You are on page 1of 10

1

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Cahaya putih merupakan cahaya polikromatik yang terdiri dari berbagai panjang gelombang yang dapat bervibrasi kesegala arah. Cahaya putih dapat diubah menjadi cahaya monokromatik (hanya terdiri dari satu panjang gelombang) dengan menggunakan suatu filter atau sumber cahaya yang khusus. Cahaya monokromatik ini disebut cahaya terpolarisasi.

Peristiwa polarisasi tidak dapat diamati secara langsung oleh mata manusia, sehingga diperlukan suatu alat yang dapat membantu untuk menunjukan gejala polarisasi tersebut. Melalui polarimeter gejala polarisasi dapat ditunjukan, selain itu melalui alat ini dapat dilihat pula bagaimana larutan optic aktif seperti larutan gula dapat membelokan cahaya yang telah dipolarisasi.

Makalah Gelombang & Optik

Polarimeter

Mengetahui prinsip kerja polarimeter Makalah Gelombang & Optik Polarimeter . Rumusan Masalah 1 Apa yang di maksud dengan polarimeter? 2 Apa komponen.2 A. Tujuan Masalah Adapaun tujuan-tujuan yang ini dicapai pada makalah ini ialah : 1. Mengetahui pengertian polarimeter 2.komponen polarimeter? 3 Bagaimana cara penggunaan polarimeter 4 Bagaimana prinsip kerja polarimeter? B. Mengetahui komponen-komponen polarimeter 3. Mengetahui cara penggunaan polarimeter 4.

Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik yang terdiri dari getaran medan listrik dan getaran medan magnet yang saling tegak lurus. Peristiwa polarisasi merupakan suatu peristiwa penyearahan arah getar suatu gelombang menjadi sama dengan arah getar polaroid dengan cara menyerap gelombang yang memiliki arah getar yang berbeda dan meneruskan gelombang dengan arah getar yang sama dengan polaroid. Sinar biasa secara umum dapat dikatakan gelombang elektromagnetik yang vektor-vektor medan listrik dan medan magnetnya bergetar kesemua arah pada bidang tegak lurus dengan arah Makalah Gelombang & Optik Polarimeter .3 BAB II PEMBAHASAN 2. Dan jika cahaya hanya memiliki satu arah getar maka disebut sebagai cahaya terpolarisasi linear.1 Pengertian Polarimeter Polarimeter merupakan suatu alat yang tersusun atas polarisator dan analisator. Polarimeter adalah Polaroid yang dapat mempolarisasi cahaya. sedangkan anlisator adalah Polaroid yang dapat menganalisa/mempolarisasikan cahaya. Bidang getar kedua medan ini tegak lurus terhadap arah rambatnya. Polarisasi adalah terserapnya sebagian arah getar cahaya. Cahaya yang sebagian arah getarnya terserap disebut cahaya terpolarisasi. Polarimeter juga dapat digunakan untuk mengukur besar sudut putar jenis suatu larutan optic aktif.

Makalah Gelombang & Optik Polarimeter . Apabila arahnya membentuk suatu sudut. Apabila sinar ini melalui suatu polarisator maka sinar yang diteruskan mempunyai getaran listrik yang terletak pada satu bidang saja dan dikatakan sinar terpolarisasi bidang (linear). Cahaya dari lampu sumber. maka tak ada sinar yang diteruskan. maka sinar yang mempunyai arah getar yang sama dengan arah polarisator akan diteruskan seluruhnya. Gambar : polarimeter Bila arah transmisi polarisator sejajar dengan arah transmisi analisator. maka yang diteruskan hanya sebagian.4 rambatnya dan disebut sinar tak terpolarisasi. Sinar terpolarisasi linear yang melalui suatu larutan optis aktif akan mengalami pemutaran bidang polarisasi. Tetapi apabila arah transmisi polarisator tegak lurus terhadap arah analisator. Cahaya terpolarisasi kemudian melewati senyawa optis aktif yang akan memutar bidang cahaya terpolarisasi dengan arah tertentu. terpolarisasi setelah melewati prisma Nicol pertama yang disebut polarisator.

yaitu sinar yang dapat memancarkan sinar monokromatis. Sedangkan analisator berfungsi untuk menganalisa sudut yang Makalah Gelombang & Optik Polarimeter .3 nm.5 Bila suatu berkas cahaya terpolarisasi linier melalui suatu larutan zat yang bersifat optic aktif (misalnya larutan gula) maka bidang polarisasi berkas cahaya tersebut akan berputar sebasar sudut θ. Polarisator dan analisator. Sumber cahaya monokromatis. suhu larutan. 2. Selain itu juga dapat digunakan lampu uap raksa dengan panjang gelombang 546 nm. panjang yang dilalui sinar cahaya dan panjang gelombang cahaya.2 Komponen Polarimeter Komponen-komponen alat polarimeter adalah sebagai berikut : 1. Polarisator berfungsi untuk menghasilkan sinar terpolarisir. 2. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah lampu D Natrium dengan panjang gelombang 589. sudut putar dapat dihitung dengan persamaan : Keterangan : α = daya putar spesifik θ = panjang tabung (cm) k = konsentrasi larutan (gram/cc). Besar sudut θ tergantung pada konsentrasi larutan.

Wadah sampel ini berbentuk silinder yang terbuat dari kaca yang tertutup dikedua ujungnya berukuran besar dan yang lain berukuran kecil. 5. sedangkan polarimeter lain dapat digunakan detektor fotoelektrik. Wadah sampel ( tabung polarimeter ).3 Cara penggunaan Polarimeter 1. 1 . Selalu mulai dengan menentukan keadaan nol (zero point) dengan mengisi tabung sampel dengan pelarut saja. Detektor. Prisma setengah nikol merupakan alat untuk menghasilkan bayangan setengah yaitu bayangan terang gelap dan gelap terang. 4. biasanya mempunyai ukuran panjang 0. Yang digunakan sebagai polarisator dan analisator adalah prisma nikol. 2. 3. Pada polarimeter manual yang digunakan sebagai detektor adalah mata.6 terpolarisasi. 2 dm. Skala lingkar merupakan skala yang bentuknya melingkar dan pembacaan skalanya dilakukan jika telah didapatkan pengamatan tepat baur-baur. Keadaan nol ini perlu untuk mengkoreksi pembacaan atau pengamatan rotasi optik. Makalah Gelombang & Optik Polarimeter . 2. 6. Untuk memulai penggunaan polarimeter pastikan tombol power pada posisi on dan biarkan selama 5-10 menit agar lampu natriumnya siap digunakan.5 . Wadah sampel ini harus dibersihkan secara hati-hati dan tidak bileh ada gelembung udara yang terperangkap didalamnya.

sinar Laser dan lain – lain.7 3. Cahaya putih dapat diubah menjadi cahaya monokromatik (hanya terdiri dari satu panjang gelombang) dengan menggunakan suatu filter atau sumber cahaya yang khusus. Pembacaan/pengamatan bergantung kepada tabung sampel yang berisi larutan/pelarut dengan penuh. Perhatikan saat menutup tabung sampel. 2. Yang termasuk cahaya monokromatis adalah sinar infra red. harus dilakukan dengn hati-hati agar di dalam tabung tidak terdapat gelembung udara. 5. prinsip kerja polarimeter adalah sebagai berikut a) Sinar monokromtis dari sumber cahaya (lampu natrium) akan melewati lensa kolimator sehingga berkas sinar yang dihasilkan akan disejajarkan arah rambatnya. Tabung sampel harus dibersihkan sebelum digunakan agar larutan yang diisikan tidak terkontaminasi zat lain. b) Dari lensa terus ke polarisator untuk mendapatkan berkas cahaya yang terpolarisasi Makalah Gelombang & Optik Polarimeter . 4. Cahaya putih merupakan cahaya polikromatik yang terdiri dari berbagai panjang gelombang yang dapat bervibrasi kesegala arah. Cahaya monokromatik ini disebut cahaya terpolarisasi.4 Prinsip Kerja Polarimeter Menurut Scribd (2010).. sinar UV.

Makalah Gelombang & Optik Polarimeter . Bila cahaya terpolarisasi dilewatkan ke dalam suatu zat optis aktif seperti gula. Besarnya sudut perputaran cahaya terpolarisasi dapat diukur denganpolarimeter dan harganya dipengaruhi oleh konsentrasi zat optis aktif. artinya air tidak dapat memutar bidang cahaya terpolarisasi. Kalau cahaya tersebut dilewatkan ke dalam air murni kita melihat cahaya tersebut diteruskan. kemudian melewati larutan senyawa optik aktif yang berada dalam tabung polarimeter.8 c) Cahaya terpolarisasi ini akan terus ke prisma ½ nicol untuk mendapatkan bayangan gelap dan terang. Zat optis aktif ditandai oleh adanya atom karbon tak setangkap (asimetri-tak simetri) atau kiral di dalam senyawa organik. maka cahaya itu akan dibelokkan.

2.9 BAB III 3. 3. Sumber cahaya monokromatis. Makalah Gelombang & Optik Polarimeter . Polarimeter memiliki prinsip kerja yaitu : a.1 Kesimpulan 1. Polarisator dan analisator. Polarimeter merupakan suatu alat yang tersusun atas polarisator dan analisator. wadah sampel. Komponen-komponen alat polarimeter adalah. Sinar monokromtis dari sumber cahaya (lampu natrium) akan melewati lensa kolimator sehingga berkas sinar yang dihasilkan akan disejajarkan arah rambatnya. prisma nikol. Polarimeter juga dapat digunakan untuk mengukur besar sudut putar jenis suatu larutan optic aktif. dan detektor.

Cahaya terpolarisasi ini akan terus ke prisma ½ nicol untuk mendapatkan bayangan gelap dan terang.10 b. Dari lensa terus ke polarisator untuk mendapatkan berkas cahaya yang terpolarisasi c. kemudian melewati larutan senyawa optik aktif yang berada dalam tabung polarimeter. Makalah Gelombang & Optik Polarimeter .