PEDOMAN PELAKSANAAN

PEMBERIAN BANTUAN
PENYELENGGARAAN

UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN
BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH (MI), MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) DAN MADRASAH ALIYAH

(MA) TAHUN PELAJARAN 2012t2013
DI LINGKUNGAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR

BIDANG PENDIDI KAN MADRASAH

KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR

Undang-undang No. aman. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Madrasah Tsanawiyah (MTs).MTs.000.SMA/SMK merupakan bagian intergral dari Sistem Pendidikan Nasional. KMA Nomor 373 Tahun 2002 tentang Organisasi dan Tatalaksana Kantor Wilayah Deparlemen Agama Provinsi dan Kantor Depafiemen Agama Kabupaten/Kota 4. (delapan milyard tiga ratus dua belas juta tujuh ratus ribu rupiah) D. Di Jawa Timur jumlah lembaga MI.000.MA (sesuai data EMIS Tahun 2013 mencapai 11. l7 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. di mana rangkaiannya terdapat Ujian Sekolah/Madrasah juga harus dilaksanakan untuk penentuan peserta didik berhasil lulus dalam satuan pendidikannya. Untuk kesuksesan pelaksanaan ujian tersebut dibutuhkan bantuan dana demi terselenggaranya Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang jujur. Jumlah pesefia UAMBN MI. MTs. Kelas IX (Sembilan) dan Kelas XII (Dua belas) sekaligus sebagai peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 201212013 mencapai 366.032 Lembaga.(Lima puluh ribu rupiah) persiswa.SMP.700. yang termasuk kelas MI 1.254 Siswa.MTs 3.254 siswa sehingga alokasi bantuan total sebesar Rp \8. Madrasah Aliyah (MA) yang merupakan pendidikan tingkat dasar dan Menengah. 2.055. Latar Belakang Bahwa keberadaan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ).. PP No. memiliki peran yang sangat besar dalam upaya turut sefia mencerdaskan kehidupan bangsa.972 Dari jumlah VI (enam).312. karena MI. Dasar Hukum 1. Tujuan Bahwa pemberian bantuan kepada MI. Dalam pelaksanaan Ujian Nasional.-. MA 1. Sasaran Adapun sasaran bantuan yang diberikan mencakup keseluruhan siswa pesefia ujian yaitu Rp 50. tertib.415 Lembaga baik negeri maupun swasta.MA dalam menyelenggarakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) bertujuan untuk meningkatkan mutu program pendidikan Dasar dan menengah di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. dengan jumlah siswa 2.undang No.MTs. C. MA yang setingkat jenjang SD. dan sukses hasil. Undang.BAB I FENDAHULUAN A.MA Tahun Pelajaran 201212013 sebanyak 366. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan .081 Lembaga.528 lembaga) Tediri dari siswa tersebut.MTs.

3 tahun 2013 tar'rggal 16 Januari2013 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari satuan pendidikan dan penyelenggaraan Ujian Sekolah Januari 2013 tentang / Madrasah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 201212013 6. DIPA Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2012 tentang Pedoman Nomor: 51331025-04. Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : DT. 3. MTs.0l. Peraturan Mendikbud RI No.I. MA Tahun Pelajaran 201212013 9.MTs.5.VPP.0111512011 tanggal 9 Desember 2011 Kode Program 572111. Siswa mampu mencapai kelulusan dengan Hasil yang memuaskan Sebagai bahan Bagi stakeholder untuk menentukkan arah Nasional Pada Umumnya.lll32l20l3 tanggal}S Pebruari 2013 tentang Perubahan Jadwal UAMBN Tahun 2013 10.2. : MA Tahun Pelajaran 201212013 002llPlBSNPiIi2013 tanggal 29 Januan2073 tentang MI Pelaksanaan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2112013 Tanggal 3 Januari 2013 UAMBN Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Tingkat MI. SMA. Keputusan BSNP Nomor POS Ujian Nasional SD. E. Keputusan BSNP Nomoi: 0020iPlBSNPlIl2013 tanggal 29 POS Ujian Nasional SMP. Terlaksananya Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab yang lancar. 7. / kebijakan selanjutnya dibidang Pendidikan Agama Islam dan bahasa Arab (Khususnya) dan Pendidikan . 8. Hasil yang diharapkan Pemberian bantuan bagi penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab ini diharapkan dapat mencapai hasil antara lain: 1. tertib dan aman 2.

254 siswa MI. Menyerlakan dokumen. KKM MA di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.07 Program Pendidikan Islam. Menyerahkan daftar peserta UAMBN Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasb Arab (sesuai DNT LN) 2. antara lain.MA UAMBN MI. KKM MTs. MTs dan MA kabupaten/kota. Penerima bantuan berkewajiban menyetor pajak sesuai pengeluaran yang dibayarkan berdasarkan peraturan yang berlaku' . 3.41780312013 tanggal 5 Desember 2012. Sub kegiatan: 002. KKM MI.MTs. C. Foto Copy rekening atas nama KKM MI. MAK: 572111 dengan jumlah sasaran 366. KKM MA b.MA 1. Kode Program: 10. KKM MA penerima 1.2. Syarat-syarat Penerima Dana Bantuan Persyaratan yang harus dipenuhi oleh bantuan sebagai berikut. Surat Pemyataan Kesediaan membuat laporan penggunaan dana bantuanl LPJ keuangan (bermaterai 6000).3 Koreksi LJK UAMBN MI. Menyusun Rencana Penggunaan Dana Bantuan sesuai dengan besar bantuan yang diterima ( format terlampir ). Sumber Dana Sumber dana bantuan Ujian bagi MA berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Tahun Anggaran 2013 Nomor:025. Kwitansi penerimaan dana bantuan d. bantuan transport. KKM MA yang menerima adalah sebagai berikut. ATK.MA di Jawa Timur.MA 1. KKM MTs. KKM MTs. a. penggandaary'fotokopi dan cetak naskah/ dokumen. Adapun ketentuan pelaksanaan penyaluran dana bantuan kepada KKM MI.BAB tr PENIYALIIRAN DANA BANTUAN Bahwa dana bantuan akan disalurkan langsung (block grant) kepada KKM MI. A. c.05. B. KKM MTs. melalui rekening bank atas nama Kelompok Kerja Madrasah MI.MTs.1 Sosialisasi UAMBN PAI dan Bahasa Arab pada MI. Peruntukan dana Bantuan Penyelenggaraarr Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab dipergunakan antara lain untuk kegiatan: 1.MTs. Kegiatan: 2729.03.MTs.2 Pelaksanaan Adapun pengeluaran yang bisa dibayarkan adalah untuk belanja operasional yang meliputi konsumsi.

dengan tahapan berikut: a. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melakukan c. Pejabat Pengguna Anggaran menerbitkan SPM yang diajukan ke KPPN Sidoarjo dengan dilampiri ADK SPM.MTs.MTs. pengelompokan rekening bank dan merekapitulasi. Mengumpulkan Foto Copy rekening bank KKM MI.Iawa Timur. Proses penyaluran dana bantuan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan bahasa Arab untuk MI.MTs. Ketua KKM MI. Provinsi Jawa Timur. e.MA dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur ke rekening bank KKM MI. Lembaga penerima bantuan melengkapi Administrasi meliputi.MA/Sub Rayon MTs/MA dan Kasi Mapenda 2.MTs. Prosedur dan Mekanisme Kegiatan Prosedur dan mekanisme kegiatan penyaluran dana bantuan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada MI. KPPN Sidoarjo mengeluarkan SP2D yang ditujukkan kepada bank yang ditunjuk untuk pencairan dana bantuan ke KKM MI.MA sebagai berikut.MTs.MTs.MA (bertindak sebagai pihak pertama/Penerima) menandatangani Berita Acara (BA) penyerahan bantuan dengan pejabat pembuat komitmen (berlindak selaku pihak kedua/yang menyerahkan) antara lain Pejabat Pengguna Anggaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur' b. Menetapkan nama-rlama Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI.MA penerima bantuan dalam bentuk SK Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi .MA menandatangani kwitansi bukti penerimaan bantuan bersama pejabat pembuat komitmen Kantor Wilayah Kementerian Agama 4. d.D. KKM MI.MA penerima bantuan. 1.MTs.MA penerima bantuan.MTs. 3.MTs.MA. a. Ketua Kelompok Kerja Madrasah MI.MTs.MA penerima bantuan dapat mencairkan dana bantuan sesuai dengan rekening yang dimilikinya' . b. Melakukan sosialisasi dan koordinasi program bantuan dengan Kelompok Kerja Madrasah MI.

Laporan pertanggungjawaban dibuat tertulis dan memenuhi standar ketentuan pelaporan. 1. b. Beberapa hal penting yang terkait dengan monitoring dan evaluasi pemberian bantuan sebagai berikut.MTs.MTs. KKM MA penyaluran/realisasi. Bidang Pendidikan Madrasah dan/atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota Cq.MA perlu dilakukan untuk mengukur efektivitas dan efisiensi penyaluran dan pemanfaatan dana mulai dari bank penyaluran. membayar pajak yang dibuktikan dengan setoran pajak. Segala kewajiban yang harus ditanggung oleh KKM MI.MTs.MA: Pemanfaatan dana bantuan yang diterima KKM MI. Hambatan/Kendala yang dihadapi dalam merealisasikan dana bantuan serta alternatif pemecahannya untuk program sejenis yang akan datang.MTs. EVAIUASI DAN PELAPORAN A. 2011919031002 .MA sesuai dengan dan dievaluasi dari dana bantuan tuj uan pemberian bantuan. Penutup Melalui pedoman pelaksanaan ini diharapkan akan terjadi kesamaan persepsi dan pemahaman tentang prosedur dan tala laksana pemberian dana bantuan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab serta tahapan-tahapan perencanaan/program. bagi KKM MI. Hasil monitoring dan evaluasi yang disusun akan didokumentasikan oleh Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota untuk dilaporkan pada Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Monitoring evaluasi (MONEV) dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Cq. evaluasi program dan pelaporan hasil penyaluran dana bantuan. KKM MTs. B.MA penerima bantuan telah terpenuhi. Kasi Pendidikan Madrasah untuk memantau realisasi penggunaan dana bantuan' 2.BAB Itr MONTIORING. bank penerima dan sampai ke KKM MI.Pelaporan Laporan pelaksanaan program dana bantuan dibuat dengan ketentuan berikut: a. l. MI.MTs. braya kwitansi bermaterai 2.Monitoring dan Evaluasi Monitoring dan evaluasi bantuan Ujian Akhir Madrasah berstandar Nasional (UAMBN) PAI dan Bahasa Arab pada MI. Komponen yang dimonitor a. seperti. 3. b. MA penerima bantuan. C.

BAB II PENYALURAN DANA BANTUAN BAGI PENYELENGGARAAN UAMBN BAGI MADRASAH ALIYAH A. MONITORING. EVALUASI DAN PELAPORAN A. Prosedur dan Mekanisme Kegiatan 3.r Format terlampir: DAFTAR ISI 1. PENDAHULUAN A. Dasar Hukum E. Syarat-syarat Penerima Dana Bantuan D. BAB III. BAB I. Penutup dan Evaluasi . Peruntukan Dana C. Tujuan C. Sasaran D. B. Pelaporan C... Sumber Dana . Monitoring B. Hasil yang dihffapkan 2.Latar Belakang B.