PAPER

“Keterkaitan Ilmu Pengetahuan Terhadap Al Quran”

KELOMPOK 8
Nailil Masruroh Amelia Kharismayanti Riskyana Dwi H.A.R Silvia Dona T. Yuntari Daniyati Roza Nafilah Ayu Leila W. Tatit Fitri P. (1116101010014) (1116101010007) (1116101010010) (1116101010019) (1116101010028) (1116101010030) (1116101010031) (1116101010033)

Bagaimanakah hubungan antara ilmu pengetahuan dengan Al Quran? 2. Apa contoh nyata hubungan ilmu pengetahuan dengan Al Quran? .PERMASALAHAN 1.

Al Quran merupakan salah satu mujizat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk digunakan sebagai petunjuk bagi umat manusia hingga akhir zaman. Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya” (QS. Al Anbiyaa (21) : 33) Sehingga akhirnya orang berdasar ilmu pengetahuan yang dimilikinya mengakui bahwa alam semesta ini maha luas.PEMECAHAN MASALAH Dan diantara ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan)-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata yang Dia sebarkan pada keduanya. Sedangkan masing-masing bintang ini terdiri dari planet-planet yang masing. matahari dan bulan. Karena Allah bersifat Maha segala-galanya maka tidaklah mungkin perkataan Allah tidak sejalan dengan perbuatan-Nya. orang akhirnya mengetahui bahwa bintang-bintang merupakan bagian dari suatu gugusan yang dinamakan galaksi yang dialam ini jumlahnya lebih dari 100 milyar. Al Quran Sumber Ilmu Pengetahuan Apabila pada suatu malam yang cerah kita memandang ke langit maka akan tampaklah oleh kita bintang-bintang yang sangat banyak jumlahnya. Sebagai petunjuk dari Allah tentulah isi dari Al Quran tidak akan menyimpang dari Sunatullah (hukum alam) sebab alam merupakan hasil perbuatan Allah sedangkan Al Quran adalah merupakan hasil perkataan Allah. Masing-masing dari keduanya itu beredar dalam garis edarnya” (QS. Namun setelah ditemukannya teleskop dan ilmu pengetahuan juga semakin berkembang. 1. Sebenarnya Allah telah menegaskan hal ini di dalam Al Quran yang diturunkan jauh sebelum ditemukannya teleskop yaitu : ”Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya” (QS Adz Dzaariyaat (51) : 47) .masing peredarannya diatur sedemikian rupa sehingga tidak saling bertabrakan satu sama lain. Asy Syuura (42) : 29) Seperti telah kita ketahui bersama. Pada zaman dahulu orang memandang bintang-bintang itu hanyalah sebagai sesuatu yang sangat kecil dan bercahaya yang bertaburan di angkasa. Hal ini juga difirmankan oleh Allah SWT : ”Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang.

2. Fushshilat. Satu fakta tentang alam semesta yang diungkap dalam ayat-ayat Al Quran adalah bahwa langit terdiri dari tujuh lapisan: “Dia-lah Allah. 2: 29) “Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia me-wahyukan pada tiap-tiap langit urusannya.“ (QS. 21: 32) Sifat langit ini telah dibuktikan dengan riset ilmiah yang dilakukan pada abad ke-20.” (QS. sedangkan massa adalah merupakan besaran pokok dalam arti besaran yang ada dengan sendirinya. sedangkan massa tidak dapat menciptakan dirinya sendiri.” (QS. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. 41: 12) . Sebagai contoh. lalu dijadikan-Nya tujuh langit. lalu siapakah penciptanya? Maka kalau kita kembalikan kepada Ajaran Tauhid tentu kita akan menjawab bahwa Allah-lah penciptanya. di dalam ilmu fisika kita mengenal adanya hukum kesetaraan masa dan energi.tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya. Allah mengarahkan perhatian kita pada sifat langit yang sangat menarik: “Dan Kami jadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara. Allah Menciptakan 7 Lapisan Langit dengan Fungsi Masing.Masing “The Protected Roof” Di dalam Al Quran. yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit. tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya” (QS An Nisaa (4):82) Sebab kita memang harus mengakui bahwa ilmu pengetahuan itu bersumber pada Allah. Hal ini dijelaskan pula oleh Allah di dalam surat An Nisaa ayat 82 yang artinya : ”Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah. Al Baqarah. sedang mereka berpaling dari segala tanda.Oleh karena itu Allah menyuruh umatnya untuk selalu memperhatikan dan meyakini Al Quran secara ilmiah. Al Anbiya.

Lapisan atmosfer terdekat dengan bumi disebut troposfer yang mengandung sekitar 90% massa total atmosfer. hal ini diuraikan sebagai berikut: Ilmuwan telah menemukan bahwa atmosfer terdiri dari beberapa lapisan. langit terdiri dari tujuh lapisan sebagaimana yang digambarkan Al Quran. Lapisan ozon adalah bagian dari stratosfer yang menjadi tempat penyerapan sinar ultraviolet. . saat ini diketahui bahwa atmosfer bumi terdiri dari lapisan-lapisan yang berbeda yang letaknya saling bertumpukan. Memang. di samping pula keseluruhan alam semesta.Kata “langit” yang muncul dalam banyak ayat Al Quran digunakan untuk merujuk langit di atas bumi. atau atmosfer. Gas terionisasi yang membentuk lapisan di dalam termosfer disebut ionosfer. terlihat bahwa langit bumi. Mengingat arti kata ini. Dalam sebuah sumber ilmiah. Jika kita menghitung jumlah lapisan yang disebutkan sumber ini. kita lihat bahwa atmosfer terdiri tepat tujuh lapisan. Setiap lapisan memiliki sifat fisik berbeda seperti tekanan dan jenis gas. Bagian ini disebut eksosfer. Lebih jauh. Termosfer berada di atas mesosfer. pada ayat ke-12 Surat Fushilat . Lapisan di atas stratosfer disebut mesosfer. terdiri dari tujuh lapisan. Dengan kata lain. Lapisan di atas troposfer disebut stratosfer. sebagaimana dinyatakan dalam ayat di atas: Keajaiban penting lainnya dalam hal ini disebutkan dalam pernyataan “dan Dia mewahyukan tiap-tiap langit urusannya”. Bagian terluar atmosfer bumi dimulai dari ketinggian sekitar 480 km hingga 960 km.

Namun. setiap lapisan ini mempunyai tugas-tugas vital demi keuntungan umat manusia dan semua makhluk hidup lainnya di bumi. sinar ultraviolet-dekat. Seraya menghancurkan banyak meteor besar dan kecil yang mendekati bumi. Merupakan keajaiban besar bahwa fakta-fakta di atas telah dipapar-kan dalam Al Quran 1400 tahun lalu. atmosfer membiarkan menerobos cahaya yang bermanfaat dan tidak berbahaya. seperti yang dapat dilihat pada bagian sebelumnya. Hampir tak pernah terlintas dalam benak mereka tentang apa jadinya bumi ini jika atmosfir tidak ada. Atmosfer juga melindungi bumi dari dingin luar angkasa yang membekukan. Jika atmosfir tidak ada. atmosfer menyaring cahaya dari luar angkasa yang berbahaya bagi makhluk hidup. sangat penting untuk fotosintesis tumbuhan dan untuk pertahanan hidup semua makhluk. Foto di atas adalah kawah raksasa yang terbentuk akibat hantaman sebuah meteor yang jatuh di Arizona. Mayoritas sinar ultraviolet yang kuat dari matahari disaring oleh lapisan ozon atmosfer dan hanya bagian terbatas dan penting dari spektrum ultraviolet yang mencapai bumi. seperti sinar tampak. Semua radiasi ini sangat penting bagi kehidupan. padahal saat itu tanpa teknologi abad ke-20 mustahil manusia mengetahuinya. dan sebuah keajaiban yang dinyatakan dalam Al Qur'an. Sinar ultraviolet dekat. yang hanya sebagian kecil dibiarkan masuk oleh atmosfer.dalam ayat tersebut. Selain itu. Uniknya. Sesunguhnya. yaitu sekitar minus 270 derajat Celcius. . jutaan meteorid akan jatuh ke Bumi. Atmosfer yang menyelimuti bumi mempunyai fungsi penting demi kesinambungan kehidupan. fungsi pelindung dari atmosfir memungkinkan makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya dengan aman. dan gelombang radio. atmosfer mencegah mereka jatuh ke bumi dan membahayakan makhluk hidup. Allah menyatakan bahwa Dia memberi setiap lapisan tugas sendiri-sendiri. sehingga menjadikannya tempat yang tak dapat dihuni. Ini sudah pasti perlindungan yang Allah berikan bagi manusia. Amerika Serikat. Kebanyakan manusia yang memandang ke arah langit tidak pernah berpikir tentang fungsi atmosfir sebagai pelindung.

semburan matahari ledakan energi sangat dahsyat yang sering terjadi pada matahari akan menghancurkan semua kehidupan di atas bumi. Pasadena. Inti bumi yang terdiri atas unsur nikel dan besi inilah yang menyebabkan keberadaan medan magnetnya yang besar. sangat mematikan bagi makhluk hidup.net/bygrace/index.) Seperti yang digambarkan di sini. Hugh Ross berkata tentang peran penting Sabuk Van Allen bagi kehidupan kita: Bumi ternyata memiliki kerapatan terbesar di antara planet-planet lain di tata surya kita.Allah yg menciptakan segalanya dengan sempurna telah menjadikan atmosfer sebagai atap pelindung. Satu-satunya planet berbatu lain yang berkemungkinan memiliki medan magnet adalah Merkurius . Medan magnet ini membentuk lapisan pelindung berupa radiasi VanAllen. Dr. Sabuk Van Allen.lapisan yang ditimbulkan medan magnet bumi .tapi kekuatan medan magnet planet ini 100 kali lebih kecil dari Bumi. html Taken from Big Bang Refined by Fire by Dr. planet kembar kita. yang melindungi Bumi dari pancaran radiasi dari luar angkasa. benda-benda langit yang berhamburan di ruang angkasa dpt mengancam bumi Tetapi.jps. Jika lapisan pelindung ini tidak ada. Jika Sabuk Van Allen tidak ada. maka kehidupan takkan mungkin dapat berlangsung di Bumi. lapisan yang ditimbulkan medan magnet bumi. 1998. . Bahkan Venus. Sabuk Van Allen . yang secara konstan dipancarkan matahari dan bintang lain.Tidak hanya atmosfer yang melindungi bumi dari efek berbahaya. Selain atmosfer. Lapisan pelindung Van-Allen ini merupakan sebuah rancangan istimewa yang hanya ada pada Bumi. Hugh Ross. Reasons To Believe. CA. Radiasi ini.juga bertindak sebagai perisai terhadap radiasi berbahaya yang mengancam planet kita. (http://www. juga bertindak sebagai perisai terhadap radiasi berbahaya yang mengancam planet kita. tidak memiliki medan magnet.

formed by the magnetic field of the Earth. Lima puluh delapan jam setelah ledakan. which is also named Van Allen Belts. In the above picture. is seen. diamati bahwa jarum magnet pada kompas menunjukkan pergerakan yang tidak biasa. dan 250 kilometer di atas atmosfer bumi. harmful cosmic rays and particles. The magnetosphere layer. Bumi terlindungi dari pengaruh merusak akibat pancaran energi ini. temperatur tiba-tiba meningkat hingga 2. sebuah sistem sempurna bekerja di atas bumi. Energi yang dipancarkan oleh sebuah letusan pada Matahari sungguh amat dahsyat sehingga sulit dibayangkan akal manusia: Letusan tunggal pada matahari setara dengan ledakan 100 juta bom atom yang pernah dijatuhkan di Hiroshima.Energi yang dipancarkan dari satu semburan yang terdeteksi baru-baru ini telah dihitung yaitu setara dengan 100 miliar kali bom atom yang pernah dijatuhkan di Hiroshima. . Ia menyelimuti dunia kita dan melindunginya dari ancaman luar. Tetapi. Singkatnya. berabad-abad lalu Allah memberi tahu kita dalam Al Quran tentang atmosfer bumi yang berfungsi sebagai perisai. serves as a shield protecting the earth from celestial bodies.500 derajat Celsius. this magnetosphere layer. These belts at thousands of kilometres above the earth protect the living things on the Earth from the fatal energy that would otherwise reach it from space. Ilmuwan baru mempelajari tentang hal itu baru-baru ini.

tetapi setiap informasi di dalamnya mengungkapkan mukjizat kitab suci ini semakin banyak setiap harinya. Dalam salah satu ayat. Yang Mahakuasa. Al An'aam.KESIMPULAN Semua yang sudah kita cermati sejauh ini menunjukkan fakta yang jelas bahwa Al Quran adalah kitab yang seluruh berita di dalamnya terbukti kebenarannya.” (QS. tentulah mereka menemukan pertentangan yang banyak di dalamnya. Sudah jelas bahwa ini menjadi bukti Al Quran bukan perkataan manusia. Maha Pemula Segalanya dan Yang Menguasai Segalanya dengan ilmu-Nya.” (QS. fakta-fakta yang tak seorang pun mengetahuinya pada saat itu. 6: 155) DAFTAR PUSTAKA . An Nisa'. Dalam satu ayat. dan menerimanya sebagai satu-satunya penunjuk jalan baginya. Yang menjadi kewajiban manusia adalah berpegang teguh pada kitab suci yang telah diturunkan Allah ini. Allah berfirman: “Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah. Fakta tentang hal-hal ilmiah dan berita tentang masa depan. 4: 82 ) Tidak hanya tiada pertentangan dalam Al Quran. Adalah mustahil informasi ini diketahui dengan tingkat pengetahuan dan teknologi saat itu. Allah memerintahkan kita: “Dan Al Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati. Al Quran adalah firman Tuhan. telah dipaparkan dalam ayat-ayatnya. maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.

Massachusetts.12-13 .harunyahya.National Geographic Society. Al Quran dan Terjemahannya 2.harunyahya. Carolyn Sheets.com/id/books/30304/AL_QURAN_DAN_SAINS/chapter/10309 http://id. DepAg RI. Greenberg. Newton. 319-322 3. General Science.C. Robert Gardner.1. Samuel F.com/id/books/30304/AL_QURAN_DAN_SAINS/chapter/10310 http://id. Al Quran dan Sains http://id. Physics with Modern Applications 4.com/id/works/9312/ 5. Howe. Allyn and Bacon Inc.hlm.harunyahya. Washington D. Harun Yahya. 1978. Powers of Nature.. pp.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful