yg kerapkali mewujudkan persepsi di kelompok umur pengemar ikan hias bahawa memelihara ikan mas tersebut rumit dan mungkin akan mengakibatkan ikan tersebut mati. RBT 2 . mengalir ekor ganda. seperti dalam pernikahan jilbab untuk pengantin. ada 2 hal yang perlu di lakukan :  Menetralisirnya. meskipun dengan prinsipnya. layaknya pemeliharaan ikan hias yang lain. menetralisir kandungan ammonia bisa menggunakan biofiltrasi  Menumbuhkan lumut air. cuma ada cara iaitu memelihara kualiti air.

Biofiltrasi Teknik biofiltrasi yg baik datang dari penggemar ikan koi. PPG AMBILAN JUN 2011. Fungsi dari media ini dapat melakukan penyaringan kotoran ikan dan menahannya.Yaitu pemakaian media filtrasinya. Untuk hobiis yg malas menguras air akuarium. hal ini dapat merangsang perkembangan dari bakteri nitrobacter didalamnya. serta sudah dibuktikan oleh mereka iaitu Sebagai berikut:- 1. kunci dari tehnik ini. karena zat tersebut ada di dalam air yang masih baru.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] Sebagian tehnik ini telah biasa dipakai oleh para pehobis. Tehnik ini dapat disertai dengan penggantian air dengan teratur. metode ini pastinya amat pas. sehingga bisa mengakibatkan ikan warnanya jadi kurang cerah. tetapi demikianlah kelemahan yg ada yaitu bahwa dengan air tidak dulu diganti. RBT 2 . yg sekarang ini banyak didapati di toko ikan hias. di antara media terbaik yaitu menggunakan matt sintetis buatan jepang. Aerasi yang digunakan mesti cukup banyak serta waktu biofilter tersebut sudah berjalan. SEMESTER 5-JUN 2013. dikarenakan tidak membutuhkan pengurasan air sekalipun. maka environment akuarium/ kolam ikan tersebut telah jadi stabil. mengakibatkan zat/mineral yg dibutuhkan ikan menjadi kurang.

sehingga banyak pehobiis terjebak dalam kondisi air yang jernih. dapat dengan penggantian 2 % tiap-tiap hari serta diimbangi dengan pencucian media filter. 3. Metode jenis ini tidak menyaring kotoran terlarut di dalam air. hingga air senantiasa tampak jernih. disimpan ember air lama untuk kedepannya dicampurkan dengan air baru. bukan hanya lumut yang ada dinding kolam. namun kandungan amonia tinggi. lewat cara pada waktu air akan diganti. RBT 2 . maka air tersebut dapat langsung diganti keseluruhan dengan air baru. Jenis filtering mechanical filtering ini harus diimbangi dengan penggantian air yang teratur. Cara ini boleh tepat dikembangkan dengan berupaya untuk dengan konsisten melindungi pada tingkat kehijauannya. Cara ini akan menyebabkan warna ikan akan menjadi lebih cerah. SEMESTER 5-JUN 2013.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] 2. PPG AMBILAN JUN 2011. iaitu ikan dibiarkan di dalam kolam sampai airnya menjadi berwarna hijau ( hal ini kerana perkembangan lumut ). Yang perlu perhatikan bahawa lumut dapat tumbuh iaitu lumut air. Ia baik untuk kesihatan ikan tetapi tidak menjadi pilihan pengemar-pengemar ikan kerana air yang hijau akan menyebabkan ikan mas tidak kelihatan dan mereka tidak dapat menikmati keindahan ikan mas tersebut. Umumnya apabila sesudah air menjadi hijau. Mekanikal filtering Mekanikal filtering yaitu menyaring kotoran padat yg ada di kolam/ akuarium. ini yaitu cara yg sering digunakan. kerana ikan akan mengomsumsi lumut yang ada di dalam air tersebut. Air hijau/ greenwater method Teknik ini iaitu teknik yang biasanya digunakan di ladang ikan mas dimanapun. yang bisa mengakibatkan ikan sakit/ mati.

dasar kolam sedikit berlumpur. Berikut ini akan disajikan tentang bagai mana sistem pembenihan ikan mas & hal-hal yang perlu diperhatikan dlm melakukan pembenihan ikan mas. dan dilakukan penggantian air dengan teratur. maka tehnik yang dapat digunakan iaitu membuang kotoran ikan tersebut dengan cara di siphon. kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari. iaitu: Cara sunda:  Luas kolam pemijahan 25-30 meter persegi.  disediakan indukbagi menepelkan telur. penggantian air 80% sebanyak 2 kali 1 hari. Teknik ini dapat dilaksananakan dengan baik sekali serta perkembangan ikan didalamnya relatif bertambah baik dari cara-cara yang digunakan oleh pemelihara yang lain. yaitu 1. induk dimasukan pada petang hari. Ubah air (mengganti air) Kandungan amonia di air dikarenakan oleh kotoran ikan. Dikenal beberapa cara melakukan pembenihan secara tradisional.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] 4. RBT 2 . SEMESTER 5-JUN 2013. Saat ini dikenal dua macam sistem pembenihan pada ikan mas. CARA PEMBENIHAN IKAN MAS Cara Pembenihan Ikan Mas. induk dipindahkan ke kolam penetasan. setelah proses pembenihan selesai. iaitu dilakukan siphon. Pemelihara yang menggunakan teknik ini. Sistempembenihan tradisional. PPG AMBILAN JUN 2011.

dasar kolam sedikit berlumpur.  disediakan induk untuk menepelkan telur. RBT 2 . dasar kolam sedikit berlumpur. batas pematang antara terbuat dari batu. kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari.  disediakan rumput kering utk menepelkan telur. kolam pemijahan merupakan kolam penetasan. ijuk ditebar di permukaan air. stlh benih berumur 5 hari lalu pindahkan ke kolam pendederan. induk dijepit bambu & diletakkan dipojok kolam & dibatasi pematang antara dari tanah. dasar kolam sedikit berlumpur. Cara sumatera:  luas kolam pemijahan 5 meter persegi. PPG AMBILAN JUN 2011. stlh 3 minggu maka benih dapat dipanen.   setelah proses pembenihan selesai induk dipindahkan ke kolam lain. kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari. induk dimasukkan padapetang hari. kolam pembenihan merupakan kolam penetasan. stlh benih ikan kuat maka akan berpindah tempat melalui sela bebatuan. Cara rancapaku:  luas kolam pemijahan 25-30 meter persegi.   stlh proses pemijahan selesai induk tetap di kolam pemijahan..RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] Cara cimindi:  luas kolam pembenihan 25-30 meter persegi. kolam pemijahan merupakan kolam penetasan. induk dimasukan pada sore hari. kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari. tujuh hari setelah pembenihan induk ini dibuka kemudian sekitar 2-3 minggu setelahitu dapat dipanen benih-benih ikan.    disediakan injuk utk menepelkan telur. SEMESTER 5-JUN 2013. induk dimasukan pada sore hari. stlh proses pemijahan selesai induk dipindahkan ke kolam lain. rumput disebar merata di seluruh permukaan air kolam & dibatasi pematang antara dari tanah.

kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari. stlh benih berumur 5 hari lalu pindahkan ke kolam pendederan. kolam pemijahan merupakan kolam penetasan. induk dimasukan pada sore hari. PPG AMBILAN JUN 2011. tidak bercadas.    Hal yg perlu diperhatikan dlm melakukan pemijahan ikan mas: Dasar kolam tidak berlumpur.RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] Cara dubish:  luas kolam pemijahan 25-50 meter persegi. SEMESTER 5-JUN 2013.  Pemberian makanan dengan kandungan protein 25%. Utk pellet diberikan secara teratur 2 kali sehari (pagi & sore hari) dengan takaran 2-4% dari jumlah berat induk ikan. kadar oksigen dlm air cukup. Jumlah induk yg disebar tergantung dari luas kolam. Air tidak terlalu keruh. Sistim ini memerlukan biaya yg tinggi.   stlh proses pemijahan selesai induk dipindahkan ke kolam lain. Pada sisitim ini induk baik jantan maupun betina yg matang bertelur dirangsang utk memijah stlh penyuntikan ekstrak kelenjar hyphofise ke dlm tubuh ikan.  sebagai media penempel telur digunakan tanaman hidup seperti Cynodon dactylon setinggi 40 cm. dibuat parit keliling dengan lebar 60 cm dlm 35 cm. sebagai patokan seekor induk berat 1 kg memerlukan kolam seluas 5 meter persegi. dlm tempo 6 jam induk akan terangsang melakukan pemijahan. debit air cukup. & suhu berkisar 25 derajat C.  Sistim kawin suntik. RBT 2 .   Diperlukan bahan penempel telur seperti ijuk atau tanaman air. Cara hofer:  sama seperti cara dubish hanya tidak ada parit & tanaman Cynodon dactylon dipasang di depan pintu pemasukan air. Kelenjar hyphofise diperoleh dari kepala ikan donor (berada dilekukan tulang tengkorak di bawah otak besar). sarana yg lengkap & perawatan yg intensif. Stlh suntikan dilakukan dua kali.

RBT 3109 [HAIWAN KESAYANG DAN IKAN HIASAN] BIBLIOGRAFI http://ms.com http://menjadibijak.org/wiki/Ikan_Mas http://ficusbenyamina.com/2013/02/mengenal-klasifikasi-ikan-mas.mywebsearch.com/2010/05/klasifikasi-ikan.blogdetik.jhtml?st=dns&ptb=0C71470304B1-4B3D-BFA3A4A986470FBD&n=77fc1924&ind=2013010212&p2=^HJ^xdm073^YY^my&si=pconvert er&searchfor=budidaya-petani.wikipedia.html http://mancingikan. RBT 2 .blogspot. SEMESTER 5-JUN 2013.com/ PPG AMBILAN JUN 2011.com/mywebsearch/SNdns.com/search/label/Ikan http://search.blogspot.blogspot.blogspot.html http://mahasiswaberbagi.