You are on page 1of 23

Contoh Prposal Tugas Akhir

1. Judul Tugas Akhir Sistem Informasi Pengolahan Data Pasien Rawat Inap study kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Arjowinangun Palimanan Cirebon.

2. Latar Belakang Masalah Dalam era informasi sekarang ini kebutuhan terhadap informasi secara cepat, tepat dan akurat sangat diperlukan sebagai bahan pengambilan keputusan. Komputer merupakan salah satu sarana untuk dapat membantu dalam sistem pengolahan data tersebut. Akibatnya sistem informasi dengan komputer akan mempunyai nilai lebih dari sistem informasi yang diolah secara manual. Dapat dikatakan bahwa sistem informasi berbasis komputer akan menunjukkan efisiensi produkstifitas yang tinggi. Salah satu penerapan teknologi komputer adalah dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat, yaitu pelayanan informasi kesehatan, pelayanan pasien, pelayanan medis dan pengobatan. “Rumah Sakit Umum Daerah Arjowinangun” di Palimanan Cirebon merupakan salah satu rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum. Rumah saklit tersebut selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada semua aspek. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian adalah pelayanan informasi pasien rawat inap. Berbagai informasi tentang pasien rawat inap diperlukan, terutama bagi keluarga pasien untuk memperoleh informasi tentang keberadaan pasien rawat inap diperlukan, terutama bagi keluarga pasien untuk memperoleh informasi tentang keberadaan Halaman : 1 of 23

Contoh Prposal Tugas Akhir

pasien, antara lain ruang rawat, tim medis / dokter yang menangani pasien, detail data pasien, laporan keuangan, laporan persediaan dan keperluan obat. Dalam hal ini kecepatan informasi merupakan hal yang sangat diperlukan. Dalam membantu menangani pegolahan data pasien rawat inap tersebut, diperlukan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer sebagai sarana untuk pengolahan data pasien rawat inap.

3. Perumusan Masalah Berbagai cara digunakan untuk memperoleh informasi data yang diinginkan tanpa mendapat dukungan dari alat atau sistem yang digunakan tidak akan tercapai, maka untuk mencapai suatu hasil akhir yang memuaskan harus merumuskan masalah terlebih dahulu. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Mengidentifikasi apakah sistem informasi dan pengolahan data pasien yang telah ada dapat melayani pasien dengan baik ? Apakah perlu usulan dalam peningkatan pelayanan terhadap konsumen terutama yang berhubungan dengan sistem informasi dan pengolahan data pasien ? Dengan perbaikan terhadap sistem informasi dan pengolahan data pasien, apakah pelayanan terhadap pasien dapat meningkat ?

Halaman : 2 of 23

Tujuan Penelitian Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1. pengolahan total biaya pasien selama inap. penampilan informasi dan laporan statistik berbentuk grafik yang dibutuhkan. pengecekan jumlah kamar atau ruang yang kosong. 3. Sistem pengolahan data pasien rawat inap ini dirancang untuk membantu pengolahan data hanya pada bagian admistrasi dan informasi yang berhubungan dengan pasien rawat inap sehingga akan efektifitas dan efisiensi kerja dalam pengolahan data informasi pasien rawat inap. Untuk menambah pengetahuan peneliti tentang penelitian di dalam sebuah perusahaan / instansi. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem informasi dan pengolahan data pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Arjowinangun Palimanan Cirebon. 2. Merancang dan mengimplementasikan suatu program pengolahan informasi dan data pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Arjowinangun Palimanan Cirebon. Batasan Masalah Perancangan sistem informasi dalam skripsi ini adalah meliputi: pemasukan data pasien baru. pencarian data pasien. penyimpanan data pasien.Contoh Prposal Tugas Akhir 4. Halaman : 3 of 23 . 5.

