RENCANA PROGRAM DAN PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH: Sistem Imun dan Hematologi

Nama Koordinator Institusi Fakultas Program Studi

: Ns.Deswita,M.Kep.,Sp.Kep.An : Universitas Andalas : Keperawatan : Sarjana Keperawatan

2012

1

RANCANGAN PEMBELAJARAN Nama Mata Kuliah Program Studi Fakultas : Sistem Imunologi dan Hematologi : Sarjana Keperawatan : Keperawatan sks :3

KOMPETENSI MATA KULIAH : Menguasai pemberian asuhan keperawatan dengan gangguan imun dan hematologi pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis. SOFT SKILLS: Daya juang, Daya Tarik Komunikasi: Kreativitas,berpikir kritis,kerjasama,sikap kerja,pengalaman,percaya diri,berani mengambil keputusan Matriks Pembelajaran : Minggu Kemampuan akhir yang diharapkan • Mengenal tujuan mata kuliah • Ice breaking • Membangun atmosfer pembelajaran Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis SOFT SKILLS: Komunikasi Kreatifitas Materi/Pokok Bahasan Strategi Pembelajaran Membuat survey kelas Mengolah survey kelas Berkenalan 1. Anatomi,fisiologi,kimia,fis ika dan biokimia system imun dan hematologic 2. Patofisiologi pada system imun dan hematologic yang sering terjadi pada Dewasa : imunodefesiensi : AIDS,leukemia, Autoimun: SLE,miastenia gravis,GBS Alergi/hipersensitifitas: reaksi tranfusi,asma,rhinitis Anak-anak : Mini lecture,Case study, SGD, Cooperative Learning, - Membuat rangkuman patofis dan askep secara berkelompok - Mengajarkan pada anggota kelompok lain - Menyajikan di depan kelas (presentasi) - Ketepatan penjelasan - Daya Tarik Komunikasi - Kreatifitas Latihan yang dilakukan Kriteria Penilaian (Indikator) Bobot

1

2-5

25%

2

thalasemia.Merangkum berbagai bentuk pencegahan pada gangguan imun dan hematologi dalam satu bentuk buku saku maksimal 10 halaman (bolakbalik) – LK1 . Dokumentasi askep 6.hiperbilirubin Lansia : Arthritis rematoid 3.anemia.Ketajaman analisis 3 15% .Leukemia.hemofili .Kelengkapan konsep .Ketepatan penjelasan .Kreativitas .idiopatik trombositopenia purpura (ITP).Mencari.jamkesmas) 6-7 Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis SOFT SKILLS: Kreativitas Komunikasi Pencegahan primer.ikterus neonatorum. Diagnose keperawatan pada gangguan sitem imun dan hematologic 5.Daya tarik komunikasi 15% 8 Mengidentifikasi masalah-masalah Hasil-hasil penelitian Discovery learning . Pengkajian system imun dan hematologic 4.gakin.sekunder dan tersier pada masalah imun dan hematologi Contextual learning simulasi .Mempraktekkan cara pemberian penkes .Membuat SAP penyuluhan & media penyuluhan . System layanan kesehatan untuk pasien gangguan imun dan hematologic (rujukan.mengump ulkan jurnal – .

Belajar dengan 1.nonmaleficience.justi ce.Daya tarik komunikasi Manajemen kasus pada system imun dan hematologic (klasifikasi kasus dan prioritas masalah system imum dan hematologic) Case study.Ketepatan penjelasan .kreatifitas .beneficeinse. Kerja sama Berfikir kritis Kreatif Berargumentasi Percaya diri Sikap kerja pengalaman Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan system imun dan terkait system imun dan hematologi jurnal penelitian terkait serta merangkumnya .Menyajikan hasil di depan kelas .Menjawab persoalan yang dituangkan dalam LK1 .mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya . kreativitas Melakukan simulasi pengelolaan asuhan pada sekelompok klien dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis SOFT SKILLS: Komunikasi.Menyajikan didepan kelas .moral Problem base learning . Ketepatan penjelasan menggali/ mencari informasi (inquiry) 2.Daya tarik komunikasi . Prinsip-prinsip etika keperawatan : otonomi. Daya Tarik Komunikasi serta 4 10% .SGD simulasi .9 – 10 penelitian yang berhubungan dengan system imun dan hematologic dan menggunakan hasil penelitian dalam mengatasi masalah system imun dan hematologic SOFT SKILLS: Komunikasi.Ketrampilan sesuai peran 20% 11-13 1.Kreativitas .

Nursing advocacy Komunikasi.14-16 hematologic pada right.Tourniket test berlaku dengan berpikir kritis.Pengkajian pada klien kasus dengan dengan masalah gangguan system imun system imun dan dan hematologic pada hematologic berbagai tingkat usia .Analisa gas darah sesuai standard yang . bertanggung jawab Mendemonstrasikan Prosedur keperawatan intervensi tentang : keperawatan pada .nilai dan norma berbagai tingkat usia masyarakat SOFT SKILLS: 2.kreatif dan inofatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual/ yang dirancang . Mengidentifikasi dan analisis Belajar mandiri Kerjasama Keberanian membuat keputusan Berfikir kritis.oleh dosen LK-2 Lab skill Setiap individu Mencobakan semua tindakan keterampilan Ketepatan pelaksanaan prosedur tindakan 15 5 .

leukemia.thalasemia.rhinitis Anak-anak : Leukemia. Alergi/hipersensitifitas: reaksi tranfusi.gakin.asma. Autoimun : SLE.anemia. URAIAN TUGAS: a. Patofisiologi pada system imun dan hematologic yang sering terjadi pada Dewasa : imunodefesiensi : . penjelasan Anatomi.idiopatik trombositopenia purpura (ITP).Mengajarkan hasil pembahasan persoalan pada anggota kelompok lain hingga kelompok lain dapat memahaminya . Diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12).fisiologi. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan: buku Rangkuman 13 kasus gangguan imun dan hematologi yang telah dibahas dalam satu tulisan.jamkesmas) b. hiperbilirubin Lansia : Arthritis rematoid 3. Dokumentasi askep 6. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan): . dengan spasi 1. Diagnose keperawatan pada gangguan sitem imun dan hematologic 5.fisika dan biokimia system imun dan hematologic 2.kimia. Obyek Garapan : 1. maksimal 5 lembar bolak balik.FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah Program Studi Fakultas : sistem imun dan hematologi : Sarjana Keperawatan : Keperawatan sks :3 Pertemuan ke: 2-5 A.Objek 2-5 dikerjakan dengan dibagi membentuk 13 kelompok untuk membuat patofis dan askep dengan gangguan imun. Pengkajian system imun dan hematologic 4. System layanan kesehatan untuk pasien gangguan imun dan hematologic (rujukan.TUJUAN TUGAS: Menjelaskan pembuatan WOC dan asuhan keperawatan dengan gangguan imun dan hematologic pada berbagai usia B.Mempersentasikan hasil diskusi kelompok c.miastenia gravis.hematologi .GBS.ikterus neonatorum.hemofili.5 6 .Objek 1 dikerjakan dengan tutorial .

namun deskriptif Batas Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap Sebagian besar konsep sudah terungkap. Ketepatan penjelasan 2. Daya tarik buku POLA PENILAIAN KOMPETENSI KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan KELENGKAPAN Lengkap dan Lengkap KONSEP integratif KEBENARAN KONSEP Diungkapkan dengan tepat. tidak ada proses merangkum hanya mencontoh 7 . sesuai dengan konsep aslinya bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep Diungkap dengan tepat. melebihi halaman.KRITERIA PENILAIAN 1. Kreatifitas 4. Daya Tarik Komunikasi 3. namun masih ada yang terlewatkan Kurang Di bawah SKOR Memuaskan standard Hanya Tidak ada konsep menunjukkan sebagian konsep saja Kurang dapat Tidak ada konsep mengungkapkan yang disajikan aspek penting.C.

sehingga anggota malah kebingungan dan harus menambah pengetahuan sendiri Kurang Memuaskan Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) Di bawah standard Tidak mampu menjelaskan apapun SKOR Batas Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber Tidak didukung data. menjadi hal yang menjelaskan dapat diterima tentang prosedur. namun menyampaikan informasi yang benar Lebih banyak membaca catatan Di bawah standard Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah Tidak mau presentasi SKOR GAYA PRESENTASI Tidak berbunyi 8 . kompleksitas Misalnya. selain dipilih sesuai PENJELASAN tepat juga mampu dengan konsep menyederhanakan yang dijelaskan. seperti memberi ceramah pada anggota temannya Kurang Memuaskan Strategi yang dipilih kurang sesuai dengan konsep yang dijelaskan.KRITERIA 2a: CARA PENJELASAN DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan PEMILIHAN Strategi yang Strategi yang STRATEGI dipilih. hanya sesekali saja memandang catatan Batas Mampu menjelaskan. walaupun dengan strategi yang standard. anggota lain maka dipilih dengan mudah penjelasan dengan bagan dll KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan ISI Memberi inspirasi Menambah pendengar untuk wawasan mencari lebih dalam ORGANISASI Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik Menggugah semangat pendengar Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan Membuat pendengar paham.

sampul dll tidak serasi Tidak menarik 9 . sesuai konsep namun kurang membantu pembaca.KRITERIA 3: KREATIVITAS DIMENSI Sangat Memuaskan KREATIVITAS Model buku yang BUKU dibuat. pemilihan font. hanya seperti rangkuman saja Di bawah standard Tidak dapat membuat buku SKOR Penampilan buku tidak serasi. hanya sekedar intisari Penampilan buku sederhana tidak menunjukkan kekhasan Kurang Memuaskan Tata letak tidak seperti buku. warna. belum pernah ataupun jarang ditemui Memuaskan Penampilan buku yang unik dan menarik Batas Penampilan buku telah banyak ditemui di khalayak Kurang Memuaskan Penampilan buku yang sangat standard Di bawah standard Tidak membuat buku SKOR DAYA TARIK BUKU Sangat Memuaskan SETTING BUKU Tata letak dan penyusunan kata dalam buku sangat strategis dan memudahkan pembaca untuk memahami isinya DAYA TARIK Penampilan unik BUKU dan jarang ditemui DIMENSI Memuaskan Tata letak dan penyusunan kata dalam buku mempermudah untuk dibaca Penampilan buku secara keseluruhan serasi dan enak untuk dibaca Batas Tata letaknya berurut.

Media penyuluhan C.sekunder dan tersier pada masalah imun dan hematologi b. dengan spasi 1.Rangkuman SAP penyuluhan pada klien dengan gangguan imun dan hematologi yang dibuat dengan maksimal 10 hal. Obyek Garapan : pendidikan kesehatan yang harus disampaikan berisi tentang : Pencegahan primer. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan): . URAIAN TUGAS: a.TUJUAN TUGAS: Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis B. Daya tarik komunikasi 3.FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah : sistem imun dan hematologi Program Studi : Sarjana Keperawatan Fakultas : Keperawatan sks :3 Pertemuan ke: 6-7 A. Kreativitas 10 .KRITERIA PENILAIAN 1.5 .Mempraktekkan cara pemberian penkes (role play) c. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan: .Membuat SAP penyuluhan dan media penyuluhan . Ketepatan penjelasan 2. Dijilid dan diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12).Merangkum berbagai bentuk pencegahan pada gangguan imun dan hematologi .

sehingga anggota malah kebingungan dan harus menambah pengetahuan sendiri Di bawah standard Tidak mampu menjelaskan apapun SKOR 11 .POLA PENILAIAN KOMPETENSI KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN DIMENSI Sangat Memuaskan Batas Memuaskan KELENGKAPAN Aspek yang Aspek yang Masih kurang 2 KONSEP dijelaskan lengkap dijelaskan lengkap aspek yang belum dan integratif terungkap KEBENARAN KONSEP Diungkapkan dengan tepat. walaupun dengan strategi yang standard. bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep Diungkap dengan tepat. melebihi halaman. aspek penting tidak dilewatkan. selain dipilih sesuai PENJELASAN tepat juga mampu dengan konsep menyederhanakan yang dijelaskan. tidak ada proses merangkum hanya mencontoh KRITERIA 2a: CARA PENJELASAN DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan PEMILIHAN Strategi yang Strategi yang STRATEGI dipilih. menjadi hal yang menjelaskan dapat diterima tentang prosedur. seperti memberi ceramah pada anggota temannya Kurang Memuaskan Strategi yang dipilih kurang sesuai dengan konsep yang dijelaskan. namun masih ada yang terlewatkan Kurang Di bawah SKOR Memuaskan standard Hanya Tidak ada konsep menunjukkan sebagian konsep saja Kurang dapat Tidak ada konsep mengungkapkan yang disajikan aspek penting. kompleksitas Misalnya. namun deskriptif Sebagian besar konsep sudah terungkap. anggota lain maka dipilih dengan mudah penjelasan dengan bagan dll Batas Mampu menjelaskan.

