Galaksi : Morfologi

Denny Darmawan Agustus, 2007

● Astronom mengelompokkan galaksi menurut bentuk yang terlihat (pada panjang gelombang optik) Sistem pengelompokan galaksi yang sering digunakan : diagram garpu tala Hubble (Hubble tuning fork diagram) ● .

Hubble tuning fork diagram .

Diagram Hubble ● Diagram Hubble dimulai dari kiri dengan galaksi berbentuk elips Galaksi elips dinamai E0 hingga E7 huruf E menandai galaksi berbentuk elips angka 0 hingga 7 menunjukkan kelonjongan elips. 0 berupa bola. kepipihan elips (eliptisitas) ditunjukkan dari nilai 1/10 angka ini --> n = 10x(1-b/a) ● ● ● .

diagram pecah dua cabang yaitu galaksi spiral (S) dan spiral dengan batang (SB) Diawali dengan galaksi S0.Diagram Hubble ● Setelah galaksi elips. S=spiral. Selanjutnya galaksi spiral S dengan kode tambahan huruf kecil dari a hingga c menunjukkan seberapa dekat lengan spiral dengan pusat galaksi ● ● . Disebut juga galaksi lentikular. 0=tanpa lengan.

Sbc) Diperkirakan galaksi bima sakti merupakan tipe SBb ● ● . B=barred/batang Juga diberi tambahan huruf kecil dari a hingga c yang menunjukkan seberapa dekat lengan spiral dengan pusat galaksi (SBa. SBb. S=spiral.Diagram Hubble ● Tipe berikutnya adalah galaksi spiral dengan batang (SB).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful