Teori Asal- Usul tenbentuknya Negara Teori asal- usul terbentuknya negara terbag i atas tiga bagian: Teori

yang bersifat ketuhanan Teori yang didasari oleh kekua tan perjanjian sosial ( social Contract ). Teori yang bersifat ketuhanan merupak an teori tertua dari asal- usul kenegaraan. Teori ini menjadi kepercayaan sebagi an besar komunitas seperti, Mesir, Babilonia, India, Yahudi dan Masyarakat perte ngahan negara Eropa. Merujuk pada perjanjian terdahulu bahwa Tuhan adalah sumber kekuatan dari negara. Bangsa Yahudi percaya bahwa Tuhanlah yang menetapkan seor ang raja, ia diturunkan untuk memimpin sekaligus memberantas peraturan- peratura n dhalim.Kaum Yahudi yakin bahwa raja merupakan wakilnya Tuhan dan ia diamanatka n tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Di India teori ini berlaku dan diperca ya dalam kisah Mahabhrata dimana dunia telah menjadi negara berbentuk anarki, di masa itu masyarakat India memohon kepada Tuhan mereka untuk diturunkan seorang p emimpin. Mereka berdoâ a wahai Tuhan kami, sungguh kami akan binasa bila negara ini t idak terlahir seorang pemimpin, turunkanlah kepada kami seorang pemimpin, dimana ia bisa membawa kami tenang dalam ibadah, dan melindungi kami dari kedhaliman. Maka Tuhan menurunkan Manu sebagai pemimpin mereka. Akan tetapi sebagian besar perjanjian yang berhasil diatas ditemukan didalam tul isan bapak gereja pertama. St. Paul menyatakan: serahkanlah jiwa untuk tunduk ke pada yang memiliki kekuatan tak tertandingi, tidak ada kekuatan yang tinggi kecu ali Tuhan: dimana segala kekuatan bersumber dariNYA. Dari teori diataslah timbul keyakinan bahwa siapapun yang menentang kekuatan raja, maka dia telah melawan p eraturan Tuhan, dan mereka pembangkang akan menerima kutukan atas perlawanannya. Pendeta Kristen percaya bahwa manusia pada dasarnya tidak berdosa, dimasa ini n egara tidak diperlukan. Akan tetapi tatkala manusia kehilangan dasarnya, maka ne gara dibutuhkan untuk mencegah hal- hal yang fatal. Jadi menurut teori ini Tuhan lah yang menciptakan negara, maka negara merupakan kekuatan bersifat ketuhanan y akni untuk memperbaiki kejahatan manusia.

Teori ini berbasis dalam dasar pikiran psikologis dimana sifat manusia itu agre sip. menjadi penghasut bersama para pemimpinnya menuju jalan i blis. Disisi lain id e Leacock tentang teori ini: pengertian menurut â . Op penheimer dan Jenks merupakan ahli Filsafat dimasa modern dimana mereka memegang dan menyokong teori ini. dan dekat dengan se gala bentuk kejahatan. Tatkala konser kebulatan hati seb agian besar merupakan syarat dan dimana kekacauan harta benda merusak dengan pan tas sebagian besar perasaan. D. apakah mungkin kekuasaan pertama seseorang terhadap orang banyak selama perang dinegara tersebut masih berlaku. Sifat ini membawa manusia meronta terus. dia mengatakan. D. Raja bukan saja utusan Tuhan yang ma na diberikan tahta.menerus untuk meraih kekuasaan. Hume mengungkapkan pandangan yang serupa. o leh karena itu kekuatan kekuatan adalah dasarnya negara. King James I mengatakan bahwa raja negara adalah s ebagian besar orang yang mulia didunia ini.pemimpin mereka yang membawa mereka dari permulaan. bisa dianggap menjaga harga diri.raj a atau pemimpin. Intisari dari teori ini adalahâ â perang untuk menjadi raja â 1080 Pope Gregory VII menulis: barangsiapa yang tidak mengetahui bahwa raja. Menurut teori ini nega ra muncul terbentuk dari salah satu akibat penaklukan kaum lemah oleh kaum kuat. buta yang diseba bkan oleh ketamakan dan kesombongan yang tak tertahankan.pura.menerus menjadi kebiasaan dimana kebi adaban diantara manusia membiasakan masyarakat kepada ketundukan. dan berpura. Sir Robert Filmer dalam Patria rchanya tertulis: Adam adalah raja pertama didunia ini.Ada beberapa pendapat yang menguatkan teori diatas: Martin Luther berpendapat ba hwa pangeran diseluruh dunia ini merupakan Tuhan. maka raja selanjutnya di anggap sebagai ahli warisnya. dimana keunggulan keberanian dan mengetahui kej eniusan dirinya sendiri sebagian besar nampak. Sifat dasar agresip inilah membawa naluri manusia bangkit dan membentuk institusi negara. secara terus. Jean bodin. hume. kekerasan . pembunuhan . Pada abad 18. da n dari sifat ini pula mendorong kaum kuat untuk menjajah kaum lemah. akan tetapi karna dekatnya dirinya dengan Tuhan mereka juga diaggap sebagai Tuhan. kepercayaan yang jelek. Teori yang didasari oleh kekuatan. dimana para pemimpin tersebut buta dari mengenal tuhan.

E. Negara muncul hidup tatkala penguasa dan pejuang. dimana permulaan negara ditemukan dalam perebutan dan perbudakan dari manusia sendiri. Jenks menjelaskan dengan baik teo ri ini. Dari inilah pe rtumbuhan manusia yang agresip menuju kerajaan dan dari kerajaan sampai kepada k ekaisaran merupakan suatu proses yang lama. . maka tekanan harta untuk hidup j uga bertambah. Penakluk membunuh semua kaum lelaki dan sebagai bukti penaklukan mere ka membawa anak. secara berang sur. Inggris.anak dan wanita Sebagai barang rampasan.angsur peperangan menjadi sebuah seni. maka sifat agresip u ntuk berperang atau menguasai negara tetangga menjadi kebiasaan dengan alasan un tuk memperluas negara. setelah pen guasa tersebut berhasil mendirikan kekusaan diatas kaumnya. Ide. dan pelajaran bagi pejuang. penakluk dan yang ter takluk bergabung bekerja sama guna meraih keuntungan yang baik. pembunuhan dan perampasan yang terus . Skandinavia. Para penaklu k berhenti membunuh.ide diatas merupakan gambaran mengenai suku kerajaan yang tidak bisa dipungkiri seperti. penyerahan diri kaum l emah terhadap kaum kuat. dalam perebutan h ati dan penaklukan kaum lemah dimana dilakukan layaknya kampanye.pejuangnya bersatu membentuk kekuasaan atas suatu wilayah.ide umum terhadap dasar negara berdasarkan teori ini sebagai berikut: ketika populasi bertambah. dia mengatakan: secara histori. dimana mereka tidak berdaya untuk melawan. mereka m uncul menjadi spesialis dalam kesenian.histori bahwa pemerintahan muncul dari agresip manusia. Rusia. Sebab ini mengiring manusia untuk berjuang diantara bermacam bang sa untuk mengkontrol wilayah dan kekayaan lainnya untuk kehidupan. dan beberapa n egara bagian Eropa. Ide. maka gantinya mereka dijadikan budak.menerus. Tidak ada bukti pengabaian kesulitan did alamnya dimana semua komunitas dari perpolitikan modern menerima adanya suatu ke suksesan dari peperangan. pencarian yang diperoleh tidak jauh dari dominasi dirinya dalam kekuatan fisik. Oppenheimer memberi enam tingkat gambaran atas dasar timbuln ya negara: Negara terlahir oleh peperangan.

Hobbes. para pemimpin dan sekelompok pemenang menjadi raja. Locke dan Rousseau. dimana letak perbed aan tersebut memiliki keseragaman dimana negara itu dibentuk oleh manusia dengan jalan perjanjian. dari situ pula mereka berpik ir untuk menyelesaikan bahkan ada juga yang meninggalkannya. dari pertanyaan yang tersebut diatas akan dikupas dengan op ini yang berbeda mereka seperti. mereka menemukan dasar perlengkapan administratip untuk menyudahi perselisiha n dibagian dalam. Locke dan Rousseau. Akan tetap i tidak ada seorangpun perantara dimasa itu maju untuk menyelenggarakan dan memb entuk suatu hukum secara sifat dasar. dimana diterbitkan pada tahun 1651.undang terhadap warganegaranya. sehi ngga diselenggarakan hukum atau undang.78 ) mengemb angkan teori perjanjian sosialnya yang terbit ditahun 1762. dan raja beserta adviser mulai berkuasa. Lazimnya manusia disuatu masa akan menghad api beberapa permasalahan dalam sifat alami negara. Thomas Hobbes ( 15881679 ) seorang pri a Inggris dia mengemukakan idenya dalam Leviathan. dimana asi sten militernya menjadi penasehat. Mereka bukan saja mempela jari untuk hidup bersama. Sifat Dasar atau Sifat Alami Manusia: . Teori yang dike mukakan oleh Hobbes. perjanji an sosial ( social Contract ) Sebagian besar orang terkenal yang menerangkan teo ri ini adalah Hobbes. Memang telah ada masa dimana negara pada saat itu belum muncul terbentuk. dari sinilah mereka bergabung dalam suatu persetujuan dan mulai menciptakan negara. Manusia pada dasarnya mendiami su atu negara secara alami dan mengatur segala kelakuannya sesuai dengan lingkungan yang ada alias mengikuti hukum yang telah terbentuk oleh sifat alam. dan juga tidak ada manusia yang menciptakan hukum.perpaduan lebih lanjut dari penjajah dan yang dijajah. John Locke ( 16321704 ) juga seorang Kelahiran Inggris dia mempersembahka n dua risalat pemerintahan ditahun 1690. akan tetapi juga bersatu untuk menguasai daerah lainny a. Sedangkan Rousseau ( 1712. Locke dan Rousseau: Bagaimana manusia bisa hidup dalam dasa r negara? mengapa jelas mereka meninggalkannya? Siapakah yang terlibat ikut sert a dalam pesta perjanjian? Apa yang menjadi istilah dari perjanjian? Negara apa y ang muncul olehnya?. Hal pokok dari teori perjanjian sosial adalah Negara terbentuk dari manusia dengan memakai teori ini .

Manusia maju beraktifitas tidak didasari oleh int elektual atau pertimbangan akal yang sehat. Menurut Rousseau. Manusia itu ci nta damai dan juga memiliki perasaan respek terhadap keadilan orang lain dan ini natural dalam setiap insan. Menurut Hobbes sifat dasar m anusia itu terkesan egois. Basis umum dari keramahan tidakl ah lahir dari suatu pertimbangan akal yang sehat akan tetapi didorong atau lahir dari perasaan yang halus ataupun naluri. dan simpati terhadap yang lain. namun tidak ada manusia yang sanggup melihat pender itaan orang lain. simpati kebaikan. Pada Dasarnya kelakuan manusia itu ditentukan oleh nafsu untuk mendapat kese nangan dan menjauhi kesakitan.Hobbes memulai analisanya dari sifat dasar manusia. Walaupun m anusia memiliki sifat egois. semangat ke rja sama dan berkorban tidaklah terdapat dalam unsur. sifat dasar manusia itu tercipta atas dua elemen: Naluri menjaga diri. Sedangkan disisi lain Locke's memberikan pandangan yang berbeda dari Hob bes. akan tetapi didasari oleh nafsu yang besar. Locke's tidak sependapat dengan pernyataan dimana pada dasarnya manusia itu egois. cinta. . sifat keramahan. Dia percaya bahwa secara dasar manusia itu makhluk sosial. dan tentu saj a memiliki dorongan untuk hidup bersama layaknya suami dan istri.unsur utama dari sifat das ar. Rousseau tidak percaya bahkan tidak masuk akal kalau manusia m emilki sifat dasar yang sama layaknya binatang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful