You are on page 1of 11

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBERIAN NUTRISI DAN STIMULUS DIPERIODE EMAS (GOLDEN AGE 0-5 TAHUN) DI DESA

KUBU, KECAMATAN KUBU, KABUPATEN KUBU RAYA

Karena di usia ini. anak dengan sangat mudah untuk menerima semua informasi yang baik maupun informasi yang buruk. seperti emosi. dan tryptophan. Protein Protein merupakan zat gizi yang berfungsi sebagai zat pembangun. Zat gizi makro a. lemak. agar otak dapat berfungsi dengan baik diperlukan asam lemak . protein) dan zat gizi mikro (vitamin. Latar belakang Setiap orang tua perlu mengetahui tentang pertumbuhan dan perkembangan otak anak dimulai sejak dalam kandungan. suku polongpolongan. sangat diperlukan membentuk neurotransmitter penghantar impuls saraf dan mempengaruhi perilaku. Protein dapat ditemukan pada daging. Khusus untuk per-kembangan otak. Pada saat inilah otak berkembang sangat pesat dan ini merupakan siklus terpenting bagi setiap manusia. dan kentang. Dalam kaitannya dengan proses kerja otak. Dalam kesehariannya. mineral). Golden age adalah masa pertumbuhan anak yang sangat baik untuk menentukan kualitas hidupnya di masa mendatang. otak yang banyak mengandung lapisan membrane lemak. ikan. Hal ini juga perlu ditunjang dengan pemberian nutrisi yang baik untuk anak. tumbuhan berbiji. termasuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada masa emas diperlukan zat gizi makro (karbohidrat.A. anak sering kali susah untuk makan. terutama dalam bentuk asam amino seperti glisin. Biasanya anak hanya mau makan makanan yang dia sukai saja. kontrol diri dan konsentrasi. susu. glutamate. Karena nutrisi yang baik dapat memberikan kecukupan gizi yang sangat bermanfaat untuk anak. Lemak Secara kimia. protein. Nutrisi yang baik adalah nutrisi yang mampu mencukupi kebutuhan anak untuk tumbuh kembang. Disinilah peran ibu dalam menyajikan makanan yang kaya gizi untuk anak. Itu adalah salah satu tips untuk memberikan makanan jika anak anda tidak mau makan. Orang tua hendaknya bisa menyediakan stimulus yang tepat dan nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Kecukupan nutrisi dalam tumbuh kembang dapat di lihat dari fisik dan pola pikir si anak. hingga ia berusia 5 tahun. Buatlah tampilan makanan itu menarik untuk anak. telur. b.

dan kacang kedelai. Karbohidratjugaberperan untuk menangkap dan menyimpan datadalam memori otak. brokoli.  Omega 3 adalah salah satu asam lemak tidak jenuh (esensial) yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Pada saat janin. ikan tuna. alpukat.omega 3 dan omega 6. Omega 3 sangat penting bagi perkembangan sel-sel otak karena 40% asam lemak di otak terdiri atas asam lemak omega 3. bayam.  Omega 6 adalah jenis lemak tak jenuh yang banyak ditemukan pada telur. gandum. dan biskuit. labu. Energi sangat dibutuhkan otak sebagaisumber energi sel-sel otak danpembentukan kabelsaraf otak untuk proses berpikir. papaya. omega 3 dibutuhkan untuk membentuk sel-sel pembuluh darah dan jantung. . minyak ikan. minyak biji ramin. minyak jagung. Omega 3 banyak berasal dari ikan salmon. dan ikan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kecerdasan anak. seperti nasi. kepiting kacang-kacangan dan biji-bijian. dan minyak ikan. Karbohidrat Karbohidrat merupakan sumber zat tenagaatau energi. margarine. sereal. udang. Penelitian dari Bagian Gizi Masyarakat Universitas Indonesia juga memberikan kesimpulan bahwa asam lemak omega 3 dan omega 6 yang terapat di dalam ASI. Secara umum. Apabila dikonsumsi secukupnya. kacamg mete. kerang. organ penglihatan dan tulang serta menjaga sel-sel pembuluh darah dan jantung tetap sehat. minyak kedelai. gandum. Zat gizi mikro a. omega 6 dapat memberikan manfaat bagi kesehatan terutaman untuk menjaga jantung dan otak. Sumber karbohidrat mudahditemui di bahan makanan pokok. c. Vitamin Vitamin berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.roti. minyak nabati. Omega 3 bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak. minyak bunga matahari. ikan tenggiri. balita maupun ibunya.

Fungsi Vitamin B1 adalah menjaga keseimbangan air dalam tubuh. 3) Vitamin B3 terdapat pada makanan kedelai. Kekurangan Vitamin B3 juga bisa menyebabkan penyakit demensia (cepat lupa dan cepat lelah). pecah-pecah. Kekurangan vitamin B2 bisa menyebabkan penglihatan mata kabur karena katarak dan keratitis. 2) Vitamin B2 dapat ditemukan pada makanan susu. 4) Vitamin B5 dikenal juga pantothenic acid yang berperan dalam pembentukan antibodi. kemerahan. katul. gangguan metabolisme karbohidrat. gandum. jeruk. susu. dan peredaran cairan tubuh akan terhambat. anemia. dan membantu metabolisme karbohidrat. dan bayam. dan ragi. dan jantung. membantu penyerapan lemak pada usus.  Manfaat vitamin B secara keseluruhan sangat banyak dan vitamin B ini tersusun dari vitamin: 1) Vitamin B1 bisa didapatkan dari beras merah. ginjal. membantu juga dalam proses konversi karbohidrat dan protein menjadi tenaga. Vitamin A berfungsi dalam pembentukan dan pertumbuhan sel saraf yang banyak terdapat pada wortel. dan bayam. dan membantu perombakan karbohidrat. Bila kekurangan Vitamin B3. keju. susu. hatiayam. hati. Tanda-tanda pelagra antara lain kulit mengelupas. otak. telur. hati sapi. ragi. pendarahan di gusi dan usus. Vitamin B3 berfungsi dalam proses pertumbuhan dan pembelahan sel. perlukaan di sudut mulut. kol. subtistusi lemak. dan diare. jantung. hati. mencegah penyakit pelagra. dan pertumbuhan tubuh akan terganggu. gandum. seseorang bisa terserang penyakit pelagra dengan gejala dermatitis. wortel. Jika kekurangan konsumsi Vitamin B1 dapat menyebabkan beri-beri dan neuritis. tomat. beras. sayuran. kuning telur. kacang hijau. dan eksim. hati. selera makan menurun. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B5 diantaranya . Vitamin B2 berfungsi untuk merangsang kinerja saraf mata dan memperlancar oksidasi zat makanan.

serta daging hewan. hati. ginjal. daging. susu. susah buang air besar. 7) Vitamin B9 sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena fungsinya sebagai replikasi DNA dan pertumbuhan. buah pisang. serta anemia dan depresi. lobak. Pernisiosa adalah gejala anemia akut yang bisa menyebabkan kematian pada manusia penderita. kulit pecah-pecah serta bersisik. ikan. Fungsi vitamin B11 dan B12 adalah membantu pertumbuhan sel darah merah dan mencegah terjadinya pernisiosa. Sedangkan Vitamin B12 terdapat pada makanan hati. dan banyak lagi yang lain. . 8) B11 dan 12 Kandungan Vitamin B11 bisa kita temukan pada makanan hati. kerontokan rambut. 6) B7 Kebutuhan vitamin B7 baik untuk tubuh karena memiliki peran sebagai transfer karbon dioksida keluar tubuh melalui organ pernafasan serta metabolisme lemak dan karbohidrat. 5) Vitamin B6 terdapat pada makanan telur. dan kentang. pelagra. pembentukan sel-sel darah. Seperti antibodi menurun. sayur-sayuran hijau. Sumber makanan bervitamin B9 terdapat banyak sekali pada sayuran seperti sayur bayam. kacang polong. Kekurangan vitamin B7 berdampak pada gangguan kesehatan.otot mudah menjadi kram. kacang-kacangan. Daging dan kuning telur juga merupakan sumber asam folat yang cukup tinggi. biji-bijian. sulit tidur. dan merangsang kerja urat saraf. manusia bisa terkena gejala anemia. ikan. Vitamin B7 didapatkan di sumber makanan seperti telur. dan lain-lain. dan sayuran. dan dermatitis. Selain itu bermanfaat sebagai regenerasi sel darah dan sel imunitas tubuh. Sehingga bayi yang dikandungnya juga dapat tumbuh sehat saat lahir nanti. hati. Jika kekurangan Vitamin B6. Sumber yang mengandung vitamin B5 diantaranya adalah daging. dan susu. Vitamin B6 bermanfaat dalam proses pertumbuhan. kacang ijo.

Mineral lain. Stimulasi yang tepat pada tiap tingkatan umur: 1) Bayi 0-3 bulan Berikan stimulasi dengan mengusahakan rasa nyaman. menggulingkan bayi ke kanan dan kiri. berbicara. pemrosesan informasi dan kecerdasan (Budi Sutomo. seperti suara dari ibu. potasium dan kalsium berperan dalam proses neurotransmitter antara satu sel dengan sel saraf lain. Jenis-jenis mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan otak adalah sodium. dirangsang untuk tengkurap. 3) Umur 6 . Sebutsaja sodium. mengajak tersenyum. dapat diberikan stimulasi dengan cara latihan dan bermain. menatap mata bayi. serta dirangsang untuk meraih dan memegang mainan. memeluk. telentang bolak-balik. potasium. besi.6 bulan Tambah stimulasi dengan bermain “cilukba”. seng. membunyikan berbagai suara atau musik bergantian. b. 4 September 2009). 2) Umur 3 . Stimulasi pada periode emas Pada saat dalam kandungan. kalsium. dan duduk. Mineral Mineral adalah unsur pelengkap yang membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita. Tujuannya yaitu untuk merangsang otak janin maupun bayi baru lahir untuk melakukan gerakan motorik. ayah. termasuk sel otak. melihat wajah bayi dan pengasuh di cermin. tengkurap-telentang. yaitu zat besi (Fe) berfungsi untuk pembentukan myelin (selaput lemak pelindung akson).9 bulan . aman dan menyenangkan. menggendong. benda-benda berbunyi. yodium dan klorida. menggantung dan menggerakkan benda berwarna mencolok (lingkaran atau kotak-kotak hitam-putih). lagu-lagu klasik atapun ayat-ayat suci al-quran.Kekurangan vitamin B11 dan B12 bisa menyebabkan terjadinya kekurangan zat besi dalam darah (anemia). Zat besi juga berguna untuk kecepatan penghantar saraf. stimulasi bisa diberikan dalam bentuk sentuhan dan suara. Sedangkan pada saat bayi sampai balita.

sendok. mengenal huruf dan angka. latihan menggambar garis-garis. antara lain memegang pensil dengan baik. tinggi-rendah. dan melompat. minum dari gelas.Tambah stimulasi dengan memanggil namanya. sapu. 5) Umur 12 . dan berjalan dengan berpegangan.12 bulan Tambah stimulasi dengan mengulang-ulang menyebutkan mama-papa. lingkaran. memanjat tangga. bermain melempar bola. latihan berdiri di satu kaki. 8) Setelah umur 3 tahun Selain mengembangkan kemampuan-kemampuan umur sebelumnya. menendang bola. bermain kartu. menggunakan kata sifat (besar-kecil. berjalan mundur. memakai baju. masukan itu. dan menunjukkan bagian-bagian tubuh (mana mata? hidung? telinga? mulut?). kemandirian (ditinggalkan di sekolah). minta). main. membacakan dongeng. boneka. menyebutkan. menyusun kubus. dan berbagi dengan teman. menanyakan gambar atau menyebutkan nama binatang dan benda-benda sekitar rumah. menggelindingkan bola. tepuk tangan. bermain dengan boneka.24 bulan Tambah stimulasi dengan menanyakan. banyak-sedikit). 6) Umur 18 . ambil itu). pegang ini. Latihlah berjalan tanpa berpegangan. manusia. dan lap. memakai celana-baju. masak-masakan. piring.18 bulan Tambah stimulasi dengan latihan mencoret-coret menggunakan pensil warna. minum mandi. mengajak bicara tentang kegiatan seharihari (makan.3 tahun Tambah stimulasi dengan mengenal dan menyebutkan warna. 7) Umur 2 . gelas. menghitung benda-benda. dilatih berdiri. panas-dingin. . menyebutkan nama atau menunjukkan benda-benda. mengerti dan melakukan perintah-perintah sederhana (mana bola. menyebutkan nama-nama teman. mengerti perintah sederhana (buang air kecil/besar di toilet). menulis. balok-balok. teko. memasukkan mainan dalam wadah. melepas celana. kakak. dan buang air kecil/besar di toilet. stimulasi juga diarahkan untuk kesiapan bersekolah. merangsang duduk. dan dilatih berdiri berpengangan. mengajak bersalaman. berhitung sederhana. menyikat gigi. 4) Umur 9 . potongan gambar sederhana (puzzle) memasukkan dan mengeluarkan benda-benda kecil dari wadahnya. menggambar garis. mencuci tangan.

Tujuan 1. Taman Kanak-Kanak. Berdasarkan penjelasan penulis di atas. namun dapat pula di Kelompok Bermain. Di Kalimantan Barat. Pembaca dapat mengetahui jenis makanan yang dapat mencukupi asupan nutrisi pada anak di masa golden age. tanpa melihat pola pikir (kecerdasan) anak. Makanan apa saja yang mencukupi asupan nutrisi pada anak di masa golden age? 2. Bagaimana cara meningkatkan kepedulian orang tua dalam pemberian asupan nutrisi pada anak di masa golden age? 5. Hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan kemampuan anak selain asupan nutrisi pada usia golden age? 4. Oleh karena itu. Pembaca dapat mengetahui sikap atau cara yang tepat dalam mengatasi anak yang susah makan. Pembaca dapat mengetahui cara dalam meningkatkan kemampuan anak pada masa golden age.Perangsangan dapat dilakukan di rumah (oleh pengasuh dan keluarga). B. atau sejenisnya. peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik dan merawat anak. 2. Bagaimana sikap atau cara orang tua dalam mengatasi anak yang susah makan? 3. 3. khususnya di desa Kubu. Rumusan Masalah 1. maka penelitian tentang Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Pemberian Nutrisi dan Stimulus Dimasa Emas (Golden Age 0-5 tahun) untuk anak dengan pengoptimalan masa golden age pada anak perlu diteliti agar para orang tua dapat memberikan asupan nutrisi dan menyediakan atau memberikan stimulus yang cocok pada si anak. Karena biasanya mereka hanya melihat dari besar tubuh si anak. kepedulian tentang pemberian nutrisi dan melatih stimulus yang tepat untuk anak sangatlah kurang. Bagimana cara orang tua dalam memilih stimulus yang tepat untuk anak? C. .

Metode F. Lebih dari 50% nutrisi digunakan untuk pertumbuhan otak sampai bayi berumur 1 tahun. Dengan nutrisi yang baik dan tepat untuk otak. maka otak akan mampu untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak (neuron) sekaligus untuk memaksimalkan daya ingat dan kemampuan untuk berkonsentrasi. sel-sel otak (neuron) membelah dan membutuhkan berbagai nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan otak. Periode emas adalah tahap yang paling cepat dan paling kritis dalam perkembangan otak.4. mineral). Secara umum. 7 Februari 2009). Manfaat Manfaat dalam penelitian ini adalah pembaca dapat mengetahui bagaimana cara pengoptimalan masa golden age pada anak. E. Terjadi pada trimester ketiga kehamilan dan selesai diantara ulang tahun kedua dan ketiga seorang anak (Lydia. Peiode emas adalah masa-masa dimana kemampuan otak anak untuk menyerap informasi sangat tinggi (Admin. Pada masa ini. Periode emas adalah periode dimana sekitar 80% sel-sel otak berkembang. Nutrisi pada periode emas Otak janin mengalami pertumbuhan yang sangat cepat pada masa kehamilan trismester ke tiga. 8 mei 2009). nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuh kembang anak adalah zit gizi makro (  Folat . Saat perkembangannya. maka dari itu bayi atau balita memerlukan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yaitu zat gizi makro (karbohidrat. lemak. D. protein) dan zat gizi mikro (vitamin. Pembaca dapat mengetahui cara meningkatkan kepedulian dalam pemberian asupan nutrisi pada anak di masa golden age. otak sangat perlu dengan berbagai nutrisi dan stimulasi yang tepat. Landasan Teori Periode emas adalah periode terpenting dalam suatu siklus hidup manusia. agar anak tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan oleh ke dua orang tuanya.

Populasi dan Sampel H. Sistematika Penulisan .G. Waktu dan Tempat I.