ADMINISTRASI KESEHATAN CAKUPAN RENDAH PROGRAM PUSKESMAS

Kelompok D2
John Hendry Brian Angelo Soekamto Jefry Hanensi Bangar P.T Siagian Ardian Pratama Ellen Seprilia Sujiman Anastasia Anggraeni Ricardo Rusli Maria Jane N.A. Mandagie Indrinata Sunalia M. Shafiee Bin Baharudin 102007028 102008188 102008189 102009331 102010015 102010105 102010151 102010202 102010304 102010323 102010391

SKENARIO 3

Dokter T sudah bertugas di Puskesmas sekitar 6 bulan. Ia mengadakan lokakarya mini puskesmas dan mendapatkan data cakupan imunisasi dasar, peserta baru KB, ANC, dan DHF belum mencapai hasil yang diharapkan. Ia mempunyai 1 orang dokter gigi, 3 orang perawat, 1 orang sanitarian dan 3 orang petugas administrasi. Wilayahnya mencakup kecamatan dengan populasi 30 000 jiwa. Sebagian besar transportasi dilakukan dengan perahu motor, motor, dan jalan kaki. Penduduk mempunyai kebiasaan membuang sampah disungai. Masyarakatnya masih menganggap KB itu tabu. Kader hanya sedikit yang aktif. Sumber dana puskesmas dari dinas kesehatan masih kurang dan sering terlambat padahal pemasukan dari retribusi karcis tidak banyak. Dokter A merencanakan untuk mengevaluasi dan meningkatkan cakupan program dengan bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat setempat

IDENTIFIKASI ISTILAH  Tidak ada .

RUMUSAN MASALAH  Cakupan rendah program puskesmas .

PUSKESMAS Suatu organisasi yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat  Promotive  Preventive  Kurative  Rehabilitative  .

000/puskesmas  .WILAYAH KERJA Biasanya meliputi 1 kecamatan atau setengah kecamatan  Rata-rata penduduk 30.000/puskesmas  Dibantu puskesmas keliling dan puskesmas pembantu  Di ibukota bisa 150.

FUNGSI PUSKESMAS  Pusat pembangunan kesehatan masyarakat Membina peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan kemampuan hidup sehat Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat   .

regional dan global  Upaya kesehatan pengembangan  berdasarkan permasalahan yg ditemukan di masy.  .UPAYA KESEHATAN POKOK Upaya kesehatan wajib  ditetapkan oleh komite nasional.

UPAYA KESEHATAN WAJIB Upaya promosi kesehatan  Upaya kesehatan lingkungan  Upaya KIA dan KB  Upaya perbaikan gizi masyarakat  Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular  Upaya pengobatan  .

UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN UKS  Upaya kesehatan olahraga  Upaya perawatan kesehatan masyarakan  Upaya kesehatan kerja  Upaya kesehatan gigi dan mulut  Upaya kesehatan jiwa  Upaya kesehatan mata  Upaya kesehatan lanjut usia  Upaya pembinaan obat tradisional  .

.

PERANAN DOKTER PUSKESMAS  Sebagai seorang dokter Sebagai seorang manager   Sebagai tenaga ahli dan pendamping camat .

SISTEM  Elemen-elemen yang saling berhubungan oleh suatu proses atau suatu struktur dan berfungsi sebagai satu kesatuan organisasi salam upaya menghasilkan sesuatu yang telah ditetapkan .

UNSUR SISTEM .

MASUKAN Untuk mencapai tujuan yg telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools)  tenaga (man)  dana (money)  sarana (material)  marketing  machinery  metoda (method). .

PROSES  Planning Organizing   Actuating Controlling  .

KELUARAN  Kumpulan bagian atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam system dari kegiatan .

Biasa terlihat beberapa lama setelah kegiatan  .DAMPAK  Langsung Hasilnya langsung terlihat setelah kegiatan selesai Tidak Langsung Hasilnya tidak langsung terlihat.

UMPAN BALIK       Adanya pencatatan dan pelaporan Sesuai dengan waktu yang ditetapkan Masukan dalam program selanjutnya Rapat kerja (berapa kali/tahun) antara kepala puskesmas dengan pelaksana unit untuk: Membahas laporan kegiatan bulanan Evaluasi program yang telah dilakukan .

LINGKUNGAN Fisik  sumber atau saran air bersih. transportasi. dan lain sebagainya Non fisik  biologis. sosial budaya serta ekonomi . perumahan. limbah rumah tangga atau industri. sarana komunikasi.

EVALUASI DENGAN PENDEKATAN SISTEM Penilaian yang bisa dilakukan pada tahap awal. tahap pelaksanaan dan akhir program -formative evaluation -promotive evaluation -summative evaluation  .

LOKAKARYA MINI Penerapan manajemen pergerakan pelaksanaan dilakukan melalui forum pertemuan  Ruang Lingkup  Lintas Program (untuk memantau pelaksanaan kegiatan )  Lintas Sektoral (untuk meningkatkan peran serta masyarakat  .

pengkoordinasian juga harus dilakukan dengan baik. . harus ditentukan target dan tujuan agar dapat berjalan dengan baik. Setelah pelaksanaan.KESIMPULAN  Dalam menjalankan suatu program yang diadakan puskesmas. harus dilakukan evaluasi dan analisis-analisis masalah.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful