You are on page 1of 10

Pengantar Assalamu’alaikum warakhmatullohi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua.

Saudara-saudara yang terhormat, tes ini merupakan salah satu instrumen pengumpulan data penelitian dalam rangka penelitian awal dalam penyusunan tesis, pada Program S-2 Pendidikan Biologi Pascasarjana UMB, dengan judul “Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Biologi dalam Mengembangan Asesmen Biologi di Program Studi Pendidikan Biologi UHAMKA”. Melalui tes ini diharapkan pengetahuan konsep dasar Biologi Saudara, sebagai salah satu faktor yang berhubungan dengan kompetensi asesmen IPA, dapat diukur. Hasil penelitian ini diorientasikan untuk menjadi masukan bagi peningkatan kualitas perkuliahan di Pendidikan Biologi, sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional di tingkat sekolah menengah. Oleh karenanya kesungguhan Saudara dalam mengerjakan tes ini sangat kami harapkan. Terima kasih. Wassalamu’alaikum warakhmatullohi wabarakatuh.

Peneliti, Nur Chaeranty

Penguasaan Konsep Dasar Biologi

1

Urutan organisasi kehidupan dari yang paling sederhana hinggga yang paling kompleks adalah…. Sel tersusun atas substansi atau cairan. Jaringan-sel-organ-sistem organ-organisme-populasi-komunitas 2. Alat gerak 4. dan lingkungan. Xylem b. Nukleoplasma d. Pertumbuhan d. Epidermis 6. Bila dalam gelas berisi air diberikan beberapa tetes sirup. Plasmalemma 5. Imbibisi c. kemungkinan peristiwa apakah yang akan terjadi…. Johannes Purkinje memberi nama cairan tersebut sebagai…. a. dinamakan…. Pada makhluk hidup proses menuju kedewasan yang dipengaruhi oleh hormon. Berkembang biak b. Organisme-sel-jaringan-sistem organ-organ-komunitas-populasi c. Bergerak c. Perkembangan 3. Sitoplasma b. Berdasarkan gambar di bawah. Cara bergerak b. a. Hal ini disebabkan oleh adanya aktifitas jaringan…. Difusi d. Protoplasma c.Pilihlah salah satu alternatif jawaban yang tersedia! 1.7 dan 8! Penguasaan Konsep Dasar Biologi 2 . a. kelompok hewan tersebut dapat dikelompokkan pada kelompok yang sama berdasarkan …. Transport aktif Perhatikan gambar di bawah ini untuk menjawab soal no. Osmosis b. Sel-jaringan-organ-sistem organ-organisme-komunitas-populasi d. a. Tumbuhan dapat tumbuh menjadi lebih tinggi dan lebih besar. nutrisi. Sel-jaringan-organ-sistem organ-organisme-populasi-komunitas b. Berkembangbiak d. Meristem d. Parenkim c. a. a. Tempat hidup c.

a. cahaya d. 10. Karbondioksida untuk fotosintesis diperoleh tumbuhan melalui .. d.. a. terlarut dalam air yang dibawa pembuluh angkut dari akar b. suhu 8. 3 dan 4 Perhatikan gambar penampang daun berikut ini : Proses fotosintesis dapat berlangsung apabila tersedia bahan berupa air. Bagian daun Penguasaan Konsep Dasar Biologi 3 E .. pengikatan oleh klorofil bersama cahaya matahari 9.. 2. a. 2 dan 3 b. 2 dan 4 c. mahkota bagian dari perhiasan bunga 3 4 Pernyataan di atas yang benar adalah ….. 3 dan 4 11. karbondioksida dan cahaya matahari. 1. 1. Pada gambar di atas. unsur hara b. tempat pembentukan serbuk sari 3..7. tampak tanaman peka terhadap rangsangan . 1. Gambar mana yang memperlihatkan pola tulang daun menyirip…. berdifusi dari udara sekitar melalui stomata daun d. proses difusi melalui kulit batang lalu masuk ke dalam air c. alat perkembangbiakan jantan 2. kelembaban c. Perhatikan gambar berikut : 1 2 1.

. a. tulang dapat dibedakan menjadi ..pada gambar di atas yang karbondioksida dan air adalah . C dan D 12. tulang pipih. pengubah gula menjadi glikogen 16. tulang rangka. Stomata terletak menjorok ke arah dalam d.. Perhatikan tabel berikut : No Tepi Ujung Pangkal i Asam Pahit Manis ii Asam Manis Pahit iii Manis Asam Pahit iv Manis Pahit Asam Berdasarkan tabel di atas.. tulang kepala. Menurut bentuknya. pengubah protein menjadi asam amino c. tulang badan. Pada dasarnya nilai penting dari adanya klorofil pada tumbuhan adalah kemampuannya dalam menangkap energi cahaya matahari untuk diubah menjadi energi kimia atau zat makanan.. a. negara akan kehilangan devisa dari hasil hutan d. A dan B b. Memiliki stomata dalam jumlah yang banyak b. Stomata dipergunakan untuk menyerap air 14. manusia kehilangan keanekaragaman hayati b. tulang pendek. a. Zat makanan inilah yang dimanfaatkan hewan dan manusia untuk bekal beraktifitas dan bertahan hidup. pengubah zat tepung menjadi gula b. kelaparan mengancam kehidupan hewan dan manusia c. tulang sendi. kepekaan kuncup pengecap pada lidah yang tepat adalah …. tulang pipa.. D dan E c. a. pengubah lemak menjadi asam lemak d... yakni …. tulang keras. Penguasaan Konsep Dasar Biologi 4 . tulang rawan b. tulang anggota d. tulang pendek c. B dan C berperan dalam mensuplai d. IV Perhatikan gambar alat pencernaan berikut ! Di dalam organ X dan Y enzim yang sama berperan sebagai . manakah masalah yang paling dirasakan apabila tumbuhan yang mengandung klorofil musnah di atas bumi? a. Tumbuhan yang hidup di daerah yang kurang air memiliki ciri yang sesuai dengan tempat hidupnya tersebut. II c. I b. III d. a. Berkaitan dengan hal tersebut. bencana alam longsor dan banjir akan sering terjadi 13. Stomata terletak di permukaan atas daun c. tulang otot 15..

Jantung terdiri atas bagian-bagian yang berfungsi sebagi pemompa darah.i d... a. ventrikel kiri c. air dengan CO2 di dalamnya keluar melalui penutup insang ii. i dan ii b. i – ii – iv – iii b.17. atrium kanan d. a.. Jantung manusia terdiri atas 4 ruang.. i dan iii c. a. atrium kanan d. a. Penguasaan Konsep Dasar Biologi 5 .. ventrikel kanan 22. bagian-bagian jantung memiliki ketebalan otot yang bervariasi. ada pula yang memompa darah ke seluruh tubuh atau ke paru-paru... yakni 2 atrium (serambi) dan 2 ventrikel (bilik).. Pada alveolus berlangsung proses . pembentukan energi oleh oksigen 18. oksigen diambil kapiler darah insang dari air iii. a. dan iii 19... Dalam kaitan ini peristiwa tersebut menandakan bahwa. i – ii – iii – iv c.. pengikatan karbon dioksida oleh hemoglobin d.. ii – iii – iv . Udara keluar masuk ii.. Pertukaran O2 dan CO2 iii. Seorang anak laki-laki dinyatakan mulai produktif ketika sudah mengalami peristiwa ‘mimpi basah’.O2 diikat oleh darah Proses pernafasan di atas yang berlangsung di hidung adalah .. pelepasan oksigen dari hemoglobin b. atrium kiri b. ii.. i. bagian jantung yang memompanya adalah …. atrium kiri b. ventrikel kanan 21. Ada bagian yang memompa darah ke bagian lain dari jantung itu sendiri. ventrikel kiri c.karbondioksida dari kapiler darah insang berdifusi ke dalam air Urutan yang tepat dalam proses tersebut adalah adalah . iii – ii – iv – i 20.Penyaringan udara dari debu dan kuman iv. Bagian jantung yang memiliki otot paling tebal adalah . Perhatikan pernyataan di bawah ini yang berkaitan dengan proses pengangkutan dan pertukaran gas pada proses pernafasan ikan : i. Pada saat darah dikirim ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Untuk melaksanakan fungsinya tersebut. ii dan iv d. pengikatan oksigen oleh hemoglobin c.air dengan O2 terlarut di dalamnya masuk melalui mulut iv. Cermati proses pernafasan berikut! i.

Insulin 24. untuk menyalurkan sperma c. Satu sel Somatis manusia mempunyai susunan kromosom sebagai berikut. 22 A/x atau 22 A/xy b.. suara anak laki-laki tersebut semakin lama akan semakin membesar c. embrio 26. 22 A/xy atau 23 A/xy Penguasaan Konsep Dasar Biologi 6 . a.. merunduk c. a. Pada prosesnya cabang tanaman dirangsang untuk menumbuhan akar pada saat belum terpisah dengan pohon induk. Pada bunga tanaman berbiji tertutup.. burung b. Proses pembuahan terjadi pada . Adrenalind. proses pembuahan dan penyerbukan merupakan peristiwa yang berbeda. peka rangsangan b. mahkota b.. a. kepala sari c. sedangkan pembuahan mempertemukan sel sperma dengan sel telur. a. dihasilkannya sel telur 29. Dengan membuang biji pada kecambah yang sedang tumbuh dan berkembang dapat dibuktikan bahwa sebagai makhluk hidup kecambah (tumbuhan) memiliki ciri …. jakun anak laki-laki tersebut semakin lama akan semakin membesar d. ovarium d. serangga 25.a. Perkembangbiakan vegetatif lainnya yang prinsip kerjanya paling mirip dengan mencangkok adalah . menempel 27. di mana embrio tumbuh d. a.. berlangsungnya pembuahan b. Ovarium pada perempuan merupakan organ kelamin primer karena merupakan tempat …. bernafas c.. Biji sangat dibutuhkan embrio tanaman yang sedang berkecambah. Testoteron c. a. Mencangkok adalah perkembangbiakan tanaman secara vegetatif buatan. air c.. Hormon yang berpengaruh terhadap perkembangan ciri seks skunder pada perempuan adalah …. testis anak laki-laki tersebut sudah memproduksi sperma matang b. dengan melekatkan tanah pada bagian yang dilukai.. a. Estrogen b. angin d. butuh makanan 28. menyetek b. Bunga padi yang memiliki serbuk sari kering berpeluang penyebukannya diperantarai . akan mulai tumbuh rambut di sekitar alat kelamin anak laki-laki 23. menyambung d.. bergerak d. Penyerbukan berlangsung ketika serbuk sari jatuh di kepala putik.

spesies yang kuat membunuh yang lemah c. 2. 4. Perhatikan fakta-fakta berikut ini : i. Terbentuk rantai polipeptida yang dikehendaki Urutan dalam proses sintesis protein yang benar adalah a. iv dan v dan v d. 5 d. iii dan iv c.. ARNd keluar inti menuju ribosom dalam sitoplasma 2. a. kambing – sapi b. Harimau memiliki cakar yang tajam Manakah yang tergolong adaptasi morfologi? a. iv 34.Bebek memiliki kaki yang berselaput v. ikan hiu – ikan remora d. 3. ii dan iv b.. protein c. a. 2. 4. 5 c. parasitisme d. 4. perubahan perlahan-lahan dalam waktu yang lama e. 5 32. 3. sitoplasma saja sitoplasma d. 1. nukleus saja b. a. 44 A/x atau 44 A/y 30. Burung penghisap madu memiliki paruh panjang iii. komensalisme c.c. 1..Cumi-cumi memiliki kantung tinta iv. ARNt membawa asam-asam amino menuju ARNd di ribosom 3. kompetisi 35. ii. Dasar proses evolusi menurut Darwin ialah bahwa … a. ii. perubahan yang bersifat menurun 33.. 2. mutualismeb. i. 1. pohon yang ditumpangi tumbuhan paku tetap tumbuh subur. iii.. Tumbuhan paku hidup menempel pada batang pohon. 44 A/xx atau 44 A/xy d. Tahapan sintesis protein 1. Akan tetapi. Hubungan antara tumbuhan paku dengan pohon ditumpanginya tergolong interaksi . ARNd bergabung dengan ribosom 5. 2. nenek moyang manusia adalah kera b. ARNd dibentuk dalam inti oleh ADN 4. mangga – anggrek Penguasaan Konsep Dasar Biologi 7 .. nukleus dan 31. spesies baru timbul terus menerus d. 3. burung jalak – kerbau c. 3. Bentuk simbiosis mutualisme tampak pada interaksi antara . 5. b.. 4. 1. 22 A/xx atau 22 A/xy e. Bunglon memiliki warna tubuh yang berubah-ubah ii. RNA ditemukan pada. ikut memanfaatkan air dan unsur hara yang diambil pohon tersebut dari dalam tanah...

Berdasarkan gambar di atas kelompok makhluk hidup yang digolongkan sebagai konsumen adalah …. dan ular c.36. Hasil hutan seperti kayu dapat dipertahankan sampai memiliki harga jual yang tinggi d. Pohon apel dan cacing a. Sapi dan manusia Penguasaan Konsep Dasar Biologi 8 . Menurun b. Rumput dan burung 39. Meningkat c. cacing dan manusia b. Rantai makanan Jika populasi ular meningkat dalam rantai makanan di atas. Berubah Perhatikan gambar di bawah ini untuk menjawab soal no 38 dan 39! 38. a. maka populasi katak kemungkinan besar akan …. katak dan manusia d. Di dalamnya tumbuh berbagai jenis tanaman yang dapat diteliti untuk dijadikan obat c. a. Berdasarkan gambar di atas kelompok makhluk hidup yang digolongkan sebagai produsen adalah …. Rumput. Berkaitan dengan hal tersebut. Sapi. Tetap sama d. a. Hutan mengandung keanekaragaman hayati yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan manusia di bidang kesehatan. upaya pelestarian hutan sangat penting karena …. burung. a. Menjamin berlangsungnya kehidupan berbagai jenis hewan untuk dikenal anak-cucu b. Pohon apel. Dapat dijadikan objek kunjungan wisata yang dapat menghasilkan devisa bagi negara 37.

a. Rumput dan pohon apel c. mempercepat tumbuhnya bunga Terima Kasih…………………………… … Nama Usia Asal Sekolah : : : SMA (IPA/IPS/BHS). MA (IPA/IPS/BHS). SMK (L/P) Berilah tanda X untuk jawaban yang menurut anda benar ! A. Tujuan kedua pohon tersebut menggugurkan daunnya adalah . merangsang tumbuhnya daun baru d.. Rumput dan burung 40. 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 B No A B C D Penguasaan Konsep Dasar Biologi 9 . mengurangi persediaan air b.b. No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 A B C D .. mengurangi penguapan c. Pada musim kemarau pohon jati dan pohon mahoni mengugurkan daunnya.

13 14 15 16 17 18 19 20 33 34 35 36 37 38 39 40 Penguasaan Konsep Dasar Biologi 10 .