You are on page 1of 5

Nama Kelompok : 1. Maulana Yusup 2. Rama Zulkarnaen 3. Ade Rusdiansyah 4.

Rama Hidayat

biosfer.Pengindraan jauh adalah teknik dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu sasaran/objek. Objek yang diambil berupa gejala dipermukaan bumi atau ruang angkasa terbatas pada objek yang tampak. wilayah atau fenomena dengan menganalisa data yang diperoleh dari alat.hodrosfer dan litosfer) yang tidak terlindung oleh objek lain. . tanpa menyentuh/kontak langsung dengan objek. yaitu objek permukaan bumi (atmosfer. wilayah atau fenomena yang dikaji.

      Sumber tenaga Atsmosfer Interaksi antara tenaga dan objek Sensor dan Wahana Perolehan data Penggunaan data .

adalah upaya mencirikan obyek yang telah dideteksi dengan menggunakan keterangan yang cukup. Misalnya dengan mengamati jumlah penumpangnya. ukuran. . 2.1. Deteksi. obyek yang tampak pada sungai tersebut disimpulkan sebagai perahu motor. sehingga dapat disimpulkan bahwa perahu tersebut perahu motor yang berisi dua belas orang. Misalnya berdasarkan bentuk. misalnya pada gambaran sungai terdapat obyek yang bukan air. Analisis. adalah pengamatan adanya suatu objek. identifikasi. 3. adalah pengumpulan keterangan lebih lanjut.dan letak letaknya.

Penggunaan data pengindraan jauh landsat dapat memberikan gambaran secara keruangan tentang bencana banjir dan longsor yang menimpa suatu daerah.1. informasi spasial diDaerah Aliran Sungai atau daerah sekitar yang mempengaruhinya perlu diketahui sesuai kondisi reil saat ini. Pengamatan luas daerah dan intensitas banjir Citra pengindraan jauh satelit. dapat dimanfaatkan sebagai data untuk memahami dan menganalisis luas area yang tergenang banjir secara spasial. 2. . Pengamatan DAS Dalam hal ini.