You are on page 1of 7

Perkembangan Teori Atom (Fisika

)

Disusun oleh : Nama : Hanifah Khoirunnisa | Kelas : XII PPPDCI | No. Absen : 07 Tanggal : 13 Februari 2011

jika suatu materi dibagi dan dibagi lagi maka akhirnya diperoleh partikel terkecil yang sudah tak dapat dibagi lagi. Kemudian. adalah pencetus gagasan tentang atom pertama kali. Aristoteles lebih menyetujui teori Empedokles. John Dalton seorang guru berkebangsaan Ingris menggunakan konsep atom untuk menjelaskan mengapa unsur selalu bereaksi dengan perbandingan angka bulat sederhana (selanjutnya lebih dikenal dengan hokum perbandingan berganda) dan mengapa gas lebih mudah larut dalam air dibandingkan yang lain. Setiap materi terdiri atas partikel yang disebut atom. tetapi berbeda dengan atom unsur lain (mempunyai massa yang berbeda). menurut Democritus. Unsur adalah materi yang terdiri atas sejenis atom. teori atom Democritus ditolak oleh Aristoteles (384 – 322 SM). Artinya. Pendapat pertama. c. yang berpendapat bahwa materi bersifat kontinu (materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga). pembagian materi bersifat diskontinu. air. II.Atom merupakan partikel penyusun materi yang ada di alam semesta. Pendapat kedua. yaitu materi tersusun atas api. Partikel terkecil itu disebut atom. Kemudian dapat dipelajari bagaimana satu atom dengan yang lain berinteraksi. yang dalam bahasa Yunani berarti tak terbagi (a = tidak. Postulat dasar dari teori atom Dalton : a. Atom suatu unsur adalah identik. Melalui teori atom tersebut dapat diketahui model serta struktur atom. tomos = terbagi). I. Democritus. Dalton menyusun teori atomnya berdasarkan Hukum Kekekalan Massa (hukum Lavoisier : massa total zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama) dan Hukum Perbandingan Tetap (hukum Proust : perbandingan massa unsur-unsur yang menyusun suatu zat adalah tetap). sekitar tahun 1592 – 1655 Gasendi mengemukakan bahwa atom merupakan bagian terkecil suatu zat. Teori Atom Democritus (460 SM – 370 SM) Konsep atom yang merupakan penyusun materi yang tidak dapat dibagi lagi. . mengetahui sifat-sifat atom. seorang filsafat asal Yunani pada abad IV SM. oleh sebab itu atom sangatlah penting untuk dipelajari. dan sebagainya sehigga alam semesta dapat dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia. Teori Atom Dalton (1766-1844) Pada tahun 1803. dan udara. Pada masa itu ada dua pendapat mengenai pembagian materi. pertama kali diperkenalkan oleh ahli filsafat Yunani dan India. b. tanah. teori atom terus berkembang. Dari zaman Yunani kuno sampai sekarang ini.

Atom-atom dari suatu unsur dan antara unsur yang sama adalah identik (sama) dan memiliki sifat dan massa yang sama. e. Semua materi (senyawa) tersusun dari partikel-partikel yang sangat kecil dan tidak dapat dibagi lagi yang disebut atom. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil. dapat mempunyai massa yang berbeda yang disebut isotop. .d. sedangkan bila atom-atom yang bergabung berbeda akan terbentuk molekul senyawa. Bila atom-atom yang bergabung sama akan terbentuk molekul unsur. 2.1 Model Atom Dalton Teori atom Dalton. Dua atom atau lebih yang bergabung dapat membentuk suatu molekul. sedangkan atom-atom antara unsur yang tidak sama adalah berbeda dan memiliki sifat dan massa yang berbeda. Atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Molekul adalah bagian dari senyawa yang terkecil. Gbr. dan yang dapat diubah hanyalah penataan ulang (reorganisasi ) atom-atom yang terlibat dalam reaksi tersebut menjadi atom lain melalui reaksi kimia biasa Kelemahan dari postulat teori atom Dalton : a) Atom bukanlah sesuatu yang tak terbagi. 3. dan dipecah. b) Atom-atom dari unsur yang sama. dibelah. dan tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan atau dibagi. c) Atom dari suatu unsur dapat diubah menjadi atom unsur lain melalui reaksi nuklir. melainkan terdiri dari partikel subatom. Senyawa adalah materi yang terdiri atas 2 atau lebih jenis atom dengan perbandingan tertentu. 1. d) Beberapa unsur tidak terdiri dari atom-atom melainkan molekul-molekul. Setiap unsur tersusun dari atom-atom yang sama dan tidak dapat berubah menjadi atom unsur lain. antara lain sebagai berikut : 1.

suatu atom dapat berubah menjadi atom lain dengan reaksi nuklir. Thomson melakukan percobaan dengan menggunakan tabung katoda. Dia menemukan bahwa apabila tabung katoda di beri tegangan tinggi maka suatu “sinar” yang dia sebut sebagai “sinar katoda” akan dihasilkan. yaitu suatu partikel bermuatan negatif yang lebih ringan daripada atom. atomatom berpisah. maka Thompson menyatakan bahwa setiap atom pasti memiliki elektron. . kemudian bergabung lagi dengan susunan yang berbeda dengan semula. Pada reaksi kimia. Berdasarkan hal tersebut. satuan molekul juga disebut atom. 2) Tidak dapat menjelaskan cara atom-atom saling berikatan.J. 3) Model atom Dalton tidak dapat menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan unsur yang lain. Dapat melakukan reorganisasi (penataan ulang) atom-atom melalui reaksi kimia sehingga terjadi perubahan cara atom-atom berikatan. Teori Atom Thompson (1856-1940) Pada tahun 1897 seorang fisikawan Inggris. 5) Atom merupakan bola kecil yang keras dan padat bertentangan dengan eksperimen Faraday dan J. 7) Tidak menerangkan hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar arus listrik.4. Reaksi kimia merupakan pemisahan dan penggabungan (penyusunan) kembali dari atomatom. maka Thompson menyatakan bahwa sinar katoda tersebut tak lain adalah aliran partikel bermuatan negatif yang dikemudian hari disebut sebagai elektron. Thomson. dan disebabkan atom bersifat netral maka dalam atom juga harus megandung sejumlah muatan positif. III. Sehingga menurut Thompson. percobaan yang dilakukan Thompson tetap menghasilkan jenis sinar yang sama. J.J. Dia memperlihatkan bahwa elektron merupakan partikel subatomik. Disebabkan sinar ini muncul pada elektroda negatif dan sinar ini menolak kutub negatif dari medan listrik yang diaplikasikan ke tabung katoda. 8) Pada kenyataannya. Joseph John Thoposon menemukan elektron. Kelemahan teori atom Dalton. Walaupun katoda diganti dengan menggunakan berbagai macam logam. sehingga atom tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. 4) Atom tidak dapat dibagi lagi bertentangan dengan eksperimen. tetapi atomatom yang terlibat tersebut tidak berubah selama reaksi kimia berjalan. yaitu : 1) Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi ataupun atom. 6) Tidak membedakan pengertian atom dan molekul yakni. tetapi massa keseluruhan tetap.

Gbr.“Atom terdiri dari awan bermuatan positif yang terdistribusi sedemikian rupa dengan muatan negatif tersebar secara random di dalamnya”.J Thompson.J Thompson : 1) Tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.J Thompson : 1. Sehingga disusunlah suatu model atom Thompson yang disebut sebagai “plum pudding model”. Kelebihan teori atom J. Berarti di dalam atom terdapat susunan-susunan partikel bermuatan positif dan negatif. Model atom yang dikemukakan oleh Thompson sering disebut sebagai model roti kismis dengan roti sebagai atom yang bermuatan positif dan kismis sebagai elektron yang tersebar merata di seluruh bagian roti. Dapat menerangkan adanya partikel yang lebih kecil dari atom yang disebut subatomik. Atom seperti bola pejal yang bermuatan positif dan bermuatan negatif (elektron) yang tersebar merata di dalamnya. bagaikan kismis (muatan negatif) dalam roti kismis (muatan positif). 2) Tidak dapat menerangkan fenomena penghamburan sinar alfa pada lempengan tipis emas. yaitu muatan positif dan muatan negatif jumlahnya sama. IV. Kelemahan teori atom J. b. Atom bersifat netral. . Ternyata partikel itu ada yang diteruskan. dibelokkan atau dipantulkan. 1. dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif”. yaitu : a. 2. Dapat meneranakan sifat listrik materi ataupun atom. Teori Atom Rutherford (1871-1937) Eksperimen yang dilakukan Ernest Rutherford pada tahun 1911 adalah penembakan lempeng tipis dengan partikel alpha. dan di Indonesia lebih dikenal sebagai model roti kismis. Hipotesa dari Rutherford adalah : “Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif. Atom secara keseluruhan bersifat netral.2 Model Atom Thompson Teori atom yang dikemukakan oleh J.

b.3 Model Atom Rutherford Teori atom menurut E. ( ) e. Jumlah muatan inti sama dengan jumlah muatan elektron. d. Atom terdiri dari inti atom bermuatan positif dan hampir seluruh massa akan terpusat pada inti. inti atom tidak mengalami perubahan. tetapi juga bergantung pada medan magnetik dalam ruang tempat atom tersebut berada. sehingga atom bersifat netral. gaya tarik-menarik ini menimbulkan gaya sentripetel pada elektron yang menyebabkan elektron tetap pada orbitnya (lintasannya). yaitu sebagai berikut : a. VI. energi keadaan pada tiap bilangan kuantum n terbagi menjadi beberapa subkeadaan yang ditandai dengan bilangan kuantum magnetik . c. Elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti pada lintasan tertentu. Rutherford. Kelemahan teori atom Rutherford. antara lain sebagai berikut : a) V. energi keadaan suatu atom tidak hanya bergantung pada bilangan kuantum n. 1. Besarnya .Gbr. Inti atom dan elektron tarik-menarik. Teori Atom Bohr (1885-1962) Efek Zeeman Dalam medan magnetik. Pada reaksi kimia. hanya elektron-elektron pada lintasan luar yang saling mempengaruhi. Pada keadaan ini.

Terpecahnya garis spektrum oleh medan magnetik disebut efek Zeeman. dan yang tepat sama. Pauli Prinsip Pauli menyatakan bahwa : Tidak ada elektron dalam sebuah atom memiliki satu set bilangan kuantum n. VII. nama ini diambil dari nama seorang fisikawan Belanda Zeeman yang mengamati efek itu pada tahun 1896. Pengaruh medan magnetik itu menyebabkan “terpecahnya” garis spektrum individual menjadi garis-garis terpisah dengan jarak antara garis bergantung dari besar medan itu. . .energy pada subkeadaan tersebut bisa sedikit lebih besar atau sedikit lebih kecil dari pada keadaan atom tanpa pengaruh medan magnet. l.