Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu

UKM P3M Universitas Bengkulu, present....

“Buku Pedoman”
PESTA KARYA MAHASISWA 2013

Ciptakan Generasi Profesional Raih Indonesia Emas 2020

1

Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu

Ciptakan Generasi Profesional, Raih Indonesia Emas 2020

2

Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu

Kata Pengantar

Bismillah Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan karunia, nikmat, dan rahmat-Nya kepada seluruh umat manusia. Shalawat beriring salam senantiasa tercurahkan kepada sebaik-baik pemimpin, Baginda Rasul Muhammad SAW, Allahuma solli’ala Muhammad, wa ala ali Muhammad. Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (UKM-P3M) adalah UKM yang memiliki konsen penuh terhadap Sumber Daya Mahasiswa Universitas Bengkulu. Berbagai program pelatihan baik yang bersifat akademis maupun nonakademis digelar dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. Dalam rangka memperingati P3M Anniversery yang ke 13, maka UKM P3M insya Allah akan menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Pesta Karya Mahasiswa 2013”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas penalaran di tingkat pelajar dan mahasiswa, bekerja sama dengan Media Cendekia. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan atas cita-cita dasar generasi muda Bengkulu untuk memperkenalkan P3M di ranah nasional. Buku pedoman ini dibuat untuk merangkum seluruh kegiatan yang ada dalam rangkaian Pesta Karya Mahasiswa 2013. Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat berprestasi dan partisipasi dari segenap generasi muda bangsa. Tidak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan Buku Pedoman dan Kegiatan ini. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari anda sangat kami butuhkan untuk memperbaiki kualitas kegiatan ini di masa yang akan datang.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tim Pelaksana

Ciptakan Generasi Profesional, Raih Indonesia Emas 2020

3

Pendahuluan Pesta Karya Mahasiwa adalah serangkaian kegiatan kompetisi dan pelatihan di tingkat pelajar se-Provinsi Bengkulu. para finalis Pesta Karya Mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti Napak Tilas Jejak Bung Karno . Kota Wisata. Tema Kegiatan “Pesta Karya Mahasiswa 2013” ini bertema “Ciptakan Generasi Profesional. Dari kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengenal Provinsi Bengkulu lebih jauh. dan beberapa kompetisi lain yang dijabarkan dalam buku pedoman ini. Untuk klaster mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun UKM P3M. berkeliling di Bengkulu. Sedangkan untuk klaster pelajar/siswa. dan berlangsung selama Bulan Oktober 2013. diselenggarakan Lomba Karya Tulis Spesifik Profesi Tingkat Nasional (KTSP Nasional) dan Seminar Nasional. dan Mahasiswa se-Indonesia. Selain itu. Kompetisi yang dilaksanakan terdiri dari dua jenis. Raih Indonesia Emas 2020” Ciptakan Generasi Profesional. yaitu 1) Klaster Mahasiswa dan 2) Klaster Siswa. dan mempererat kesatuan dan persatuan antar pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Raih Indonesia Emas 2020 4 . 2.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu 1  Pendahuluan  Tema  Kriteria Kegiatan Pesta Karya Mahasiswa  Karakteristik Umum Pesta Karya Mahasiswa UKM P3M Unib 1. dilaksanakan P3M – Award. Lomba Menulis Cerpen.

Seluruh FINALIS akan mengikuti rangkaian kegiatan unjuk bakat dan kemampuannya. Pengenalan Aset Bangsa Ciptakan Generasi Profesional. sopan. Peserta terbaik akan dinobatkan sebagai Duta Peneliti Remaja Bengkulu 2013 Lomba Penyeleksian 6 cerpen Menulis terbaik yang berhak Cerpen mengikuti Sang Perabu Scientist Camp dan Seminar Nasional Creative Pengumpulan dan Video Penyeleksian Video Competition Terkreatif dan Pemenang berhak mengikuti Sang Perabu Scientist Camp dan Seminar Sesuai Diploma. Kriteria Pesta Karya Mahasiswa (PKM) UKM P3M Kriteria Jenis Materi Strata Kegiatan Inti Kegiatan Kegiatan Pendidikan Seminar Penyampaian Materi Road to Umum Nasional Pembicara Nasional Golden Indonesia 2020 Jumlah Anggota - Luaran Kesadaran membangun bangsa. Raih Indonesia Emas 2020 5 . Penulisan Ilmiah dan Sains SMA/MA/SM K/se-Derajat (Finalis yang lolos seleksi berkas) Individu Calon-Calon Ilmuwan yang berkarakter profesional Napak Tilas Kunjungan ke lokasi Jejak Bung wisata yang bersejarah Karno di Kota Bengkulu Wisata Ilmiah Seluruh finalis (Pelajar dan Mahasiswa) anggota dan pengurus Keseluruh an Studi Ilmiah. Sains dan Penulisan Ilmiah Individu atau Kelompok maksimal 3 orang Individu CV. menuju Indonesia Emas 2020 Karya Tulis Ilmiah KTSP Nasional Seleksi berkas peserta karya tulis ilmiah dan dilanjutkan dengan presentasi karya di Universitas Bengkulu P3M Award : Seleksi berkas pelajar Pemilihan SMA/Sederajat di Sang Perabu Provinsi Bengkulu dan (PEneliti dilanjutkan dengan RemajA pemilihan 20 pelajar BengkulU) untuk mengikuti Sang tahta 13 Perabu Scientist Camp. S1 dengan minat ilmu masingmasing Kepemimpi SMA/MA/SM nan. berisi nilai-nilai pendidikan SMA/MA/SM K/se-Derajat Individu Antologi Cerpen Bebas dan SMA/MA/SM sopan K/se-Derajat Individu Video Kreatif Sang Perabu Scientist Camp Nasional Final untuk Tahapan Pemilihan Peneliti Remaja Bengkulu.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Tabel 1. Karya Tulis/ Artikel Bebas. K/se-Derajat Intelektuali tas.

dan memiliki nilai seni tinggi. kreatif.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Jenis Kegiatan P3M Award : Pemilihan Duta Kutu Buku Kita P3M Care Goes to Orphanage Kriteria Materi Strata Jumlah Kegiatan Pendidikan Anggota Apresiasi Anggota dan Individu Pengurus P3M Inti Kegiatan Penghargaan kepada pembaca buku terbanyak. dan sebagainya Kompetisi untuk internal Anggota dan Pengurus P3M. Raih Indonesia Emas 2020 5 . Membuat telur melayang. seperti Merebus air menggunakan plastik. dengan mengirimkan foto bertema “Aku dan Negeriku” Pelajar 1-3 orang SMA/SMK/MA se Indonesia Pendidikan Anggota dan Individu Pengurus P3M Foto-Foto Edukatif Ciptakan Generasi Profesional. Luaran Semangat membaca kaum cendekia Keterampilan anak-anak panti dan silaturahim Kreasi Masakan yang bernilai gizi dan berkhasiat Peserta mendapatkan pelatihan dalam membuat design Karya-Karya Unik dan Kreatif yang memiliki penjelasan ilmiah Community Development Umum - Kompetisi Masak Ilmiah Diversifikas i Produk Anggota dan 3-5 orang Pengurus P3M Pelatihan “Creative Design” Pelatihan aplikasi software pembuatan desain Presentasi keunikan sains di kehidupan sehari-hari Umum Individu Magic Science Competition Kompetisi Foto Edukatif Presentasi magic science berupa keunikan (fenomena) di alam. dari anggota dan pengurus P3M Pelatihan kepada anakanak panti asuhan di Kota Bengkulu dalam membuat keterampilan Lomba Internal Pengurus dan Anggota P3M dalam berkreasi menu sehat untuk Indonesia Pelatihan membuat design yang menarik. dengan penjelasan ilmiah.

bakat. dapat melalui email atau dikirimkan via pos. Diharapkan karya tulis tersebut dapat menjawab pertanyaan “Bagaimana kontribusi anda dan bidang ilmu yang anda tekuni dalam menggapai Indonesia Emas 2020?” atau “Apa gagasan dan inovasi yang akan anda luncurkan di masa depan?” P3M Award : Pemilihan Pemberian penghargaan kepada pelajar SMA/MA/SMK/sederajat Sang Perabu (PEneliti untuk dinobatkan sebagai Duta Peneliti Remaja Bengkulu. Praktisi dan Akademisi. Lomba Masak Ilmiah (LMI) Lomba internal pengurus dan anggota P3M dalam mengkreasikan bahan-bahan makanan menjadi kreasi menu yang sehat berkhasiat. Dari seleksi berkas. Enam naskah terbaik akan diumumkan dan berhak mengikuti Seminar Nasional dan Sang Perabu Scientist Cam. Pelatihan Creative Design Kegiatan pelatihan kepada seluruh mahasiswa Universitas Bengkulu tentang menjalankan program-program design. dalam penulisan gagasan/ide inovatifnya Tingkat Nasional perlu ditekankan pada fokus bidang ilmu masing-masing penulis. Selain penilaian terhadap finalis. Ciptakan Generasi Profesional. dan mengumpulkan hasil kreativitas tersebut dalam Gallery P3M. Seleksi RemajA BengkulU) tahta dilakukan dalam dua tahapan. Duta Kutu Buku Kita P3M Care Goes to Kegiatan pelatihan keterampilan dengan membuat handycraft dari Orphanage barang-barang bekas. Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) Pusat. Karakteristik Umum Setiap Kegiatan Jenis Kegiatan Penjelasan Umum Seminar Nasional Kegiatan seminar dengan pembicara dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). para FINALIS akan dinilai kemampuan. seluruh pelajar 13 berkesempatan sama untuk mengirimkan berkas data pribadi. sama seperti kompetisi karya tulis ilmiah antar Profesi (KTSP) Mahasiswa mahasiswa lainnya.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Tabel 2. Diharapkan peserta dapat mengambil nilai-nilai sejarah Karno yang didapatkan selama tur. Tahap Seleksi Berkas. yaitu Rumah Soekarno. Sang Perabu Scientist Camp GRAND FINAL bagi 20 FINALIS yang dinyatakan lolos seleksi berkas pemilihan Peneliti Remaja Bengkulu. akan diumumkan 20 pelajar yang berhak mengikuti tahap selanjutnya yaitu “Sang Perabu Scientist Camp (SPSC)” di Universitas Bengkulu. dan kepribadiannya. untuk anak panti asuhan di Kota Bengkulu. Selain itu. Creative Video Competition Kompetisi antar pelajar tingkat nasional dengan mengirimkan video kreatif. kegiatan ini bertujuan untuk mempererat persatuan pelajar-pelajar berprestasi se-Provinsi Bengkulu. P3M Award : Pemilihan Penghargaan kepada anggota dan pengurus sebagai pembaca buku terbanyak dalam periode September – Oktober 2013. meningkatkan kreativitas membuat design. dan Napak Tilas Jejak Bung Karno di Universitas Bengkulu. Namun. Napak Tilas Jejak Bung Kunjungan ke tempat bersejarah di Kota Bengkulu. Lomba Menulis Cerpen Kompetisi menulis cerpen untuk seluruh pelajar di Indonesia. Lomba Karya Tulis Spesifik Pada umumnya. peserta dapat mengunjungi lokasi wisata seperti Pantai Panjang dan Benteng Fort Marlborough. tidak dipungut biaya apapun. Raih Indonesia Emas 2020 6 . Setelah menyelesaikan tahapan kedua. Pertama. Selama kegiatan "SANG PERABU SCIENTIS CAMP. akan dipilih pelajar (peserta) terbaik sebagai Duta Peneliti Remaja Bengkulu. Peserta hanya mengirimkan naskah cerpen.

Terdiri dari dua tahapan : 1) Pengiriman proposal Magic Science kepada panitia. akan diseleksi menjadi 10 tim yang berhak mempresentasikan ide Magic-nya di Universitas Bengkulu. Contoh magic science adalah “Memasak air dengan plastik”. Raih Indonesia Emas 2020 7 . Foto yang akan dilombakan harus diupload ke grup FB “UKM P3M UNIB” Kompetisi Foto Edukatif Ciptakan Generasi Profesional.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Jenis Kegiatan Magic Science Competition Penjelasan Umum Kompetisi untuk pelajar SMA/MA/SMK/sederajat se Indonesia. Lomba internal pengurus dan anggota P3M berupa kompetisi mendokumentasikan satu atau lebih kegiatan individu bertemakan “Aku dan Negeriku”. Dari semua judul yang masuk. “Membengkokkan sendok dengan sentuhan jari” 2) Presentasi di Universitas Bengkulu.

Raih Indonesia Emas 2020 9 .Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Ciptakan Generasi Profesional.

untuk melatih sikap profesional tiap-tiap mahasiswa. Ruang MPI (Minat Penalaran dan Informasi). Akan diumumkan di blog “p3m-unib. 4. 6. 38371 A. 3. (HP : 089607002373 – Ferry) 2. B. 7. Ciptakan Generasi Profesional.com” Grup Facebook “UKM P3M UNIB”.blogspot. namun dengan Ketua Kelompok yang berbeda. Namun. 4.12. Alur Perlombaan 1. Judul karya tulis bebas sesuai dengan tema yang ditentukan. 5. 8. Pengumuman 10 finalis yang akan mempresentasikan karya tulisnya pada tanggal 11 Oktober 2013. Kecamatan Muara Bangkahulu. UKM P3M Unib. dan via telepon kepada ketua tim/peserta masingmasing. maka akan digantikan dengan Karya Tulis cadangan (peringkat 11. 2. Tema “Inovasi Spesifik Profesi dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2020” Gagasan kreatif dan inovatif dalam mewujudkan indonesia emas 2020. Setiap peserta (individu/kelompok) diperkenankan menulis dan mengirimkan lebih dari satu judul karya tulis.. Uang tersebut ditransfer melalui : Bank Muamalat. dst) 6. Ruang Rapat Utama tanggal 25 Oktober 2013 D. 3. Raih Indonesia Emas 2020 . Perlombaan diikuti oleh perorangan atau kelompok (maksimal 3 Orang). Presentasi karya tulis dilaksanakan di Gedung Rektorat. Tiap institusi tidak dibatasi jumlah grup/tim/kelompok yang akan diikutsertakan dalam lomba. nomor rekening : 0205290802.Supratman. Jalan WR. Syarat & Ketentuan Perlombaan A. Peserta adalah mahasiswa yang sedang aktif dan resmi terdaftar mengikuti program pendidikan S1 atau Diploma di Universitas/Institut/Sekolah Tinggi yang ada di Indonesia.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Lomba Karya Tulis Spesifik Profesi Mahasiswa Tingkat Nasional (KTSP .000. Untuk Peserta yang berkelompok. 2. Membayar biaya pendaftaran sebesar : Rp. dalam kompetisi sejenis. Berkas dimasukkan dalam amplop coklat. C. Kota Bengkulu. Melakukan konfirmasi setelah melakukan pembayaran dengan format sms sebagi berikut : LKTSP_Nama Lengkap Ketua Tim_Asal Universitas_Transfer Muamalat/Mandiri kirim ke Rosmaini (085758171229 / FB Rosmaini Maini) * Semua persyaratan dilampirkan dalam berkas yang dikirimkan. Seleksi karya tulis tanggal 21 September-10 Oktober 2013 3. atas nama Rosmaini. dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda.(lima puluh ribu rupiah). pesertanya diupayakan dari disiplin ilmu yang sama. Melampirkan Foto Copy Kartu Tanda Mahasiswa. dengan catatan “Tema yang diambil harus sesuai dengan disiplin ilmu Ketua Kelompok”. Ketentuan Penulisan 1.Nasional) Bagian A. 2. Pengiriman berkas tanggal 1 Juli – 20 September 2013 melalui pos dengan alamat tujuan : Panitia Pesta Karya Mahasiswa 2013. Karya tulis belum pernah mendapatkan juara 1. Karya tulis merupakan gagasan kreatif dan inovatif yang orisinil dan bukan plagiat serta sesuai dengan tema yang telah ditentukan. 3. Gedung Rektorat Unib lantai 1. 50. baik di 10 tingkat regional maupun nasional. Judul dapat ditentukan sendiri. Konfirmasi keikutsertaan dalam presentasi paling lambat pada 13 Oktober 2013 5. Apabila ada peserta yang berhalangan hadir. Persyaratan Peserta 1. Kandang Limun. namun harus sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni di Perguruan Tinggi masingmasing (sesuai dengan gambaran profesi di masa depan) dan tema yang diberikan.

II. Kandang Limun. Selain mengirimkan hardcopy. peserta juga mengirimkan file karya tulis dalam bentuk softcopy. 8. tanggal 25 Oktober 2013 di Gedung Rektorat Lantai 3.com. Presentasi menggunakan LCD dan perangkat lunak microsoft power point (minimal) atau perangkat lunak lainnya. 2. Pengumuman pemenang (Juara I. Waktu presentasi adalah 10 menit presentasi slide. Ruang MPI (Minat Penalaran dan Informasi). Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat. Pada saat presentasi peserta menggunakan almamater perguruan tinggi masingmasing 6.59 WIB. Setiap peserta yang mengirimkan karyanya. Berkas yang dikirimkan berupa : Fotocopy Bukti pembayaran/Transfer . paling lambat 20 September 2013. Gedung Rektorat Unib lantai 1. dan Lokasi Wisata Seperti Pantai Panjang. dan III) dilaksanakan pada hari Sabtu. 4. Jalan WR. Ciptakan Generasi Profesional. Benteng Terkuat di Asia Tenggara (Fort Marlborough). Fasilitas : Kaos Pesta Karya Mahasiswa.unib@gmail. Presentasi insya Allah akan dilaksanakan pada hari Jumat. 10. Ruang Rapat Utama dihadapan juri. yang dikirimkan melalui email ke ketua kelompok masing-masing E. Berkas dikirimkan ke Panitia Pesta Karya Mahasiswa 2013. 9. Pengiriman Naskah 1. peserta diperkenankan memakai alat bantu sesuai kepentingannya. 3. 5. Peraturan lain yang belum ditentukan.Supratman. tanggal 27 Oktober 2013 (saat seminar nasional). Setelah diumumkan. 5. 38371 A. Presentasi 1. Penginapan. Kecamatan Muara Bangkahulu.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu 4. Konsumsi. UKM P3M Unib. (HP : 089607002373 – Ferry) 4. peserta wajib mengonfirmasi keikutsertaan dalam tahap presentasi dengan mengirimkan sms berupa : Jumlah anggota yang akan berangkat dan waktu keberangkatan. dengan format pdf atau word. F. dan 15 menit diskusi bersama dewan juri. akan mendapatkan sertifikat. 11. Kota Bengkulu. Raih Indonesia Emas 2020 11 . 7. akan ditentukan menyusul sesuai dengan kesepakatan/musyawarah Dewan Juri bersama Panitia Pelaksana. Sertifikat Nasional. ke alamat email : p3m. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa. dan Naskah Karya Tulis sebanyak 3 Rangkap (hard copy) 2. Field Trip ke Tempat-Tempat Bersejarah (Rumah Soekarno). dan Souvenir khas Bengkulu. Berkas diterima paling lambat tanggal 20 September 2013 pukul 23. Sepuluh karya tulis terbaik akan diundang ke Universitas Bengkulu untuk mempresentasikan hasil karyanya. Dalam presentasi.

Tata Letak: a.000. atau produk kreatif sesuai dengan minat ilmu yang sedang dipelajari di perguruan tinggi masing-masing. Hadiah  Juara 1 Rp 2. Format Penulisan 1.). Penjurian berkas karya tulis oleh dewan juri Pengumuman dan Konfirmasi Keikutsertaan dalam Babak Final (Presentasi) Kedatangan Finalis KTSP Presentasi KTSP Napak Tilas Jejak Bung Karno (Field Trip) Seminar Nasional dan Pengumuman A. daftar isi.5 spasi dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf “Times New Roman 12 pt”..000.. Naskah diketik 1. kata pengantar. daftar tabel dan daftar gambar memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah. prototype. kecuali untuk ringkasan diketik 1 spasi.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu G. 2) Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka (1. Format dan Struktur Penulisan 1) Format Kulit Muka (contoh terlampir) a) Judul diketik dengan huruf kapital. Raih Indonesia Emas 2020 12 . Tema “Inovasi Spesifik Profesi dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2020” Judul dapat ditentukan sendiri. kreatif.000..+ Trophy + Sertifikat  Juara 3 Rp 500.. B. Penomoran Halaman 1) Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul. 2. Alur Perlombaan 1 Juli – 20 September 2013 20 September – 10 Oktober 11 Oktober – 13 Oktober = = = 24 Oktober 2013 = 25 Oktober 2013 = 26 Oktober 2013 = 27 Oktober 2013 = G.3. + Trophy + Sertifikat  10 Besar Mendapatkan sertifikat dan Merchandise  Peserta yang mengirimkan karya tulis akan mendapatkan sertifikat Untuk Informasi selanjutnya silahkan Hubungi Contact Person di bawah ini. ditulis minimal 15 halaman dan maksimal 25 halaman. Disertakan Bidang Ilmu yang diterapkan. Batas Pengetikan 1) Samping kiri 4 cm 2) Batas atas 4 cm 3) Samping kanan 3 cm 4) Batas bawah 3 cm b. Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Aturan/Tata Penulisan KTSP Membayar biaya pendaftaran dan mengirimkan karya tulis sesuai dengan ketentuan.000. 4. dst. . b) Nama penulis. c. Karya tulis berupa gagasan inovatif. namun harus sesuai dengan tema yang diberikan.…. Naskah. Program Studi dan angkatan ditulis dengan jelas.000.+ Trophy + Sertifikat  Juara 2 Rp 1. Nomor Induk Mahasiswa (NIM).2. mulai dari pendahuluan sampai dengan simpulan dan saran.. Neneng (085769145378) Ferry (089607002373) Bagian B. nama/daftar anggota kelompok (jika berkelompok). 3. Ciptakan Generasi Profesional.

Analisa permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka. d) Tahun penulisan. dan landasan teori yang mendukung. tujuan. Raih Indonesia Emas 2020 13 . d) Analisis-sintesis.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu c) Asal Universitas ditulis dengan jelas. b) Lembar pengesahan ditandatangani oleh peserta/ketua kelompok. data dan informasi lainnya yang dapat mendukung isi tulisan. meliputi : . e) Kesimpulan dan saran f) Daftar Pustaka Daftar Riwayat Hidup Lampiran jika diperlukan. dosen pembimbing. Lembar Pengesahan (contoh terlampir) a) Lembar pengesahan memuat judul. b) Telaah Pustaka c) Metode Penulisan. . seperti : foto/dokumentasi. Bagian Inti a) Pendahuluan. ketua jurusan/program studi/departemen/ dan Pembantu Rektor/Dekan Bidang Kemahasiswaan c) Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan Penjelasan Struktur a) Kata Pengantar b) Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar. c) Ringkasan karya tulis disusun 1-2 halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis mulai dari latar belakang. 2) 3) 4) g) h) Ciptakan Generasi Profesional. daftar tabel dan daftar lampiran.Sintesis untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif sebagai peran dari bidang ilmu / profesi penulis. nama penulis dan Nomor Induk Mahasiswa.

Raih Indonesia Emas 2020 12 .Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu KARYA TULIS SPESIFIK PROFESI E-SEMPOA : INOVASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Bidang Ilmu : Keguruan dan Ilmu Pendidikan LOGO PERGURUAN TINGGI Disusun Oleh : Nama Peserta/Ketua Kelompok/NIM/Prodi/Angkatan Nama Anggota Kelompok/NIM/Prodi/Angkatan Nama Anggota Kelompok/NIM/Prodi/Angkatan NAMA PERGURUAN TINGGI KOTA TAHUN Ciptakan Generasi Profesional .

.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Halaman Pengesahan 1. . Alamat Rumah f. No. NIP c. Universitas/Institut/Politeknik e. . . Alamat E-mail 3. . . . . Telp. (NIM) : : : : . ( NIP : ) ( NIM : ) Pembantu Rektor/Dekan Bidang Kemahasiswaan ( NIP : ) Ciptakan Generasi Profesional . Anggota (Khusus untuk peserta berkelompok) 4. . . Alamat Rumah d. . . . . Nama Lengkap b. . . 2013 Dosen Pendamping. . Nama Lengkap dan Gelar b. (NIM) : 2./ HP g. . NIM c. Ketua a. Jurusan d. . . . . Telp/HP : : : : : : : : : 1. No. Penulis. Dosen Pendamping a. Raih Indonesia Emas 2020 13 . Judul Karya Tulis 2. . .

Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu 14 Ciptakan Generasi Profesional. Raih Indonesia Emas 2020 .

yaitu 20 finalis yang diundang ke Universitas Bengkulu. (Boleh dipilih salah satu. atau dikirimkan via email ke p3m. Kota Bengkulu. dan 2) Scientist Camp 1. Finalis akan terus dipantau dan dinilai dari segi disiplin. nomor rekening : 0205290802. seperti Peserta Paling Kreatif. Peserta Terfavorit. dan 10 Cadangan apabila ada di antara 20 finalis yang mengundurkan diri. yaitu : 1) Seleksi Berkas.  Panitia hanya menyediakan kegiatan pelatihan dan penjurian finalis. UKM P3M Unib. intelektual. sehingga biaya akomodasi (kedatangan dan kepulangan) dan selama di Universitas Bengkulu ditanggung oleh pihak finalis (sekolah).  Setiap finalis yang lolos seleksi berkas. Kandang Limun. dan beberapa kriteria lain yang menunjang kualitas pribadi pelajar. Jalan WR.  Setelah kegiatan ini selesai. Finalis juga berkesempatan mendapatkan anugerah peneliti remaja dengan kategori tertentu. dan lain-lain). atas nama Rosmaini.Tahta 13”. 15 Ciptakan Generasi Profesional. (HP : 089607002373 – Ferry). Tahapan Seleksi Berkas Tahapan ini bertujuan untuk menyeleksi seluruh pelajar SMA/MA/SMK/sederajat seProvinsi Bengkulu melalui pengiriman berkas. Akan menjadi tambahan nilai jika dikirimkan )  Semua berkas dikirimkan via pos ke alamat : Panitia Pesta Karya Mahasiswa 2013. dan games yang melatih kerjasama antar pelajar berprestasi. akan mengikuti serangkaian kegiatan Penilaian kepribadian. Tahapan Presentasi (Sang Perabu Scientist Camp)  Dua puluh pelajar berprestasi yang lolos seleksi berkas. POS/Email)  Pengiriman berkas ditunggu paling lambat hari Senin. Seleksi dilakukan dalam dua tahapan. Berkas yang harus dikirimkan adalah :  Curriculum Vitae. Akumulasi nilai tertinggi akan dinobatkan sebagai Duta Peneliti Remaja Bengkulu  SANG PERABU SCIENTIST CAMP dimulai dari kunjungan ke beberapa Laboratorium Universitas Bengkulu. diskusi dengan para dosen ahli. kepada panitia melalui transfer ke rekening Bank Muamalat. serta pemberian penghargaan kepada Pelajar Berprestasi yang memperoleh akumulasi nilai tertinggi.000/orang. Ruang MPI (Minat Penalaran dan Informasi). diumumkan pelajar berprestasi yang akan dinobatkan sebagai “Sang Perabu (Peneliti Remaja Bengkulu) . 20 September 2013.unib@gmail. dll. keterampilan.  Pengumuman Finalis insya Allah akan diumumkan pada 11 Oktober 2013. meliputi : (FORMAT CV TERLAMPIR)  Artikel (tulisan) yang berisi tentang uraian “Apa peran saya untuk Indonesia di masa depan?” Diketik dengan font 12. 38371 A.  Finalis ins y a Allah akan memasuki tahapan kecakapan (keterampilan) selama 3 hari dalam kegiatan Sang Perabu Scientist Camp (SPSC).Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu P3M Award : Pemilihan Sang Perabu (PEneliti RemajA BengkulU) Tahta 13 Pemilihan Sang Perabu adalah salah satu rangkaian kegiatan Pesta Karya Mahasiswa 2013. spasi 1. Gedung Rektorat Unib lantai 1. harus melaporkan keikutsertaannya kepada panitia terakhir pada tanggal 15 Oktober 2013  Finalis melakukan registrasi ulang sebesar Rp.Supratman. Kecamatan Muara Bangkahulu.200.  Karya Tulis Ilmiah (Opsional / tidak wajib. UKM P3M bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu melakukan pemilihan kepada seluruh pelajar berprestasi yang akan dipilih satu sebagai sebagai Duta Peneliti Remaja Provinsi Bengkulu tahun 2013. Raih Indonesia Emas 2020 .com.5 dan jenis huruf Times New Roman. kerjasama. Kegiatan ini berlangsung selama lebih kurang 3 hari. 2. Peserta Paling Aktif.

dst.. 22.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu  Wajib mengonfirmasi panitia setelah melakukan pembayaran dengan format sms sebagai berikut : “P3M Award_Nama Finalis_Asal Sekolah.  Dengan biaya tersebut Panitia akan menyiapkan berbagai keperluan peserta selama berada di Universitas Bengkulu yang mencakup hal-hal berikut:  Pembuatan Kaos Pesta Karya Mahasiswa-2013  Sarapan peserta 3 hari  Makan siang peserta 3 hari  Makan malam peserta 3 hari  Snack peserta 2 x 3 hari  Tempat Penginapan peserta selama 3 hari  Transportasi peserta selama 4 hari  Jika pihak finalis dan sekolah berhalangan untuk mengikuti tahapan final. kirim ke 085758171229 (Rosmaini) Contoh : P3M Award_Rudi Setiawan_SMAN 1 Manna  Pembayaran juga dapat secara langsung kepada panitia pada saat kedatangan di Universitas Bengkulu (Tidak ditransfer). 23. Hubungi Panitia pada : Deri (085268538334) Dwi (085769892152) Ferry (089607002373) 16 Ciptakan Generasi Profesional.) Hadiah     Juara 1 (Duta Peneliti Remaja Bengkulu) Beasiswa Pendidikan + Trophy + Sertifikat Juara 2 Beasiswa Pendidikan + Trophy + Sertifikat Juara 3 Beasiswa Pendidikan + Trophy + Sertifikat 7 Nominator mendapatkan sertifikat dan Merchandise    Informasi lebih lanjut. (Peserta nomor urut 21. Raih Indonesia Emas 2020 . maka akan digantikan oleh peserta cadangan.

celana dasar hitam Tidak diperkenankan membawa perhiasan yang berlebihan Untuk laki-laki. diharapkan berambut pendek. dll) 4. panitia akan menyediakan keperluan peserta selama berada di Universitas Bengkulu seperti Makan 3 hari. Dengan uang tersebut.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Sang Perabu Scientist Camp Tata Tertib Tata Tertib Pemilihan Sang Perabu (Peneliti Remaja Bengkulu) – Scientist Camp 1. menyampaikan pendapat. Intelektualitas (kemampuan menjawab beberapa kuis Grand Final. sikap lain yang mencerminkan pribadi seorang ilmuwan) 17 Ciptakan Generasi Profesional. bagi yang tidak berjilbab. Peserta yang mengikuti Sang Perabu Scientist Camp adalah 20 pelajar terbaik yang telah lolos seleksi administrasi di babak awal P3M Award. handuk kecil putih. kelengkapan administratif yang sudah ditetapkan panitia) 3. kemampuan presentasi tanpa persiapan. kemampuan berbahasa asing. Keaktifan (bertanya. memimpin kelompok. Raih Indonesia Emas 2020 .200. selambat-lambatnya pada tanggal 15 Oktober 2013 (4 hari setelah pengumuman finalis) dengan membayar uang registrasi sejumlah Rp. Kedisiplinan (tepat waktu tiba sampai di lokasi Grand Final Sang Perabu. mengisi games.000/pelajar 3. Kaos Pesta Karya Mahasiswa 2013. Afektif (Kemampuan beradaptasi dengan peserta lain. Jeruk 2 buah Kemeja formal. tepat waktu dalam mengikuti setiap aktivitas selama di Universitas Bengkulu. kaos kaki putih Tas dan Sendal Jepit Perlengkapan sholat Perlengkapan mandi Seragam olahraga. rambut diikat. meliputi :            Seragam Putih Abu-Abu (Formal) Sepatu hitam. perkenalan dengan peserta dan panitia lain. Penilaian : 1. dan lain-lain. rapi Untuk perempuan berjilbab putih. transportasi. dan para finalis Lomba tingkat pelajar SMA dalam rangkaian Pesta Karya Mahasiswa 2013 2. Penginapan 3 hari. 4. dan sebagainya) 2. Peserta mempersiapkan perlengkapan selama di Universitas Bengkulu. Peserta melakukan registrasi ulang kepada panitia.

Raih Indonesia Emas 2020 . Hal-hal lain yang menunjang kepribadian seorang ilmuwan 18 Ciptakan Generasi Profesional. memberikan solusi dalam beberapa kegiatan lomba. Kreativitas (Memecahkan permasalahan yang didesain panitia.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu 5. mengembangkan pola berpikir kreatif dalam setiap kegiatan) 6.

Para Finalis (Pelajar Berprestasi se-Provinsi Bengkulu) Istirahat.00 – 17. olahraga) penginapan 06. perjalanan menuju Scientist Camp 08.00 – 20.00 – 08.00 – 21. sekitar penginapan 05. menuju ke Penginapan Julirin Universitas Bengkulu 07. persiapan pribadi Lingkungan sekitar penginapan Senam pagi Penginapan Agung H. Perkenalan Penginapan Dwi Cahyo Y.00 – 21.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Rangkaian Kegiatan Grand Final P3M AWARD : Pemilihan Sang Perabu (Peneliti Remaja Bengkulu) Tahta 13 Pukul Kegiatan Tempat Koordinator 12.00 04.00 Kedatangan Para Finalis P3M Penginapan Julirin Award : Sang Perabu tahta 13 18.00 Persiapan diri.00 – 12. perkenalan Penginapan dengan seluruh Finalis KTSP Nasional Istirahat Sholat.00 Technical Meeting.00 – 18.00 Games.00 – 13. pembentukan Laskar Gedung PKM Dwi Cahyo Y.00 18.00 – 07.30 15. Jusrian Agung H Satria Wijaya Hari Rabu Kamis 17. Agung H.00 Ishoma Diskusi “Penulisan Ilmiah dan Membangun Kreativitas” Sholat Diskusi bersama Pengurus P3M dan Tim Redaksi Majalah Sahabat Rafflesia Kembali ke penginapan Ishoma Mushola Selter Laboratorium Agronomi Mushola Selter Halaman Rektorat Agung H.00 Registrasi Ulang Penginapan Susi Handayani 20.00 Sarapan. Agung H.00 – 20.00 20. Raih Indonesia Emas 2020 .00 – 09. sholat shubuh Lingkungan Agung H.00 – 10.00 Kamis 05.30 – 16.00 – 05.00 – 06.00 – 15. mempersiapkan diri untuk agenda pertama Grand Final 04. Satria W.00 Penginapan Lingkungan sekitar penginapan Malam keakraban.00 – 18. Rendi rahman 19 Ciptakan Generasi Profesional.00 Tes Tertulis (Pengetahuan Gedung PKM Susi Handayani Umum) 12.00 – 06.00 13.00 Pembukaan Gedung PKM Jusrian 09.00 Beres-beres.00 Senam Pagi (Pakaian seragam Lingkungan Agung H.00 – 05. Cendekia Muda 10.00 16.

00 13.30 18.00 – 15.00 – 22.00 20.00 Mushola Selter Halaman Rektorat Bus Penginapan Penginapan Penginapan Penginapan Penginapan Bis Rektorat Universitas Bengkulu Rektorat Rektorat Rektorat Rektorat Mushola Selter Rektorat Rektorat Penginapan Penginapan Agung H.00 – 05. Tanaka 15. sharing terbuka para finalis Kembali ke penginapan Ishoma Show of force (unjuk bakat) Istirahat Sholat. Games Persiapan menuju Universitas Bengkulu Sarapan.00 12.00 16.00 – 13.00 – 13.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu 06.00 08.00 – 08.00 07.00 18. jilbab hitam (putri) Sarapan.00 – 10.00 – 06.00 – 20.30 – 20. perjalanan menuju Universitas Bengkulu Pembukaan Pesta Karya Mahasiswa 2013 Pengkondisian untuk interview Interview Ishoma Interview Sholat Interview Kembali ke Penginapan Ishoma Grup Performance Istirahat Penginapan Agung H.00 – 09.30 – 16.00 05.00 20. persiapan pribadi Senam Pagi.00 – 18.00 17.00 – 09.00 – 12.00 04.30 09.00 – 15.30 15.00 – 17.00 – 17.00 – 07.00 16. Septi Julirin Agung Septi Agung Agung Agung Julirin Septi Jumat 09.00 Jalan Julirin Ruang Rapat Septi Utama Rektorat Gedung PKM Tanaka 12.30 – 18.00 10. perjalanan menuju ke Universitas Bengkulu Pembukaan Pesta Karya Mahasiswa 2013 Mengelola masalah “Objektivitas dan Subjektivitas” dengan melakukan penilaian Magic Science Ishoma Mengelola masalah “Objektivitas dan Subjektivitas” dengan melakukan penilaian Magic Science Sholat Ice breaking. Raih Indonesia Emas 2020 .30 – 16.00 06.00 – 22.00 13.30 Mushola Selter Gedung PKM Agung H.30 17.30 – 12.00 – 07.00 Persiapan menuju ke Universitas Bengkulu (seragam Kemeja dan celana dasar hitam (putra) dan kemeja dan rok panjang hitam .00 Kamis 08.00 Agung Agung Triyatun Agung Agung Agung Julirin Triyatun Agung 20 Ciptakan Generasi Profesional. 07.00 – 08.

00 18.00 – 18. diskusi ringan Istirahat Sholat. Raih Indonesia Emas 2020 .00 – 08.00 06. Games Persiapan menuju Universitas Bengkulu Sarapan.00 Sholat. penutupan Penginapan Penginapan Penginapan Bis Rumah Soekarno Rumah Fatmawati Benteng Marlborough Masjid Pantai Panjang Bis Penginapan Penginapan Penginapan Penginapan Penginapan Bis Rektorat Universitas Bengkulu Rektorat Universitas Bengkulu Agung Agung Agung Julirin Julirin Triyatun Julirin Agung Julirin Julirin Triyatun Agung Agung Agung Agung Julirin Septi 12.00 05.00 – 12.00 – 12.00 08.00 Minggu 08.00 – 13.00 Triyatun 13.00 – 17.00 17.00 04.00 13.00 – 05. persiapan pribadi Senam Pagi.00 – 07.00 – 07.00 – 13.00 06. perjalanan menuju Universitas Bengkulu Napak Tilas Jejak Bung Karno Ishoma Field trip Sholat Field Trip Kembali ke penginapan Ishoma Renungan.00 – 15.00 07.00 – 06.00 – 06.00 05.00 – 05.00 – selesai Sayonara : Kepulangan peserta 21 Ciptakan Generasi Profesional. persiapan pribadi Senam Pagi.30 15.00 – 08. pengumumanpengumuman Ishoma.00 – 22. Games Persiapan menuju Universitas Bengkulu Sarapan.00 20. perjalanan menuju Universitas Bengkulu Seminar Nasional.00 07.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu 04.00 16.00 – 20.00 Sabtu 12.30 – 16.

Raih Indonesia Emas 2020 .Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu 22 Ciptakan Generasi Profesional.

nomor rekening : 0205290802. dalam kesempatan kali ini. 20.  Pengumuman 10 finalis insya Allah pada 11 Oktober 2013  Presentasi ide magic insya Allah akan dilaksanakan pada 24 Oktober 2013.. Raih Indonesia Emas 2020 . tanyakan kepada panitia pada : Tanaka (082182579762) Dwi (085769892152). Gambar-Gambar (Jika ada) Penjelasan ilmiah secara singkat.  Melakukan konfirmasi setelah melakukan pembayaran dengan format sms sebagai berikut : Magic Science_Nama Lengkap Ketua Tim_Asal Sekolah Kirim ke 085758171229 (Rosmaini)  Softcopy ide magic ditunggu selambat-lambatnya pada 20 September 2013. Seorang ilmuwan lah yang membuatnya begitu menarik dengan ilmu sains yang ia pahami.  Sepuluh ide magic yang mendapatkan nilai terbaik akan diundang ke Universitas Bengkulu untuk mempresentasikan Magic-nya di hadapan Dewan Juri. TTL.unib@gmail. boleh pengembangan ide yang sudah ada.  Seluruh ide magic yang masuk ke panitia. dikirimkan beserta scan bukti pembayaran ke alamat email p3m. Tahap Presentasi Ide Magic  Sepuluh finalis wajib mempresentasikan karya magicnya di Universitas Bengkulu. Biodata Peserta (Nama. yuk daftarkan diri dalam Magic Science Competition  Peserta adalah pelajar SMA/MA/SMK/sederajat se-Indonesia  Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu judul Magic Science  Peserta adalah kelompok yang terdiri dari maksimal 3 orang Tahap Seleksi Ide Magic  Ide Magic yang ingin ditampilkan tidak harus baru. Cara Kerja. Membayar biaya pendaftaran sebesar : Rp. Oleh karena itu.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Magic Science Competition Pernahkah anda melihat sendok yang membengkok hanya dengan sentuhan tangan? Apakah itu ajaib? Apakah itu magic? Sebenarnya itu adalah sains. atas nama Rosmaini.000. yuk tunjukkan bahwa kita pun mampu membuat hal yang (terlihat) seperti magic. akan diseleksi menjadi 10 ide terkreatif. dan Nomor HP).  Setiap peserta membawa sendiri peralatan magic sesuai dengan yang dituliskan dalam Print Out (proposal) Info lebih lengkap.com dengan subject “Ide Magic”. Oleh karena itu. Alat yang dibutuhkan. Fauzi (085382305118) Hadiah Juara 1. Uang Pembinaan + Sertifikat Nasional + Trophy Seluruh finalis mendapatkan Merchandise khas Bengkulu Seluruh peserta yang mengirimkan ide magic insya Allah mendapatkan e-sertifikat yang akan dikirimkan via email. Uang tersebut ditransfer melalui : Bank Muamalat.  Setiap kelompok boleh membuat lebih dari satu ide dalam satu berkas  Peserta mengirimkan Softcopy pdf/word (Bukan Hardcopy) Ide Magic yang akan berisi tentang judul Magic.(dua puluh ribu rupiah).  23 Ciptakan Generasi Profesional. Uang Pembinaan + Sertifikat Nasional + Trophy Juara 3. Asal Sekolah. yang berhak mengikuti seleksi tahap presentasi. Uang Pembinaan + Sertifikat Nasional + Trophy Juara 2. Sobat.

Raih Indonesia Emas 2020 .Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu 24 Ciptakan Generasi Profesional.

