GARIS KONTUR

GARIS KONTUR  Merupakan perangkat dalam peta topografi yang menentukan elevasidari titik diatas peta. dapat dilihat proses posisi planimeter dari ketinggian tiap-tiap obyek.A.  Dari peta topografi. Selain itu dapat ditunjukkan ketinggian dari obyek-obyek yang tergambar pada peta.  Garis kontur yang menggambarkan ketinggian tanah dibawah air disebut “Sub Marine Contur” .

B. SIFAT & KARAKTERISTIK GARIS KONTUR Sifat Garis Kontur :  Garis tinggi terletak berdekatan pada lereng terjal dan lebar pada lereng-lereng yang landai. . a. satu sama lain hanya pada  Bertumpukan permukaan tegak.  Tegak lurus pada garis lereng paling terjal.  Berjajar sama dan sejajar pada daerah daratan siku-siku pada lembah-lembah dan  Bersudut garis-garis punggung.

. SIFAT & KARAKTERISTIK GARIS KONTUR Sifat Garis Kontur :  Sangat jarang menyilang antara satu dengan yang lain. a.  Untuk daerah yang luas. diambil interval kontur 1 : 2000 dari skala peta.B.

tidak akan berpotongan letaknya. b.B. .  Garis kontur akan saling tertutup. bila berupa lembah/ bukit. SIFAT & KARAKTERISTIK GARIS KONTUR Karakteristik Garis Kontur :  Setiap garis kontur hanya merupakan satu elevasi yang tertentu.  Garis kontur yang elevasinya berbeda.

. 3. interval kontur kecil atau sebaliknya.5/0. Skala Peta : bila skala peta besar. Interval kontur ditetapkan dengan pertimbangan : 1. Topografi dari peta daerah yang diperlukan apabila daerahnya kecil maka intervalnya kecil begitu juga sebaliknya. maka intervalnya dibuat sekecil mungkin. 2. Urgenci Peta : bila peta yang disebut nantinya untuk pekerjaan penting dimana diperlukan ketelitian yang cukup tinggi.25 meter. misalnya 0.

a) PEMAKAIAN GARIS KONTUR Dalam bidang teknik sipil (perencanaan) peta topografi digunakan untuk :  Proyek jalan. volume profil dari permukaan bumi  Menghitung  Menggambar . saluran air. drainase. dll.C. kanal.

b) PEMAKAIAN GARIS KONTUR 3 metode yang digunakan untuk menentukan garis kontur yaitu : 1.C. Metode tak langsung : dengan metode ini ketinggian tanah diambil secara acak. interval yang diinginkan didapat dengan cara interpolasi. jarakditentukan dengan jarak optis yaitu : (Ba – Bb x 100) 2. . Metode langsung : ketinggian yang diinginkan langsung ditentukan dilapangan dengan bantuan alat sifat datar/ waterpass.

PEMAKAIAN GARIS KONTUR Metode kotak : metode ini sangat sesuai untuk pekerjaan dimana medannya relatif datar dan terbuka. 3. Elevasi suatu titik ditentukan terhadap bidang permukaan persamaan tersebut adalah bidang nivo yang berhimpit dengan bidang permukaan laut aatau bidang gedoid/ mean sea level.C. . Penggambaran garis kontur ditentukan oleh elevasi titik yang bersangkutan pada pelaksanaan di lapangan.

Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful