Servis rem tromol mobil

Service berkala rem tromol pada mobil. Memiliki mobil berarti memiliki tanggung jawab untuk merawatnya supaya awet dan aman untuk dikendarai, dan rem adalah alat pengaman nomor satu pada setiap kendaraan. Kali ini saya ingin membahas tentang merawat rem tromol mobil agar selalu aman saat di kendarai.

Anda bisa langsung melepas tromol rem bila pemasangan tromol kendor. Dongkrak mobil jangan terlalu rendah (posisikan dongkrak di tempat yg benar sebelum memompa dongkrak) 2.Langsung saja saya berikan cara merawat rem tromol secara berkala. tapi apabila anda kesulitan gunakan baut 12 utk melepasnya. Obeng min 3. Baut 12 dan kunci shok 12 untuk membuka tromol yg keras Langkah-langkah: 1. 6. Stand/penahan beban 7. 5. Jika msh terasa kendor setel kembali rem sedikit . gunakan obeng min. 8. dan bagian yg bersinggungan lainnya. Pasanglah stand sebagai penopang 3. Lepas cover rem/tromol rem. kanvas rem. 7. Lepas roda yang akan di servis menggunakan kunci roda. Kunci roda 2. gunakan ampelas kasar untuk membersihkan bagian dalam cover. Gemuk 5. Berikan gemuk pada belakang sepatu rem(jangan sampai terkena tromol dan kanvas rem) 9. namun anda harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa peralatan yg akan di gunakan. Dongkrak 6. Putar penyetel rem ke bawah 2x atau keatas (pastikan penyetel berbunyi saat di putar) pasang tromol dan putar ke kiri /kanan dan coba lepas kembali. Ampelas kasar 4. Peralatan: 1. Kendorkan dongkrak supaya beban berpindah ke stand 4. Semprot rem dg angin tekanan tinggi untuk membersihkan bekas-bekas pengampelasan. Nah untuk menyetel rem. Jika cover sudah terlepas. yaitu dg cara memasukan baut pada lubang pelepas .

demi sedikit sampai tromol terasa agak keras saat di lepas. 2011 at 5:49 PM mantap. 2012 at 10:07 AM pengocokan rem berfingsi untuk membuang udara. Pasang kembali roda supaya mobil dapat berjalan. dari pada harus mengeluarkan biaya untuk membayar bengkel. Demikian pengalaman saya menyervis rem tromol saat saya magang di salah satu bengkel besar di ibu kota. 10. i_oneNovember 3. Reply Replies 1.ovi. harus diinjak (dikocok) 3 kali dengan cepat baru memberikan efek pengereman. mohon arahan bagaimana mengatasi hal tersebut.... Muhyil HimmiNovember 24. terimakasih atas penjelasannya bang.com POSTED BY IRWAN SYAH AT 2:18 AM 4 COMMENTS: 1. jika hanya sekali injak rem blong.. yang ada di tabung fluida . terimakasih. Bergunakah artikel ini untuk anda? -------------------------------------------------------------Ovi Mail: Simple and user-friendly interface http://mail. meskipun sdh di setel seperti arahan di atas tapi rem belum berfungsi normal.. buka sedikit penutup / pembuangan . namun saya ada masalah. Silakan mencoba pada mobil anda.

Penguat (BOOSTER REM). Pada rem regeneratif. Menjaga agar kendaraan tetap berhenti. Reply 2. selanjutnya dilalukan melalui suatu penyearah (rectifier) dan disimpan dalam baterai untuk penggunaan lain.angin kemudian kocok rem berulang kali sampai yang keluar dari pembuangan adalah cairan (tanpa gelembung udara) kemudian tutup kembali.. Rem harus membuang empat kali lebih banyak energi untuk menghentikannya dan konsekuensinya. sebagian energi ini juga dapat dipulihkan dan disimpan dalam rodagila (flywheel). kapasitor. Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk : Mengurangi kecepatan kendaraan. Karena gerak roda menjadi lambat. ia memiliki empat kali lebih banyak energi. secara otomatis gerak kendaraanmenjadi lambat. . Saluran pengereman atau kabel (lines). Rem drum ( Tromol rem ) atau rem cakram ( Discbrake). Ini berarti bahwa jika kecepatan suatu kendaraan meningkat dua kali. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.. jarak yang dibutuhkan untuk pengereman juga empat kali lebih jauh. Komponen utama dalam sistem rem terdiri dari : Pedal rem atau tuas rem. Silinder master (MASTER CYLINDER /MASTER REM MOBIL). atau diubah menjadi arus bolak balik oleh suatualternator. Energi kinetik meningkat sebanyak pangkat dua kecepatan (E = ½m·v2). Mengenai Rem Mobil SEKILAS TENTANG REM MOBIL REM adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda.

Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif. Rem parkir (Parking brake) digunakan terutama untuk memarkir kendaraan. Mesin mengubah energi panas menjadi energi kinetik (energi gerak) untuk menggerakan kendaraan. kendaraan cenderung tetap bergerak. (Lampu peringatan akan menyala pada panel). Kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabila mesin dibebaskan (tidak dihubungkan) dengan pemindah daya (Kopling diinjak). rem mengubah energi kinetik kembali menjadi energi panas untuk menghentikan kendaraan. Sebaliknya. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci. bisa mencapai 15 kali/detik.menunjukkan bahwa telah terjadi: · Kebocoran hidrolis · Udara yang berlebihan dalam sistem hidrolis · Kerusakan pada mangkokan utama silinder master Ø Injak secara keras pedal rem. Rem tambahan (auxilary brake) digunakan pada kombinasi rem biasa (kaki0 yang digunakan pada truk diesel dan kendaraan berat Pengujian Jalannya Komponen-komponen Sistem Pengereman Pengujian terhadap sistem hidrolis Untuk melakukan pengujian terhadap sistem hidrolis ketika mesin kendaraan mati: Ø Berikan injakan yang ringan pada pedal. Umumnya rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Rem kaki (foot brake) digunakan untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan. Sistem ini bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga salah sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju.· · · Sistem rem anti terkunci atau ANTI-LOCK BRAKING SISTEM (ABS) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda rem mobil ketika terjadi pengereman mendadak/keras. Peralatan ini sangat penting pada kendaraan dan berfungsi sebagai alat keselamatan dan untuk pengendaraan yang nyaman. Ø Elastisitas yang dirasakan ketika menginjak pedal rem menunjukkan bahwa telah terjadi · Adanya udara dalam sistem · Level pemberian fluida yang tidak memenuhi syarat . Rem yang dipergunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan menjadi beberapa tipe tergantung dari penggunaannya. Proses itu berlangsung sangat cepat. lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Efek pengereman (bracking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua objek. Ø Jika pedal turun dengan sendirinya padahal kaki Anda tidak memaksanya untuk turun ke bawah lagi. Ø Pedal yang turun secara berlebihan menunjukkan bahwa telah terjadi: · Penyetelan rem yang tidak tepat · Kegagalan pada salah satu sistem pada sistem pengereman ganda. membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. ia akan memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan.( wikipedia) Rem dirancang untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan kendaraan atau memungkinkan pada tempat yang menurun.

lebih baik mengganti komponennya. Penyebabnya bisa karena kampas rem sudah tipis dan lapisan asbesnya sudah berkurang (Atasi dengan mengganti kampas rem dengan segera supaya piringan atau teromol tidak tergerus) atau piston rem yang sudah macet (selidiki setiap roda dan bagian mana saja yang sudah apkir) 4. Mbagel Maksudnya adalah injakan terasa berat atau keras dan kadang mengeluarkan bunyi mendesis. Coba cek kebocoran mulai dari master atas. Karet rem yang terdapat dalam kit master rem sudah mengalami keruksakan bisa Sobek. Faktor Penyebab Injakan Rem Mobil Keras/bagel : Faktor penyebanya adalah 1.5mm yang dianggap aman. Segera Anda perbaiki melalui langkah bleeding untuk mengeluarkan angin palsu Faktor penyebab Injakan Rem Mobil Ngocok : Kit master rem Mobil : Didalam master rem mobil Assy terdapat onderdil yang namanya Kit Master rem. Berikut ini tips mengenali jenis kerusakan mobil: 1. melipat nguncup/tidak mengembang . Hal ini disebabkan karena kampas rem sudah tipis 6. Biasanya pemapasan mulai dari ketebalan 0. Getar. ü Kemungkinan ada yang bocor sehingga minyak rem berkurang dan kemasukan angin. Kit Booster rem mobil anda sedang bermasalah.5-1. Hal ini disebabkan oleh permukaan disc break atau tromol rem yang sudah tidak rata lagi. didalam kit booster banyak sekali pernik-perniknya tetapi yang paling dominan yang menyebabkan rem mobil menjadi keras/mbagel adalahKaret booster yang diameternya cukup besar dan karet booster kecil seukuran uang logam Rp 100 rupiahan jaman dulu. Akan tetapi kalau kondisinya sudah parah atau goresannya sudah terlalu dalam. Tips Mengenali Jenis Kerusakan Rem Mobil Ada beberapa gejala yang bisa dijadikan patokan menurunnya kemampuan rem. 5. slang sampai master bawah atau kaliper rem. Ø Pedal rem yang terlalu cepat jatuh ke lantai dasar menunjukkan bahwa telah terjadi: · Adanya kebocoran hidrolis yang parah.· Kualitas fluida rem yang jelek · Terjepit/tertahannya sepatu rem. Saat diinjak terasa getaran pada pedal rem dan makin parah etika ditekan pada kecepatan tinggi. Penanganannya adalah dengan mencoba bubut cakram atau tromol. Biaya bubut pun bervariasi antara Rp 100-300 ribu. Selang Booster rem rusak. 3. Anda bisa mengetahuai hanya dengan merasakannya ketika mengemudi. Kit master rem inilah yang sedang bermasalah. Gejalanya terkadang mobil anda ketika direm masih membutuhkan waktu berapa meter untuk berhenti. Rem Dalam. kalu berat berarti permasalahan ada di bagian Booster. Tidak Pakem. Hal ini disebabkan karena piston salah satu roda macet . 2. 2. penyebabnya adalah Sobek/bocor dan copot. Lari Kiri Atau Kanan. Rem Dikocok/Dipompa. Pada umumnya mobil moder sudah menggunakan booster untuk memperingan injakan pedal.

bisa pada selang rem/ Selang Flexible Rem.20 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook . spi ini tidak akan copot/hilang tetapi kenapa tidak ada? faktor penyebabnya adalah Montir lupa memasangnya kembali. sehingga karet kit master yang terdapat dalam kit master rem menjadi robek. Tetapi Mempunyai peranan yang sangat penting. jika booster rem dalam keadaan normal maka pedal rem akan turun dengan sendirinya (posisi kaki tetap menekan pedal rem). Kit Kaliper rem ( piston rem Luka ). ü Master rem Mobil dalamya sudah terluka/keropos. master rem roda belakang/wheel Cylinder rem dll. sehingga master rem bocor 7. Kit Brake pad Rem ini isinya hampir semua terbuat dari bahan seng. dan pedal harus akan naik apabila anda melakukan pengocokan kembali. ü Kocok (tekan-lepas) pedal rem secara berulang untuk mendapatkan posisi pedal rem tertinggi (kaki tetap menekan pedal rem). dan didalam booster rem timbul genangan minyak rem dan minyak rem tsb ikut terbakar sehingga menyebabkan asap knalpot mobil menjadi putih.Pipa Rem. Minyak rem yang bocor bisa terlihat dari luar dan bisa juga masuk ke booster rem. maka pedal rem harus tetap posisi pada terbawah. Diposkan oleh Def di 07. dan pengereman kurang pakem ( NGEMPOS ) Piston rem pada kaliper rem dan piston wheel ciylinder blk sering telat balik karena tekanan master rem kecil Asap knalpot berwarna putih ( bukan putih karena ring seher/seal klep ) karena kit master bocor dan minyak rem masuk ke booster dan ikut terbakar. ada minyak rem yang bocor. jika anda mengalami hal pedal rem tidak naik kembali. berarti ada masalah pada booster rem mobilnya TANDA TANDA MASTER REM MULAI BERMASALAH : o o o o o Minyak rem pada tabung master rem sering menyusut Injakan pedal rem kalau kita injak pada tekanan tetap. CARA MENGECEK BOOSTER REM : ü Putar kunci kontak pada posisi OFF (mesin mati).sehingga master rem mobil menjadi bocor dan bisa juga kit master rem telat balik. ü Kemudian matikan mesin. pada waktu kita menginjak pedal rem terdengar suara Dek/Duk/ Kletek. satu roda mempunyai 4 buah spi. Ukuran spi ini tergolong kecil. mobil baru bisa berhenti Injakan rem sangat dalam. ü Hidupkan mesin. Injakan Rem Mobil Turun Perlahan-Lahan : ü Sudah bisa dipastikan. Faktor utama penyebab bunyi ini adalah : Salah Satu Bagian Kit Brakepad Rem Depan ada yang hilang atau tidak terpasang. ü Pada saat mesin distarter untuk menyalakan mesin. perlahan-lahan turun semakin dalam Injakan rem harus di injak berulang-ulang ( NGOCOK). Bunyi ini timbul sewaktu kita sedang mengerem mobil. ü Pada saat mesin mati. ü Spi BrakePad Rem Depan.

tidak ditemukan kebocoran yang menyebabkan minyak rem berkurang. 09:00 Salah seorang rekan menceritakan pengalamannya mengenai kinerja rem mobilnya saat berlibur ke kawasan Cipanas. Sewaktu melalui jalan menurun. 12 Apr 2013. Dia merasakan rem yang diinjaknya lama kelamaan tidak pakem.Label: Sistem Kaki-Kaki Tidak ada komentar: Poskan Komentar Posting Lebih BaruBeranda Kok Bisa. Lalu mengapa rem tidak pakem padahal tidak terjadi kebocoran pada tabung . Setelah menghentikan mobilnya dan mengecek tabung cadangan minyak rem. Rem Tidak Pakem Padahal Minyak Rem Tidak Bocor? Jumat.

Cairan inilah yang juga mengisi seluruh saluran atau selang-selang rem. Titik didih minyak rem akan menurun jika kualitasnya menurun karena adanya kandungan air didalamnya.minyak rem? Pada saat pengereman terjadi gesekan antara kampas rem dengan cakram atau tromol rem. minyak rem juga mempunyai titik didih pada temperatur tertentu. yang mengakibatkan panas. sebagian lagi akan terserap oleh komponen-komponen sistem rem. Seperti cairan lainnya. Sebagian panas yang terjadi akan didinginkan oleh udara. salah satunya minyak rem. Akibatnya minyak rem jadi lebih mudah mendidih. Minyak rem berfungsi sebagai media yang meneruskan tekanan dari pedal rem ke pistonpiston pengereman pada setiap roda. .

Pada saat minyak rem mencapai titik didihnya. terbentuklah uap atau gelembunggelembung udara pada saluran rem. Umumnya setelah kendaraan menempuh jarak 40. atau bahkan tidak terjadi pengereman alias rem blong. sebaiknya ganti minyak rem mobil Anda sesuai petunjuk pada buku perawatan berkala. Akan lebih baik jika minyak rem diganti sebelum ketentuan batas maksimal untuk menjaga performa sistem pengereman pada mobil Anda. Akibatnya tekanan dari pedal rem tidak akan diteruskan secara maksimal ke piston-piston pengereman di roda. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut . .000 kilometer atau 2 tahun sekali. Berkonsultasi Dengan Mekanik Di Bengkel Resmi Atau tanyakan pada mekanik di bengkel resmi yang ditunjuk Agen Pemegang Merek (APM) mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem. Hal inilah yang menyebabkan rem terasa kurang pakem.