isi yang unik dan mudah menarik dipahami. namun menyampaikan informasi yang benar Lebih banyak membaca catatan Kurang Memuaskan Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) Di bawah standard Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah Tidak mau presentasi SKOR GAYA Penyampaian penkes Tidak berbunyi KRITERIA 3: KREATIVITAS DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan KREATIVITAS Model media yang Penampilan media Media penyuluhan dibuat menarik.gambar menarik dan representatif dengan apa yang Batas Penampilan media telah banyak ditemui di khalayak Kurang Memuaskan Penampilan media yang sangat standard. hanya sesekali saja memandang catatan Batas Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber Tidak didukung data. isi kurang menarik audiens Di bawah standard Tidak membuat media penyuluhan SKOR 12 .KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan ISI Memberi inspirasi Menambah pendengar untuk wawasan mencari lebih dalam ORGANISASI Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik Menggugah semangat pendengar Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan Membuat pendengar paham.

Obyek Garapan : menganalisa dan merangkum hasil-hasil penelitian (jurnal) terkait system imun dan hematologi b.mengumpulkan jurnal – jurnal penelitian terkait serta merangkumnya Menyajikan hasil di depan kelas Dalam sebuah proposal penelitan yang mengikuti standard APA c. Daya tarik komunikasi 13 .KRITERIA PENILAIAN 1. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan): Mencari. media belum pernah ataupun jarang ditemui FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah : sistem imun dan hematologi Program Studi : Sarjana Keperawatan Fakultas : Keperawatan sks :3 Pertemuan ke: 8 A.disampaikan. URAIAN TUGAS: a. Ketajaman analisis 2.TUJUAN TUGAS: Mengidentifikasi masalah-masalah penelitian yang berhubungan dengan system imun dan hematologic dan menggunakan hasil penelitian dalam mengatasi masalah system imun dan hematologic B. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan: Paper hasil analisis yang berasal dari berbagai sumber hasil penelitian yang kemudian disajikan dalam bentuk powerpoint pada presentasi kasus didalam kelas selama kurang lebih 30 menit tiap kelompok C. kreatifitas 3.

POLA PENILAIAN KOMPETENSI GRADING SCHEME KRITERIA 1: KETAJAMAN ANALISIS Sangat Memuaskan KETERSEDIAAN Lengkap dan KONSEP YANG integratif dengan DIACU jumlah referensi di atas 10 jurnal KETAJAMAN Rangkuman yang ANALISIS dibuat dapat menunjukkan faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku dengan tepat dan lengkap KRITERIA 2: KREATIVITAS DIMENSI Sangat Memuaskan Penyajian Orisinil dan Presentasi sangat menarik. walau kurang memanggil orang untuk melihat Batas Cukup menarik. jurnal yang diacu antara 5-10 buah Rangkuman yang dibuat mampu menunjukkan secara deskriptif faktor yang mempengaruhi proses perubahan perilaku Kurang Memuaskan Kurang lengkap. desain sering kita lihat Kurang Memuaskan Desain yang dibuat sudah sering dilihat Di bawah standard desain tidak menarik dan asal dibuat SKOR 14 . jurnal yang diacu kurang dari 5 buah Rangkuman tidak menggambarkan dengan jelas faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku Di bawah SKOR standard Jurnal yang diacu kurang dari 2 dan tidak ada rangkuman Tidak ada rangkuman Memuaskan Orisinil. dapat membuat orang lain terinspirasi DIMENSI Memuaskan Lengkap. dengan jumlah referensi di atas 10 jurnal Rangkuman yang dibuat dapat digunakan untuk menarik kesimpulan tentang faktor yang berpengaruh Batas Cukup lengkap.

walau menarik dan tidak terlalu menggugah mengundang semangat membaca KRITERIA 3b: KOMUNIKASI LISAN DIMENSI ISI Sangat Memuaskan Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam Memuaskan Menambah wawasan Batas Bahasa deskriptif. namun ORGANISASI Sangat runtut dan Cukup runtut dan integratif sehingga memberi data Kurang Memuaskan Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya Informasi yang disampaikan tidak Di bawah standard Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah Tidak mau presentasi SKOR 15 .KRITERIA 3a: KOMUNIKASI TERTULIS DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan BAHASA Bahasa Bahasa PAPER menggugah menambah pembaca untuk informasi mencari tahu pembaca konsep lebih dalam KERAPIAN Paper dibuat Paper cukup PAPER dengan sangat menarik. tidak terlalu menambah pengetahuan Dijilid biasa Kurang Di bawah Memuaskan standard Informasi dan data Tidak ada hasil yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan Dijilid namun kurang rapi Tidak ada hasil SKOR Batas Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber Tidak didukung data.

Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan): . Obyek Garapan : Pada sesi pembelajaran ini.Membuat scenario & mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya c.GAYA PRESENTASI pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik Menggugah semangat pendengar pendukung fakta yang disampaikan Membuat pendengar paham.Menyajikan didepan kelas .TUJUAN TUGAS: Melakukan simulasi pengelolaan asuhan pada sekelompok klien dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis B.Menjawab persoalan yang dituangkan dalam LK1 . mahasiswa diminta untuk melakukan manajemen kasus pada system imun dan hematologic (klasifikasi kasus dan prioritas masalah system imum dan hematologic) b. hanya sesekali saja memandang catatan menyampaikan informasi yang benar Lebih banyak membaca catatan ada dasarnya Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) Tidak berbunyi FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah Program Studi Fakultas : sistem imun dan hematologi : Sarjana Keperawatan : Keperawatan sks :3 Pertemuan ke: 9-10 A. URAIAN TUGAS: a. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan: 16 .

KRITERIA PENILAIAN 1.Paper hasil analisis yang berasal dari berbagai sumber yang kemudian dijilid dan dikumpulkan dengan ketentuan penulisan : paling minimal 10 halaman dengan spasi 1. tidak ada proses merangkum hanya mencontoh KRITERIA 2a: KOMUNIKASI TERTULIS DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR 17 . font arial 12 C. Daya tarik komunikasi 3. Ketepatan penjelasan 2. namun deskriptif Sebagian besar konsep sudah terungkap. aspek penting tidak dilewatkan. namun masih ada yang terlewatkan Kurang Di bawah SKOR Memuaskan standard Hanya Tidak ada konsep menunjukkan sebagian konsep saja Kurang dapat Tidak ada konsep mengungkapkan yang disajikan aspek penting.5. Ketrampilan sesuai peran POLA PENILAIAN KOMPETENSI KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN DIMENSI Sangat Memuaskan Batas Memuaskan KELENGKAPAN Aspek yang Aspek yang Masih kurang 2 KONSEP dijelaskan lengkap dijelaskan lengkap aspek yang belum dan integratif terungkap KEBENARAN KONSEP Diungkapkan dengan tepat. melebihi halaman. bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep Diungkap dengan tepat.

BAHASA PAPER KERAPIAN PAPER Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca Bahasa menambah informasi pembaca Paper cukup menarik. tidak terlalu menambah pengetahuan Dijilid biasa Informasi dan data Tidak ada hasil yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan Dijilid namun kurang rapi Tidak ada hasil KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan ISI Memberi inspirasi Menambah pendengar untuk wawasan mencari lebih dalam ORGANISASI Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik Menggugah semangat pendengar Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan Membuat pendengar paham. walau tidak terlalu mengundang Bahasa deskriptif. namun menyampaikan informasi yang benar Lebih banyak membaca catatan Kurang Memuaskan Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) Di bawah standard Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah Tidak mau presentasi SKOR GAYA persentasi Tidak berbunyi 18 . hanya sesekali saja memandang catatan Batas Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber Tidak didukung data.

penampilan monoton Kurang Memuaskan Banyak peran yang hilang. Obyek Garapan : 1. Nursing advocacy b. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan): 19 . mahasiswa diminta mencari konsep tentang Prinsip-prinsip etika keperawatan otonomi.KRITERIA 3: Keterampilan Peran DIMENSI Sangat Memuaskan Keterampilan Berperan sesuai peran dengan skenario dengan hafal skenario dan mampu membawa audiens dalam kondisi nyata dan menarik (tidak monoton) Memuaskan Berperan sesuai skenario kurang menarik Batas Tidak hafal skenario sehingga harus membaca transkrip.beneficeinse. kebingungan dan tidak menarik Di bawah standard Tidak mampu bermain peran walaupun transkrip ada SKOR FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah Program Studi Fakultas : sistem imun dan hematologi : Sarjana Keperawatan : Keperawatan sks :3 Pertemuan ke: 11-13 A.TUJUAN TUGAS: Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia B.moral right.nilai dan norma masyarakat 2.nonmaleficience. URAIAN TUGAS: a.justice.

Daya Tarik Komunikasi POLA PENILAIAN KOMPETENSI KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan KELENGKAPAN Lengkap dan Lengkap KONSEP integratif KEBENARAN KONSEP Diungkapkan dengan tepat. namun masih ada yang terlewatkan Kurang Di bawah SKOR Memuaskan standard Hanya Tidak ada konsep menunjukkan sebagian konsep saja Kurang dapat Tidak ada konsep mengungkapkan yang disajikan aspek penting.KRITERIA PENILAIAN 1.Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual/ yang dirancang oleh dosen LK-2 (kasus pencetus) c.5. tidak ada proses merangkum hanya mencontoh 20 .. font arial 12 C.Mencari referensi . melebihi halaman. sesuai dengan konsep aslinya bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep Diungkap dengan tepat. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan: rangkuman diskusi tentang kasus yang diberikan sebanyak 10 lembar diketik komputer dengan spasi 1. Ketepatan penjelasan 2. namun deskriptif Batas Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap Sebagian besar konsep sudah terungkap.

seperti memberi ceramah pada anggota temannya Kurang Memuaskan Strategi yang dipilih kurang sesuai dengan konsep yang dijelaskan. menjadi hal yang menjelaskan dapat diterima tentang prosedur. anggota lain maka dipilih dengan mudah penjelasan dengan bagan dll Batas Mampu menjelaskan.KRITERIA 2a: CARA PENJELASAN DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan PEMILIHAN Strategi yang Strategi yang STRATEGI dipilih. kompleksitas Misalnya. hanya sesekali saja memandang catatan Batas Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber Tidak didukung data. namun menyampaikan informasi yang benar Lebih banyak membaca catatan Kurang Memuaskan Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) Di bawah standard Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah Tidak mau presentasi SKOR GAYA PRESENTASI Tidak berbunyi 21 . sehingga anggota malah kebingungan dan harus menambah pengetahuan sendiri Di bawah standard Tidak mampu menjelaskan apapun SKOR KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan ISI Memberi inspirasi Menambah pendengar untuk wawasan mencari lebih dalam ORGANISASI Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik Menggugah semangat pendengar Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan Membuat pendengar paham. selain dipilih sesuai PENJELASAN tepat juga mampu dengan konsep menyederhanakan yang dijelaskan. walaupun dengan strategi yang standard.

Analisa gas darah 3.kreatif dan inofatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif B.TUJUAN TUGAS: Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia sesuai standard yang berlaku dengan berpikir kritis. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan: protap tindakan yang dibuat dalam bentuk buku saku C. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan): Setiap individu Mencobakan semua tindakan keterampilan c. Pengkajian pada klien dengan masalah system imun dan hematologic 2. Obyek Garapan : mahasiswa akan melakukan Prosedur keperawatan tentang : 1. Tourniket test b.FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah Program Studi Fakultas : sistem imun dan hematologi : Sarjana Keperawatan : Keperawatan sks :3 Pertemuan ke: 14-16 A.KRITERIA PENILAIAN Ketepatan pelaksanaan prosedur tindakan yang dituang dalam modul tindakan keperawatan 22 . URAIAN TUGAS: a.

KRITERIA 3: Ketepatan Pelaksanaan Prosedur Tindakan DIMENSI Keterampilan tindakan Sangat Memuaskan Poin pengkajian terisi semua. Perlu banyak latihan Kurang Memuaskan Peralatan ada Prosedur ada yang yang tidak terlewatkan. komunikasi interaktif dan terapeutik. fotocopy) 23 . Peralatan tersedia lengkap. buku.Semua prosedur dilakukan dengan tepat. Lecture Notes: power point 2.Semua poin utama yang prosedur terlewatkan dilakukan namun tidak berurutan dan komunikasi kurang interaktif dan terapeutik Batas Di bawah standard Banyak poin yang tidak dilakukan atau Tidak dilakukan sama sekali SKOR LAMPIRAN – LAMPIRAN: 1. Lembar Kerja 3. berurutan dan tidak terlewatkan. poin bertanda bintang dilakukan semua Memuaskan Semua poin dilakukan namun kurang sempurna. print out artikel.ada tersedia. Poin utama seperti prinsip sterilitas terjaga. Selected Reading Material (daftar alamat web.

10.2012.2012. 19 Sept 2013 Rabu. 10. dewasa dan lansia Patofisiologi pada sistem imun dan hematologi yang sering terjadi pada anak didaerah. regional dan internasional Pengkajian pada sistem imun dan hematologi dewasa dan lansia Pengkajian pada sistem imun dan hematologi bayi dan anak UTS Asuhan keperawatan dengan gangguan sistem imun dan hematologi pada kasus bayi dan anak Asuhan keperawatan dengan gangguan sistem imun dan hematologi pada kasus dewasa I Asuhan keperawatan dengan gangguan sistem imun dan hematologi pada kasus dewasa II Asuhan keperawatan dengan gangguan sistem imun dan hematologi Deswita Susmiati Deswita Esi Afriyanti Gusti Sumarsih Esi Afriyanti Deswita TIM Deswita Nelwati Esi afriyanti Gusti Sumarsih 24 Dosen . regional dan internasional Patofisiologi pada sistem imun dan hematologi yang sering terjadi pada dewasa didaerah.00. 29 Agus 2013 V Rabu.0010.2012. 10.0010. 08.2012. 12 Sept 2013 Rabu.0010.2012.00 4 Sept 2013 VI Kamis. 2013/2014 Pertemuan Hari & Tanggal I Rabu.A. 08. 5 Sept 2013 VII Rabu.00.00 21 Agustus 2013 II Kamis. anak.00.JADWAL TENTATIF KULIAH SISTEM IMUN DAN HEMATOLOGI SEMSESTER GANJIL T. 08.00.00.0010. 10. regional dan internasional Patofisiologi pada sistem imun dan hematologi yang sering terjadi pada lansia didaerah.0010.00 11 Sept 2013 VIII IX X XI Kamis. 22 Agus 2013 III Rabu. nasional. nasional.20Materi Penjelasan RPKPS Review Anatomi dan fisiologi sistem imun dan hematologi pada bayi.00 28 Agus 2013 IV Kamis. 10. 08. nasional.00 18 Sept 2013 Kamis. 08. 10.

08. Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan sistem imun dan hematologi pada usia bayi.00 25 Sept 2013 Kamis.0010.2012.00 2 Okto 2013 Kamis. 26 Sept 2013 Rabu.. dewasa dan lansia UAS Deswita Gusti Sumarsih Nelwati TIM Pertemuan I II III IV V VI VII VIII IX Hari & Tanggal Praktikum Penjelasan dan tata tertib praktikum Pengkajian pada klien dengan masalah sistem imun dan hematologi bayi dan anak Pengkajian pada klien dengan masalah sistem imun dan hematologi dewasa Pengkajian pada klien dengan masalah sistem imun dan hematologi dewasa Pengkajian pada klien dengan masalah sistem imun dan hematologi lansia Tourniket test Tourniket test UTS Tourniket test Analisa Gas Darah (anak dan bayi) Dosen Deswita Deswita Fitria Fajriani Fitria Fajriani Fitria Fajriani Fitria Fajriani Deswita Deswita Deswita 25 .XII XIII XIV 12.0010. 08. 3 Okto 2013 pada kasus lansia. 10. anak.00.00. Telaah jurnal yang terkait sistem imun dan hematologi pada berbagai tingkat usia Simulasi pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan gangguan sistem imun dan hematologi pada berbagai tingkat usia.

X XI XII XIII XIV Analisa Gas Darah (anak dan bayi) Transfusi Transfusi Transfusi Transfusi UAS Deswita Deswita Fitria Fajriani Fitria Fajriani Fitria Fajriani 26 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful