OBAT METABOLISME DAN ENDOKRIN

Obat metabolisme dan endokrin digolongkan sebagai berikut : 1. Insulin 2. Obat kencing manis 3. Preparat tiroid dan antitiroid 4. Obat antihiperlipidemik salah satunya obat kolesterol 5. Obat metabolisme tulang salah satunya obat osteoporosis Metabolisme adalah proses pengolahan (pembentukan dan penguraian) zat -zat yang diperlukan oleh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya. Kelainan metabolisme seringkali disebabkan oleh kelainan genetik yang mengakibatkan hilangnya enzim tertentu yang diperlukan untuk merangsang suatu proses metabolisme. Kelainan metabolisme karbohidrat dapat menimbulkan penyakit. Karbohidrat adalah gula, diantaranya adalah glukosa, sukrosa dan fruktosa. Beberapa gula (misalnya sukrosa) harus diproses oleh enzim di dalam tubuh sebelum bisa digunakan sebagai sumber energi. Jika enzim yang diperlukan tidak ada, maka gula akan tertimbun dan menimbulkan masalah kesehatan misalnya diabetes atau kencing manis. Sistem endokrin terdiri dari sekelompok organ (kadang disebut sebagai kelenjar sekresi internal), yang fungsi utamanya adalah menghasilkan dan melepaskan hormon-hormon secara langsung ke dalam aliran darah.

Gambar Sistim Endokrin Manusia Hormon berperan sebagai pembawa pesan untuk mengkoordinasikan kegiatan berbagai organ tubuh. Jika kelenjar endokrin mengalami kelainan fungsi, maka kadar hormon di dalam darah bisa menjadi tinggi atau rendah, sehingga mengganggu fungsi tubuh.

Osteoporosis adalah berkurangnya kepadatan tulang yang progresif. sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Di apotik online medicastore anda dapat mencari obat metabolisme dan endokrin yang telah diresepkan dokter secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat sesuai kebutuhan anda. tetapi setelah menopause kadarnya pada wanita mulai meningkat. gondok noduler toksik atau hipertiroidisme sekunder. trigliserida maupun keduanya) dalam darah. . Sebagian besar kasus peningkatan kadar trigliserida dan kolesterol total bersifat sementara dan tidak berat.Untuk mengendalikan fungsi endokrin. meningkat sejalan dengan bertambahnya usia. Obat antitiroid digunakan untuk hipertiroidisme. maka pelepasan setiap hormon harus diatur dalam batasbatas yang tepat. dan terutama merupakan akibat dari makan lemak. Pembuangan lemak dari darah pada setiap orang memiliki kecepatan yang berbeda. Dalam keadaan normal. Faktor lain yang menyebabkan tingginya kadar lemak tertentu (misalnya VLDL dan LDL) adalah: • • • • • • • • Riwayat keluarga dengan hiperlipidemia Obesitas Diet kaya lemak Kurang melakukan olah raga Penggunaan alkohol Merokok sigaret Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik Kelenjar tiroid yang kurang aktif. Hipertiroidisme bisa ditemukan dalam bentuk penyakit Graves. Seseorang bisa makan sejumlah besar lemak hewani dan tidak pernah memiliki kadar kolesterol total lebih dari 200 mg/dL. terutama kolesterol LDL. Permasalahan pada metabolisme tulang biasanya adalah osteoporosis. sehingga menghasilkan sejumlah besar hormon tiroid. sedangkan yang lainnya menjalani diet rendah lemak yang ketat dan tidak pernah memiliki kadar kolesterol total dibawah 260 mg/dL. pria memiliki kadar yang lebih tinggi. Hipertiroidisme adalah suatu keadaan dimana kelenjar tiroid bekerja secara berlebihan. Kadar lipoprotein. Hiperlipidemia adalah tingginya kadar lemak (kolesterol.

gangguan penglihatan yang bersifat sementara. PERHATIAN Kerusakan ginjal atau hati.  Efek melemah ketika digunakan dengan Asetazolamida. biduran/kaligata. Salisilat. Asam nikotinat (pada dosis tinggi). Fenilbutazon.  β-bloker mengurangi toleransi glukosa. Fluoksetin. Allopurinol. Tritoqualin. MAO inhibitor. Siklofosfamida. laksantif. Epinefrin & simpatomimetika lainnya. gangguan saluran cerna. olah raga dan penurunan berat badan. kortikosteroid. INDEKS KEAMANAN PADA WANITA HAMIL C: Penelitian pada hewan menunjukkan efek samping pada janin ( teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan belum ada penelitian yang terkendali pada wanita atau penelitian pada wanita dan hewan belum tersedia. koma. kemerahan pada kulit. dan anemia hemolitik. menyusui. leukopenia. diabetik ketoasidosis. KONTRA INDIKASI  IDDM/Insulin Dependent Diabetes Mellitus (diabetes tipe I).  Wanita hamil. Fenfluramin. Fibrat. Ifosfamida. Sulfinpirazon. Rifampisin. Kloramfenikol. Azapropazon. DOSIS Dosis awal 1 mg sekali sehari. Probenesid. kelainan sistem endokrin. diuretik. Resiko hipoglikemia. Quinolon. Glukagon. Guanetidin.AMARYLTABLET 1 MG GOLONGAN KANDUNGAN Glimepiride. hormon tiroid. KEMASAN Tablet 1 mg x 5 x 10 biji. anabolik steroid & hormon seks pria. ACE inhibitor. Interaksi obat :  terjadi potensiasi efek ketika digunakan bersama dengan insulin & antidiabetika lainnya.  Hipersensitif terhadap sulfonilurea lainnya atau sulfonamida. Tetrasiklin. INDIKASI NIDDM/Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus (diabetes tipe II) yang tidak dapat dikontrol dengan diet. Asam para-aminosalisilat. Obat seharusnya diberikan bila hanya keuntungan potensial memberikan alasan terhadap bahaya potensial pada janin. Pentoksifilin (pada dosis tinggi secara parenteral). Estrogen & Progesteron. Fenotiazin. selama dalam situasi stres seperti trauma. Oksifenbutazon. gatal-gatal. operasi. derivat Kumarin. Feniramidol. atau infeksi yang disertai demam. diabetik prekoma. Jarang : trombopenia. Dosis lazim pada penderita diabetes yang terkontrol : 1-4 mg perhari. Barbiturat. dapat ditingkatkan secara bertahap setiap 1-2 minggu. EFEK SAMPING Hipoglikemia. Fenitoin. kerusakan hati. Diazoksida. Sulfonamida. Mikonazol. . Trofosfamida. Disopiramida.

oral. oral. insulin 15 mg Pioglitazone Takeda Actos Anti Diabetik. oral. insulin 3 mg Glimepiride Aventis . insulin 4 mg Glimepiride Aventis Amaryl Anti Diabetik. oral. insulin Novo Nrdsk Amaryl Anti Diabetik. insulin 30 mg Pioglitazone Takeda Actrafid Penfill Anti Diabetik.Actos Nama Dagang Golongan Isi Komposisi PBF Actos Nama Dagang Golongan Isi Komposisi PBF Actrafid Penfill Nama Dagang Golongan Isi Komposisi PBF Amaryl Nama Dagang Golongan Isi Komposisi PBF Amaryl Nama Dagang Golongan Isi Komposisi PBF Actos Anti Diabetik. oral.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful