Home » Lifestyle & Relationship » Point of View » Review

Cicip Sebelum Langka: 5 Makanan Khas Jakarta Yang Nyaris Punah
0 SYARAHSMANDA SUGIARTOPUTRI Posted on 21 June 2013 Sambut ulang tahun Jakarta, yuk coba ingat-ingat lagi, kuliner apa yang paling kamu kangenin dari Ibukota. Bisa jadi makanan favoritmu adalah kuliner yang saat ini sudah jarang bisa ditemui, seperti beberapa deret makanan berikut.

Asinan Betawi Nah, ini salah satu makanan yang paling dicari dan dirindukan oleh masyarakat Jakarta, khususnya kita para perempuan. Kesegaran campuran antara berbagai sayuran mentah, sawi asin, ptongan tahu mentah, dan kerupuk kuning dengan siraman bumbu kacang rasanya nggak akan pernah membuat kita bosan berkali-kali mencicipi makanan yang satu ini. Namun, sayang sekarang Asinan Betawi sudah jarang bisa ditemui. Di era 90-an, Asinan Betawi masih cukup mudah untuk diburu karena masih banyaknya orang yang menjajakan makanan yang identik dengan kerupuk kuning atau yang sering disebut dengan kerupuk mi ini. Pasti kangen kan dengan kesegaran dan rasa khas Asinan Betawi?

Jika Kue Pukis memiliki rasa manis maka Kue Pancong berasa gurih dengan sensasi parutan kelapa di dalamnya ketika dimakan. Kue Pancong ini sudah sulit ditemui. Yang membedakan kedua kue ini adalah rasa dan bahannya. kuliner apa yang paling kamu kangenin dari Ibukota. Bisa jadi makanan favoritmu adalah kuliner yang saat ini sudah jarang bisa ditemui. seperti beberapa deret makanan berikut.Kue Pancong Sepintas. penampilan Kue Pancong hampir sama dengan Kue Pukis. jika beruntung. yuk coba ingat-ingat lagi. semua tergantung selera. Dengan atau tanpa gula pasir. Home » Lifestyle & Relationship » Point of View » Review Cicip Sebelum Langka: 5 Makanan Khas Jakarta Yang Nyaris Punah 0 SYARAHSMANDA SUGIARTOPUTRI Posted on 21 June 2013 Sambut ulang tahun Jakarta. Untuk mereka yang ingin mendapatkan rasa manis. . Sama seperti Asinan Betawi. biasanya Kue Pancong dimakan dengan dibubuhkan gula pasir di atasnya. kamu akan menemukan si tukang Kue Pancong ini pada pagi hari. Jika kamu salah satu pengguna Transjakarta dan biasa melewati Halte Transjakarta Dukuh Atas 2.

Bentuk Kue Rangi hampir sama seperti Kue Pancong dan Kue Pukis. sekarang. Kue Rangi dimasak di atas kayu bakar. Justru inilah yang membuat Kue Rangi memiliki bau dan rasa khas. Ketika Kue Rangi dibakar di . biasanya dinikmati dengan menggunakan gula merah cair kental di atasnya.Kembang Goyang Bahkan. kalau kamu penasaran dengan kue yang satu ini. Aroma kayu bakar seolah menyatu ke dalam Kue Rangi ketika disajikan. Nah. Dibuat dari tepung beras. kue kering ini disebut Kembang Goyang karena ketika akan digoreng. coba bertamu ke tempat kerabat keturunan Betawi (asli). Nah. ketika Hari Raya Idul Fitri nanti. kue dengan rasa yang tidak terlalu manis dan renyah ini sudah sulit ditemukan di toko kue kering. Makanan lain yang sama sulitnya ditemukan adalah Kembang Goyang. cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas agar adonan terlepas dari cetakan. Karena biasanya mereka masih menyajikan kue ini saat Lebaran. tapi penjaja Kue Rangi seperti sudah menghilang dari Jakarta. Mungkin hanya mereka warga keturunan Betawi (asli) yang masih bisa membuat camilan ini. namun penampilannya lebih ramping mengingat bahan Kue Rangi tidak menggunakan telur atau tepung sedikitpun. tidak semua orang keturunan Betawi tahu dan pernah mencicipi kue yang satu ini. Kue yang didominasi parutan kelapa dengan tekstur kenyal ini. Kue Rangi Bukan lagi jarang.

Sayur Babanci Jangan mengaku orang Betawi kalau belum pernah mencicipi sayur yang satu ini. sama seperti Kembang Goyang. sayur ini disebut Babanci karena memang segala macam sayuran juga terdapat di dalamnya. Ya. Padahal rasa sayur yang kaya akan rempah-rempah dan gurih. menurut saya. antara rasa kari atau sekadar sayur santan biasa.” ujar Desy. Hanya orang Betawi (asli) yang masih tahu bentuk dan rasa Sayur Babanci. rasanya hanya orang keturunan Betaw (asli) yang masih bisa membuatnya. bahkan (nyaris) tidak ada restoran yang menyajikan sayur ini. Karyawan. Di restoran? Rasanya sangat jarang. Selain itu. “Disebut Sayur Babanci karena hampir jenis bumbu ada dalam sayur ini sehingga rasanya tidak jelas. sangat menggugah selera makan dan membuat makanan ini wajib untuk dicoba oleh semua penggila kuliner.atas kompor. 30. aroma khas kue ini justru menghilang dan malah memengaruhi cita rasa kue. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful