You are on page 1of 1

Pembuatan wine perlu ditambahkan gula tetapi jangan berlebihan karena gula dapat merusak khamir, khamir ini

mengalami plasmolisis dang glucose effect yang menyebabkan khamir tersebut mati. Perlu juga penambahan ekstrak tauge yang berfungsi untuk member nutrisi dan unsure hara kepada sel khamir. Pembuatan starter berfungsi untuk mempercepat proses fermentasi. Starter merupakan medium penyesuaian dari khamir pada lingkungan baru. Penutupan labu dengan leher angsa bertujuan untuk mencegah bakteri yang masuk. Labu angsa tersebut diisi H2SO4 karena bertujuan untuk mencegah terjadinya kontaminasi, menciptakan suasana asam, dan memastikan adanya aktivitas sel khamir pada labu yang mengikat gas CO2, jika tidak akan menyebabkan ph turun kurang dari 3 yang menyebabkan berbahaya bagi lambung apabila diminum.

Mikroba yang digunakan pada pembuatan tape adalah saccharomyces cerevisiae dan aspergillus sp. Mikroba yang digunakan dalam pembuatan tempe adalah aspergillus sp.

Kulit biji kedelai dikupas pada tahap pengupasan agar miselium fungi dapat menembus biji kedelai selama proses fermentasi. Tujuan tahap perendaman ialah untuk hidrasi biji kedelai dan membiarkan terjadinya fermentasi asam laktat secara alami agar diperoleh keasaman yang dibutuhkan untuk pertumbuhan fungi. http://id.wikipedia.org/wiki/Tempe