Mengoptimalkan sistem informasi dan pengolahan data pasien. Dapat meningkatkan pelayanan terhadap para pasien. Sebagai sarana tukar informasi dan media introspeksi guna meningkatkan dan menyempurnakan sarana dan prasarana yang telah ada. Manfaat Penelitian Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain : Menambah wawasan dan pengetahuan dari luar kampus yang sesuai dengan program studi.Contoh Prposal Tugas Akhir 6. Halaman : 4 of 23 . 7. Landasan Teori Didalam dunia usaha dan dunia kerja. Keberhasilan suatu sistem informasi sangat dipengaruhi oleh sistem basisdata yang merupakan salah satu elemen penyusun dalam merancang sistem informasi tersebut. informasi merupakan bagian penting dan sangat berharga. Semakin lengkap. akurat dan mudah dalam menampilkan kembali data-data yang termuat dalam sistem informasi yang dirancang akan semakin meningkatkan kualitas sistem informasi tersebut. Informasi yang akurat dan tepat waktu akan membantu manager didalam mengambil keputusan dan menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mempertahankan dan mengembangkan kegiatan serta aktifitas usahanya.

Sistem Fisik. yaitu susunan yang teratur dari gagasan atau konsepsi yang saling tergantung.1 Konsep Sistem Informasi Sistem informasi sebagai salah satu sistem manusia mesin yang terintegrasi dalam menyediakan informasi untuk melayani kegiatan dari fungsi operasi. manajemen. Informasi yang dibutuhkan oleh manajemen akan berbeda baik dari segi ciri informasi. Suatu sub sistem bagian dari sistem yang lebih besar dari yang kita pentingkan. Davis membedakan sistem menjadi dua pengertian. yaitu dari segi umur data. Murdick mendefinisikan sistem sebagai berikut [RAY95]: “Suatu sistem adalah sperangkat elemen yang membentuk kegiatan atau suatu prosedur / bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan atau tujuan-tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan atau energi dan atau barang “. Robert G. Halaman : 5 of 23 . 8. 1. yaitu suatu rangkaian unsur-unsur yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa susunan atau maksud. kecermatan data serta frekuensi data. Sistem Abstrak. 2. dan pengambilan keputusan. yaitu [RAY95]. Adapun James A O’Brien mendefinisikan sistem sebagai berikut [RAY95]: “Sistem adalah sekumpulan komponen-komponen yang saling mempengaruhi dan bekerja sama bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menerima masukan (input) kemudian mengalami proses transformasi sehingga menghasilkan keluaran (output)”. Gordon B.Contoh Prposal Tugas Akhir 8.2 Sistem Sistem dapat dijelaskan dengan sederhana sebagai elemen yang digabungkan satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara bersama.

Batasan Sistem Batasan sistem merupakan daerah yang membatasi antara satu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Dalam hal ini. Penghubung Sistem Penghubung sistem merupakan media yang menghubungkan antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Lingkungan Luar Sistem Lingkungan luar sistem adalah semua hal-hal di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Halaman : 6 of 23 . yaitu [RAY95]: 1. 3. 4. Batasan suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut. 2. Komponen-Komponen Suatu sistem selalu mengandung subsistem-subsistem atau komponenkomponen yang masing-masing mempunyai tujuan untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi suatu proses kerja sistem secara keseluruhan. Output dari satu subsistem akan menjadi input untuk subsistem yang lainnya melalui penghubung sehingga dapat saling berinteraksi untuk membentuk satu kesatuan.Contoh Prposal Tugas Akhir Sistem mempunyai sifat-sifat atau karakteristik tertentu.

2 Informasi Istilah informasi dan data seringkali digunakan secara bergantian. Masukan Sistem Input merupakan energi yang dimasukkan ke dalam suatu sistem. 7. 6. Halaman : 7 of 23 .Contoh Prposal Tugas Akhir 5. yang harus diolah untuk menjadi barang jadi yang siap pakai atau dapat disebut sebagai suatu fakta untuk mencapai suatu tujuan. Sasaran Sistem Sasaran atau tujuan suatu sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Pengolahan Sistem Pengolahan sistem berfungsi untuk merubah masukan menjadi keluaran. misalnya informasi yang merupakan keluaran yang dibutuhkan. Sebenarnya data dapat dianalogikan dengan bahan mentah. dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) yaitu energi untuk mengoperasikan sistem dan dapat berupa masukan sinyal (signal input) yaitu energi yang diproses untuk mendapatkan keluaran. 8. 8. Keluaran Sistem Output merupakan hasil dari input yang diolah. yaitu yang disebut sebagai informasi.

tindakan pikiran. jumlah. Dimensidimensi ini memberikan kontribusi pada nilai informasi. Halaman : 8 of 23 . Dimensi-dimensi informasi terdiri dari [RAY95]: a. “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si pemakai dan mempunyai nilai yang nyata atau bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang”. dan lain-lain “. mereka mempertimbangkan empat dimensi dasar informasi. b. Relevancy Informasi memiliki relevancy jika berkaitan langsung dengan masalah yang ada. Davis mendefinisikan data dan informasi sebagai berikut [RAY95]: “Data adalah sekelompok simbol yang tidak acak yang menunjukkan suatu keadaan. Akurasi Semua informasi yang didapatkan harus akurat atau dapat dipertanggung jawabkan. Berdasarkan pengertian di atas maka dapatlah dikatakan bahwa informasi merupakan output dari suatu transformasi dimana data atau fakta berperan sebagai sumber input-nya atau masukannya yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan. Manajer harus mampu memilih informasi yang diperlukan tanpa membaca seluruh informasi mengenai subyek-subyek lain. Saat para manajer menentukan output yang harus disediakan pengolah informasi.Contoh Prposal Tugas Akhir Gordon B.

Fase-fase ini secara bersama-sama dinamakan siklus hidup pengembangan sistem (System Development Life Cycle / SDLC). Siklus hidup sistem informasi ditunjukkan pada gambar 1. Manajer harus mampu mengolah informasi untuk menggambarkan apa yang sedang terjadi sekarang maupun pada masa lampau. 8.3 System Development Life Cycle (SDLC) Siklus hidup sistem informasi merupakan penerapan pendekatan yang bertugas mengembangkan dan menggunakan sistem berbasis komputer yang terdiri dari beberapa fase. d. Kelengkapan Manajer harus mampu memperoleh informasi yang menyajikan gambaran lengkap dari suatu permasalahan. Halaman : 9 of 23 . dan perawatan sistem. yaitu penelitian sistem. penerapan sistem. [RAY95]. analisis sistem. desain sistem. Ketepatan Waktu Informasi harus tersedia untuk pemecahan masalah sebelum situasi krisis menjadi tidak terkendali.Contoh Prposal Tugas Akhir c.

Kelayakan ekonomi meliputi kemampuan biaya. mengurangi investasi. meningkatkan profit.4 Fase Penelitian Sistem Pada fase ini dilakukan sejumlah penelitian awal untuk menentukan masalah perusahaan dan peluang yang ada. bagaimana sebaiknya sistem informasi diusulkan dapat mendukung perencanaan strategi organisasi. Langkah berikutnya adalah menghubungkan studi kelayakan untuk menentukan apakah sistem yang baru atau memperbaiki sistem yang dibutuhkan. dan mengembangkan rencana manajemen proyek dan menetapkan tujuannya. Adapun faktor-faktor studi kelayakan [RAY95]. 2. Halaman : 10 of 23 .Contoh Prposal Tugas Akhir Investigasi Analisa Desain Sistem Penerapan Sistem Perawatan Sistem Gambar 1.: 1. Kelayakan organisasi. Siklus Hidup Pengembangan Sistem Informasi 8. meningkatkan revenue.

5 Analisis Sistem Analisis sistem terinci terdiri dari rincian: 1. dukungan manajemen. Kemampuan sistem informasi yang dibutuhkan bagai pemakai informasi. 4. 2. 8. dapat disebut juga fungsional atau kebutuhan fungsional.Contoh Prposal Tugas Akhir 3. bagaimana hardware dan software reabilitas dan ketersediaan. Kegiatan-kegiatan sumber daya produk dari sistem yang ada. Produk akhir dari analisis sistem. yaitu mengelola kebutuhan sistem untuk sistem informasi yang dibutuhkan. kesiapan pemakai. Kelayakan operasi. Kebutuhan informasi. 8. yaitu Logical Design dan Design Physical Activities. 3.6 Desain Sistem Desain sistem terdiri dari dua kegiatan. Dimana keduanya menghasilkan spesifikasi sistem yang memenuhi kebutuhan sistem pada analisis sistem. Kelayakan teknis. Halaman : 11 of 23 . kebutuhan pelanggan supplier dan kebutuhan Pemerintah.

8. yaitu [RAY95]: 1. 3. struktur database dan pemrosesan prosedur pengendalian hardware. mencoba menggunakan sistem yang baru. Physical System Design Mengembangkan spesifikasi secara terperinci untuk pemakai produk-produk dan metode. Perancangan sistem dapat digambarkan sebagai perancangan user interface. pengujian dan dokumentasi sistem. penyimpanan dan aktivitas pengendalian dapat memenuhi kebutuhan sistem yang dikembangkan didalam tahap analisis sistem. pemrosesan. Logical System Design Mengembangkan spesifikasi sistem untuk bagaimana input.Contoh Prposal Tugas Akhir Ada tiga kegiatan dari desain sistem. pelatihan operasi dan penggunaan sistem informasi. Halaman : 12 of 23 .7 Penerapan Sistem Merupakan kegiatan memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan konseptual yang menghasilkan suatu sistem yang bekerja. output. 2. Kegiatan tersebut meliputi: mengembangkan dan memasang hardware dan software. System Specifications Dokumen suatu spesifikasi yang terinci dari suatu sistem diusulkan pemakai. software dan spesifikasi personal juga dikembangkan sistem yang diusulkan.

2 Perawatan Sistem Fase terakhir yaitu perawatan sistem dengan mengkaji ulang proses penggunaan pasca penerapan untuk memonitor.10.Contoh Prposal Tugas Akhir 8. keluaran dan alat penyimpanan. Halaman : 13 of 23 .1 Pengertian Data dan Pengolahan Data Sumber informasi adalah data. 8.10. maka dapat diolah menjadi informasi-informasi yang dapat berguna bagi penerimanya. b. Teknologi perangkat keras Teknologi perangkat keras terdiri dari alat masukan. Data merupakan bentuk yang masih mentah yang belum dapat bercerita banyak. alat pemrosesan. evaluasi dan modifikasi sistem yang dibutuhkan. Proses merancang kembali mengakibatkan siklus itu diulang lagi. Berlangsung sampai sudah waktunya untuk merancang sistem itu kembali. Teknologi perangkat lunak Perangkat lunak adalah instruksi-instruksi yang dibuat untuk mengaktifkan fungsi perangkat keras. Sedangkan pengolahan data adalah dari data-data yang masih mentah.3 Konsep Dasar Pengolahan Data 8. 8. sehingga harus diolah lebih lanjut.2 Aspek Pengolahan Data Aspek pengolahan data terdiri dari: a.

Contoh Prposal Tugas Akhir 8.12. indeks. 8. dan lain-lain). dan proses tunggal yang mempresentasikan keseluruhan sistem. 8.5 Perancangan Sistem Informasi Context diagram dan data flow diagram (DFD) adalah diagram atau alat-alat yang digunakan untuk menggambarkan secara lengkap proses dan data suatu sistem.1 Diagram Konteks (Context Diagram) Diagram konteks menempatkan sistem dalam konteks lingkungan. Setiap basis data dapat berisi atau memiliki sejumlah objek basis data ( seperti file atau tabel. Diagram tersebut terdiri dari satu simbol proses yang menggambarkan seluruh sistem. aliran kontrol. Disamping berisi atau menyimpan data. Diagram konteks dimulai dengan penggambaran terminator. Nama dalam hal ini dapat menjelaskan proses atau pekerjaan atau dalam kasus ekstrim berupa nama perusahaan yang dalam hal ini mewakili proses yang dilakukan keseluruhan organisasi [POH97]. Bagian termudah adalah menetapkan proses yang hanya terdiri dari satu lingkaran dan diberi nama yang mewakili sistem. aliran data. setiap basis data juga mengandung atau menyimpan definisi struktur (baik untuk basis data maupun objekobjeknya secara detail) [FAT99].4 Basis Data Sebuah sistem basis data dapat memiliki beberapa basis data. penyimpanan. Halaman : 14 of 23 . Diagram konteks menunjukkan data mengalir ke dan dari terminator [RAY95].

organisasi atau sistem lain dimana kita melakukan komunikasi. Alasan pertama adalah. yaitu [POH97]. personil yang berfungsi untuk melakukan itu dapat berganti sedangkan diagram konteks harus tetap akurat Halaman : 15 of 23 . yaitu [POH97]: Terminator. merupakan data yang dihasilkan dari sistem dan diberikan keluar antar sistem dengan terminator. hal ini berarti pembuatan data store dalam diagram konteks dibenarkan dengan syarat simbol tersebut merupakan bagian dari luar sistem.Contoh Prposal Tugas Akhir Batasan antara sistem dan lingkungan Diagram Konteks menyoroti karakteristik penting sistem. merupakan kelompok pemakai. Diagram konteks menyoroti karakteristik penting sistem. Jika terminator mewakili individu (personil) sebaiknya diwakili oleh peran yang dimainkan personil tersebut. diperbolehkan untuk digambarkan lebih dari satu kali sehingga mencegah penggambaran yang terlalu rumit. Data keluar. dengan ditandai secara khusus untuk menjelaskan bahwa terminator yang dimaksud adalah identik. Batasan antara sistem dan lingkungan. Data masuk. Aturan-aturan Diagram Konteks [POH97]: Jika terdapat terminator yang mempunyai banyak masukan dan keluaran. merupakan data yang diterima sistem dari lingkungan dan harus diproses dengan cara tertentu.

perangkat. Karena pelaku seringkali familier dengan pemakai dalam implementasi sistem berjalan.Contoh Prposal Tugas Akhir walaupun personil berganti. Sedangkan sistem baru dengan konsep pengembangan teknologinya membuat pelaku menjadi sesuatu yang tidak perlu digambarkan.12.3 Komponen-Komponen Data Flow Diagram (DFD) Ada empat komponen dalam model Data Flow Diagram (DFD). Alasan kedua adalah personil dapat memainkan dari satu peran. Arus Data (Data Flow) Arus data ini mengalir diantara proses.12. Arus data sebaiknya diberi nama yang jelas dan mempunyai arti. 8. Pelaku adalah mekanisme. atau media fisik yang mentransformasikan data ke/dari sistem. Karena fokus utama adalah mengembangkan model esensi maka penting untuk membedakan sumber dan pelaku. 8.2 Diagram Arus Data (Data Flow Diagram) Data flow diagram (DFD) adalah suatu gambaran grafis dari suatu sistem yang menggunakan sejumlah bentuk-bentuk simbol untuk menggambarkan bagaimana data mengalir melalui suatu proses yang saling berkaitan [RAY95]. Arus data juga Halaman : 16 of 23 . yaitu [POH97]: a. maka sering menonjol sebagai sesuatu yang harus digambarkan lebih dari sumber data itu sendiri. Arus data ini menunjukkan arus data yang dapat berupa masukan untuk sistem atau hasil dari proses sistem.

yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem. segi empat terbuka. Proses (Process) Proses. dinamakan juga dengan gelembung (bubble). fungsi. organisasi atau sistem lain yang berada di lingkungan luar). b. Simbol dari arus data adalah suatu panah dengan nama arus data. Terminator dapat berupa: Halaman : 17 of 23 . Terminator direpresentasikan menggunakan persegi panjang yang menggambarkan elemen-elemen lingkungan yang menandai titik-titik berakhirnya sistem. Tiap simbol proses didefinisikan dengan label. Proses direpresentasikan dalam bentuk lingkaran atau bisa juga dengan segi empat tegak dengan sudut-sudut melengkung. maupun dari kedua arah. atau informasi. atau bentuk lonjong. Simpanan Data (Data Store). c. d. Penyimpanan. Penyimpanan tidak berubah ketika paket informasi bergerak dari penyimpanan melalui aliran arus data. Proses menunjukkan transformasi dari masukan (input) menjadi keluaran (output). kiri ke kanan. komponen ini digunakan untuk memodelkan kumpulan data atau paket data. Penyimpanan direpresentasikan dengan garis sejajar. Label biasanya menggunakan kata kerja (tunggal) atau kalimat sederhana. baik dari kanan ke kiri.Contoh Prposal Tugas Akhir menunjukkan arah. Kesatuan Luar (Eksternal Entity) Terminator merupakan kesatuan (entity) di lingkungan luar sistem (dapat berupa orang.

2. yaitu [POH97]: 1. Organisasi.6 Implementasi Pada tahap implementasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Foxpro 5. Penganalisa sistem mempunyai kemungkinan untuk memodigikasi esensi terminator dengan menjalankan cara kerja sistem. 3. seperti departemen lain dalam institusi (contoh bagian pengajaran) atau institusi lain. Hubungan antar terminator tidak dibenarkan. Terminator merupakan bagian luar sistem.0. yaitu: Halaman : 18 of 23 . seperti petugas yang menyusun jadwal kuliah. 2. Sistem lain yang berhubungan dengan sistem yang dibahas. 8.Contoh Prposal Tugas Akhir 1. Orang. dan jika sangat esensial. Metode Penelitian Penulis dalam melakukan penelitian ini menggunakan beberapa metode. 3. hubungan tersebut seharusnya dimodelkan sebagai proses. Pertimbangan menggunakan bahasa pemrograman pemrograman Visual Foxpro 5. 9. Tiga hal penting yang harus diingat tentang terminator.0 karena bahasa pemrograman ini mempunyai dukungan yang baik untuk pemrograman database.

10. Rancangan sistem informasi pelayanan rawat inap akan diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak Sistem Informasi Pelayanan Rawat Inap dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Foxpro 5. yaitu dimulai awal September sampai dengan akhir Desember. Penelitian ini akan dilaksanakan selama 4 bulan. Jadwal dan Tempat Penelitian Tempat pelaksanaan Tugas Akhir Adalah di Rumah Sakit Islam Arjowinangun Palimanan Cirebon . Data yang diperoleh dari hasil analisis sebagai bahan pada tahapan selanjutnya. 2.Contoh Prposal Tugas Akhir 1. yaitu untuk merancang sistem informasi pelayanan rawat inap yang akan dibuat. Konsep atau landasan teori didapatkan dari literatur dan buku bacaan seperti yang terlihat dalam daftar pustaka. 4. 3. Melakukan penelitian atau observasi dengan mengamati dan menganalisa prosedur kerja atau kebijaksanaan yang ada di bagian pelayanan pasien rawat inap. Halaman : 19 of 23 . Rincian dari jadwal penelitian ini dapat dilihat pada tabel Jadwal Penelitian Tugas Akhir.0.

11. kata pengantar. halaman judul. lembar pengesahan. daftar isi.Testing Penulisan (Penulisan Tugas Akhir/Laporan) bbbb bb b bb b b b b b b b b b b b b b b b b b b b b b b b b b 5. cakupan mengenai isi yang terkandung dalam Tugas Akhir. daftar tabel. 4. 1. lembar persembahan. dan daftar lampiran dari tugas akhir. dimulai dari latar Halaman : 20 of 23 . yaitu: BAB I merupakan pendahuluan yang isinya mengantarkan kepada pembaca untuk mengetahui tujuan dan arahan Tugas Akhir ini.Normalisasi .Hubungan antar file . daftar gambar. lembar motto.Struktur database Implementasi: . Pada bagian pertama dikemukakan halaman formalitas yang berisi: halaman sampul depan. yang bertujuan memudahkan dalam memahami Tugas Akhir ini. Bagian kedua terdiri dari tujuh bab. Sistematika Penulisan Pada bagian ini dijelaskan secara singkat.Pembuatan DFD .Pembuatan program pelayanan pasien . 6.Contoh Prposal Tugas Akhir Tabel Jadwal Penelitian Tugas Akhir Oktober Minggu 1 2 3 4 November Minggu 1 2 3 4 Bulan Desember Minggu 1 2 3 4 Januari Minggu 1 2 3 4 No. 3. 2. Kegiatan Proposal Observasi Awal Analisis/Prosedur kerja di bagian Administrasi Perancangan: .

Juga berisikan keterangan tentang implementasi dari perancangan perangkat lunak yang Halaman : 21 of 23 . Selain itu juga menguraikan hasil analisis kebutuhan dari sistem informasi pelayanan rawat inap. Pada bab ini juga dilakukan perancangan dari perangkat lunak berdasarkan dari hasil analisis pada bab III. lingkungan pengembangan. Hasil analisis ini merupakan pemilahan kebutuhan sistem yang akan diwujudkan dalam bentuk perangkat lunak. BAB IV mengemukakan metode perancangan perangkat lunak yang dipakai. Pada bab ini juga memuat dokumentasi dari implementasi perangkat lunak yang dihasilkan. dan sistematika penulisan. identifikasi masalah. BAB V mengemukakan batasan-batasan implementasi dari perangkat lunak. BAB II mengemukakan landasan teori yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian BAB III menguraikan tentang metode analisa kebutuhan untuk perancangan sistem informasi pelayanan rawat inap yang akan dipakai. bahasa dan kompilator yang dipakai beserta alasan pemilihannya. batasan masalah. dan batasan-batasan lain yang dibuat dan ditemui selama pengembangan perangkat lunak. rumusan masalah.Contoh Prposal Tugas Akhir belakang masalah. Batasan ini meliputi asumsi-asumsi yang dipakai.

baik pada tahap analisis kebutuhan perangkat lunak. Sebagai pelengkap dikemukakan daftar pustaka dan beberapa lampiran sebagai pendukung dalam penyusunan laporan penelitian. Bagian ini juga memuat tentang dokumentasi hasil pengujian terhadap perangkat lunak yang dibandingkan kebenaran dan kesesuaiannya dengan kebutuhan perangkat lunak yang dituliskan pada bagian sebelumnya dan kemudian dianalisis. implementasi.Contoh Prposal Tugas Akhir meliputi implemetasi struktur data. BAB VI merupakan implementasi dari hasil analisis dan perancangan yang telah dibuat oleh peneliti. prosedur-prosedur dalam bahasa pemrograman yang dipilih serta antar mukanya. perancangan. dan terutama pada analisis kinerja perangkat lunak. Halaman : 22 of 23 . BAB VII merupakan bab terakhir yang menguraikan kesimpulan dari proses pengembangan perangkat lunak. Didalam bab ini juga dikemukakan beberapa saran untuk dilaksanakan lebih lanjut serta untuk pengembangan penelitian yang akan datang.

dan Saiful Bahri Kusnassriyanto. Sistem Basis DATA. [HAR99} Harianto Kristanto. Husni Iskandar. 1995. Jakarta. Pengantar Perancangan Sistem. [RAY95] Raymond McLeod. 1996. AK.. Penerbit Erlangga. Yogyakarta. 1997. [JOG99] Jogiyanto HM.Contoh Prposal Tugas Akhir 12. Jakarta. [HUS97] Husni Iskandar Pohan dan Kusnassriyanto Saiful Bahri. Pengantar Perancangan Sistem. Penerbit Andi Offset. Penerbit Erlangga. DAFTAR PUSTAKA [EDH96] Edhy Sutanta. Yogyakarta. Penerbit Andi Offset. Sistem Informasi Manajemen Jilid I. Konsep dan Perancangan DATABASE. Penerbit Andi Offset. Penerbit PT. Halaman : 23 of 23 . Jakarta. [POH97] Pohan. Konsep dan Peranannya dalam Sistem Informasi Manajemen. Analisis dan Desain Sistem Informasi. 1999. Prehallindo. 1999. Yogyakarta. 1997. Jr alih bahasa Hendra Teguh SE.