PENGERTIAN Termostat adalah alat untuk mengatur suhu agar selalu tetap.

Prinsip alat ini adalah (pengatur). Termostat banyak dipakai pada alat-alat seperti lemari es, setrika listrik, tungku masak, alat penetas telur, incubator (tempat menyimpan bayi yang sakit), dan pemanas air mandi. Contoh termostat adalah termostat bimetal. Sewaktu ruangan masih dingin, keping bimetal lurus, kontak terhubung dengan arus listrik. Ketika suhu ruang panas (suhu tertentu), keping bimetal melengkung dan akan memisahkan kontak, kemudian memutuskan aliran listrik. Jadi, termostat mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan saklar otomatis.

FUNGSI Fungsi thermostat adalah sebagai valve/katup dimana kalo mesin panas maka thermostat akan ngebuka dan mengalirkan sirkulasi air yang panas menuju radiator untuk didinginkan dan dikembalikan lagi ke mesin sehingga suhu mesin turun dan optimal.

TUJUAN Tujuan keberadaan thermostat ini adalah untuk mengusahakan mesin bekerja pada suhu ideal 80-90ºC. Pada saat mesin dingin misalnya pada pagi hari,.. sirkulasi air ditahan oleh oleh thermostat sehingga ‘manteng’ di sekitar blok mesin hingga air tersebut panas akibat panas ruang bakar. Tujuan memblokir sirkulasi tersebut adalah supaya mesin cepat mencapai suhu idealnya (80-90ºC). Ketika mencapai suhu ideal tersebut, kemudian thermostat mulai membuka sehingga air bersirkulasi sempurna, dan suhu mesin tidak melebihi 80-90ºC.

Dikerjakan Oleh Bagus Adhi Filipus Randika Regisya Majid

: