You are on page 1of 12

ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL NORMAL TERHADAP NY.

K DENGAN G1P0A0 DI PUSKESMAS RAWAT INAP SUKA BUMI

SUBJEKTIF (S) I. Pengkajian A. Identitas Istri Nama Umur Agama Pendidikan Pekerjaan Alamat B. Anamnesa Tanggal: 11 Januari 2011 Oleh : Maria Susanti Waktu : 11.00 WIB : Ny. K : 20 th : Islam :SMP : IRT Nama Umur Agama Pendidikan Pekerjaan Suami : Tn. M : 24 th : Islam : SMP : Karyawan Swasta

Suku/Bangsa : Jawa/Indonesia

Suku/Bangsa : Jawa/ indonesia

: Jl Pangeran Antasari Sumur Waru III

1. Alasan Kunjungan Ibu ingin memeriksakan kehamilannya 2. Riwayat Kehamilan saat ini a. Riwayat menstuasi - Menarche - Siklus - Lamanya - Dismenorhea - Banyaknya - HPHT - TP b. Tanda-tanda kehamilan - Amenorhea - Mual Muntah : ya : Tidak : 12 tahun : 28 hari, teratur : 7 hari : kadang-kadang : 2-3 kali ganti pembalut : 22-5-2010 : 29-2-2011

.Jenis . Diet / Pola Makan Sebelum hamil . sayur.Frekuensi .Minum f.Rasa nyeri / panas saat BAK :Ya : Tidak : Tidak : Tidak : Tidak : Tidak .Waktu tes kehamilan : ya.Pekerjaan : Ibu tidur ±7 jam pada malam hari dan siang hari 1-2 jam : jarang di lakukan : Ibu hanya melakukan pekerjaan rumah tangga. buah. sayur.Rasa gatal padavulva dan vagina: Tidak .Nyeri kemerahan pada tungkai : Tidak e. Pergerakan fetus pertama kali di rasakan pada usia kehamilan 20 minggu dan dalam 10 menit terakhir 2 – 3 kali d.Sakit kepala . Pola Eliminasi sehari-hari .Panas.dan susu : ± 8 gelas sehari . dan kadang buah : ± 8 gelas sehari : : 3-4 kali sehari : nasi.Jenis .Rasa lelah .Seksualitas .Frekuensi .Hasil Pemeriksaan Kehamilan : (+) c.Mual muntah . : BAK 3 – 4x/hari.Sebelum hamil . lauk. lauk.Tes Kehamilan . Keluhan yang di rasakan . Aktivitas sehari-hari .Penglihatan kabur . BAB 1x/hari : 3 kali sehari : nasi. dilakukan dengan PP test : 30-5-2010 . menggigil .Selama hamil g. BAB 1x/hari : BAK 7 – 8x/hari.Pola istirahat dan tidur .Minum Setelah hamil .

2 Perilaku Kesehatan . Riwayat Kesehatan 4.2.Anemia berat . Tahun Persalinan Hamil ini Tempat Jenis persalinan Pertolongan JK BB Anak PB Ket - 4.Campak .8 Riwayat Imunisasi . No 1.1 Riwayat penyakit yang pernah atau sedang di derita .Hepatitis .Asma .Jantung .Konsumsi Jamu -Merokok 5. jumlah 1 kali.Kehamilan ini di rencanakan .Status perkawinan syah.Tubercolosis (tbc) .Hipertensi . Persalinan dan Nifas yang lalu .Malaria . lama perkawinan 3 tahun : Tidak Pernah : Tidak Pernah : Tidak Pernah : Tidak ada : Tidak ada : Tidak ada : Tidak ada : Tidak ada : Tidak ada : Tidak ada : Tidak ada : Tidak ada : Tidak ada .Oktober -2010 .PMS / HIV / AIDS 4.Susunan keluarga yang tinggal serumah . Riwayat Sosial .TT 1 : 8.DM .Pengunaan alkohol . Riwayat Kehamilan.TT 2 : 6-November -2010 2.9 Kontrasepsi yang pernah di gunakan : Tidak pernah 3.

Pemerikasaan Umum .-- B.1 Kepala Rambut : Kulit Kepala : Pergerakan leher : Bersih : Kekuatan : Warna Muka . Inspeksi 1.Keadaan Umum .Keadaan Emosional .Mata : Kelopak Mata : Konjungtiva : Sklera : Reaksi pupil : Tidak ada Oedema : Merah muda ( an anemia) : Putih (an ikhterik) : Isokor : Bersih : Normal tidak ada kelainan : Bersih : tidak ada ketombe : Akar rambut kuat : Hitam . Pemeriksaan Khusus Kebidanan 1.Tanda-tanda Vital TD N R S . Riwayat Kesehatan Keluarga Ibu mengatakan keluarga tidak ada yang menderita penyakit keturunan dan penyakit menular.Tinggi Badan .No 1. JK L Umur 24 th Hubungan Suami Pendidikan SMP Pekerjaan Karyawan Swasta Ket Sehat 6.Lila : 120/80 mmHg : 80 x/menit : 20x/menit : 37o C : 157 cm : 50 kg : 60 kg : 28 cm : Baik : Stabil . OBJEKTIF (O) C.BB Sebelum Hamil .BB Setelah Hamil .

bunyi lup – dup : Normal : Ya.Hidung : Lubang : Polip : Pengeluaran : Ada : Tidak ada : Tidak ada sekret : Ya .Posisi punggung .7 Anogenital : lordosis : tidak ada : Tidak ada : Tidak ada : Lunak : Normal : Ada.4 Dada .Benjolan .Hiperpibmentasi .Pembesaran .Payudara : .Benjolan .Pembesaran .Vena Jungularis 1..Rasa nyeri 1. kanan dan kiri : Menonjol : Ada.3 Leher : .5 Abdomen . linea nigra .Konsistensi .Nyeri ketuk pinggang 1.Kelenjar Tyroid .Paru – paru: Tidak ada Wheezing dan Ronchi .6 Punggung dan Pinggang .Kelenjar getah bening .Mulut dan Gigi : Simetris : Kebersiahan : Gigi : Gusi : Lidah 1.Telinga .Simetris .Linea 1.Jantung : Normal. pada Areola : Tidak ada : Tidak ada nyeri tekan dan raba .Putting susu . kiri dan kanan : Bersih : Bibir : Lembab tidak kering : Tidak ada Caries : Tidak ada pembengkakan : Bersih : Tidak ada pembesaran : Tidak ada pembesaran : Tidak ada pembesaran .Bekas luka operasi .

Kebersihan .Kebersihan .2 Uterus .Kemerahan .Tumor .Kemerahan .Perineum . Palpasi 2.Kekakuan pada sendi Ekstermitas bawah / kaki .. dan tidak melenting ( bokong ) .Pengeluaran pervaginaan .8 Ekstermitas atas / tangan . lunak.Vulua .Anus 1.Kelenjar bartolini .Leopold II : Pada bagian kiri perut ibu teraba bagian yang datar dan memanjang (ekstremitas).Vagina : luka parut : warna : varices pistula : tidak ada : merah kebiruan : tidak ada : tidak ada : tidak ada pembengkakan : tidak ada pengeluaran : tidak ada haemoroid .Leopold I : tidak ada : tidak ada : tidak ada : bersih : tidak ada : tidak ada : bersih : tidak ada : tidak ada : kebersihan : tidak ada : TFU 3 jari di bawah px Pada bagian fundus teraba satu bagian besar.Pembesaran limfa 2.1 Abdomen . ( punggung ) Pada bagian kanan perut ibu teraba bagian – bagian kecil janin .Oedema 2.Varices .Kekakuan pada sendi .Acites .

Pemeriksaan Laboratorium Hb : 11 gr % :B .7) x 100 ± 150 gr : 1.Leopold III .2 x (25 – 7. dan belum pernah keguguran . Periksa dengan ( perkusi ) DJJ ( + ) : 135 x / menit Terdengar di satu punctum maximum 3 jari di sebelah kiri perut ibu. sudah pernah melahirkan. Periksa panggul Tidak dilakukan C.7) x 100 ± 150 gr : 2466 – 2166gram bulat keras 3..TP : 22-5-2010 : 2-2-2011 . 4. hidup.HPHT .Leopold IV TFU TBJ : Pada bagian bawah teraba satu bagian janin yang dan melenting ( kepala ) : kepala belum masuk panggul (konvergen) : 27 cm : 1. Darah . presentasi kepala .Janin tunggal. Periksa ketuk ( perkusi ) Reflek patella kanan dan kiri ( + ) 5.Protein urine : tidak dilakukan .2 x (TFU – 7. Periksa dalam ( bila ada indikasi ) Tidak dilakukan 6.Glukosa urine : tidak dilakukan ASSESMENT (A) Diagnosa Dasar ::Ibu G1P0A0 hamil ± 33 minggu ibu mengatakan ini kehamilannya yang kedua.Gol. intrauterine.

Punctum maximum 3 jari di bawah px sebelah kanan perut ibu dan PLANNING (P) 1. maka ibu tidak akan merasa kelelahan dan melakukan releksasi organ – organ tubuh yang lelah serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.Leopold I : TFU 3 jari di bawah px Pada bagian pundus satu bagian besar.Leopold II : Pada bagian kiri perut ibu teraba bagian yang datar memanjang ( punggung ).Leopold III : Pada bagian bawah teraba satu bagian janin yang bulat keras dan Melenting ( kepala ). . Sarankan ibu untuk beristirahat yang cukup.Pergerakan janin dirasakan pada usia kehamilan 20 minggu .DJJ . . Rasional : Dengan tidak melakukan aktivitas yang berat / berlebihan. 2. pada bagian kanan perut ibu teraba bagian terkecil janin(Ekstermitas). lunak.7) x 100 ± 150 gr = 1.7) x 100 ± 150 gr = 2466 – 2166 gram Masalah Kebutuhan : Ibu cepat lelah bila beraktivitas dan sering BAK.Hasil test kehamilan didapatkan hasil (+) dengan PP test pada tanggal 305-2010 . maka ibu mengetahui keadaan dan kondisi dirinya serta janin yang dikandungnya. maka ibu akan merasa tidak mudah lelah dan badan tidak merasa sakit – sakit. Rasional : Dengan memberikan penjelasan tentang hasilpemeriksaan dan kondisi kehamilan. .Leopold IV : kepala belum masuk panggul (konvergent) .TBJ : 135 x/menit : 27 cm = 1. .TFU . Berikan penjelasan kepada ibu untuk tetap beristirahat yang cukup dan tidak beraktivitas yang berlebihan.2 x (27 – 7.2 x ( TFU – 7.. : Pendidikan kesehatan. Penjelasan mengenai kondisi kesehatan ibu dn janin. . dan tidak melenting ( bokong ).

Memberikan obat – obatan seperti tablet Fe 1x1 dengan dosis 325 mg. 2. misalnya: tidak ada gerakan janin. 5. sehingga nantinya bayi dapat cukup nutrisi. Misalnya mengangkat benda – benda yang berat dan menyarankan ibu untuk beristirahat. Rasional : Dengan menganjurkan ibu agar rajin kontrol atau periksa kandungan. Menganjurkan ibu untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan buah. misalnya: bayam. Anjurkan ibu untuk mengkonsumsi sayur – sayuran dan buah. Berikan penjelasan kepada ibu untuk selalu mengontrol kehamilan 2 minggu selanjutnya kepada petugas kesehatan agar dapat memantau perkembangan janin. Rasional: Tablet fe berguna untuk pertumbuhan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia dan juga menambah masukan vitamin. 4. Dengan memberikan vitamin C untuk membantu penyerapan fe dan vitamin B komplek untuk membantu pembentukan sel darah merah. Sayur – sayuran hijsu dan buah dapat memperlancar dan memperbanyak volume asi. 3. vitamin B komplek 3 x 50 mg. daun katu. . Yaitu 2 minggu yang akan datang atau apabila timbul hal – hal yang tidak normal. 4. papaya dan pisang. Memberitahukan untuk melakukan kunjungan selanjutnya. vitamin C 3x50 mg dan vitamin B komplek 3x50 mg. si ibu dan petugas kesehatan dapat memantau hal – hal yang dapat mengganggu kehamilan ibu dan janin yang dikandungnya. IMPLEMENTASI (I) 1. Menjelaskan kepada ibu tenang kondisi kesehatan diri dan janinnya selengkap mungkin . vitamin C 3 x50 mg. Memberikan obat – obatan seperti tablet fe 1x1. Menjelaskan kepada ibu untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan . Rasional: Asupan gizi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayinya melalui air susu. 5.3.

Ibu mengatakan tidak akan melakukan aktifitas yang berlebihan termasuk mengangkat benda – benda berat. Ibu mengatakan akan mengkonsumsi sayur – sayuran dan buah – buahan. vitamin C dan Vitamin B komplek telah diberikan kepada ibu. Ibu mengatakan akan datang untuk melakuikan kunjungan ulang 2 minggu yang akan datang. FAKULTAS KEDOKTERAN PRODI DIV KEBIDANANUNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG Jl. 5. 3.pramuka No:27 kemiling Bandar Lampung .EVALUASI (E) 1. 2. 4. Tablet fe. Ibu telah mengerti tentang kondisi kesehatan dan janinnya.

Pembimbing Lahan Mahasiswa ( ) (Maria Susanti) LEMBAR KONSULTASI Nama NPM Judul Kasus : Maria Susanti : 08340058 : Asuhan Kebidanan pada ibu hamil . Nurjanah : 28 Th : Ibu bersalin Bandar Lampung. Desember 2011 Mengetahui.SURAT KETERANGAN PENGAMBILAN KASUS Yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Npm Semester : Maria Susanti : 08340058 :V Menyatakan telah mengambil kasus kepada klien: Nama Umur Kasus : Ny.

No Tanggal Topik yang di konsultasikan Saran Paraf .