You are on page 1of 6

HAM

Pengertian adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa Kuasa dan merupakan anugrah-Nya yang wajib dihormati ,dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara , hukum, pemerintah, dan setiap orang , demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia (pasal 1 ayat 1 uu no.39 tahun 1999 tentang HAM dan uu no. 26 tahun 2000 tentang pengadilan HAM. Pelanggaran Hak Asasi Manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat Negara baik sengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi , membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang yang dijamin oleh undang-undang , dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hokum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku (pasal 1 ayat 6 uu no. 39 tahun 1999 tentang HAM ) Pengadilan Hak Asasi Manusia UU No. 26 tahun 2000 adalah Pengadilan khusus terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia yang berat . pelanggaran HAM yang berat diperiksa dan diputuskan oleh Pengadilan HAM meliputi : - Kejahatan Genosida (Pembunuhan besar-besaran) - Kejahatan tehadap kemanusiaan Kejahatan Genosida adalah setiap perbuatan yang dilakukakan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras ,kelompokk etnis , kelompok agama , dengan cara ; - Membunuh anggota kelompok - Mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok - Menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagaiannya - Memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran didalam kelompok - Atau memindahkan secara paksa anak anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain Kejahatan terhadap manusia adalah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagaimana dari serangan yang tersebut ditunjukan secara langsung terhadap penduduk sipil, berupa : Pembunuhan,pemusnahan ,perbudakan, pengusiran, atau pemindahan penduduk secara paksa , perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenag-wenang yang melanggar (asas-asas ) ketentuan pokok hukum internasional : penyiksaan,perbudakan seksual, perkosaan, pelacuran secara paksa pemaksaan kehamilan ,pemandulan, atau sterilisasi secara paksa atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lainnya yang setara penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik , ras kebangsaan, etnis, budaya , agama, jenis kelamin, atau alas an lain yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hokum internasional, penghilangan orang secara paksa, atau kejahatan apartheid.

Ciri Pokok dari Hakekat Hak Asasi manusia : 1. HAM berlaku untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin, asal usul , ras, agama, etnik, dan pandangan politik 2. HAM tidak perlu dibeli atau pun diwarisi (HAM adalah bagian dari manusia secara otomatis ) 3. HAM tidak boleh dilanggar Pembagian Bidang , Jenis , dan Macam Hak Asasi Manusia Dunia 1. Hak Asai Pribadi / Personal Right - Hak kebebasan (kemerdekaan ) untuk bergerak, berpergiaan berpindah-pindah tempat - Hak kebebasan mengeluarkan atau menyatakan pendapat - Hak kebebasan memilih dan aktif di organisasi atau perkumpulan - Hak kebebasan untuk memilih , memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini masing-masing 2. Hak Aasi Politik / Political Right - Hak untuk memilih dan dipilih dalm suatu pemilihab - Hak ikut serta dalam kegiatab pemerintah/diakui sebagai warga Negara - Hak membuat dab mendirikan parpol / partai politik dan organisai politik lainnya - Hak untuk membuat dan mengajukan suatuusulan petisi (berserikat dan berkumpul) 3. Hak Asasi Hokum / Legal Equqlity Right - Hak mendapatkan pengakuan yang sama dalm hokum dan pemerintahan - Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil / PNS - Hak mendapat layanan dan perlindungan hukum 4. Hak Asasi Ekonomi / Property Right - Hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli/ bekerja - Hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak - Hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa ,hutang piutang, dll - Hak memiliki dan mendapatkan pekerjaan yang layak 5. Hak Asasi Pengadilan / Procedural Right - Hak mendapt pembelaan hokum dipengadilan - Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan, penangkapan, penahanan dan penyidikan di mata hukum 6. Hak Asasi Sosial Budaya / Social Culture Right - Hak menentukan , memilih, dan mendapatkan pendidikan - Hak mendapat pengajaran - Hak untuk mengembangkan budaya/berekspresi yang sesuai dengan bakat dan minat - Hak mendapat santunan - Hak pension Adapun Hak Asasi Manusia yang diterapkan dalam Bab X A Undang-Undang Dasar 1945 Adalah sebagai berikut: Hak untuk hidup dan mempertahankan hidup dan kehidupannya (pasal 28 A)

Hak untuk membentuk keluarga danmembentuk keturunan melalui perkawinan yang syah (pasal 28 B ayat 1) Hak anak untuk kelangsungan hidup,tumbuh , dan berkembang serta hak atas perlindungan dari kekerasan dan deskriminasi (pasal 28 B ayat 2) Hak untuk mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasar (pasal 28 C ayat 1) Hak untuk mendapatkan pendidikan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni , dan budaya (pasal 28 C ayat 1) Hak untuk mengajukan diri dalam memperjuangakan haknya secara kolektif (pasal 28 C ayat 2) Hak atas pengakuan , jaminan perlindunagan dan kepastian hukum yang adil dan perlakuan yang sama di depan hukum (pasal 28 D ayat 1) Hak untuk bekerja dan mendapatkan imbalan serta perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja (pasal 28 D ayat 3) Hak untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan (pasal 28 D ayat 3) Hak atas status kewarganegaraan (pasal 28 D ayat 4) Hak kebebasan untuk memeluk agama dan beribadah menurut agamanya (pasal 28 E ayat 1) Hak memilih pekerjaan (pasal 28 E ayat 1) Hak memilih kewarganegaraan (pasal 28 E ayat 1) Hak memilihh tempat tinggal di wilayah Negara dan meninggalkannya, serta berhak untuk kembali (pasal 28 E ayat 1) Hak kebebasan untuk meyakini kepercayaan,menyatakan pikiran dan sikap sesuai hati nurani (pasal 28 E ayat 2) Hak kebebasan untuk berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat (pasal 28 E ayat 3) Hak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi (pasal 28 F) Hak atas perlindungan diri pribadi , keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda (pasal 28 G ayat 1) Hak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman kekuatan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi manusia (pasal 28 G ayat 1) Hak untuk bebas dari penyiksaan (torture) dan perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia (pasal 28 G ayat 2) Hak untuk hidup sejahtera lahir dan batin , bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat (pasal 28 H ayat 1) Hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan (pasal 28 H ayat 1) Hak untuk mendapatkan kemudahan dan perlakuan khusus guna mencapai persamaan dan keadilan (pasal 28 H ayat 2) Hak atas jaminan sosial (pasal 28 H ayat 3) Hak atas milik pribadi yang tidak boleh diambil alih sewenag-wenang oleh siapapun (pasal 28 H ayat 4) Hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut (retroaktif) (pasal 28 I ayat 1) Shak untuk kebebasan dari perlakuan diskriminasi atas dasar apapun dan berhak mendapat perlindungan dari perlakuan disriminatif tersebut (pasal 28 I ayat 2) Hak atas identitas budaya dan hak masyarakat tradisional (pasal 28 I ayat 3)

A. Pelanggaran Hak Asasi Manusia B. Pengadilan Hak Asasi Manusia UU No. 26 tahun 2000 adalah pengadilan khusus terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia yang berat Pelanggaran HAM yang berat diperiksa dan diputus oleh pengadilan HAM meliputi : 1. Kejahatan genosida 2. Kejahatan terhadap manusia PERKEMBANGAN HAK ASASI MANUSIA Secara umun dunia internasional pembidangan Hak Asasi Manusia mencakup 3 generasi : Hak hak tersebut bersifat individual dan kolektif 1. Hak hak Sipil dan Politik (Generasi I) Hak hak bidang Sipil mencakup : - Hak untuk menentukan nasib sendiri - Hak untuk hidup - Hak untuk tidak di hukum mati - Hak untuk tidak disiksa - Hak untuk tidak ditahan sewenang-wenang - Hak atas peradilan yang adil Hak hak bidang Politik antara lain : - Hak untuk menyampaikan pendapat - Hak untuk berkumpul dan berserikat - Hak untuk mendapat persamaan perlakuan di depan hukum - Hak untuk memilih dan dipilih 2. Hak hak Sosial, Ekonomi, dan Budaya (Generasi II) Hak hak bidang Sosial dan Ekonomi, antara lain : - Hak untuk bekerja - Hak untuk mendapat upah yang samaa - Hak untuk tidak dipaksa bekerja - Hak untuk cuti - Hak untuk makan - Hak untuk perumahan - Hak untuk kesehatan - Hak untuk pendidikan Hak hak bidang Budaya, antara lain : - Hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan kebudayaan - Hak untuk menikmati kemajuan ilmu pengetahuan - Hak utuk memperoleh perlindungan atas hasil karya cipta (hak cipta)

3. Hak Perdamaian & Pembangunan (Generasi III) - Hak untuk memperoleh perumahan yang layak - Hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang memadai - Hak untuk memperoleh lingkungan hidup yang sehat - Hak bebas dari ancaman musuh - Hak setiap bangsa untuk merdeka - Hak sederajat dengan bangsa lain & mendapat kedamaian PENGAKUAN HAM oleh PBB 10 Des 1948 (hari HAM) Naskah Universal Declaration of Human Rights Pernyataan sedunia tentang Hak hak Asasi Manusia Isi pokok deklarasi itu tertuang dalam pasal 1 : Sekalian orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak hak yang sama. Mereka dikaruniai akal dan budi, dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan Pengakuan Bangsa Indonesia akan HAM A. Pembukaan UUD 1945 Alinea Pertama Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalh hak segala bangsa (BI mengakui hak untuk merdeka/bebas) B. Pembukaan UUD 1945 Alinea Keempat Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintahan (sila kedua merupakan landasan idil) C. Batang tubuh UUD 45 Pasal 27 34 UUD 45 ( hak bidang politik, ekonomi, sosial, dan kebudayaan) Pasal 28 A-J UUD 45 (rumusan baru tentang HAM hasil amandemen pertama tahun 1999) D. Ketetapan MPR MPR No. XVII/MPR/1998 (telah dicabut berdasarkan ketetapan MPR No. I/MPR/2003 Macam- macam HAM yang tercantum dalam ketetapan ini: 1. Hak untuk hidup 2. Hak untuk berkeluargaa dan melanjutkan keturunan 3. Hak keadilan 4. Hak kemerdekaan 5. Hak atas kebebasan informasi 6. Hak keamanan 7. Hak kesejahteraan 8. Perlindungan dan kemajuan E. Peraturan Perundang Undangan UU No. 39 tahun 1999

Hak hak yang tercantum dalam Undang- Undang No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia terdiri dari : 1. Hak berkeluarga (pasal 10) 2. Hak untuk hidup (pasal 4) 3. Hak mengembangkan diri (pasal 11, 12, 13, 14, 15, 16) 4. Hak memperoleh keadilan (pasal 17, 18 ,19) 5. Hak atas kebebasan pribadi (pasal 20 27) 6. Hak atas rasa aman (pasal 28 35) 7. Hak atas kesejahteraan (pasal 36 42) 8. Hak turut serta dalam pemerintahan (pasal 43 44) 9. Hak wanita (pasal 45 51) 10. Hak anak (pasal 52 66)