4. Judul bebas. Kandang Limun. dan peserta mengirimkan alamat videonya melalui email ke p3m. Pengumuman pemenang 1.unib@gmail. Akan diumumkan di blog “p3m-unib. Pengumuman 6 naskah terbaik insya Allah pada tanggal 11 Oktober 2013. 5. Raih Indonesia Emas 2020 .com. 38371 A. Tempat Tanggal Lahir. Kecamatan Muara Bangkahulu. Gedung Rektorat Unib lantai 1. Cerpen merupakan orisinil dan bukan plagiat.2013” CP : Neneng (085769145378) Creative Video Competition (CVC) Tingkat Nasional Peserta adalah siswa tingkat SMA/MA/SMK/sederajat Tema sekreatif mungkin Perlombaan dalam bentuk pembuatan video kreatif. Napak Tilas Jejak Bung Karno. Seleksi naskah cerpen tanggal 1-10 Oktober 2013 3.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Lomba Menulis Cerpen (LMC) Pelajar Tingkat Nasional A. 5. Cerpen dibuat dalam Bahasa Indonesia. dengan jumlah halaman 4 . Email.blogspot. atau dapat dikirimkan dalam bentuk CD lewat POS ke alamat : Panitia Pesta Karya Mahasiswa 2013. Hadiah  Juara 1 Beasiswa Pendidikan + Sertifikat + Undangan mengikuti SCIENTIS CAMP  Juara 2 Beasiswa Pendidikan + Sertifikat + Undangan mengikuti SCIENTIST CAMP  Juara 3 Beasiswa Pendidikan + Sertifikat + Undangan mengikuit SCIENTIST CAMP  6 Besar Mendapatkan sertifikat dan Merchandise + Undangan mengikuti SCIENTIS CAMP  Semua naskah yang masuk ke panitia akan dijadikan antologi cerpen “Generasi Muda Berkarya . Enam penulis cerpen terbaik diundang untuk mengikuti Seminar Nasional. Setiap peserta diperkenankan menulis dan mengirimkan lebih dari satu naskah cerpen. Persyartan peserta 1. dan harus menyiratan pesan mulia untuk Indonesia Video diupload ke Youtube. Nomor Hape. 2. 2. Di dalam naskah disertakan biodata diri seperti : Nama. Alamat. Video berdurasi 5-15 menit Tidak mengandung unsur-unsur negatif. dan via telepon kepada peserta masing-masing. dan mengangat isu pendidikan di Indonesia 2. D. Pengumuman pemenang (Juara I. tidak menyinggung SARA. serangkaian kegiatan SANG PERABU SCIENTIST CAMP.com” .Supratman. Perlombaan diikuti oleh perorangan 3. Naskah cerpen diketik pada kertas A4. Tiap sekolah tidak dibatasi jumlah peserta yang akan diikutsertakan dalam lomba. Alur Perlombaan 1. B.II. Jalan WR. Cerpen belum pernah dilombakan dalam kompetisi sejenis. dan lain-lain 3.7 halaman A4. Tidak dipungut biaya administrasi (gratis) C. G. Grup Facebook “UKM P3M UNIB”. Ruang MPI (Minat Penalaran dan Informasi). disertakan scan kartu pelajar. Peserta adalah pelajar/siswa yang sedang aktif mengikuti program pendidikan SMA/MA dan sederajat. Pengiriman berkas tanggal 1 Juli – 30 September 2013 melalui alamat email p3m. Ketentuan Penulisan 1. tetapi tetap sopan.com. Tema Bebas. 2. Kota Bengkulu. UKM P3M Unib. FB. (HP : 089607002373 – Ferry)  Pengiriman video ditunggu paling lambat 20 September 2013 25       Ciptakan Generasi Profesional. ukuran 12 Times New Roman F. 4. 6.unib@gmail. dan III) insya Allah akan dilaksanakan pada hari 11 Oktober 2013.

dan melalui telepon kepada peserta secara langsung  Enam finalis berhak mengikuti rangkaian kegiatan Pesta Karya Mahasiswa dan SANG PERABU SCIENTIST CAMP . dengan mengonfirmasi panitia untuk registrasi ulang mengenai biaya akomodasi selama di Universitas Bengkulu. disertakan biodata pengirim. Secara langsung melalui transfer data ke sekretariat P3M. 3. grup FB : UKM P3M UNIB.blogspot. Hadiah  Juara 1 Beasiswa Pendidikan + Sertifikat + Undangan Mengikuti Pesta Karya Mahasiswa 2013  Juara 2 Beasiswa Pendidikan + Sertifikat + Undangan Mengikuti Pesta Karya Mahasiswa 2013  Juara 3 Beasiswa Pendidikan + Sertifikat + Undangan Mengikuti Pesta Karya Mahasiswa 2013  6 Besar Mendapatkan sertifikat dan Merchandise. dan mengonfirmasi panitia alamatnya 2. ke alamat di atas. serta diundang untuk mengikuti rangkaian kegiatan Pesta Karya Mahasiswa.com. Raih Indonesia Emas 2020 . Via POS dalam bentuk CD. Hubungi : Satria (085758471481)  Pengumuman 6 Video paling kreatif insya Allah akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2013 melalui p3m-unib. Gedung PKM Universitas Bengkulu. Upload youtbe.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Pengiriman video dapat melalui : 1. 26 Ciptakan Generasi Profesional.

 Formulir dikirimkan kembali ke panitia melalui alamat email di atas. akan diumumkan insya Allah pada 10 Oktober 2013  Peserta yang terpilih sebagai Kutu Buku of The Year.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu P3M Award : Pemilihan Duta Kutu Buku Kita  Nominator adalah seluruh anggota dan pengurus UKM P3M  Bagi anggota dan pengurus yang ingin menjadi nominator. dan Kota Terbit.  Peserta yang membaca buku berkualitas paling banyak.unib@gmail. diundang ke Universitas Bengkulu untuk pengambilan hadiah pada saat Seminar Nasional . Penerbit.  Panitia akan memberikan email balasan berupa “formulir” yang harus diisi. tetapi dengan ketua tim yang berbeda 27 Ciptakan Generasi Profesional. Peserta merupakan Anggota dan Pengurus P3M 2. diharapkan mengirimkan biodata ke pada panitia  Biodata diketik dalam M-Word. meliputi : Jenis Buku.com . p3m. Peserta adalah tim(kelompok) yang terdiri dari 2-5 orang 3. Formulir tersebut berisi tentang :  Daftar buku yang pernah dibaca dalam kurun waktu Juli – September 2013  Ringkasan isi masing-masing buku  Identitas Buku. Kegiatan ini dilakukan secara berkala setiap akhir pekanoleh anggota dan pengurus UKM P3M. Raih Indonesia Emas 2020 . Jumlah halaman. Peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu judul. Lomba Masak Ilmiah Antar Anggota P3M 1. Kegiatan ini insya Allah akan dilaksanakan selama Bulan Oktober 2013. melalui email. Ukuran Kertas. Dalam kunjungan tersebut dilakukan pembinaan kepada anak-anak di lingkungan Panti Asuhan untuk membuat handycraft. berisi tentang :  Nama  Tempat Tanggal Lahir  Prodi/Jurusan/Fakultas  Hobi  Cita-cita  Motto  Daftar penulis yang disukai  Biodata dikirimkan ke alamat email panitia. tanyakan kepada panitia pada : Dwi (085769892152). Fauzi (085382305118) Grup FB : UKM P3M UNIB Hadiah  Juara 1 (Kutu Buku of The Year) Beasiswa Pendidikan + Sertifikat  Juara 2 Beasiswa Pendidikan + Sertifikat  Juara 3 Beasiswa Pendidikan + Sertifikat  6 Besar Mendapatkan sertifikat dan Merchandise P3M Care – Goes to Orphanage Kegiatan pembinaan masyarakat yang berfokus pada anak-anak panti asuhan di lingkungan Kota Bengkulu. 27 Oktober 2013.  Info lebih lengkap. dengan subjek pengiriman “Kutu Buku Mau Daftar”  Email pendaftaran ditunggu paling lambat 30 September 2013.

Hal-hal terkait presentasi akan diumumkan pada saat Technical Meeting (24 Oktober 2013) CP : Dwi (085769892152). dan sarung tangan). bersamaan dengan pengumuman kompetisi lainnya.com (bukti transfer di scan). 28 Ciptakan Generasi Profesional. Fauzi(089699547084). Pengumuman 10 finalis peserta insya Allah akan dilaksanakan pada 10 Oktober 2013. disertakan dengan kwitansi pembayaran: 7. penutup kepala.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu 4. Pengiriman proposal menu harus sudah diterima panitia paling lambat pada tanggal 30 September 2013 11. Setelah melakukan pembayaran. akan diseleksi menjadi 10 tim terbaik. Asal Sekolah. yang akan diundang untuk mempresentasikan masakannya di Universitas Bengkulu. Nomor HP)  Bahan dan alat  Cara memasak  Khasiat  Total pengeluaran  Foto-foto (jika ada) 5.unib@gmail.(tiga puluh ribu rupiah). Proposal yang sudah masuk ke panitia. Pelatihan Creative Design Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian Pesta yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di Universitas Bengkulu dalam membuat design pamflet. Peserta menggunakan perlengkapan memasak (celemek. Membayar biaya registrasi sebesar : Rp.000. 12. 8. 9. peserta mengirimkan proposal ke panitia. spanduk. Raih Indonesia Emas 2020 . Pengiriman proposal boleh via email ke alamat p3m. 30. 10.. Uang tersebut dibayarkan kepada Panitia Masak Ilmiah (Novita Jurniati : 085758326877) 6. editing video dan lain sebagainya. Peserta akan mendapatkan pelatihan selama satu hari penuh. Mengirimkan proposal menu masakan (diketik) yang berisi tentang :  Nama makanan  Tim pembuat (Nama.

bagi seluruh finalis berkesempatan mengikuti Field Trip. Rumah Soekarno Di rumah Soekarno ini. Berikut adalah beberapa lokasi wisata yang menjadi tujuan Field Trip antara lain: 1. benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Napak Tilas Jejak Bung Karno (Visit Bengkulu) Sebelum acara puncak Seminar Nasional. Konon. Mereka kemudian kembali tahun 1724 setelah diadakan perjanjian. Di pantai ini pastinya Anda akan melihat hamparan pasir putih berbulir halus yang luas dan landai. Benteng Marlborough (Inggris:Fort Marlborough) adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. tewas. perabot. Dan kemudian pada tahun 1807. menyusuri beberapa lokasi bersejarah di Kota Wisata. Benteng ini didirikan di atas bukit buatan. Lalu terdapat juga foto-foto Bung Karno bersama Ibu Fatmawati dan sahabat lainnya yang mengunjunginya selama menjalani pengasingan. serangan kembali dilancarkan. menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi samudera Hindia. Kegiatan Field Trip insya Allah akan diselenggarakan satu hari sebelum seminar. dapat dijumpai benda peninggalan antara lain foto-foto. Benteng ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu. sepeda asli Bung Karno. Dari pantauan. Pada insiden ini seorang opsir Inggris. residen Thomas Parr juga tewas. dan buku-buku. sebagian besar koleksi foto Bung Karno potret aktivitas keseharian di Bengkulu dengan grup sandiwara atau tonil Monte Carlo. Bengkulu. 26 Oktober 2013. George di Madras. India. Raih Indonesia Emas 2020 . 29 Ciptakan Generasi Profesional. 3. Sabtu. kostum tonil Monte Carlo. Tahun 1793. Keduanya diperingati dengan pendirian monumen-monumen di kota Bengkulu oleh pemerintah Inggris. Penyebabnya adalah karena di sini tidak ada karang sehingga saat air laut pasang membuatnya mendapat jangkauan lebih jauh. sehingga penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras. Robert Hamilton. Pantai Panjang Keistimewaan pantai ini adalah memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 17131719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Di sini Anda akan mendapatkan garis pasang dan garis surut pantai sekitar 500 meter. 2.

P3M-Award. Foto Edukatif Universitas Bengkulu Blog. Creative Video (085769145378) Competition Agung Hutomo 4. Via Telephon peserta Panti Asuhan di Lingkungan Kota Bengkulu Bandara  Penginapan Masing-masing Co. Magic Science Tanaka Linggawan A. Satria Wijaya (085758471481) Masing-masing Co. Kutu Buku Rendi Rahman Universitas Bengkulu Awards (089626621299) 7. Bengkulu Rektorat Unib - Masing-masing Co Neneng Agung Hutomo Tanaka Linggawan A Rohmat Fauzi (08085382305118) Rohmat Fauzi (08085382305118) Septi Julirin 26 Oktober 2013 27 Oktober 2013 30 Ciptakan Generasi Profesional. Cerpen Neneng Universitas Bengkulu 3. Raih Indonesia Emas 2020 . Abdul Rahman (085758174575) 11 Oktober 2013 16 Oktober 2013 Pengumuman Finalis P3M Care – Goes to Orphanage Konfirmasi keikutsertaan peserta Kedatangan Peserta LKTSP. Sang Perabu Universitas Bengkulu (082375181631) 5.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Insya Allah Pesta Karya Mahasiswa 2013 P3M akan dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut : Waktu 1 Juli – 20 September Kegiatan Pengiriman Semua Berkas-Berkas Perlombaan Tempat Penanggung Jawab Ferry Rois (089607002373) 20 Sept – 10 Oktober Penjurian Berkas Perlombaan 1. Cerpen. Universitas Bengkulu Competition (082182579762) 6. dan Video Competition Technical Meeting Presentasi L-KTSP Sang Perabu Scientist Camp Presentasi Magic Science Pelatihan Creative Design Napak TIlas Jejak Bung Karno Seminar Nasional Kepulangan Peserta 11-13 Oktober 2013 24 Oktober 2013 25 Oktober 2013 Penginapan Rektorat Unib Universitas Bengkulu Laboratorium Teknologi Pertanian Aula Dekanat FKIP Kota Wisata. LKTSP 2. Grup FB.

) 31 Ciptakan Generasi Profesional. Peserta 2013 (……………….Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu PESTA KARYA MAHASISWA 2013 Formulir Pendaftaran Peserta “Ciptakan Generasi Profesional. .. Raih Indonesia Emas 2020 . Raih Indonesia Emas 2020” Data Peserta Nama Lengkap Asal Sekolah/Perguruan Tinggi Jenis Kelamin TTL Alamat Handphone Email Alamat Facebook : : : : : : : : Foto Berwarna 3x4 Wajib Diisi Data Sekolah/Perguruan Tinggi Nama Sekolah/Perguruan Tinggi Alamat Kota Propinsi Telepon Email Fax : : : : : : : Kami menyatakan bahwa dengan ini kami mendaftar sebagai peserta Pesta Karya Mahasiswa 2013 yang diselenggarakan oleh UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu.

.” 32 Ciptakan Generasi Profesional.unib@gmail..com : p3m.Pesta Karya Mahasiswa 2013 UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu Contact Person : Dwi (085769892152) Fauzi (089699547084) Ferry (085208126349) Satria (085758471481) FB Group Akun Fb Blog Email : UKM P3M UNIB : Ukm Penelitian Universitas Bengkulu : p3m-unib.blogspot.com “Kami tunggu karyanya di Bengkulu ya. Raih Indonesia Emas 2020 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful